Senin, 13 Januari 2020

RPP IPS kelas 9 menuju Adiwiyata Mandiri di SMPN 22 Malang


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 22 Malang
Mata Pelajaran          : IPS
Kelas/Semester           : IX/Genap
Materi                         : Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat
Sub Materi                  : Pengembangan Pusat-Pusat  Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat
Tahun Pelajaran         : 2018/2019
Alokasi Waktu                        : 4 JP (2 Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.3  Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
IPK Penunjang
3.3.1     Menjelaskan pusat-pusat keunggulan ekonomi
3.3.2     Memberi contoh pusat –pusat keunggulan ekonomi
3.3.3     Menjelaskan pengaruh keunggulan ekonomi bagi masyarakat dan dampaknya tehadap lingkungan dan kearifan lokal

IPK Kunci
3.3.1     Menganalisi pusat-pusat keunggulan ekonomi
3.3.2     Menampilkan  contoh pusat –pusat keunggulan ekonomi
3.3.3     menganalisis pengaruh keunggulan ekonomi bagi masyarakat dan dampaknya tehadap lingkungan dan kearifan lokal

IPK Penunjang
Menyimpulkan pengaruh keunggulan ekonomi bagi masyarakat dan dampaknya tehadap lingkungan dan kearifan lokal

4.3  Menyajikan hasil analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
4.3.1     Mempresentasikan hasil analisis tentang keunggulan ekonomi dan dampaknya terhadap isu lingkungan local maupun global

²         Nilai Karakter
Ø  Integritas
o   Kejujuran
o   Keteladanan
o   Tanggungjawab
o   Komitmen moral
o   Cinta pada kebenaran


C.     Tujuan Pembelajaran:
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan diskusi kelompok, peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi Menjelaskan pusat-pusat keunggulan ekonomi,Memberi contoh pusat –pusat keunggulan ekonomi,Menganalisis pengaruh keunggulan ekonomi bagi masyarakat dan dampaknya tehadap lingkungan dan kearifan lokal melalui berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan percaya diri.

D.     Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
Ø  Fungsi keunggulan ekonomi
Ø  Menjelaskan pusat-pusat keunggulan ekonomi
Ø  Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
Ø  Dampak keunggulan ekonomi terhadap kerusakan lingkungan dan solusi pemecahannya
Ø  Membuat analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

2.      Materi pembelajaran remedial
Ø  Pengembangan Pusat-Pusat  Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat
Ø  Dampak yang ditimbulkan bagi lingkungan dari daerah-daerah yang mempunyai keunggulan ekonomi 
Ø  Upaya meminimalisir terjadinya kerusakan lingkungan terhadap daerah-daerah yang mempunyai keunggulan ekonomi

3.      Materi pembelajaran pengayaan
Ø  Perdagangan bebas

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan            : Saintifik
Metode      : Teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
Model        : Problem Based Learning

F.      Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

G.    Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa kelas 9 Mata Pelajaran IPS Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru kelas 9 Mata Pelajaran IPS Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3.      Internet. http://Sumarnoguritno.blogspot.com
4.      Sumber lain yang relevan

H.    Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Peserta didik mengucapkan salam.
  • Guru mengecek kehadiran peserta didik dan  mengajak mereka untuk merapikan meja, kursi serta kebersihan kelas.
  • Peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
  • Guru menanyakan materi minggu yang lalu tentang ekonomi kreatif  dikaitkan dengan pusat keunggulan ekonomi.
  • Mengajukan pertanyaan tentang keunggulan ekonomi yang ada di kota Malang yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Menjelaskan pusat-pusat keunggulan ekonomi dan pencagahan terhadap kerusakan lingkungan
Ø  Menumbuhkan sikap tanggung jawab terhadap kerusakan lingkungan karena factor ekploitasi ekonomi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah

Melihat
Ø  Menayangkan gambar/foto tentang
Ø  Menjelaskan pusat-pusat keunggulan ekonomi






-          Mengamati
Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan terhadap lembar kerja yang dibagikan oleh guru :
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada Lembar kerja
Ø  Menjelaskan pusat-pusat keunggulan ekonomi
Ø  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar di Lembar Kerja, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui.
Ø  Peserta didik diminta menyimpulkan apa yang telah dibaca dari LK maupun buku paket tentang  Menjelaskan pusat-pusat keunggulan ekonomi

Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
-       Peserta didik mengidentifikasi dari Lembar Kerja tentang daerah-daerah yang memiliki keunggulan ekonomi.
-       Peserta didik diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan, serta menjawab pertanyaanberdasarkan hasil pengamatan yang ada pada buku paket;
-          Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami;
-          Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Menjelaskan pusat-pusat keunggulan ekonomi
Ø  Dampak terhadap lingkungan terhadap setiap ekploitasi sumber daya alam
 Misalnya  :
Ø  apa saja keunggulan ekonomi yang dapat kamu lihat disekitarmu?
Ø  Faktor apa saja yang mempengaruhinya?
Ø  Apa dampaknya bagi lingkungan sekitarnya?
Ø  Bagaimana cara meminimalisir terjadinya dampak lingkungan dari setiap kegiatan ekonomi?
Data
collection
(pengumpulan
data)
Mengumpulkan informasi
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
v  Peserta didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Siswa
v  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Siswa
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan.
v  Aktivitas :
Ø  Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3- 4 siswa.
Ø  Peserta didik diminta mengamati tentang contoh gambar berkaitan dengan keunggulan ekonomi seperti gambar PT Freeport, pekan raya, batik, kegiatan penambangan, kegiatan ekploitasi hutan, dan gambar-gambar kerusakan alam dan lingkungan akibat eksploitasi sumber daya alam.
Ø  Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan.
Contoh:
1.    Apa saja yang termasuk dalam keunggulan ekonomi bangsa?
2.    Dimana saja kita dapat menemukan pusat keunggulan ekonomi bangsa.
3.    Dampak terhadap lingkungan setiap kegiatan ekonomi.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.  
©  Guru mengarahkan semua peserta didik untuk terlibat dalam diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya, apabila ada yang belum dipahami.
©  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
Ø  Mempresentasikan pusat-pusat keunggulan ekonomi dan dampaknya terhadap lingkungan.
Ø  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
Ø  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
Ø  Menyimpulkan point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
Ø  Menjawab pertanyaan dari kelompok lain bila ada yang bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
-          Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
-          Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
-          Menjelaskan pusat-pusat keunggulan ekonomi
-          Apa saja yang termasuk dalam keunggulan ekonomi bangsa?
-          Dimana saja kita dapat menemukan pusat keunggulan ekonomi bangsa?
-          Dampak keunggulan ekonomi terhadap kerusakan lingkungan
-          Upaya meminimalisir terjadinya kerusakan lingkungan akibat kegiatan ekonomi
60
menit


Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Memberi salam.
10
menit



























2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi

  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Guru mengecek kehadiran peserta didik dan  mengajak mereka untuk merapikan meja, kursi serta kebersihan kelas.
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Manfaat adanya pusat-pusat keunggulan ekonomi
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati
Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatandari permasalahan yang ada di Lembar kerja siswa berkaitan dengan materi
Ø  Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 4 siswa.
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru

 

  
Ø  Kerusakan lingkungan akibat ekploitasi sumber daya alam secara berlebihan
Ø  Kerusakan alam akibat pengolahan sumber daya alam
Ø  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui.
Ø  Peserta didik membuat pertanyaan dari apa yang sudah diamati.

Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
-          Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
-          Peserta didik diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan, serta menjawab pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan yang ada pada buku paket;
-          Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama kelompoknya;
KELOMPOK 1. Bagaimana pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap pola hidup dan kesehatan masyarakat?
KELOMPOK 2. Bagaimana pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap lingkungan  secara local maupun global
KELOMPOK 3. Bagaimana pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap perkembangan ekonomi negara di dunia internasional
KELOMPOK 4. Bagaimana meminimalisiir pengaruh keunggulan ekonomi terhadap kerusakan lingkungan baik secara local maupun  global
KELOMPOK 5. Upaya – upaya yang perlu dilakukan untuk mengendalikan terjadinya kerusakan lingkungan
KELOMPOK 6. Kebijakan-kebijakan yang diperlukan dan berkaitan dengan eksploitasi alam guna perlindungan lingkungan.
-           
Data
collection
(pengumpulan
data)
Mengumpulkan informasi
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
v  Peserta didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Siswa
v  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Siswa.
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk Aktivitas :
Ø  Peserta didik diminta mengamati gambar pengaruh dari keberadaan pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan masyarakat
Ø  Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui telah tujuan pembelajaran, jika belum bisa tentunya dengan panduan guru, peserta didik diminta memperbaiki untuk dibacakan di depan kelas.
Ø  Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. Untuk menyelesaikan tugas masing-masing kelompok
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di Lembar Kerja Siswa, kelompok lainnya menanggapi.
©  Pendidik mendorong agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah
©  Selama peserta didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya
©  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya 
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
-       Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
-       Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai  keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda

60
menit


Kegiatan Penutup
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Menanyakan sejauh mana upaya yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Memberi salam.
10
Menit

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 

1.      PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.      Remedial
©  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
©  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
©  Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

b.      Pengayaan
1)   Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan
2)   Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber..


2.      Teknik Penilaian

·         Jenis            : Tes lisan dan tulis, produk, diskusi, dan proyek hasil kerja kelompok
·         Bentuk        : Instrumen/rubrik pengamatan

Soal uraian :

1.      Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat?
2.      Bagaimana   peluang   produk   masyarakat   dapat   menembus   pasar internasional?
3.      Apa yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional?
4.      Sebutkan faktor pendukung pusat keunggulan ekonomi yang kalian ketahui
5.      Manfaat  yang  diperoleh  masyarakat  sekitar  dengan  adanya  pusat keunggulan ekonomi yang dikembangkan
6.      Kendala  apa  saja  yang  dihadapi  pusat  keunggulan  ekonomi  yang dikembangkan sehingga tidak merusak kearifan local dan lingkungan
7.      Dampak yang ditimbulkan dari keunggulan ekonomi terhadap kerusakan lingkungan baik local maupun global
8.      Upaya untuk meminimalisir terjadinya dampak lingkungan secara local maupun global
9.      Jelaskan peran masyarakat dalam mananggulangi ekploitasi alam yang menyebabkan kerusakan lingkungan.
10.  Sebagai siswa apa yang harus kamu lakukan dalam upaya menanggulangi kerusakan lingkungan di sekitarmu dan kerusakan lingkungan secara global

Penilaian
-          Tehnik : Tes lisan, tes tulis, produk tes
-           



PENILAIAN PENGETAHUAN
1.      Tes tulis
·      Tehnik penilaian : Tes Tertulis
·      Bentuk Penilaian : Soal Uraian
Indikator:
·      Menjelaskan keterkaitan antara perkembangan ekonomi dengan iptek
·      Menganalisa keterkaitan keunggulan ekonomi dengan kerusakan lingkungan
·          
No
Pertanyaan
Skor
1
Jelaskan keterkaitan antara keunggulan ekonomi  dengan sumber daya alam
20
2
Berikan 2 contoh pengaruh keunggulan ekonomi yang menyebabkan kerusakan lingkungan
20
3
Berikan 2 contoh pengaruh kerusakan lingkungan terhadap perkembangan ekonomi jangka panjang
20
4
Jelaskan dampak positif keunggulan ekonomi terhadap perekonomian  di Indonesia
20
5
Berikan solusi untuk meminimalisir kerusakan lingkungan akibat eksploitasi ekonomi
20

Rumus penilaian pengetahuan:

Kunci jawaban Soal Pengetahuan Uraian
1.    Ketersediaan sumber daya alam merupakan modal awal sebagai peningkatan ekonomi masyarakat, apabila keunggulan sumber daya alam tersebut termanfaatkan dengan baik serta didukung oleh sumber daya manusia yang memadai
2.    2 contoh keunggulan ekonomi yang menyebabkan kerusakan lingkungan adalah 1. Penambangan pasir illegal didaerah Lumajang yang menyebabkan abrasi air laut masuk kedarah perswahan penduduk, penambangan emas ilegal di banyuwangi yang menyebabkan kerusakan hutan dan sungai.
3.    2 contoh kerusakan lingkungan yang berpengaruh terhadap perekonomian jangka panjang yaitu perubahan lahan hutan menjadi perkebunan sawit yang menyebabkan tanah daerah tersebut menjadi daerah yang kering dan tidak subur, penambangan gas alam di daerah pasuruan yang menyebabkan terjadinya Lumpur Lapindo sehingga daerah tersebut menjadi daerah yang tidak bisa digunakan baik untuk tempat usaha maupun perumahan.
4.    Dampak positif keunggulan ekonomi terhadap perekonomian di Indonesia adalah ketersedianaan bahan baku untuk industry sehingga tenaga kerja yang melimpah bisa meningkatkan perekonomian yang ada di Indonesia.
5.    Upaya untuk membatasi terjadinya kerusakan lingkungan
-          Membuat regulasi yang jelas tentang pertambangan dan dunia usaha yang memanfaatkan lingkungan
-          Membatasi eksploitasi berlebihan dari sumber daya alam yang ada
-          Melakukan studi lingkungan terlebih dahulu sebelum mengekslitasi sumber daya alam

Penilaian Keterampilan
Soal ketrampilan
6.    Membuat peta konsep keunggulan ekonomi di suatu daerah beserta manfaatnya bagi masyarakat, bangsa dan negara serta dampaknya bagi kearifan local, kerusakan lingkungan yang bersifat lokal maupun global.

Indikator:
1.        Mengamati tampilan gambar
2.        Mempresentasikan data hasil diskusi
3.        Penilaian Kinerja
Tabel.  Rubrik Penilaian Kinerja

NO
Aspek yang diamati
Hasil
1
Berpartisipasi dalam mempersiapkan bahan diskusi

2
Memberikan pendapat dalam memecahkan masalah

3
Memberikan komentar terhadap hasil kerja kelompok lain

4
Mengajukan pertanyaan ketika belajar di kelas

5
Menulis dengan rapi dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan EYD



a.      Tes Praktik
No.
Nama Peserta Didik
Kemampuan Mengamati
(1-4)
Kemampuan  presentasi
(1-4)
 Laporan hasil diskusi
(1-4)
Jumlah Nilai















Keterangan:
1     = Kurang
2     = Cukup
3     = Baik
4     = Sangat baik



Kriteria Nilai:
A = 80 – 100 = Baik Sekali
B = 70 – 79   = Baik
C = 60 – 69   = Cukup
D = < 60        = Kurang


Penilaian SIKAP

a.       Penilaian Diri
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SOSIAL
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik dengan kriteria sebagai berikut.
1        = selalu
2        = sering
3        = kadang-kadang
4        = tidak pernah

Nama Peserta Didik      = ______________________________
Kelas                             = ______________________________
Tanggal Pengamatan     = ______________________________
Materi Pokok                = ______________________________

Perhitungan nilai akhir menggunakan rumus:





No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu terhadap globalisasi




2.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap saran atau pendapat orang lain




3.
Menunjukkan sikap kritis terhadap globalisasi




Jumlah Nilai


Kriteria Penilaian:
Sangat Baik     = apabila memperoleh nilai 3,33 < nilai ≤ 4,00
Baik                 = apabila memperoleh nilai 2,33 < nilai ≤ 3,33
Cukup             = apabila memperoleh nilai 1,33 < nilai ≤ 2,33
Kurang                        = apabila memperoleh nilai  ≤ 1,33


Mengetahui :

Malang, 12 Januari  2018
Kepala SMP NEGERI 22 MALANG

Guru Bidang Studi IPS







Drs. Mochamad Solikin

Drs. Sumarno
NIP:19680806 199802 1 005

NIP:19660308200501 1 006












































































Kelompok
Nama    1. …………………………………………
                2 .…………………………………………
3. …………………………………………
                4. …………………………………………

               

 
Lampiran 1
Lembar Kerja Siswa
Bidang Studi                      : IPS                                                                         
Kompetensi Dasar           : Pusat Keunggulan Ekonomi
Kelas                                     : IX
Hari /tanggal                     : …………………………………..

Dampak kegiatan ekonomi di Pusat-pusat keunggulan ekonomi

Gambar kerusakan lingkungan akibat keunggulan ekonomi  :


              



                  

1.        Berdasar gambar diatas kegiatan ekonomi yang berdampak terhadap lingkungan adalah
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………


2.        Latar Belakang timbulnya kerusakan lingkungan sebagai akibat dari kegiatan ekonomi
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………


3.        Analisa dampak kerusakan lingkungan terhadap isu global adalah
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


4.        Solusi untuk mengurangi terjadinya kerusakan baik local maupun global…
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………







Tidak ada komentar:

Posting Komentar