PROPOSAL
UJIAN PRAKTIK KELAS IX
SMP NEGERI 22 MALANG
TAHUN
PELAJARAN 2017-2018
- Pendahuluan
1. Latar Belakang
Pengajaran IPS bukan sekedar
penguasaan teoritis semata. Lebih dari itu, pengajaran IPS diarahkan pada
peningkatan kemampuan berisifat pratis. Tujuan mata pelajaran IPS yang tertuang dalam kompetensi
yang telah ditetapkan dalam Kurikulum 2013 agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
·
Mengembangkan
pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPS yang
bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
·
Melakukan inkuiri ilmiah untuk
menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak ilmiah serta
berkomunikasi
·
Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan
keterampilan IPS sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang
sekanjutnya
Berpijak dari tujuan di atas, maka perlu ada
pengukuran ketercapaian siswa atas tujuan tersebut melalui sebuah evaluasi
(ujian). Mata pelajaran IPS tidak hanya perlu penguasaan secara teori tetapi
juga praktik. Oleh karena itu diperlukan ujian praktik IPS.
2.
Tujuan
Tujuan dari ujian praktik ini adalah sebagai berikut:
·
Menguji kemampuan siswa dalam
mengaplikasikan pengetahuan dalam hal pemahaman tentang pengukuran, pengamatan
struktur tubuh tumbuhan, percobaan fotosintesis, sistem pencernaan manusia, dan
percobaan listrik.
·
Mendapatkan umpan balik terhadap KBM
yang telah dijalankan
·
Sebagai
salah satu syarat kelulusan bagi peserta didik
- Peserta
Peserta ujian praktik ini adalah siswa Kelas IX dengan rincian sebagai
berikut:
KLS
|
JUMLAH SISWA
|
JUMLAH
|
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
||
IX A
|
14
|
16
|
30
|
IX B
|
16
|
14
|
30
|
IX C
|
14
|
16
|
30
|
IX D
|
14
|
16
|
30
|
IX E
|
13
|
16
|
29
|
IX F
|
16
|
14
|
30
|
IX
G
|
18
|
12
|
30
|
Jumlah
|
209
|
- Materi
Materi untuk
ujian praktik mengacu pada Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2016-2017, dengan
perincian sebagai berikut :
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI / KELAS
|
INDIKATOR
|
1
|
Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
|
Manusia, tempat dan lingkungan.
|
Siswa dapat menggambarkan Peta Pulau- pulau yang
ada di Indonesia beserta kelengkapannya
1.
judul peta,
2.
skala peta,
3.
orientasi,
4.
simbol peta, ( sesuai dengan
warna )
5.
garis astronomis,
6.
legenda,
7.
dan sumber peta.
8.
Perbedaan warna, dataran
tinggi-dataran rendah, laut dalam –laut dangkal.
9.
Menghitung jarak dari Jakarta –
Surabaya sesuai dengan sekala.
|
- Penguji
Penguji ujian praktik ini adalah sebagai berikut
1.
Penguji I : Basukiono , S.Pd
2.
Penguji II : Drs. Sumarno
- Pelaksanaan
Rincian
pelaksanaan ujian praktik adalah sebagai berikut:
Waktu : Kamis, 15 Pebruari 2018
Tempat : Ruang kelas
- Penilaian
dengan perincian
sebagai berikut :
No
|
Ketentuan penilaian
|
Bobot penilaian
|
1
|
judul peta
( apa bila judul peta ada dan ditulis dengan huruf
besar )
|
5
|
2
|
skala peta ( ada dan benar )
|
5
|
3
|
Orientasi (ada dan benar )
|
10
|
4
|
simbol peta, ( sesuai dengan bentuk gambar, warna ada dan benar )
|
20
|
5
|
garis astronomis ( ada dan benar )
|
10
|
6
|
Legenda ( ada, lengkap dan benar )
|
10
|
7
|
sumber peta (ada dan benar )
|
10
|
8
|
Perbedaan warna, dataran tinggi-dataran rendah, laut
dalam –laut dangkal ( ada dan benar, warna kontras sehingga bisa menjadi
pembeda)
|
20
|
9
|
Menghitung jarak dari Jakarta – Surabaya sesuai dengan
sekala (jika benar )
|
10
|
|
Jumlah total skor
|
100
|
- Peralatan
Perlengkapan yang harus disediakan oleh siswa
1.
Kertas BC ukuran A3
2.
Spidol warna
3.
Perlengkapan mewarna (Cat warna,
Kuas dan tempat air)
4.
Penghapus
5.
Penggaris
6.
Atlas / Peta Indonesia
7.
Pensil
- Pembiayaan
Rincian pembiayaan untuk ujian ini
adalah sebagai berikut:
Fotokopi
lembar kerja (210 lbr x Rp. 180) Rp. 37.800,00
Menyetujui: Malang,
26 Januari 2018
Kepala SMP Negeri 22 Malang Penguji I,
Drs. Mochamad Solikin. Drs.
Sumarno
NIP. 19680806 199802 1 005 NIP.
19660308 2005 01 1 006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar