Minggu, 12 Januari 2020

PENENTUAN KRETERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) PER KD ( KOPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN ( IP ) TAHUN 2019 – 2020




Mata pelajaran              :  IlmuPengetahuanSosial
Kelas/                            :   9
NO
TEMA / SUB TEMA/ SUB-SUB  TEMA
KOMPLEKSITAS KESULITAN  PENCAPAIAN
SARANA PENDUKUNG DALAM  PEMBELAJARAN
INTAKE SISWA TINGKAT KEMAMPUAN
1
Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi




Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
70
72
72

Sumber Daya Manusia
70
72
72

Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Asia dan Benua lainnya)
70
72
72

Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
70
72
72
2
Globalisasi




Perubahan sosial budaya
72
72
72

Globalisasi (dalam bidang iptek, ekonomi, komunikasi, transportasi, budaya)
72
72
72

Dampak positif dan negatif globalisasi terhadap kehidupan kebangsaan
72
72
72

Upaya menghadapi globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan
72


3
Ketergantungan antar ruang berdasarkan konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar)




Pengaruh ketergantungan antar ruang terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial,ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
72
72
72

Mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
72
72
72

Pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat
72
72
72

Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, Uni Eropa)
72
72
72
4.
Perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) masyarakat Indonesia pada masa awal kemerdekaan, proklamasi kemerdekaan RI, peristiwa heroik sekitar proklamasi, proses pengakuan kedaulatan




Perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) masyarakat Indonesia pada masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa (antara lain: DI/TII, APRA, Andi Aziz, Pembebasan irian Barat, G30 S/PKI) dan kerja sama Internasional (antara lain: KAA, Gerakan Non Blok, dan PBB)
72
72
72

Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia masa Orde Baru
72
72
72

Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa reformasi
72
72
70

Mengenal tokoh-tokoh pada
masa awal kemerdekaan
sampai reformasi
72
72
70

KKM  SEMESTER  GANJIL/GENAP  =    71






Mengetahui :


Kepala SMP NEGERI 22 MALANG
Malang,30 Juli 2019


Guru Bidang Studi IPS

Drs.Supriyadi, M.Pd
Drs. Sumarno

NIP. 19630807 198303 1 007
NIP. 19660308 200501 1 006


Rabu, 08 Januari 2020

RPP IPS Kelas 9 semesterr genap bab 3 dan bab 4 tahun 2019-2020


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP Negeri 22 Malang

Mata Pelajaran          : IPS
Kelas/Semester           : IX/ Genap
Hari/Tanggal                :
Alokasi Waktu                        : 2 JP
KD        :
3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
 Materi  : ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional

Tujuan Pembelajaran :  Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang perdagangan internasional
Sumber Belajar: Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: sumarnoguritno.blogspot.com, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan.

Pertemuan Pertama
Langkah-langkahPembelajaran
Apersepsi
Guru menanyakan tentang materi pembelajaran berkaitan dengan perdagangan internasional Misalnya: bagaimana kalo suatu negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri? Faktor apa sajakah yang mempengaruhi setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri? Bagaimana upaya setiap negara memenuhi kebutuhan?
Sintak
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
*      Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui yang disajikan oleh guru,
*      Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui   pengertian ketergantungan antar ruang  dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar).
Mengorganisasikan peserta didik / Menanya
1.    Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3 - 4 siswa
2.    Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumus kan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan.
1.      jelaskan pengertian perdagangan internasional?
2.      Faktor apa sajakah yang mempengaruhi perdagangan internasional?
3.      Apa manfaat dari perdagangan internasional? 
(pengumpulan data)
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
*      Peserta didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS 1).
*      Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Siswa
Mengembangkan dan menyajikan
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di Lembar Kerja siswa sedangkan kelompok lainnya menanggapi.
Menganalisa
Peserta didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
Penutup dan umpan balik
1.     Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat kesimpulan  
2.     Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
Evaluasi tes
1.      Bagaimana  dampak  perdagangan  internasional  (positif  dan negatif) bagi kehidupan negara?
2.      Apakah  manfaat  yang  kalian  rasakan  sebagai  pelajar  dengan adanya perdagangan internasional?
Text Box: Catatan hasil kegiatan/Umpan Balik.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Text Box: Malang,
Guru bidang Studi IPS


Drs. Sumarno
NIP. 




Text Box: Kepala Sekolah   



……………………………….
NIP. 



 







Kelompok
Nama    1. …………………………………………
                2 .…………………………………………
3. …………………………………………
                4. …………………………………………

               

 
 



Lembar Kerja Siswa 1
Bidang Studi  
IPS
KD
ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
Materi
Perdagangan Internasional
Kelas/Semester
IX/ Genap
Hari /tanggal
…………………………………….


Gambar Perdagangan Internaional :

                      
                 

                      
                 


1.    Berdasar gambar diatas yang menjadi penyebab terjadinya  ketergantungan antar ruang
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.    Faktor apa sajakah yang mempengaruhi perdagangan internasional?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
3.    Bagaimana kalo suatu negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.    Faktor apa sajakah yang mempengaruhi setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri? ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………