RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP Negeri 22 Malang
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IX/ Genap
|
Hari/Tanggal :
Alokasi Waktu : 2 JP
|
KD :
3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep
ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial
dan ekonomi, pekerjaan,
pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
|
4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari
konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya
terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
|
Materi
: ketergantungan
antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi,
harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional
|
Tujuan
Pembelajaran : Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan
model Problem Based Learning yang
menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis,
menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang
perdagangan
internasional
|
Sumber Belajar: Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: sumarnoguritno.blogspot.com,
lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan.
|
Pertemuan Pertama
Langkah-langkahPembelajaran
Apersepsi
|
Guru menanyakan tentang materi pembelajaran berkaitan dengan
perdagangan internasional Misalnya:
bagaimana kalo suatu negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri?
Faktor apa sajakah yang mempengaruhi
setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya
sendiri? Bagaimana upaya setiap negara memenuhi
kebutuhan?
|
Sintak
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang terdapat pada buku
maupun melalui yang disajikan oleh guru,
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar,
peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui pengertian ketergantungan antar ruang dilihat dari
konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar).
|
Mengorganisasikan
peserta didik / Menanya
|
1.
Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan
anggota 3 - 4 siswa
2.
Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk
merumus kan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil
pengamatan.
1.
jelaskan pengertian
perdagangan internasional?
2.
Faktor apa sajakah yang
mempengaruhi perdagangan internasional?
3.
Apa manfaat dari
perdagangan internasional?
|
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik
dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
Peserta didik diberikan permasalahan dalam bentuk
Lembar Kerja Siswa (LKS 1).
Peserta didik
diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang
akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Siswa
|
Mengembangkan
dan menyajikan
|
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di Lembar
Kerja siswa sedangkan
kelompok lainnya menanggapi.
|
Menganalisa
|
Peserta
didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi
yang telah dilaksanakan.
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran
|
Penutup dan umpan balik
|
1.
Guru
dan peserta didik secara bersama-sama membuat kesimpulan
2.
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
|
Evaluasi
tes
1. Bagaimana dampak
perdagangan internasional (positif
dan negatif) bagi kehidupan negara?
2. Apakah manfaat
yang kalian rasakan
sebagai pelajar dengan adanya perdagangan internasional?
|
|
Lembar Kerja Siswa 1
Bidang Studi
|
IPS
|
KD
|
ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi
(produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap
migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan,
pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
|
Materi
|
Perdagangan
Internasional
|
Kelas/Semester
|
IX/ Genap
|
Hari /tanggal
|
…………………………………….
|
Gambar
Perdagangan Internaional :
1. Berdasar
gambar diatas yang menjadi penyebab terjadinya ketergantungan antar ruang
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Faktor
apa sajakah yang mempengaruhi perdagangan internasional?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
3. Bagaimana
kalo suatu negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Faktor
apa sajakah yang mempengaruhi setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya
sendiri? ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar