Senin, 13 Januari 2020

Ludruk Penyambutan Adiwiyata Mandiri di SMPN 22 Malang




Naskah untuk penyambutan adiwiyata mandiri di P22 2019
Tema : Adiwiyata mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan
 Sugeng rawuh poro tamu Adiwiyata di dua-dua

monggo pinarak kanti sekeco,……amirsani presentasi kulo…
Skolah prestasi, sekolah Adiwayata

SMP dua-dua ndek  gunung mburing
Gurune sabar gak tahu muring-muring
           
            Adiwiyata iki acarane
Kota Malang sing dadi promotore
SMP dua-dua dadi pesertane
Mugo lolos  koyo biasane…

SEKAM  sing dadi bahasane
Sampah lan enegri kudu ono solusine
keragaman hayati iku perhatiane
makanan sehat dadi konsumsine

Literasi iku nomer siji
Cinta lingkungan ora oleh keri
UKS ojo nganti lali
Supoyo muridte iso dadi bupati

Juminten wes kelas songo
Cekap semanten piatur kulo


A.      Bumi kita yang dahulu adalah bumi yang hijau, sejuk, air jenih yang melimpah, tidak ada sampah plastic dan  polusi udara, dimana aku, saudara-sudaraku bisa bermain dengan ceria,
B.      Sekarang semua sudah berubah bumiku tak lagi hijau, tidak sejuk lagi….. air yang dulu jernih melimpah sudah kering, dimana-mana yang terlihat hanya sampah, kebakaran hutan menjadi tragedi sepanjang tahun,…sepertinya bumi sudah tidak ramah lagi..
Apakah ini yang akan kita wariskan ??
C.      Kita tidak boleh menyerah ……lihatlah sekolah kita dulu  kantin tidak sehat, penjual makanan tidak terkontrol, siswa tidak aktif, boros energy, Sampah tidak terkelola dengan baik, air tidak lancar, belum ada ruang terbuka hijau, sekolah tidak terawat, banjir masuk sekolah, keaneka ragaman hayati belum lengkap dan lahan belum termanfaatkan dengan baik,
D.      Ya saya tahu sekarang permasalahan mendasarnya adalah Rendahnya tingkat pengetahuan, kesadaran, partisipasi dalam pemeliharaan lingkungan hidup. Dan solusinya pendidikan lingkungan hidup dengan mengubah sikap dan perilaku  tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasaahan lingkungan.
A.      Ya Adiwiyata….kita sambut adiwiyata mari kita tersenyum dan gembira menyambut adiwiyata…
Salam bumi…pasti lestari, adiwiyata …bisa, Adiwiyata Mandiri ….pasti bisa, Malang Kuceswara …….Bermartabat, Jawa Timur …jaya…. Jaya…. jaya luar biasa.
B.      Adiwiyata di SMPN 22 dimulai dari  yang pertama Kebijakan. Kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMPN 22 sudah berwawasan lingkungan hampir disetiap bidang studi sudah ada pembelajaran berbasis lingkungan IPS, IPA, PKn, Bahasa Indonesia dan semuanya sudah berbasis lingkungan bahkan Renacana Kerja dan anggaran sekolah semua sudah menuju ke program Adiwiyata
C.      yang kedua adalah Kurikulum yang menyangkut tenaga pendidik dan peserta didik, semua bapak ibu guru rencana pembelajarannya harus mengutamakan pembelajaran berbasis lingkungan, mulai dari isu yang bersifat local sampai dengan isu yang bersifat Global, begitu juga dengan peserta didik sebagai pelaku utama dimasa depan harus dan wajib memiliki karakter dan budaya berbasis lingkungan, melalui program – program sekolah tentang lingkungan setiap siswa wajib menjadi kader lingkungan, mulai dari kader penghijaun, kader kamar mandi, kader kantin, kader tanaman organic, kader cacing, dan kader-kader yang lain agar mereka tangguh berbudaya lingkungan.
D.     seperti program SAJISATA, satu jiwa satu tanaman. Setiap siswa wajib memiliki dan merawat minimal satu tanaman yang ada disekolah, kemudian program ZERO TISU dimana setiap siswa wajib membawa saputangan sebagai pengganti tisu, PROGRAM SERIBU BIOPORI, program PENGELOLAAN SAMPAH organic maupun non organic melalui bank sampah, sampai dengan pengolahan sampah organic dengan budidaya maggot dan cacing lumbricus serta pembuatan kompos. IPAL air limbah kantin, kemudian TANDON AIR HUJAN, pemanfaatan limbah Air WUDHU yang termanfaatkan dengan baik,
C.      begitu juga dengan kerajinan dan ketrampilan siswa yang berbasis lingkungan, pebuatan batik, pembuatan pupuk NPK Cair dari bahan yang ada di P22,  topeng malangan yang terbuat dari clumpring, pembuatan es krim dari kuit pisang, dan jangan lupa TEMPE BINANG, tempe dari biji nangka smpn 22 yang sudah diliput oleh beberapa TV nasioanal yaitu Trans TV, TV One, Malang TV dan juga Metro TV.
b.      yang ketiga adalah PARTISIPATIF  dengan melaksanakan peringatan hari  lingkungan hidup yang dilakukan setiap tahun disekolah. pembiasaan disekolah   yang bertema lingkungan, program lingkungan hidup pada kegiatan ektra kurikulker dan pengembangan diri serta menjalin kemitraan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan, dengan penggiat lingkungan yang ada di wilayah sekitar yaitu bank sampah Eltari.
A.        Keempat adalah ketersediaan Sarana dan prasarana di sekolah yang ramah lingkungan,  yaitu lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, pemanfaatan sumber daya secara efisien, adanya 4 tandon air hujan, pencacah sampah organic serta alat komposter, IPAL limbah air hujan, alat penyaring air selokan, kantin yang ramah lingkungan, melakukan pelestarian fungsi lingkungan hidup.
D.        Bapak ibu sekalian yang saya hormati demikian sedikit paparan pelaksanaan adiwiayata di SMPN 22 semoga bisa menjadikan SMPN 22 menjadi sekolah Adiwiayat Mandiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar