Kamis, 18 September 2014

Sinau Wisata SMPN 22 Tahun 2013-2014 di Kebun Raya Purwodadi,BPTP Karangploso, Candi Singhasari, Kolam renang Kendedes,









PROPOSAL
KEGIATAN SINAU WISATA SMP NEGERI 22 MALANG
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


A. LATAR BELAKANG
            Menindaklanjuti program sekolah tahun pelajaran 2013/2014 bidang Humas, Kurikulum dan Kesiswaan, yaitu SINAU WISATA SMP Negeri 22 Malang, maka kegiatan ini akan segera dilaksanakan. Sinau Wisata merupakan kegiatan dimana peserta didik diajak untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara nyata pada sumber belajar yang sesungguhnya di luar sekolah sekaligus sebagai kegiatan refreshing. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk memberikan pengalaman terhadap siswa secara langsung. Sinau Wisata tahun ini dilakukan di daerah Malang raya yaitu :
1)    BPTP Karangploso sebagai tempat belajar life skill. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan agar para siswa sebagai generasi penerus bangsa mengenal cara membuat produk olahan dari bahan yang tersedia di lingkungan sekitarnya, mengingat di daerah sekitar kita banyak hasil pertanian yang masih belum dikelola dengan baik. Adapun obyek yang akan dikunjungi meliputi  proses pembuatan olahan jagung, kultur jaringan, pembuatan kompos dan bebagai macam hasil ternak. Di tempat-tempat tersebut siswa diberikan pembekalan life sikll, dengan harapan agar siswa bisa hidup mandiri setelah tuntas sekolah.
2). Kebun Raya Purwodadi (LIPI), di sini siswa akan belajar tentang keaneragam tanaman dan perbanyakan tanaman. Siswa diharapan dapat menerapkan mata pelajaran IPA, IPS dan Matematika  serta  siswa dapat mengenal tanaman-tanaman langka di areal yang mencapai luas + 85 Ha tersebut. Adapun sasaranya adalah  menjadikan siswa cinta lingkungan, mengerti dan paham cara-cara mengembangkan/memperbanyak tanaman serta varietasnya sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupannya kelak . 
3).   Candi Singhasari, ditempat ini siswa dihadapkan pada sumber belajar IPS dengan harapan siswa dapat belajar langsung pada sumber atau kondisi yang sebenarnya sehingga lebih mencintai cagar budaya bangsa.
4). Kolam renang Kendedes, di tempat ini siswa langsung praktek pelajaran Penjasorkes dengan pokok bahasan renang.
            Kegiatan Belajar dilakukan oleh siswa melalui pengamatan objek secara langsung, praktek maupun penjelasan oleh pemandu dari obyek-obyek tersebut. Hasil pembelajaran dan pengetahuan yang didapatkan oleh siswa digunakan untuk menyelesaikan soal yang dituangkan dalam bentuk modul yang telah disiapkan oleh guru mata pelajaran. Pengerjaan modul dilakukan secara mandiri oleh masing-masing siswa. Hasil pengerjaan modul tersebut diserahkan kepada guru mata pelajaran untuk ditindaklanjuti.

B. DASAR
            Kegiatan ini didasarkan pada:
1.      Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.      Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
3.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
4.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
5.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas No. 22 dan 23 Tahun 2006;
6.      Permendiknas No. 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
7.      Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses.
8.      Program Kerja Sekolah Tahun Pelajaran 2013/2014 Bidang Kesiswaan, Kurikulum dan Humas.
9.      Hasil rapat Pengurus Komite Sekolah dan Staf tentang Pelaksanaan Sinau Wisata Siswa Kelas VII-VIII SMPN 22 Malang.
10.  Hasil Pertemuan dan kesepakatan dengan orang tua/wali Siswa Kelas VII-VIII tentang Pelaksanaan Sinau Wisata bagi siswa kelas VII-VIII pada tanggal 20 Desember 2013.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
            Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman belajar terhadap siswa secara langsung pada obyek-obyek belajar nyata yang sebelumnya hanya  mereka kenal dengan teori ataupun gambar. Melalui kegiatan pembelajaran obyek diharapkan siswa mampu mengembangkan diri dalam berwirausaha sehingga menjadi manusia yang mandiri dalam menyongsong globalisasi dan pasar bebas untuk Indonesia Emas 2045.
D.  PESERTA
            Peserta kegiatan ini adalah siswa, guru dan wali siswa yang terdiri atas
1.   Seluruh Siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 386 siswa
      Jumlah siswa tersebut terbagi dalam 2 kelompok besar.  Kelompok  tersebut dibentuk kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari kurang lebih 30 siswa.
2.   Guru dan Karyawan SMPN 22 Malang yang berjumlah 42 orang, sebagai pendamping kelompok.
3.   Wali siswa sebanyak 4 orang sebagai panitia dan pendamping

E.  PELAKSANAAN
       Kegiatan SINAU WISATA direncanakan akan dilaksanakan pada:
       1.  Hari/tanggal                        :  Selasa, 17 Juni 2014
2. Tujuan                                    :   Malang Raya
a. BPTP Jawa Timur di Karangploso Malang :
1).  Teknologi tepat guna ( olahan jagung)
2).  Berbagai  macam budidaya tanaman
3).  Pengolahan lingkungan
b. Kebun Raya Purwodari (LIPI):
1). Kanekaragaman tanaman
2). Tanaman langka
3). Tehnik perbanyakan tanaman
 c. Candi Singasari
1)  Sejarah candi
2)  Model pembuatan candi
                                                    d).  Pemandian Kendedes
                                                          1). Kolam renang
3. Mata Pelajaran           :   1)  IPS
2)  PKn
3)  IPA
4)  Matematika
5) Bahasa Indonesia (dalam bentuk Laporan)
6) Bahasa Inggris (dalam bentuk Schedule)
Modul masing-masing mata pelajaran terlampir.
4. Metode Belajar          :   1).  Pengamatan Obyek
2)  Audio Visual
3)  Ceramah
4)  Modul mandiri
5. Jadwal kegiatan sebagaimana tertera dalam lampiran
6. Transportasi               :  8  buah bus (@ 55 orang siswa dan guru pendamping)
           

F.  KEPANITIAAN
Susunan panitia kegiatan ini adalah sebagaimana termaktub dalam Surat Keputusan Kepala SMPN 22 Malang sebagaimana terlampir dalam proposal ini.

G. RENCANA ANGGARAN
Kegiatan ini bersifat mandiri sehingga segala kebutuhan kegiatan ditanggung secara gotong royong oleh orang tua/wali siswa, bantuan sekolah seperti termaktub dalam RKAS, dana ZIS serta dana infak guru SMP Negeri 22 Malang, terutama untuk membantu siswa yang tidak mampu.

H. PENUTUP
Demikian rencana kegiatan Sinau Wisata SMP Negeri 22 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014 ini disampaikan guna mendapatkan pesertujuan dan bantuan serta tindak lanjut sebagaimana mestinya. Akhirnya semoga dapat dilaksanakan dengan baik.


               Malang,    Mei 2014

Panitia Sinau Wisata SMPN 22 Malang
Tahun Pelajaran 2013/2014

Ketua,                                                                        Sekretaris,




KASIJANTO, S.Pd.
NIP. 19710121 200003 1 009

SUMADI ANANTO, S.Pd.
NIP. 19631217 200801 1 003


Penyelia                                                                      Mengetahui dan Menyetujui:
     Waka kesiswaan                                                                     Kepala Sekolah,




   Drs. SUMARNO                                                             ANNY YULISTYOWATI, S.Pd.,MM.
   Penata                                                                                Pembina Tk I
   NIP. 196603082005011006                                               NIP  19620713 198112 2 001

yang lengkap Download disini 

Rabu, 10 September 2014

RPP PKn kelas 7 Kurikulum 2013 semester ganjil



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  :  SMP Negeri 22 malang
Mata Pelajaran      :  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/semester      :  VII/1
Materi Pokok         :  3.1 Sejarah dan semangat komitmen  para  pendiri Negara   
                                         dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai  
                                         dasar negara
Alokasi Waktu      :  3 x 40 menit (Pertemuan Pertama)
lebih lenglap download disini

Selasa, 09 September 2014

RPP K13 Kelas 7 tema 2, KEADAAN PENDUDUK INDONESIA



Satuan Pendidikan      :     SMPN 22 Malang
Kelas / Semester    :     VII / 1
Mata Pelajaran       :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Tema                      :     Keadaan Penduduk Indonesia
Sub Tema               :     Mobilitas penduduk antar wilayah di Indonesia.      
                        Pertemuan Ke        :     1
Alokasi Waktu       :     2 jp ( 1 x pertemuan )


KOMPETENSI INTI :

1        1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. (KI4). 

Yang lengkap Unduh disini