LAPORAN
PELAKSANAAN
PROGRAM
PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN
BAGI GURU SASARAN
PESERTA-350039.3531.93100.A/IPS
MATA PELAJARAN
: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Disusun oleh:
Drs. SUMARNO
NIP. 196603082005011006
TAHUN 2019
DAFTAR ISI
|
Bab I. Pendahuluan
|
……………………………………
|
1
|
1
|
Latar
Belakang
|
……………………………………
|
1
|
2
|
Tujuan
Kegiatan
|
……………………………………
|
2
|
3
|
Sasaran
|
……………………………………
|
3
|
4
|
Hasil
yang Dicapai
|
……………………………………
|
3
|
|
Bab II.
Pelaksanaan
|
……………………………………
|
4
|
1
|
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
|
……………………………………
|
4
|
2
|
Peserta
|
……………………………………
|
4
|
3
|
Struktur
Program
|
……………………………………
|
5
|
4
|
Jadwal
Kegiatan
|
……………………………………
|
5
|
5
|
Peningkatan
Kompetensi Peserta
|
……………………………………
|
6
|
6
|
Pelaksanaan, Masalah dan Cara Penyelesaian
|
……………………………………
|
7
|
|
Bab III. Kesimpulan dan Rekomendasi
|
……………………………………
|
8
|
1
|
Kesimpulan
|
……………………………………
|
9
|
2
|
Rekomendasi
|
……………………………………
|
10
|
3
|
Daftar Peserta
|
……………………………………
|
11
|
4
|
Daftar Nilai Sikap dan ketrampilan
|
……………………………………
|
12
|
5
|
Foto kegiatan
|
……………………………………
|
13
|
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Guru mempunyai tugas, fungsi dan peran sangat
penting serta strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang professional diharapkan mampu
berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan
teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi oekerti luhur, berjiwa sosial,
dan berkepribadian yang baik. Tidaklah berlebihankalau dikatakan bahwa masa
depan masyarakat, bangsa, dan Negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Agar
guru dapat melaksanakan tugasnya dalam memberikan layanan pendidikan/
pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik. Wajib bagi guru untuk
selalu melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guna mendukung
pengembangan profesi bagi guru sesuai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi.
Ujian Nasional ( UN ) dan Ujian Sekolah Berstandar
Nasional ( USBN ) merupakan bagian yang
tidak dapat dipisahkan dari system pendidikan nasional. UN adalah system
evaluasi standar pendidikan dasar daj
menengah secara nasional dan persamaan mutu tngkat pendidikan antar daerah yang
dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Hasil pengukuran/ capaian sisiwa
berdasar UN selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil UN Tahun 2018 menunjukkan bahwa siswa-siswa masih lemah
dalam ketrampilan berpikir tingkat
tinggi ( Hingher Order Thinking
Skill ) seperti menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. Oleh karenan itu siswa
harus dibiasakan dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada ketrampilan berpikir tingkaat
tinggi ( Higher Order Thinking Skills
)seperti menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan
soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi
kepada ketrampilan berpikir tingkat tinggi ( Hingher Order Thinking Skills )
agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat
Jenderal Guru dan Tenaga
Kependidikan ( Ditjen GTK ) untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa
adalah menyelenggarakan Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
( PKB ) melalui Peningkatan Kompetensi
[embelajaran (PKP ) Berbasis Zonasi yang
selanjutnya disebut dengan Program PKP
UntuK
meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta pemerataan mutu pendidikan,
maka pelaksanaan program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan atau dikenal
dengan istilah zonasi. Melalui
langkah ini pengeloaan Pusat Kegiatan Guru ( PKG ) TK, Kelompok Kerja Guru ( KKG ) SD, atau
Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) SMP/SMA/SMK , DAN Musyawarah Guru
Bimbingan dan Konseling ( MGBK ), yang selama ini dilakukan me;lalui Gugus atau
Rayon dapat terintegrasi melalui zonasi
pengembangan dan pemberdayaan guru zonasi
mem[perhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan
terdekat , seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru,capaian nilai rata-rata UN/USBN
sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.
2. Tujuan Kegiatan
Program PKB
melaui PKP Berbasis Zonasi merupakan program yang bertujuan untuk
meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan,
sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yanag berorientasi ketrampilan berpikir
tingkat tinggi ( Higher Order Thinking Skills / HOTS ) pada
unit pembelajaran 1 dan 2
. Program ini merupakan salah satu
program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan yang lebih berfokus pada upaya memintarkan siswa melalui
pembelajaran berorientasai ketrampilan
berpikir tingkat tinggi . Dengan
mempertimbangkan pendekatan
kewilayahan atau dikenal dengan system zonasi, maka program ini
dilakukan dengan berbasis zonasi yang selanjutnya disebut dengan Program PKP
3. Sasaran
Sasaran dari
Program PKB melaui PKP Berbasis Zonasi adalah guru-guru sekolah negeri
dan swasta pengajar kelas 7,8, dan 9 pengampu mata pelajaran IPS
4. Hasil Yang Dicapai
Hasil yang ingin dicapai dari pelaksanaan Program
PKP bagi guru sasaran ini adalah meningkatnya kompetensi guru dalam
merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang
berorientasi pada ketrampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills / HOTS)
BAB
II
PELAKSANAAN
1.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
a. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
Program PKP bagi guru sasaran kelas 7,8, dan 9 mata pelajaran IPS dilaksanakan
Hari Sabtu 16 November 2019 sampai 14 Desember 2019 diakhiri dengan kegiatan
posttest pada hari Selasa 12 Nopember 2019. Pola kegiatan dilaksanakan selama
82 jam pelajaran yang mencakup 8 sesi kegiatan
yaitu ( kegiatan In-1,kegiatan In-2, kegiatan On-1, kegiatan In-3,
kegiatan On-2, kegiatan In-4, kegiatan On-3, kegiatan In-5 )
b. Tempat Pelaksanaan
Kegiatan Program PKP bagi guru sasaran
dilaksanakan di SMP Negeri 20 Kota Malang Propinsi Jawa Timur
2. Peserta
Peserta
yang telah mengikuti Program PKP bagi guru sasaran kelas 7,8,dan 9 mata
pelajaran
IPS dengan unit pembelajaran 1. Manusia,Tempat dan Lingkungan dan
pembelajaran
unit 2 yaitu Keadaan Penduduk Indonesia , diikuti oleh 16 orang guru
( data lengkap terlampir )
3. Struktur
Program
No.
|
Materi
|
Jumlah JP
|
Umum
|
2
|
|
1.
|
Kebijakan
Program PKB melaluiPKP Berbasis Zonasi
|
1
|
2.
|
Integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)
|
1
|
|
|
|
Pokok
|
74
|
|
3.
|
Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran
Berorientasi HOTS
a.
Unit Pembelajaran 1. Manusia, Tempat dan Lingkungan…..*)
b.
Unit Pembelajaran 2. Keadaan Penduduk Indonesia…..*)
|
8
|
4.
|
Pengembangan Desain dan Penyusunan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Berorientasi HOTS
|
36
|
a.
Pengembangan Pembelajaran Berorientasi HOTS
|
||
b.
Penilaian Berorientasi HOTS
|
||
c.
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
||
5.
|
Praktik
Mengajar
|
20
|
6.
|
Laporan Best Practice
|
10
|
|
|
|
Penunjang
|
6
|
|
7.
|
Pengenalan Kelas
Pendampingan On line
|
4
|
8.
|
Tes
Awal danTes Akhir
|
2
|
|
Jumlah
|
82
|
4. Jadwal Kegiatan
No
|
Materi
|
Waktu
(JP) @ 45’
|
Ket
|
|
Teori
|
Praktik
|
|||
1.
|
Sabtu, 16 Novembe 2019
In-1,
PertemuanAwal
|
6
|
5
|
|
·
Kebijakan Program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi
|
1
|
|
|
|
|
·
Integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran
Berbasis Higher Order Thinking Skills
(HOTS)
|
1
|
|
|
|
·
Pengenalan Kelas Pendampingan On line
|
|
4
|
|
|
·
Tes Awal
|
|
1
|
|
|
·
Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit
Pembelajaran ke-1)
|
4
|
|
|
2.
|
Sabtu, 23 November 2019
In-2,
Pengembangan dan Desain dan Penilaian Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1
|
4
|
10
|
|
·
Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit Pembelajaran
ke-2)
|
4
|
|
|
|
·
Pengembangan dan Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1
|
|
6
|
|
|
·
Pengembangan dan Penilaian Berorientasi HOTS unit ke-1
|
|
4
|
|
|
3.
|
Senin 25 November – 29 November 2019
On-1,
Penyusunan RPP unit ke-1 dan Desain Pembelajaran unit ke-2
|
-
|
10
|
|
·
Penyusunan RPP unit ke-1
|
|
4
|
|
|
·
Pengembangan Desain Pembelajaran unit ke-2
|
|
6
|
|
|
4.
|
Sabtu, 30 Desember 2019
In-3,
Reviu RPP unit ke-1 dan Desain Pembelajaran unit ke-2
|
-
|
10
|
|
·
Reviu RPP unit ke-1
|
|
10
|
|
|
·
Reviu Desain Pembelajaran unit ke-2
|
|
|
|
|
5.
|
Senin,1 Desember – 6 Desember 2019
On-2,
Praktik Pembelajaran unit ke-1dan Penyusunan RPP unit ke-2
|
-
|
10
|
|
·
Praktik Pembelajaran dan Penilaian
Berorientasi HOTS unit ke-1 (RPP unit ke-1)
|
|
10
|
|
|
·
Penyusunan RPP unit ke-2
|
|
|
|
|
6.
|
Sabtu, 7 Desember 2019
In-4,
Refleksi Praktik Pembelajaran unit ke-1 danReviu RPP unit ke-2
|
-
|
10
|
|
·
Refleksi Praktik Pembelajaran unit ke-1
|
|
2
|
|
|
·
Reviu RPP ke-2
|
|
6
|
|
|
·
Penyusunan Laporan Best Practice
|
|
2
|
|
|
7.
|
Senin, 9 Nov – 13 Desember 2019
On-3,
Praktik Pembelajaran unit ke-2 dan Penyusunan Laporan Best Practice
|
-
|
10
|
|
·
Praktik pembelajaran unit ke-2 (RPP unit
ke-2)
|
|
8
|
|
|
·
Penyusunan Laporan Best Practice
|
|
2
|
|
|
8.
|
Sabtu, 14 Desember 2019
In-5,
Laporan Best Practice
|
-
|
7
|
|
·
Presentasi Laporan Best Practice
|
|
6
|
|
|
·
Tes Akhir (2019 )
|
|
1
|
|
1.
Peningkatan Kompetensi
Peserta
Berdasarkan pelaksanaan
pembelajaran selama Program PKP
bagi guru sasaran, diperoleh hasil bahwa peserta yang
mengalami peningkatan kompetensi dilihat nilai akhir >70 sejumlah 20…
peserta. (Data nilai terlampir)
2.
Pelaksanaan, Masalah,
dan Cara Penyelesaian
Berdasarkan hasil
pelaksanaan kegiatan Program PKP
bagi guru sasaran, diperoleh
beberapa hal berikut.
NO
|
Nama
Kegiatan
|
Masalah/Kendala
|
Cara
Penyelesaian
|
Keterangan
|
|
1.
|
Integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS
|
Kesulitan menemukan KKO yang tepat yang mencerminkan HOTS pada
desain pembelajaran berbasis HOTS yang terintegrasi PPK dan GLN
|
Memberikan panduan KKO-PPK dan GLN yang
sesuai dan sinergi dengan tujuan pada KD-
|
Berlatih bersama
|
|
2.
|
Pengembangan
dan Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1
|
Menentukan IPK Penunjang, IPK Kunci dan IPK Pengayaan pada
materi pembelajaran yang sesuai dengan
tujuan pada KD
|
Sharing gagasan dengan cara GS mempresentasikan desain
pembelajarannya, sehingga ditemukan cara perbaikan bersama
|
Sharing gagasan
|
|
3.
|
Pengembangan
dan Penilaian Berorientasi HOTS unit ke-1
|
Menentukan struktur ABCD
menentukan stimulus
|
Berlatih membuat soal-soal HOTS yang meliputi dimensi
pengetahuan dan proses kognitif
|
|
|
4.
|
Reviu
RPP unit ke-1
|
Menelaah sintak-sintak pada proses pembelajaran
|
Sharing gagasan dan telaah bersama
|
|
|
5.
|
Penyusunan Laporan Best Practice
|
Terdapat kekeliruan dalam sistematika best practice
|
Perbaikan, memberikan pemahaman
|
|
BAB III
KESIMPULAN
DAN REKOMENDASI
1.
Kesimpulan
Program PKP bagi guru sasaran kelas 7,8,dan 9 mata
pelajaran IPS dengan mengambil unit
pembelajaran 1 . tentang Manusia, Tempat dan Lingkungan dan pembelajaran unit 2
tentang Keadaan Penduduk Indonesia telah dilaksanakan pada tanggal 16 November
2019 sampai 14 Desember 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 16 peserta yang
tergabung dalam komunitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu
Pengetahuan Sosial di wilayah Kota
Malang, dan berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan diperoleh hasil bahwa guru
sasaran yang tuntas dalam menyelesaikan kegiatan dengan memperoleh sertifikat
berjumlah 20 peserta san surat
keterangan berjumlah 0 peserta.
Adapun
hal penting yang dapat disimpulkan dari kegiatan Program PKP bagi guru
sasaran di Zonasi ini adalah, :
a.
Guru mendapat
pengetahuan baru tentang teknil
pemecahan KD dan bagaiaman
mengkorelasikannya dalam indicator
pembelajaran yang meliputi IPK Penunjang, Inti, dan IPK Pengayahan pada KD Pengetahuan dan IPK Penunjang dan IPK
Kunci pada KD Kertampilan
b.
Guru mampu mengembangkan desain pembelajaran yang
berorientasi HOTS
c.
Guru mampu menyususn
RPP dengan pilihan model pembelajaran berikut sintak sintaknya secara tepat
sasaran sesuai materi ajar
d.
Guru mampu melakukan
uji materi HOTS terhadap desain pembelajaran dan RPP nya dengan menggunakan table kombinasi dimensi
pengetahuan dan proses kognitif
e.
Guru mampu menyusun
Best Practise yang selanjutnya dapat dikembangkan menjadi karya\ ilmiah
Penelitian Tindakan Kelas
2.
Rekomendasi
Berdasarkan
hasil pelaksanaan dan selama proses pembelajaran Program PKP bagi
guru sasaran , berikut beberapa
rekomendasi yang dapat diberikan:
a. Untuk guru sasaran dituntut untuk mengimplementasikan
kurikulum 2013 secara optimal dalam merancang, melaksanakan dan melakukan
penilaian.
b. Para guru khussusnya guru IPS dituntut untuk untuk
merencanakan , melaksanakan dan melakukan penilaian yang berorientasi
keterampilan berpikir tingkat tinggi ( HOTS )
c. Guru tidak hanya mengajar dengan
mengacu pada Buku Siswa dan Buku Guru yang telah disediakan, tetapi dapat
melakukan inovasi pembelajaran lingkaran yang kontekstual sesuai dengan latar
belakang peserta didik, situasi dan kondisi sekolahnya.
d. Peserta didik diharapkan untuk
menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam belajar, tidak terbatas pada
hafalan teori saja.
e. Diharapkan, sekolah terutama Kepala
Sekolah dapat mendorong guru lain untuk ikut melaksanakan kegiatan pembelajaran
Berorientasi HOTS.
DATA PESERTA-350039.3531.93100.A/IPS
NO
|
NO PESERTA UKG
|
NUPTK
|
NAMA
|
SEKOLAH
|
1
|
201510293707
|
2440743644300072
|
JUMA'IYAH
|
SMP IBNU SINA
|
2
|
201510570441
|
1460743646300013
|
SRI ENI
|
SMP NEGERI 19 MALANG
|
3
|
201511642371
|
4844743646300022
|
ENI SULISTIAWATI
|
SMP NEGERI 09 MALANG
|
4
|
201512318921
|
9533742643300012
|
ASNA NURMA
|
SMP NEGERI 15 MALANG
|
5
|
201503311801
|
8950742643230082
|
ENDANG ALDILA
|
SMP ISLAM AL AMIN MALANG
|
6
|
201510598433
|
1461741646200003
|
DARMO WAHONO
|
SMP NEGERI 8 MALANG
|
7
|
201511284524
|
3046741643300023
|
TJATUR YULI WINARSIH
|
SMP NEGERI 03 MALANG
|
8
|
201511125340
|
7539741642300003
|
RINI WAHYUNI
|
SMP NEGERI 14 MALANG
|
9
|
201511412252
|
3544740642300043
|
WIWIK SUGIHARTINI
|
SMP ISLAM MAARIF 02 MALANG
|
10
|
201510442133
|
2735740641300022
|
NURUL HIDAYAH
|
SMP NEGERI 15 MALANG
|
11
|
201510423243
|
2941740642300012
|
ZUHROFIDAH
|
SMP NEGERI 02 MALANG
|
12
|
201512269808
|
9350740641200003
|
KRISTIONO SABADRAHARJO
|
SMP NEGERI 02 MALANG
|
13
|
201511015952
|
2146739641300023
|
INDAH KURNIAWATI
|
SMP NEGERI 14 MALANG
|
14
|
201511276452
|
3046739643300003
|
ASTUTIK
|
SMP NEGERI 07 MALANG
|
15
|
201512149182
|
7442739641200013
|
ENDANG SUTISNA
|
SMP NEGERI 04 MALANG
|
16
|
201511683075
|
7062743647200003
|
SUTOYO
|
SMP NEGERI 16 MALANG
|
Lampiran 1
Foto kegiatan 1
Rekapitulasi
Laporan Ketuntasan Belajar Peserta PKP
Kelas : 350039.3531.93100.A/IPS
Mata Pelajaran : IPS
Fasilitator : Drs. Sumarno
Tanggal pelaksanaan : 16 Nopember 2019
– 14 Desember 2019
Tempat
: SMP Negeri 20 Malang
|
|||||||||
NO
|
Nama Peserta
|
Belajar
|
Nilai Sikap
|
Nilai Ketrampilan
|
Nilai tes Akhir
|
Nilai Akhir
|
Predikat
|
Status
|
|
Ya
|
Tidak
|
||||||||
1
|
Juma'yah
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
2
|
Sri Eni
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
3
|
EniSulistiawati
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
4
|
Asna Nurma
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
5
|
Endang Aldila
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
6
|
Darmo Wahono
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
7
|
Tjatur Yuli Winarsih
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
8
|
Rini Wahyuni
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
9
|
Wiwik Sugihartini
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
10
|
Nurul Hidayah
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
11
|
Zuhro Fidah
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
12
|
Kristiono Sabad Raharjo
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
13
|
Indah Kurniawati
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
14
|
Astutik
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
15
|
Endang Agustin
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
16
|
Sutoyo
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Lulus
|
Guru
Inti
Drs. Sumarno
|
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
|
||
DAFTAR
HADIR PESERTA
PENINGKATAN KOMPETENSI
PEMBELAJARAN
|
|||
Hari/Tanggal : Sabtu,16 November 2019
Kelas : 1
Mata Pelajaran :
IPS
NO
|
NAMA
|
UNIT KERJA
|
TANDA TANGAN
|
1.
|
JUMA'IYAH
|
SMP IBNU
SINA
|
V
|
2.
|
SRI ENI
|
SMP NEGERI
19 MALANG
|
V
|
3.
|
ENI
SULISTIAWATI
|
SMP NEGERI
09 MALANG
|
V
|
4.
|
ASNA NURMA
|
SMP NEGERI
15 MALANG
|
V
|
5.
|
ENDANG
ALDILA
|
SMP ISLAM
AL AMIN MALANG
|
V
|
6.
|
DARMO
WAHONO
|
SMP NEGERI
8 MALANG
|
V
|
7
|
TJATUR YULI
WINARSIH
|
SMP NEGERI
03 MALANG
|
V
|
8
|
RINI
WAHYUNI
|
SMP NEGERI
14 MALANG
|
V
|
9
|
WIWIK SUGIHARTINI
|
SMP ISLAM
MAARIF 02 MALANG
|
V
|
10
|
NURUL
HIDAYAH
|
SMP NEGERI
15 MALANG
|
V
|
11
|
ZUHROFIDAH
|
SMP NEGERI
02 MALANG
|
V
|
12
|
KRISTIONO
SABADRAHARJO
|
SMP NEGERI
02 MALANG
|
V
|
13
|
INDAH
KURNIAWATI
|
SMP NEGERI
14 MALANG
|
V
|
14
|
ASTUTIK
|
SMP NEGERI
07 MALANG
|
V
|
15
|
ENDANG
SUTISNA
|
SMP NEGERI
04 MALANG
|
V
|
16
|
SUTOYO
|
SMP NEGERI
16 MALANG
|
V
|
Ket: *) Coret yang tidakperlu
Fasilitator,
Drs. Sumarno
NIP. 196603082005011006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar