DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 8 MALANG
Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang
ANALISIS
KOMPETENSI
TAHUN
PELAJARAN 2025-2026
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : IX / 1 |
|
Fase : D Alokasi Waktu : |
A. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada fese ini, peserta didik mampu:
Peserta didik memahami
keberagaman
kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas
manusia terhadap perubahan
iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan
pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana
untuk
menunjang
sustainable development
goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional,
dan global.
Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam
memenuhi kebutuhannya
melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan
internasional, peran
masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan
ekonomi di era digital,
serta
potensi Indonesia menjadi
negara maju.
Peserta
didik memahami
proses
interaksi sosial,
lembaga sosial, dinamika
sosial dan
perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan.
Peserta
didik mengenali
konsep
dasar ilmu sejarah yaitu
manusia,
ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan antara masa
lampau, masa kini, dan
masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa
Indonesia dan jalur rempah nusantara.
B. ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Pemahaman
Konsep |
Peserta didik memahami
keberagaman kondisi
geografis
Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana
alam. Peserta didik memahami dampak perubahan
iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta
merefleksikan
pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana
untuk menunjang sustainable development goals (SDGs)
dalam konteks lokal, regional,
dan global. Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya
melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan
internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi
di era digital, serta potensi Indonesia menjadi
negara maju. Peserta
didik memahami
proses interaksi
sosial, lembaga sosial, dinamika sosial
dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk
untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan. Peserta
didik mengenali
konsep dasar ilmu
sejarah yaitu manusia, ruang,
waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan
datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara. |
Keterampilan
Proses |
Pada akhir
fase ini, Peserta didik
menerapkan pemahaman konsep melalui pendekatan keterampilan proses dengan
cara ·
mengamati fenomena
dan peristiwa secara
sistematis dengan menggunakan pancaindra serta menemukan persamaan dan perbedaannya; ·
menanya dengan panduan guru, peserta didik mengajukan pertanyaan untuk
menggali dan klarifikasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan
memprediksinya; ·
mengumpulkan
informasi secara berkolaborasi, merencanakan dan melakukan penyelidikan,
mengumpulkan informasi dengan sumber primer, dan mendokumentasikannya; ·
berkolaborasi,
mengolah informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan
tertentu; ·
mengevaluasi dan
refleksi serta melakukan perbaikan untuk menarik simpulan hasil penyelidikan
dengan tepat; ·
mengomunikasikan
dan menyajikan hasil penyelidikan dengan menggunakan media informasi yang tepat; dan ·
menyusun rencana
tidak lanjut dari hasil
penyelidikan yang telah dihasilkan secara kolaboratif. |
NO |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
SEMESTER |
||
1 |
2 |
|||
1 |
1.1 |
Peserta didik mampu Menjelaskan dinamika perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan
masyarakat |
√ |
|
1.2 |
Peserta
didik mampu Membedakan antara modernisasi dan globalisasi |
|||
1.3. Perserta didik mampu Menganalisis dinamika globalisasi dan pengaruhnya
terhadap kehidupan
masyarakat. |
||||
1.4 |
Peserta didik mampu Mengevaluasi implementasi pelestarian budaya di
masyarakat |
|||
1.5 |
Peserta didik mampu Merancang kolaborasi upaya pewarisan kearifan lokal
di era modernisasi dan globalisasi. |
|||
2 |
2.1 |
Peserta didik mampu Menjelaskan peran uang dan lembaga keuangan
di tengah kehidupan masyarakat |
|
√ |
2.2 |
Peserta didik mampu Membedakan ciri-ciri antara interaksi
masyarakat di dunia nyata dan digital. |
|||
2.3 |
Peserta didik mampu Menganalisis bentuk-bentuk kegiatan ekonomi
berbasis perkembangan teknologi digital. |
|||
2.4 |
Peserta didik mampu Mengevaluasi kemampuan diri sendiri dan
lingkungan sekitar dalam menerapkan
kemampuan dasar literasi finansial |
|||
|
|
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8
Malang Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Malang, 1
Juli 2025 Guru Mata Pelajaran Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1
006 |
Catatan
Kepala Sekolah
.....................................................................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................................................................
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 8 MALANG
Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang
ANALISIS
KOMPETENSI
TAHUN
PELAJARAN 2025-2026
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : IX / 2 |
|
Fase : D Alokasi Waktu : |
A. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada fese ini, peserta didik mampu:
Peserta didik memahami
keberagaman
kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas
manusia terhadap perubahan
iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan
pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana
untuk
menunjang
sustainable development
goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional,
dan global.
Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam
memenuhi kebutuhannya
melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan
internasional, peran
masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan
ekonomi di era digital,
serta
potensi Indonesia menjadi
negara maju.
Peserta
didik memahami
proses
interaksi sosial,
lembaga sosial, dinamika
sosial dan
perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan.
Peserta
didik mengenali
konsep
dasar ilmu sejarah yaitu
manusia,
ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan antara masa
lampau, masa kini, dan
masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa
Indonesia dan jalur rempah nusantara.
B. ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Pemahaman
Konsep |
Peserta didik memahami
keberagaman kondisi
geografis
Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana
alam. Peserta didik memahami dampak perubahan
iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta
merefleksikan
pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana
untuk menunjang sustainable development goals (SDGs)
dalam konteks lokal, regional,
dan global. Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya
melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan
internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi
di era digital, serta potensi Indonesia menjadi
negara maju. Peserta
didik memahami
proses interaksi
sosial, lembaga sosial, dinamika sosial
dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk
untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan. Peserta
didik mengenali
konsep dasar ilmu
sejarah yaitu manusia, ruang,
waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan
datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara. |
Keterampilan
Proses |
Pada akhir
fase ini, Peserta didik
menerapkan pemahaman konsep melalui pendekatan keterampilan proses dengan
cara ·
mengamati fenomena
dan peristiwa secara
sistematis dengan menggunakan pancaindra serta menemukan persamaan dan perbedaannya; ·
menanya dengan panduan guru, peserta didik mengajukan pertanyaan untuk
menggali dan klarifikasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan
memprediksinya; ·
mengumpulkan
informasi secara berkolaborasi, merencanakan dan melakukan penyelidikan,
mengumpulkan informasi dengan sumber primer, dan mendokumentasikannya; ·
berkolaborasi,
mengolah informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan
tertentu; ·
mengevaluasi dan
refleksi serta melakukan perbaikan untuk menarik simpulan hasil penyelidikan
dengan tepat; ·
mengomunikasikan
dan menyajikan hasil penyelidikan dengan menggunakan media informasi yang tepat; dan ·
menyusun rencana
tidak lanjut dari hasil
penyelidikan yang telah dihasilkan secara kolaboratif. |
NO |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
SEMESTER |
||
1 |
2 |
|||
1 |
3.1 |
Peserta didik mampu Menjelaskan upaya pembangunan dan dampaknya
terhadap kehidupan masyarakat. |
√ |
|
3.2 |
Peserta didik mampu
Mendeskripsikan upaya pembangunan yang sudah dilakukan di Indonesia
sejak periode awal kemerdekaan hingga saat ini. |
|||
3.3. Peserta didik mampu Menganalisis
tolok ukur pembangunan. |
||||
3.4 |
Peserta didik mampu Menganalisis
tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. |
|||
3.5 |
Peserta didik mampu Mengevaluasi
proses pembangunan yang dilakukan di lingkungan setempat. |
|||
3.6 |
Peserta didik mampu Merancang kampanye dukungan terhadap
pembangunan Indonesia untuk menjadi negara maju. |
|||
2 |
4.1 |
Peserta didik mampu Menjelaskan keragaman lingkungan alam dan
masyarakat di dunia |
|
√ |
4.2 |
Peserta didik mampu Mendeskripsikan
penyebab terjadinya kerja sama internasional |
|||
4.3 |
Peserta didik mampu Menganalisis keterlibatan Indonesia dalam
kerja sama internasional. |
|||
4.4 |
Peserta didik mampu Menganalisis isu global yang berlangsung
dalam konteks lokal. |
|||
4.5 |
Peserta didik mampu Mengevaluasi pemahaman masyarakat mengenai
isu permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. |
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8
Malang Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Malang, 1
Juli 2025 Guru Mata Pelajaran Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1
006 |
Catatan
Kepala Sekolah
.....................................................................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar