Senin, 13 Januari 2020

LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN BAGI GURU SASARAN


LAPORAN  PELAKSANAAN
PROGRAM  PENINGKATAN  KOMPETENSI  PEMBELAJARAN  BAGI  GURU  SASARAN




PESERTA-350039.3531.93100.A/IPS
MATA  PELAJARAN  : ILMU  PENGETAHUAN  SOSIAL











Disusun oleh:
Drs. SUMARNO
NIP. 196603082005011006








TAHUN 2019

DAFTAR  ISI


Bab I. Pendahuluan
……………………………………
1
1
Latar  Belakang
……………………………………
1
2
Tujuan  Kegiatan
……………………………………
2
3
Sasaran
……………………………………
3
4
Hasil  yang  Dicapai
……………………………………
3

Bab    II. Pelaksanaan
……………………………………
4
1
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
……………………………………
4
2
Peserta
……………………………………
4
3
Struktur  Program
……………………………………
5
4
Jadwal  Kegiatan
……………………………………
5
5
Peningkatan  Kompetensi  Peserta
……………………………………
6
6
Pelaksanaan, Masalah dan Cara Penyelesaian
……………………………………
7

Bab  III.  Kesimpulan dan Rekomendasi
……………………………………
8
1
Kesimpulan
……………………………………
9
2
Rekomendasi
……………………………………
10
3
Daftar Peserta
……………………………………
11
4
Daftar Nilai Sikap dan ketrampilan
……………………………………
12
5
Foto kegiatan
……………………………………
13

           












BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar  Belakang
Guru mempunyai tugas, fungsi dan peran sangat penting serta strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.  Guru yang professional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi oekerti luhur, berjiwa sosial, dan berkepribadian yang baik. Tidaklah berlebihankalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan Negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Agar guru dapat melaksanakan tugasnya dalam memberikan layanan pendidikan/ pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik. Wajib bagi guru untuk selalu melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi bagi guru sesuai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Ujian Nasional ( UN ) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional  ( USBN ) merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari system pendidikan nasional. UN adalah system evaluasi  standar pendidikan dasar daj menengah secara nasional dan persamaan mutu tngkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Hasil pengukuran/ capaian sisiwa berdasar UN selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil UN Tahun 2018  menunjukkan bahwa siswa-siswa masih lemah dalam ketrampilan berpikir tingkat  tinggi  ( Hingher Order Thinking Skill ) seperti menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. Oleh karenan itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi  kepada ketrampilan berpikir tingkaat tinggi  ( Higher Order Thinking Skills )seperti menalar, menganalisa, dan mengevaluasi.  Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal  dan pembelajaran yang berorientasi kepada ketrampilan berpikir tingkat tinggi ( Hingher Order Thinking Skills ) agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Salah satu upaya Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal  Guru dan Tenaga Kependidikan  ( Ditjen GTK ) untuk meningkatkan kualitas  pembelajaran  yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa adalah menyelenggarakan  Program Pengembangan  Keprofesian  Berkelanjutan  ( PKB ) melalui Peningkatan Kompetensi  [embelajaran (PKP ) Berbasis Zonasi yang  selanjutnya disebut dengan Program PKP
UntuK  meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan   atau dikenal  dengan  istilah zonasi. Melalui langkah ini pengeloaan Pusat Kegiatan Guru ( PKG ) TK,  Kelompok Kerja Guru ( KKG ) SD, atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran  (  MGMP ) SMP/SMA/SMK , DAN Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling ( MGBK ), yang selama ini dilakukan me;lalui Gugus atau Rayon  dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru zonasi  mem[perhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat , seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru,capaian  nilai rata-rata  UN/USBN  sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.

2. Tujuan  Kegiatan
Program  PKB melaui  PKP Berbasis Zonasi  merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, sampai   dengan  mengevaluasi pembelajaran  yanag berorientasi ketrampilan berpikir tingkat  tinggi  ( Higher Order Thinking Skills / HOTS ) pada unit pembelajaran  1  dan  2 . Program  ini merupakan salah satu program  Pengembangan  Keprofesian  Berkelanjutan yang lebih berfokus pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasai  ketrampilan berpikir tingkat tinggi . Dengan  mempertimbangkan pendekatan  kewilayahan atau dikenal dengan system zonasi, maka program ini dilakukan dengan berbasis zonasi yang selanjutnya disebut dengan Program PKP

3. Sasaran
Sasaran dari  Program PKB melaui PKP Berbasis Zonasi adalah guru-guru sekolah negeri dan swasta pengajar kelas 7,8, dan 9 pengampu mata pelajaran IPS

4. Hasil Yang Dicapai
Hasil yang ingin dicapai dari pelaksanaan Program PKP bagi guru sasaran ini adalah meningkatnya kompetensi guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada ketrampilan berpikir tingkat tinggi  (Higher Order Thinking Skills / HOTS)    












BAB II
PELAKSANAAN


1.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan
a.     Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Program PKP bagi guru sasaran kelas 7,8, dan 9 mata pelajaran IPS dilaksanakan Hari Sabtu 16 November 2019 sampai 14  Desember 2019 diakhiri dengan kegiatan posttest pada hari Selasa 12 Nopember 2019. Pola kegiatan dilaksanakan selama 82 jam pelajaran yang mencakup 8 sesi kegiatan  yaitu ( kegiatan In-1,kegiatan In-2, kegiatan On-1, kegiatan In-3, kegiatan On-2, kegiatan In-4, kegiatan On-3, kegiatan In-5 )
b.     Tempat Pelaksanaan
Kegiatan Program PKP bagi guru sasaran dilaksanakan di SMP Negeri 20 Kota Malang Propinsi Jawa Timur
2.    Peserta
Peserta yang telah mengikuti Program PKP bagi guru sasaran kelas 7,8,dan 9 mata
pelajaran IPS dengan unit pembelajaran 1. Manusia,Tempat dan Lingkungan dan
pembelajaran unit 2 yaitu Keadaan Penduduk Indonesia , diikuti oleh 16 orang guru
 ( data lengkap terlampir )








3. Struktur  Program
No.
Materi
Jumlah JP
Umum
2
1.       
Kebijakan Program PKB melaluiPKP Berbasis Zonasi
1
2.       
Integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)
1


Pokok
74
3.       
Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS
a.       Unit Pembelajaran 1. Manusia, Tempat dan Lingkungan…..*)
b.      Unit Pembelajaran 2. Keadaan Penduduk Indonesia…..*)
8
4.       
Pengembangan Desain dan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berorientasi HOTS
36
a.       Pengembangan Pembelajaran Berorientasi HOTS
b.      Penilaian Berorientasi HOTS
c.       Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
5.       
Praktik Mengajar
20
6.       
Laporan Best Practice
10



Penunjang
6
7.       
Pengenalan Kelas Pendampingan On line
4
8.       
Tes Awal danTes Akhir
2

Jumlah
82

4. Jadwal Kegiatan
No
Materi
Waktu (JP) @ 45’
Ket
Teori
Praktik
1.       
Sabtu, 16 Novembe 2019
In-1, PertemuanAwal
6
5

·         Kebijakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi
1



·         Integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)
1



·         Pengenalan Kelas Pendampingan On line

4


·         Tes Awal

1


·         Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit Pembelajaran ke-1)
4


2.       
Sabtu, 23 November 2019
In-2, Pengembangan dan Desain dan Penilaian Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1
4
10

·         Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit Pembelajaran ke-2)
4


·         Pengembangan dan Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1

6

·         Pengembangan dan Penilaian Berorientasi HOTS unit ke-1

4

3.       
Senin 25 November – 29 November 2019
On-1, Penyusunan RPP unit ke-1 dan Desain Pembelajaran unit ke-2
-
10

·         Penyusunan RPP unit ke-1

4

·         Pengembangan Desain Pembelajaran unit ke-2

6

4.       
Sabtu, 30 Desember 2019
In-3, Reviu RPP unit ke-1 dan Desain Pembelajaran unit ke-2
-
10

·         Reviu RPP unit ke-1

10

·         Reviu Desain Pembelajaran unit ke-2



5.       
Senin,1 Desember – 6 Desember 2019
On-2, Praktik Pembelajaran unit ke-1dan Penyusunan RPP unit ke-2
-
10

·         Praktik Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS unit ke-1 (RPP unit ke-1)

10

·         Penyusunan RPP unit ke-2



6.       
Sabtu, 7 Desember 2019
In-4, Refleksi Praktik Pembelajaran unit ke-1 danReviu RPP unit ke-2
-
10

·         Refleksi Praktik Pembelajaran unit ke-1

2

·         Reviu RPP ke-2

6

·         Penyusunan Laporan Best Practice

2

7.       
Senin, 9 Nov – 13 Desember 2019
On-3, Praktik Pembelajaran unit ke-2 dan Penyusunan Laporan Best Practice
-
10

·         Praktik pembelajaran unit ke-2 (RPP unit ke-2)

8

·         Penyusunan Laporan Best Practice

2

8.       
Sabtu, 14 Desember 2019
In-5, Laporan Best Practice
-
7

·         Presentasi Laporan Best Practice

6

·         Tes Akhir (2019 )

1


1.      Peningkatan Kompetensi Peserta

Berdasarkan  pelaksanaan  pembelajaran  selama  Program PKP  bagi  guru  sasaran, diperoleh hasil bahwa peserta  yang  mengalami peningkatan kompetensi dilihat nilai akhir >70 sejumlah 20… peserta. (Data nilai terlampir)

2.      Pelaksanaan, Masalah, dan Cara Penyelesaian

Berdasarkan  hasil  pelaksanaan  kegiatan  Program PKP  bagi  guru  sasaran, diperoleh
beberapa  hal berikut.

NO
Nama Kegiatan
Masalah/Kendala
Cara Penyelesaian
Keterangan
1.       
Integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS
Kesulitan menemukan KKO yang tepat yang mencerminkan HOTS pada desain pembelajaran berbasis HOTS yang terintegrasi PPK dan GLN
Memberikan panduan KKO-PPK dan GLN  yang  sesuai dan sinergi dengan tujuan pada KD-
Berlatih bersama
2.       
Pengembangan dan Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1
Menentukan IPK Penunjang, IPK Kunci dan IPK Pengayaan pada materi pembelajaran  yang sesuai dengan tujuan pada KD
Sharing gagasan dengan cara GS mempresentasikan desain pembelajarannya, sehingga ditemukan cara perbaikan bersama
Sharing gagasan
 3.
Pengembangan dan Penilaian Berorientasi HOTS unit ke-1
Menentukan struktur ABCD  menentukan stimulus
Berlatih membuat soal-soal HOTS yang meliputi dimensi pengetahuan dan  proses kognitif

4.
Reviu RPP unit ke-1
Menelaah sintak-sintak pada proses pembelajaran
Sharing gagasan dan telaah bersama

5.
Penyusunan Laporan Best Practice
Terdapat kekeliruan dalam sistematika best practice
Perbaikan, memberikan pemahaman




BAB III
KESIMPULAN  DAN  REKOMENDASI

1.      Kesimpulan

Program  PKP bagi guru sasaran kelas 7,8,dan 9 mata pelajaran IPS dengan  mengambil unit pembelajaran 1 . tentang Manusia, Tempat dan Lingkungan dan pembelajaran unit 2 tentang Keadaan Penduduk Indonesia telah dilaksanakan pada tanggal 16 November 2019 sampai 14 Desember 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 16 peserta yang tergabung dalam komunitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Pengetahuan Sosial  di wilayah Kota Malang, dan berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan diperoleh hasil bahwa guru sasaran yang tuntas dalam menyelesaikan kegiatan dengan memperoleh sertifikat berjumlah 20  peserta san surat keterangan berjumlah 0 peserta.
Adapun hal penting yang dapat disimpulkan dari kegiatan Program  PKP bagi guru
 sasaran di Zonasi ini adalah, :
a.         Guru mendapat pengetahuan baru tentang  teknil pemecahan KD dan bagaiaman  mengkorelasikannya dalam indicator pembelajaran yang meliputi IPK Penunjang, Inti, dan IPK Pengayahan  pada KD Pengetahuan dan IPK Penunjang dan IPK Kunci  pada KD Kertampilan
b.        Guru mampu  mengembangkan desain pembelajaran yang berorientasi HOTS
c.         Guru mampu menyususn RPP dengan pilihan model pembelajaran berikut sintak sintaknya secara tepat sasaran sesuai materi ajar
d.        Guru mampu melakukan uji materi HOTS terhadap desain pembelajaran dan RPP nya  dengan  menggunakan table kombinasi dimensi pengetahuan dan proses kognitif
e.         Guru mampu menyusun Best Practise yang selanjutnya dapat dikembangkan menjadi karya\ ilmiah Penelitian Tindakan Kelas

2.      Rekomendasi

 Berdasarkan hasil pelaksanaan dan selama proses pembelajaran Program  PKP bagi

guru sasaran , berikut beberapa rekomendasi yang dapat diberikan:

a.       Untuk guru sasaran dituntut untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 secara optimal dalam merancang, melaksanakan dan melakukan penilaian.
b.      Para guru khussusnya guru IPS dituntut untuk    untuk merencanakan , melaksanakan dan melakukan penilaian yang  berorientasi  keterampilan berpikir tingkat tinggi ( HOTS )
c.       Guru tidak hanya mengajar dengan mengacu pada Buku Siswa dan Buku Guru yang telah disediakan, tetapi dapat melakukan inovasi pembelajaran lingkaran yang kontekstual sesuai dengan latar belakang peserta didik, situasi dan kondisi sekolahnya.
d.      Peserta didik diharapkan untuk menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam belajar, tidak terbatas pada hafalan teori saja.
e.       Diharapkan, sekolah terutama Kepala Sekolah dapat mendorong guru lain untuk ikut melaksanakan kegiatan pembelajaran Berorientasi HOTS.     
DATA PESERTA-350039.3531.93100.A/IPS

NO
NO PESERTA UKG
NUPTK
NAMA
SEKOLAH
1
201510293707
2440743644300072
JUMA'IYAH
SMP IBNU SINA
2
201510570441
1460743646300013
SRI ENI
SMP NEGERI 19 MALANG
3
201511642371
4844743646300022
ENI SULISTIAWATI
SMP NEGERI 09 MALANG
4
201512318921
9533742643300012
ASNA NURMA
SMP NEGERI 15 MALANG
5
201503311801
8950742643230082
ENDANG ALDILA
SMP ISLAM AL AMIN MALANG
6
201510598433
1461741646200003
DARMO WAHONO
SMP NEGERI 8 MALANG
7
201511284524
3046741643300023
TJATUR YULI WINARSIH
SMP NEGERI 03 MALANG
8
201511125340
7539741642300003
RINI WAHYUNI
SMP NEGERI 14 MALANG
9
201511412252
3544740642300043
WIWIK SUGIHARTINI
SMP ISLAM MAARIF 02 MALANG
10
201510442133
2735740641300022
NURUL HIDAYAH
SMP NEGERI 15 MALANG
11
201510423243
2941740642300012
ZUHROFIDAH
SMP NEGERI 02 MALANG
12
201512269808
9350740641200003
KRISTIONO SABADRAHARJO
SMP NEGERI 02 MALANG
13
201511015952
2146739641300023
INDAH KURNIAWATI
SMP NEGERI 14 MALANG
14
201511276452
3046739643300003
ASTUTIK
SMP NEGERI 07 MALANG
15
201512149182
7442739641200013
ENDANG SUTISNA
SMP NEGERI 04 MALANG
16
201511683075
7062743647200003
SUTOYO
SMP NEGERI 16 MALANG

                                   

















Lampiran 1

Foto kegiatan  1   





Rekapitulasi Laporan Ketuntasan Belajar Peserta PKP

Kelas                                        : 350039.3531.93100.A/IPS
Mata Pelajaran                      : IPS
Fasilitator                               : Drs. Sumarno
Tanggal pelaksanaan             : 16 Nopember 2019 – 14 Desember 2019
Tempat                                    : SMP Negeri 20 Malang
NO
Nama Peserta
Belajar
Nilai Sikap
Nilai Ketrampilan
Nilai tes Akhir
Nilai Akhir
Predikat
Status
Ya
Tidak
1
Juma'yah






Lulus
2
Sri Eni






Lulus
3
EniSulistiawati






Lulus
4
Asna Nurma






Lulus
5
Endang Aldila






Lulus
6
Darmo Wahono






Lulus
7
Tjatur Yuli Winarsih






Lulus
8
Rini Wahyuni






Lulus
9
Wiwik Sugihartini






Lulus
10
Nurul Hidayah






Lulus
11
Zuhro Fidah






Lulus
12
Kristiono Sabad Raharjo






Lulus
13
Indah Kurniawati






Lulus
14
Astutik






Lulus
15
Endang Agustin






Lulus
16
Sutoyo






Lulus

                                                                                                                                        Guru Inti

                                                                                                                                       Drs. Sumarno

                                                                                                                                                


Logo Tut Wuri Handayani - hitam
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
                                          DAFTAR HADIR PESERTA
                               PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN

Hari/Tanggal                       : Sabtu,16 November  2019
Kelas                                     :  1
Mata Pelajaran                 : IPS
Kegiatan                      : IN-1
NO
NAMA
UNIT KERJA
TANDA TANGAN
1.       
JUMA'IYAH
SMP IBNU SINA
V
2.       
SRI ENI
SMP NEGERI 19 MALANG
V
3.       
ENI SULISTIAWATI
SMP NEGERI 09 MALANG
V
4.       
ASNA NURMA
SMP NEGERI 15 MALANG
V
5.       
ENDANG ALDILA
SMP ISLAM AL AMIN MALANG
V
6.
DARMO WAHONO
SMP NEGERI 8 MALANG
V
7
TJATUR YULI WINARSIH
SMP NEGERI 03 MALANG
V
8
RINI WAHYUNI
SMP NEGERI 14 MALANG
V
9
WIWIK SUGIHARTINI
SMP ISLAM MAARIF 02 MALANG
V
10
NURUL HIDAYAH
SMP NEGERI 15 MALANG
V
11
ZUHROFIDAH
SMP NEGERI 02 MALANG
V
12
KRISTIONO SABADRAHARJO
SMP NEGERI 02 MALANG
V
13
INDAH KURNIAWATI
SMP NEGERI 14 MALANG
V
14
ASTUTIK
SMP NEGERI 07 MALANG
V
15
ENDANG SUTISNA
SMP NEGERI 04 MALANG
V
16
SUTOYO
SMP NEGERI 16 MALANG
V
Ket: *) Coret yang tidakperlu                                                    Fasilitator,                                                   
                                                                                                                  Drs. Sumarno  
                                                                                                                  NIP. 196603082005011006





Tidak ada komentar:

Posting Komentar