RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP Negeri 22 Malang
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IX/ Genap
|
Hari/Tanggal :
Alokasi Waktu : 2 JP
|
KD :
3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep
ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial
dan ekonomi, pekerjaan,
pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
|
4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari
konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya
terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
|
Materi
: ketergantungan
antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi,
harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional
|
Tujuan
Pembelajaran : Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan
model Problem Based Learning yang
menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis,
menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang
perdagangan
internasional
|
Sumber Belajar: Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: sumarnoguritno.blogspot.com,
lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan.
|
Pertemuan Pertama
Langkah-langkahPembelajaran
Apersepsi
|
Guru menanyakan tentang materi pembelajaran berkaitan dengan
perdagangan internasional Misalnya:
bagaimana kalo suatu negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri?
Faktor apa sajakah yang mempengaruhi
setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya
sendiri? Bagaimana upaya setiap negara memenuhi
kebutuhan?
|
Sintak
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
![]() |
![]() ![]() |
Mengorganisasikan
peserta didik / Menanya
|
1.
Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan
anggota 3 - 4 siswa
2.
Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk
merumus kan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil
pengamatan.
1.
jelaskan pengertian
perdagangan internasional?
2.
Faktor apa sajakah yang
mempengaruhi perdagangan internasional?
3.
Apa manfaat dari
perdagangan internasional?
|
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik
dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
![]() ![]() |
Mengembangkan
dan menyajikan
|
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di Lembar
Kerja siswa sedangkan
kelompok lainnya menanggapi.
|
Menganalisa
|
Peserta
didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi
yang telah dilaksanakan.
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran
|
Penutup dan umpan balik
|
1.
Guru
dan peserta didik secara bersama-sama membuat kesimpulan
2.
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
|
Evaluasi
tes
1. Bagaimana dampak
perdagangan internasional (positif
dan negatif) bagi kehidupan negara?
2. Apakah manfaat
yang kalian rasakan
sebagai pelajar dengan adanya perdagangan internasional?
|



|
Lembar Kerja Siswa 1
Bidang Studi
|
IPS
|
KD
|
ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi
(produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap
migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan,
pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
|
Materi
|
Perdagangan
Internasional
|
Kelas/Semester
|
IX/ Genap
|
Hari /tanggal
|
…………………………………….
|
Gambar
Perdagangan Internaional :
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
1. Berdasar
gambar diatas yang menjadi penyebab terjadinya ketergantungan antar ruang
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Faktor
apa sajakah yang mempengaruhi perdagangan internasional?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
3. Bagaimana
kalo suatu negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Faktor
apa sajakah yang mempengaruhi setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya
sendiri? ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar