Rabu, 08 Januari 2020

RPP BAB 3 Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP Negeri 22 Malang

Mata Pelajaran          : IPS
Kelas/Semester           : IX/ Genap
Hari/Tanggal                :
Alokasi Waktu                        : 2 JP
KD        :
3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
IPK
Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional
IPK
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional
 Materi  : ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional
Tujuan Pembelajaran :  Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang perdagangan internasional dengan penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan bekerjasama dalam kelompok
Sumber Belajar: Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: sumarnoguritno.blogspot.com, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan
Pertemuan Pertama
Langkah-langkahPembelajaran
Apersepsi
Guru menanyakan tentang materi pembelajaran berkaitan dengan perdagangan internasional Misalnya: bagaimana kalo suatu negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri? Faktor apa sajakah yang mempengaruhi setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri? Bagaimana upaya setiap negara memenuhi kebutuhan?
Kegiatan Pembelajaran
model  : Problem Based Learning
1)         Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui yang disajikan oleh guru,
2)         Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui   pengertian ketergantungan antar ruang  dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar).
3)         Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3 - 4 siswa
4)         Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumus kan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. Dengan pertayaan awal.
1.        jelaskan pengertian perdagangan internasional?
2.        Faktor apa sajakah yang mempengaruhi perdagangan internasional?
3.        Apa manfaat dari perdagangan internasional? 
5)         Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
6)         Peserta didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS 1).
7)         Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Siswa
8)         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di Lembar Kerja siswa sedangkan kelompok lainnya menanggapi.
9)         Peserta didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
10)     Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
Produk : Hasil diskusi Lembar Kerja Siswa 1
Diskripsi : siswa bekerja bersama kelompok dan mempresetasikan hasilnya
Alat dan Bahan  :
-        Gambar/Vidio  perdagang Internasional
-        Power poin

Penutup dan umpan balik
1.     Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat kesimpulan  
2.     Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
Evaluasi tes
1.      Lembar kerja siswa 1
Text Box: Malang,
Guru bidang Studi IPS


Drs. Sumarno
NIP. 196603082005011006




Text Box: Kepala Sekolah   



Drs.Supriyadi, M.Pd NIP. 19630807 198303 1 007 



Text Box: Catatan hasil kegiatan/Umpan Balik.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
 



Kelompok
Nama    1. …………………………………………
                2 .…………………………………………
3. …………………………………………
                4. …………………………………………

               

 
 



Lembar Kerja Siswa 1
Bidang Studi  
IPS
KD
ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
Materi
Perdagangan Internasional
Kelas/Semester
IX/ Genap
Hari /tanggal
…………………………………….


Gambar Perdagangan Internaional :

                      
                 

                      
                 


1.    Berdasar gambar diatas yang menjadi penyebab terjadinya  ketergantungan antar ruang
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.    Faktor apa sajakah yang mempengaruhi perdagangan internasional?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
3.    Bagaimana kalo suatu negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.    Faktor apa sajakah yang mempengaruhi setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri? ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP Negeri 22 Malang
Mata Pelajaran
IPS
Kelas/Semester
IX/ Genap
Alokasi Waktu                       
2 X 40 Menit
Hari / Tanggal   :
Pertemuan kedua
KD 3
3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
KD 4
 4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
IPK
Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional
IPK
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional
Materi pembelajaran
Perdagangan internasional
Sumber Belajar: Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: sumarnoguritno.blogspot.com, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang perdagangan internasional dengan penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan bekerjasama dalam kelompok.
model  : Problem Based Learning
1.      Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun  yang disajikan oleh guru,
2.      Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui.
3.      Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3 - 4 siswa.
4.      Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan  pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan 
1)        Apa manfaat dari perdagangan internasional?
2)        Apa hambatan perdagangan internasional?
3)        Bagaimana dampak dari perdagangan internasional? bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi dampak negatif dari perdagangan internasional?
5.      Dengan berdiskusi peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan
6.      Setiap kelompok membagi kelompoknya menjadi 2 sub kelompok, subkelompok tetap tinggal dalam kelompok untuk menerima tamu, dan subkelompok 2 sebagai kelompok yang berkunjung ke kelompok lain.
7.      Kelompok yang bertugas berkunjung ke kelompok lain yang dikunjungi serta memberi masukan untuk penyempurnaannya.
8.      Kelompok yang berkunjung ke kelompok lain kembali ke kelompok asal untuk mendiskusikan masukan
9.      peserta didik diminta mengolah dan  menganalisis data yang telah dikumpulkan
10.  Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari  jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
11.  Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan.
12.  Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.
Produk : Hasil diskusi Lembar Kerja Siswa
Diskripsi : siswa bekerja bersama kelompok dan melakukan Shoping round kekelompok lain
Alat dan Bahan
1.     Kertas Palno.
2.     Stickynote
Penutup
*      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
*      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
Evaluasi tes
Lembar Kerja Siswa, hasil diskusi kelompok
Text Box: Malang,
Guru bidang Studi IPS


Drs. Sumarno
NIP. 196603082005011006




Rounded Rectangle: Catatan kegiatan / Umpan Balik.
…………………………………………………………………………………….........................
……………………………………………………………………………………..................
Text Box: Kepala Sekolah   



Drs.Supriyadi, M.Pd 
NIP. 19630807 198303 1 007


Kelompok
Nama    1. …………………………………………
                2 .…………………………………………
3. …………………………………………
                4. …………………………………………

               

 
 



Lembar Kerja Siswa 2
Bidang Studi  
IPS
KD
ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
Materi
ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap perdagangan Internasional
Kelas/Semester
IX/ Genap
Hari /tanggal
…………………………………….


Perdagangan Internasional                     
1.      Apa manfaat dari perdagangan internasional?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………

2.      Apa hambatan perdagangan internasional?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………

3.      Bagaimana dampak dari perdagangan internasional?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………

4.      Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi dampak negatif dari perdagangan internasional ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP Negeri 22 Malang

Mata Pelajaran          : IPS
Kelas/Semester           : IX/ Genap
Hari/Tanggal                :
Alokasi Waktu                        : 2 JP
KD        :
3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
KD
4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
IPK
Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Ekonomi kreatif dan upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif
IPK
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Ekonomi kreatif dan upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif
 Materi  : ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Ekonomi kreatif dan upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif
Tujuan Pembelajaran :  Melalui pendekatan saintifik dengan  kegiatan pembelajaran yang menggunakan model Student Team Achievement menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang Ekonomi kreatif dan upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif dengan penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan bekerjasama dalam kelompok.
Sumber Belajar: Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: sumarnoguritno.blogspot.com, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan
Pertemuan Ketiga dan keempat
Langkah-langkahPembelajaran
Apersepsi
Guru memberi motivasi dengan menanyakan kembali materi kreativitas yang telah dipelajari di kelas VII. Selanjutnya Guru bertanya tentang: Apakah  alat tulis yang kalian gunakan hasil produksi Indonesia? Apakah bahan baku alat tulis tersebut Asli Indonesia?
pertanyaan ini untuk menggiring peserta didik pada materi yang akan dipelajari.
Kegiatan Pembelajaran
model Student Team Achievement
(1)       Peserta didik diminta untuk mengamati berbagai gambar hasil kerajinan yang bisa diekspor ke luar negeri seperti kerajinan anyaman.
(2)       Dalam kegiatan ini guru dapat mencari artikel atau bahan referensi yang berhubungan dengan ekonomi kreatif
(3)       Dalam pengamatan guru juga dapat memberikan ilustrasi tentang hasil-hasil karya kreatifi tas yang banyak dimintai oleh msayarakat luar negeri.
(4)       Materi diskusi masing-masing kelompok antara lain:
1.        Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat? (Kelompok 1 dan 5).
2.        Mana yang lebih dibutuhkan oleh seorang yang akan membuka usaha : modal atau kreativitas? (Kelompok 2 dan 6).
3.        Bagaimana  hubungan antara ekonomi kreatif dengan industri kreatif? (Kelompok 3 dan 7).
4.        Bagaimana prospek industri kreatif tersebut bagi peningkatan ekspor Indonesia ke negara lain? (Kelompok 4 dan 8).
(5)       Kelompok 1, 2, 3, dan 4 sebagai kelompok penyaji  dan kelompok 5,6,7, dan 8 sebagai kelompok penyanggah ( Kelompok 1 disanggah oleh kelompok 5, Kelompok 2 disangga oleh kelompok 6, Kelompok 3 disanggah oleh kelompok 7, dan Kelompok 4 disanggah oleh kelompok 8).
(6)       Tuliskan jawaban kelompok pada selembar kertas atau karton.
(7)       Presentasikan hasil diskusi oleh kelompok penyaji di depan kelompok penyanggah.
(8)       Tanggapi atau jawab apabila ada tanggapan/pertanyaan dari kelompok penyanggah.
(9)       Membuat kesimpulan secara bersama-sama kemudian peserta didik diberikan kesempatan untuk mencatat hal-hal penting yang disimpulkan.
Produk : Hasil diskusi Lembar Kerja Siswa
Diskripsi : siswa bekerja bersama kelompok dan mempresetasikan hasilnya
Alat dan Bahan  :
-        Gambar/Vidio 
-        Power poin

Penutup

Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
Evaluasi tes
 Lembar Kerja siswa 1
Text Box: Catatan hasil kegiatan/Umpan Balik.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Text Box: Kepala Sekolah   



Drs.Supriyadi, M.Pd 
NIP. 19630807 198303 1 007 



Text Box: Malang,
Guru bidang Studi IPS


Drs. Sumarno
NIP. 196603082005011006




 




Kelompok
Nama    1. …………………………………………
                2 .…………………………………………
3. …………………………………………
                4. …………………………………………

               

 
 



Lembar Kerja Siswa 1
Bidang Studi  
IPS
KD
ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
Materi
Ekonomi kreatif
Kelas/Semester
IX/ Genap
Hari /tanggal
…………………………………….


Gambar Perdagangan Internaional :


1. Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat ? …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Mana yang lebih dibutuhkan oleh seorang yang akan membuka usaha : modal atau kreativitas? ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
3.        Bagaimana  hubungan antara ekonomi kreatif dengan industri kreatif ? ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.        Bagaimana prospek industri kreatif tersebut bagi peningkatan ekspor Indonesia ke negara lain? …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP Negeri 22 Malang

Mata Pelajaran          : IPS
Kelas/Semester           : IX/ Genap
Hari/Tanggal                :
Alokasi Waktu                        : 2 JP
KD        :
3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
IPK
Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Memanfaatkan Persaingan sebagai Peluang untuk Meraih Keunggulan Ekonomi Bangsa
IPK
Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Memanfaatkan Persaingan sebagai Peluang untuk Meraih Keunggulan Ekonomi Bangsa
 Materi  : Memanfaatkan Persaingan sebagai Peluang untuk Meraih Keunggulan Ekonomi Bangsa
Tujuan Pembelajaran :  Melalui pendekatan saintifik dengan  kegiatan pembelajaran yang menggunakan model Discovery learning menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang Keunggulan Suatu Negara dan Peluang Meraih Keunggulan di Bidang Ekonomi dengan penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan bekerjasama dalam kelompok.
Pertemuan Kelima dan keenam
Langkah-langkahPembelajaran
Apersepsi
Guru memberi motivasi kepada peserta didik dengan menanyakan kembali materi yang sudah dipelajari tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internsional
Kegiatan Pembelajaran
model Student Team Achievement
1)    Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun  yang disajikan oleh guru, Ilustrasi tentang barang-barang yang dijual di pasar yang berasal dari produk dalam negeri dan luar negeri.
2)    Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui.
3)    Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan., misalnya:
1.      bagaimana keunggulan ekonomi Itu dikembangkan oleh suatu Negara?
2.      factor apa saja yang diperlukan untuk mengembangkan keunggulan di bidang ekonomi?
4)    Setelah rumusan pertanyaan dapat tersusun siswa berdiskusi dalam kelompok dan juga bahan diskusi yang berada di buku siswa
5)    Bahan diskusi kelompok dapat dilihat juga pada aktivitas kelompok buku siswa.
6)    Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber,
7)    Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
8)    Peserta didik diminta untuk mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
9)    Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari  jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
10)Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan.
Produk : Hasil diskusi Lembar Kerja Siswa 1
Diskripsi : siswa bekerja bersama kelompok dan mempresetasikan hasilnya
Alat dan Bahan  :
-        Gambar/Vidio 
-        Power poin

Penutup dan umpan balik
*      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. danMelakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Evaluasi
nilai dan moral keunggulan di bidang ekonomi membawa manfaat yang tak ternilai dalam berbagai bidang kehidupan bangsa.
Text Box: Kepala Sekolah   



Drs.Supriyadi, M.Pd 
NIP. 19630807 198303 1 007 
. 



Rounded Rectangle: Catatan kegiatan / Umpan Balik.
…………………………………………………………………………………….........................
……………………………………………………………………………………..................
Text Box: Malang,
Guru bidang Studi IPS


Drs. Sumarno
NIP. 196603082005011006
                                                              


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP Negeri 22 Malang

Mata Pelajaran          : IPS
Kelas/Semester           : IX/ Genap
Hari/Tanggal                :
Alokasi Waktu                        : 2 JP
KD        :
3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
IPK
Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Pengembangan Pusat-Pusat  Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat
IPK
Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Pengembangan Pusat-Pusat  Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat
 Materi  : Pengembangan Pusat-Pusat  Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat
Tujuan Pembelajaran :  Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Project based Learning  (PJBL) yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang Pengembangan Pusat-Pusat  Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat dengan penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan bekerjasama dalam kelompok.
Sumber Belajar: Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: sumarnoguritno.blogspot.com, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan.
Pertemuan ketujuh
Langkah-langkahPembelajaran
Apersepsi
Guru menanyakan tentang materi pembelajaran berkaitan dengan perdagangan internasional Misalnya: apa saja keunggulan ekonomi yang dapat kamu lihat disekitarmu? Faktor apa saja yang mempengaruhinya?
Kegiatan Pembelajaran
model Project based Learning  (PJBL)
1)      Peserta didik diminta mengamati tentang contoh gambar berkaitan dengan keunggulan ekonomi seperti gambar PT Freeport, pecan raya, batik, dan sebagainya.
2)      Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui   pengertian ketergantungan antar ruang  dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar).
3)      Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3 - 4 siswa
4)      Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. Contoh:
1.      Apa saja yang termasuk dalam keunggulan ekonomi bangsa?
2.      Dimana saja kita dapat menemukan pusat keunggulan ekonomi bangsa?
5)   Dengan berdiskusi peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data
6)   Setiap kelompok membagi kelompoknya menjadi 2 subkelompok, subkelompok tetap tinggal dalam kelompok untuk menerima tamu, dan subkelompok 2 sebagai kelompok yang berkunjung ke kelompok lain.
1.    Kelompok yang bertugas berkunjung ke kelompok lain menerima keterangan tugas kelompok tuan rumah serta memberi masukan untuk penyempurnaannya
2.    Kelompok yang berkunjung ke kelompok lain kembali ke kelompok asal untuk mendiskusikan
3.    Dalam kegiatan ini peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data
4.    Peserta didik juga diminta mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
1.    Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari  jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
2.    Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan.
Produk : Hasil diskusi Lembar Kerja Siswa
Diskripsi : siswa bekerja bersama kelompok dan mempresetasikan hasilnya
Alat dan Bahan  :
-        Gambar/Vidio
-        Power poin

Penutup
3.     Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat kesimpulan  
4.     Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
Text Box: Tugas
Kerja kelompok
PROYEK 1
Text Box: Kepala Sekolah   



Drs.Supriyadi, M.Pd 
NIP. 19630807 198303 1 007 
. 



Text Box: Malang,
Guru bidang Studi IPS


Drs. Sumarno
NIP. 196603082005011006
. 




 



Kelompok
Nama    1. …………………………………………
                2 .…………………………………………
3. …………………………………………
                4. …………………………………………

               

 
 




PROYEK 1
Bidang Studi  
IPS
KD
ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
Materi
Pengembangan Pusat-Pusat  Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat
Kelas/Semester
IX/ Genap
Hari /tanggal
…………………………………….




Text Box: 1.   Penelitian sederhana tentang pusat keunggulan ekonomi di sekitar daerah kalian atau pusat keunggulan daerah lain dan deskripsikan menjadi sebuah laporan proyek dengan pokok-pokok uraian materi sebagai berikut :
(1) Faktor pendukung pusat keunggulan ekonomi yang kalian teliti
(2) Manfaat  yang  diperoleh  masyarakat  sekitar  dengan  adanya  pusat keunggulan ekonomi yang dikembangkan
(3) Kendala  apa  saja  yang  dihadapi  pusat  keunggulan  ekonomi  yang 
dikembangkan
(4) Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut 
2.   Lakukan penelitian tersebut dengan langkah-langkah sebagai berikut. 
a.   Perencanaan
b.   Menyusun jadwal pelaksanaan
c.   Menelaah data yang diperoleh
d.   Menyusun laporan
 
















                       







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP Negeri 22 Malang

Mata Pelajaran          : IPS
Kelas/Semester           : IX/ Genap
Hari/Tanggal                :
Alokasi Waktu                        : 2 JP
KD        :
3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
IPK
Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Pengembangan Pusat-Pusat  Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat
IPK
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Pengembangan Pusat-Pusat  Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat
 Materi  : Pengembangan Pusat-Pusat  Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat
Tujuan Pembelajaran :  Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Project based Learning  (PJBL) yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang Pengembangan Pusat-Pusat  Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat dengan penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan bekerjasama dalam kelompok.
Sumber Belajar: Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: sumarnoguritno.blogspot.com, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan
Pertemuan kedelapan
Langkah-langkahPembelajaran
Apersepsi
Guru menanyakan tentang materi pembelajaran sebelumnya tentang pusat keunggulan ekonomi, dan selanjutnya guru bertanya tentang, misalnya: bagaimana pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap masyarakat?
Kegiatan Pembelajaran
model Project based Learning  (PJBL)

1.     Peserta didik diminta mengamati gambar pengaruh dari keberadaan pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan masyarakat
2.     Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui telah tujuan pembelajaran, jika belum bisa tentunya dengan panduan guru, peserta didik diminta memperbaiki untuk dibacakan di depan kelas.
3.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifi kasi sebanyak mungkin mengenai pengaruh pusat keunggulan ekonomi bagi masyarakat
4.     Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 4 siswa.
5.     Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan  pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan.
1. Apa pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk?
2. Bagaimana pengaruh pusat keuggulan ekonomi PT Freeport terhadap pendidikan?
6.     Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
7.     menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui berkaitan dengan pengaruh pusat keunggulan ekonomi bagi masyarakat.
8.     Peserta didik mendiskusikan pengaruh pusat keunggulan ekonomi yang telah mereka temukan pada pertemuan sebelumnya.
9.     Peserta didik diminta untuk mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dan memberikan argumen tentang pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk, transportasi, pendidikan, lembaga sosial ekonomi, dan pekerjaan.
10. Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari  jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuska.
Produk : Hasil diskusi Lembar Kerja Siswa

Diskripsi : siswa bekerja bersama kelompok dan mempresetasikan hasilnya
Alat dan Bahan  :
-        Gambar/Vidio 
-        Power poin

Penutup dan umpan balik
1)    Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan.
2)    Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas materi yang telah dipelajari hari ini.
Evaluasi tes
Aktifitas kelompok LK 8
Text Box: Tugas
Kerja kelompok
PROYEK 1
Text Box: Kepala Sekolah   



Drs.Supriyadi, M.Pd 
NIP. 19630807 198303 1 007 
. 



Text Box: Malang,
Guru bidang Studi IPS


Drs. Sumarno
NIP. 196603082005011006




 





Kelompok
Nama    1. …………………………………………
                2 .…………………………………………
3. …………………………………………
                4. …………………………………………

               

 
 




Aktivitas Kelompok

Bidang Studi  
IPS
KD
ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
Materi
Pengembangan Pusat-Pusat  Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat
Kelas/Semester
IX/ Genap
Hari /tanggal
…………………………………….



Text Box: Aktivitas Kelompok


1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3–4 orang!
2. Pelajari beberapa pusat keunggulan ekonomi di Indonesia dari berbagai sumber.
3. Lakukanlah pengamatan melalui berbagai media mengenai contoh pusat keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia, seperti pameran seni, pecan raya, dan sebagainya! 
4. Kalian dapat mencari referensi dari buku-buku di perpustakaan, brosur, atau berbagai artikel di internet! 
5. Dengan bimbingan dari guru tulislah hasil pengamatan kalian dalam laporan yang sistematis dengan mengacu pada 5 W dan 1 H! 
6. Presentasikan hasilnya di depan kelas!















                                                        





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP Negeri 22 Malang

Mata Pelajaran          : IPS
Kelas/Semester           : IX/ Genap
Hari/Tanggal                :
Alokasi Waktu                        : 2 JP
KD        :
3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
IPK
Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan bebas
IPK
Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan bebas
 Materi  : Perdagangan bebas
Tujuan Pembelajaran :  Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem based Learning  (PBL)   yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang Perdagangan bebas dengan penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan bekerjasama dalam kelompok.
Sumber Belajar: Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: sumarnoguritno.blogspot.com, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan.
Pertemuan ke tiga belas
Langkah-langkahPembelajaran
Apersepsi
Guru menanyakan tentang materi pembelajaran berkaitan dengan pasar atau perdagangan bebas. Misalnya: apa yang dimaksud dengan perdagangan bebas? Mengapa muncul organisasi perdagangan bebas?
Kegiatan Pembelajaran
model Project based Learning  (PJBL)

1)    Peserta didik diminta mengamati hal-hal yang berkaitan dengan  perdagangan bebas?
2)    Kegiatan mengamati dapat dilakukan dengan deskripsi dari guru, gambar-gambar yang disajikan guru, atau bisa juga diceritakan tentang perdagangan bebas dan organisasi yang lahir dalam rangka perdagangan bebas.
3)    Setelah mengamati, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui.
4)    Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan.
1. Apa yang dimaksud dengan pasar bebas?
2. Apa saja yang termasuk organisasi dalam perdagangan bebas?
3. Apa saja tujuan organisasi dalam perdagangan bebas tersebut?
5)    Setelah informasi terkumpul setiap kelompok diminta mendiskusikan  jawaban dari pertanyaan yang dirumuskan. Setelah itu setiap kelompok diminta untuk membuat teka teki silang berkaitan dengan pasar bebas. Pertanyaan diibuat sejumlah 10 mendatar dan 10 menurun.
1.    Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan dan membuat teka teki silang.
2.    Setelah teka teki silang selesai dibuat, tukarkan teka teki silang yang dibuat kelompok dengan kelompok lain.
3.    Kerjakan soal teka teki silang yang dibuat kelompok lain.
1.    Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil  jawaban teka teki silang yang dibuat oleh kelompok.
2.    Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas jawaban kelompok yang dipresentasikan.
3.    Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.
Produk : Hasil Teka Teki Silang karya Siswa

Diskripsi : siswa bekerja bersama kelompok dan mempresetasikan hasilnya
Alat dan Bahan  :
-        Gambar/Vidio  perdagang Internasional
-        Power poin

Penutup dan umpan balik
1.     Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan
2.     Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas materi yang telah dipelajari hari ini.
Evaluasi tes Teka Teki Silang IPS
Text Box: Kepala Sekolah   



Drs.Supriyadi, M.Pd 
NIP. 19630807 198303 1 007 
. 



Text Box: Umpan Balik.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Text Box: Malang,
Guru bidang Studi IPS


Drs. Sumarno
NIP. 196603082005011006




 



Kelompok
Nama    1. …………………………………………
                2 .…………………………………………
3. …………………………………………
                4. …………………………………………

               

 
 




Aktivitas Kelompok

Bidang Studi  
IPS
KD
ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
Materi
Pasar Bebas
Kelas/Semester
IX/ Genap
Hari /tanggal
…………………………………….



Text Box: Aktivitas Kelompok

1. Lakukan aktivitas berikut dengan teman satu mejamu! 
2. Buatlah  aktivitas  teka  teki  silang  dengan  mengacu  pada  materi perdagangan bebas di atas! 
3. Teka-teki yang kalian buat terdiri dari 10 soal mendatar dan 10 soal menurun! 
4. Setelah selesai, tukarkan dengan meja di belakang untuk dikerjakan!
5. Koreksilah hasil pekerjaan temanmu!
6. Kumpulkan hasilnya pada guru untuk dinilaikan !
 




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar