Selasa, 04 Agustus 2015

RPP PKn Kelas 9 Kurikulum 2013 semester ganjil




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP Negeri 22 Malang
Mata pelajaran          : PPKn
Kelas/Semester          : IX/ Ganjil
Pokok Bahasan          : Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
Sub Pokok Bahasan  : Penerapan Pancasila dari Masa Ke Masa
Alokasi Waktu           : 3 x 40 menit

Kompetensi Inti (KI)
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

A.          Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan jaman
4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional

B.           Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
1.1.2 Menunjukkan sikap bersyukur dalam pembelajaran perwujudan nilainilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
2.1.1 Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
2.1.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
2.1.3 Menunjukkan sikap percaya diri dalam pembelajaran perwujudan nilainilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
3.1.3 Menampilkan perilaku perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan sehari-hari
4.1.1 Menyusun laporan  hasil telaah   tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1.2 Menyajikan hasil telaah  tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.8.1 Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

D.  Materi  Pembelajaran 

1.            Penerapan Pancasila dari Masa Ke Masa
a. Masa Orde Lama, meliputi
1) Periode 1945 – 1950
2) Periode 1950 – 1959
3) Periode 1959 - 1965
b. Periode Orde Baru
 c. Periode Reformasi
2.            Nilai-nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman
a. Hakikat Ideologi Terbuka
b. Kedudukan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
3.            Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan

E.           Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke tiga: ( 3 x 40 Menit )
           Pada pertemuan ketiga ini guru dapat menyampaikan gambaran umum materi yang akan dipelajari pada Bab 1 bagian B. Pertemuan ketiga ini memiliki alokasi waktu 3 × 40 menit atau satu kali pertemuan
a.         Materi Pembelajaran
      Materi pokok pertemuan ketiga ini membahas tentang nilai-nilai
      Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman, meliputi hakikat ideology terbuka dan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka
b.  Proses Pembelajaran
                 Pada pertemuan ketiga pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah   pendekatan saintifik dengan metode problem based learning dan model diskusi kelompok. Kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan saintifik dimulai dari mengamati, menanya, mencari informasi, dan mengasosiasikan dan mengomunikasikan.

Kegiatan Pendahuluan
a. Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran diawali dengan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b. Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu wajib nasional,permainan, yel-yel, atau  bentuk motivasi yang lain.
c. Kegiatan apersepsi dilakukan dengan melakukan tanya-jawab mengenaipenerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi.
d.  Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e. Guru membimbing peserta didik melalui tanya-jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f. Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
g. Guru menjelaskan teknik dan bentuk penilaian pembelajaran yang akan dilakukan
    
Kegiatan Inti
Mengamati       
a. Peserta didik dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, tiap
kelompok beranggotakan 3-5 orang.
b. Peserta didik diminta untuk membaca buku Bab I bagian B.
c. Dengan bimbingan guru, peserta didik diarahkan untuk memahami apa
yang dibacanya dengan membuat catatan-catatan.
Menanya
a.  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap buku teks Bab I bagian B,
     peserta didik diminta untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan sesuai
     dengan tujuan pembelajaran.
b.  Peserta didik dengan pertanyaan paling banyak dan sesuai dengan
     tujuan pembelajaran mendapatkan nilai dari guru sebagai rewards.
Mengumpulkan Informasi
a.  Dari berbagai pertanyaan yang telah dibuat, peserta didik diminta untuk
     membaca buku teks Bab I bagian B.
b.  Dengan bimbingan guru peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan
     yang dibuat peserta didik berdasarkan sumber yang diperoleh.
c.  Peserta didik juga diminta untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.3.
d.  Guru dapat menjadi narasumber atas pertanyaan peserta didik.
Mengasosiasi
a.  Peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang
     sudah diperoleh sebelumnya.
b.  Secara kelompok peserta didik menyimpulkan Pancasila sebagai
     ideologi terbuka.


Mengomunikasikan
a.  Dengan bimbingan guru, peserta didik menyusun laporan hasil telaah      tentang Pancasila sebagai ideologi terbuka secara tertulis. Laporan      dapat berupa displai, bahan tayang, maupun pada selembar kertas.
b.  Secara bergiliran tiap-tiap kelompok menyampaikan hasil telaahnya di      depan kelas.
c.    Guru memberikan penilaian terhadap hasil telaah peserta didik.
Kegiatan Penutup
a.  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran dengan menjawab      pertanyaan yang disampaikan guru secara klasikal.
b.  Peserta didik melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran     yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan     berkaitan dengan materi Pancasila sebagai ideologi terbuka.  
Guru meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1) Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari hakikat ideologi         terbuka dan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka?
2)  Apa sikap yang kalian peroleh dari pembelajaran yang telah        dilakukan?
3)  Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah      dilakukan?
4)  Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)  Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?

c.  Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran dan hasil laporan
     individu.
d.  Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya dan      menugaskan peserta didik untuk mempelajari buku PPKn Kelas      IX Bab I subbab C tentang Perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai  kehidupan

c. Penilaian
1) Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi.  dalam Observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat berdiskusi. Aspek yang diamati adalah, Iman  taqwa, rasa Syukur, jujur, displin dan tanggung jawab.

Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas               : ……………………….
Hari, Tanggal  : ……………………….
Pertemuan Ke-: ……………………….
Materi Pokok : ……………………….
No
Nama
Aspek Penilaian
Iman Taqwa
Rasa Syukur
Jujur
Disiplin
Tanggungjawab





















Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikapyang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai
             
              Skor perolehan
Nilai  =  -------------------  x 4
                        20

2) Penilaian Pengetahuan
         Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan,
          peserta didik diminta untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.3.      
Penskoran Tugas Mandiri   3          
Tugas Mandiri 1.3 mendapatkan skor maksimal seluruhnya  adalah 10.

        Nilai = Skor Perolehan x 4
                           10
3) Penilaian Ketrampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan hasil telaah tentang nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman. Lembar penilaian Penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat  disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru

N0
Nama peserta didik
Kemamapan bertanya
Kemampuan menjawab/
argumentasi
Memberi masukan/
sasaran


1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4






































































Keterangan: di isi dengan tanda cek ( v )


Kategori Penilaian :
4 = sangat baik,  3 = baik,  2 = cukup,  1 = kurang
               Skor Perolehan
Nilai  =  --------------------- x 4
                              12





Pedoman Penskoran (rubrik) :

No
Aspek
Penskoran

Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu Bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadangbertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya.

Kemampuan menjawab/ argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional,
             dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional,
             dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak
             rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
             rasional, dan tidak jelas

Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan
Skor 3, apabila sering memberi masukan
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan

Mengetahui,                                                                               Malang, 27 Juli  2015
Kepala SMPN 22 Malang                                                          Guru IPS Kelas VIII,




Anny Yulistyowati .S.Pd. MM                                                  Drs. Sumarno
NIP. 19620713 198112 2 001                                                   NIP.19660308 200501 1 006

disini