Rabu, 26 Februari 2014

Lembar Kerja Siswa PPKn Kurikulum 2013 Kelas VII Bab VII. Memelihara Semangat Persatuan

Lembar Kerja Siswa yang kami buat sama dengan buku pegangan siswa namun kami tambah beberapa materi yang belum ada dibuku siswa dan kami sesuaikan dengan dimana sekolah kami berada. dengan buku LKS ini siswa tidak lagi mengerjakan dibuku tulis tapi bisa langsung mengerjakan dibuku LKS ini.


BAB VII
MEMELIHARA SEMANGAT PERSATUAN INDONESIA
 
Kompetensi Inti (KI)
KI 1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4   Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret  (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


Kompetensi Dasar (KD)
3.6     Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin
2.3     Menghargai sikap toleran terhadap keberagaman suku, agama, ras, budaya,dan jenis kelamin
2.4     Menghargai semangat persatuan  dan  kesatuan  dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
4.6     Menyaji hasil telaah tentang interaksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin
4.7.1  Berinteraksi  dengan  teman  dan  orang  lain  berdasarkan  prinsip  saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin
4.7.2.Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional


AYO MEMELIHARA SEMANGAT PERSATUAN DAN KESATUAN

 
Salah satu kegiatan di SMPN 22 Malang yang mendorong semangat persatuan dan kesatuan disekolah 
(foto: Guritno)

Selain kegiatan seperti diatas kegiatan apa lagi yang ada di sekolahmu yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan !
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
Setelah membaca buku siswa, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan dan masalah yang harus dihadapi bersama tantangan yang bagaimana yang harus dihadapi ?
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara ini tidak hanya terdiri atas satu golongan suku, ras, dan agama, tetapi banyak sekali golongan yang ada di tanah air kita tercinta. Sebagai siswa bagaimana cara menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ?
Persatuan/kesatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Persatuan/kesatuan mengandung arti “bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.” Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia berarti persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia. Persatuan itu didorong untuk mencapai kehidupan yang bebas dalam wadah negara yang merdeka dan berdaulat.
Makna dan Pentingnya Persatuan Dan Kesatuan Bangsa
Setelah menyanyikan  lagu wajib nasional “Dari Sabang Sampai Merauke dan lagu “Rayuan Pulau Kelapa
Dari kegiatan di atas jelaskan hal-hal berikut.
1.    Jelaskan bagaimana syair lagu “Dari Sabang Sampai Merauke dan lagu “Rayuan Pulau Kelapa  menurutmu.
…………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.    Jelaskan bagaimana perasaanmu dalam menyanyikan lagu wajib nasional tersebut.
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
3. Jelaskan sikap dan perilaku apa untuk membentuk pribadi yang peduli dan mencintai bangsa dan negara.
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
         Kesatuan bangsa Indonesia yang kita rasakan saat ini, itu terjadi dalam proses yang dinamis dan berlangsung lama, karena persatuan dan kesatuan bangsa terbentuk dari proses yang tumbuh dari unsur-unsur sosial budaya masyarakat Indonesia sendiri, yang ditempa dalam jangkauan waktu yang lama sekali.
Unsur-unsur sosial budaya itu antara lain seperti sifat kekeluargaan dan jiwa gotong-royong. Kedua unsur itu merupakan sifat-sifat pokok bangsa Indonesia yang dituntun oleh asas kemanusiaan dan kebudayaan. Karena masuknya kebudayaan dari luar, maka terjadi proses akulturasi (percampuran kebudayaan). Kebudayaan dari luar itu adalah kebudayaan Hindu, Islam, Kristen dan unsur-unsur kebudayaan lain yang beraneka ragam. Semua unsur-unsur kebudayaan dari luar yang masuk diseleksi oleh bangsa Indonesia. Kemudian sifat-sifat lain terlihat dalam setiap pengambilan keputusan yang menyangkut kehidupan bersama yang senantiasa dilakukan dengan jalan musyawarah dan mufakat. Hal itulah yang mendorong terwujudnya persatuan bangsa Indonesia. Jadi makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dapat mewujudkan sifat kekeluargaan, jiwa gotong-royong, musyawarah dan lain sebagainya
Tahap-tahap pembinaan persatuan bangsa Indonesia itu yang paling menonjol ialah sebagai berikut:
  1. Perasaan senasib.
  2. Kebangkitan Nasional
  3. Sumpah Pemuda
  4. Proklamasi Kemerdekaan



 
mau yang lengkap bisa download disini