Rabu, 08 Januari 2020

RPP IPS Kelas 9 semesterr genap bab 3 dan bab 4 tahun 2019-2020


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP Negeri 22 Malang

Mata Pelajaran          : IPS
Kelas/Semester           : IX/ Genap
Hari/Tanggal                :
Alokasi Waktu                        : 2 JP
KD        :
3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
 Materi  : ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional

Tujuan Pembelajaran :  Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang perdagangan internasional
Sumber Belajar: Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: sumarnoguritno.blogspot.com, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan.

Pertemuan Pertama
Langkah-langkahPembelajaran
Apersepsi
Guru menanyakan tentang materi pembelajaran berkaitan dengan perdagangan internasional Misalnya: bagaimana kalo suatu negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri? Faktor apa sajakah yang mempengaruhi setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri? Bagaimana upaya setiap negara memenuhi kebutuhan?
Sintak
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
*      Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui yang disajikan oleh guru,
*      Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui   pengertian ketergantungan antar ruang  dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar).
Mengorganisasikan peserta didik / Menanya
1.    Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3 - 4 siswa
2.    Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumus kan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan.
1.      jelaskan pengertian perdagangan internasional?
2.      Faktor apa sajakah yang mempengaruhi perdagangan internasional?
3.      Apa manfaat dari perdagangan internasional? 
(pengumpulan data)
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
*      Peserta didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS 1).
*      Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Siswa
Mengembangkan dan menyajikan
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di Lembar Kerja siswa sedangkan kelompok lainnya menanggapi.
Menganalisa
Peserta didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
Penutup dan umpan balik
1.     Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat kesimpulan  
2.     Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
Evaluasi tes
1.      Bagaimana  dampak  perdagangan  internasional  (positif  dan negatif) bagi kehidupan negara?
2.      Apakah  manfaat  yang  kalian  rasakan  sebagai  pelajar  dengan adanya perdagangan internasional?
Text Box: Catatan hasil kegiatan/Umpan Balik.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Text Box: Malang,
Guru bidang Studi IPS


Drs. Sumarno
NIP. 




Text Box: Kepala Sekolah   



……………………………….
NIP. 



 







Kelompok
Nama    1. …………………………………………
                2 .…………………………………………
3. …………………………………………
                4. …………………………………………

               

 
 



Lembar Kerja Siswa 1
Bidang Studi  
IPS
KD
ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
Materi
Perdagangan Internasional
Kelas/Semester
IX/ Genap
Hari /tanggal
…………………………………….


Gambar Perdagangan Internaional :

                      
                 

                      
                 


1.    Berdasar gambar diatas yang menjadi penyebab terjadinya  ketergantungan antar ruang
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.    Faktor apa sajakah yang mempengaruhi perdagangan internasional?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
3.    Bagaimana kalo suatu negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.    Faktor apa sajakah yang mempengaruhi setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri? ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar