Rabu, 15 Januari 2020

LAPORAN HASIL KEGIATAN MOTIVASI SISWA di SMPN 22 Malang


LAPORAN HASIL


KEGIATAN MOTIVASI SISWA




        SMP NEGERI 22 MALANG







PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 22
(PUBLIC JUNIOR HIGH SCHOOL 22)
Jl. Eltari Villa Gunung Buring Telp. (0341)-717905 Malang 65138
Tahun 2018








LEMBAR PENGESAHAN

1.
Nama kegiatan
Motivasi Belajar Siswa 
2.
Sasaran
Seluruh siswa kelas 9
3
Jumlah peserta
204 siswa
4
Tempat kegiatan
Aula SMP N 22 Malang
5
Pemateri
ü  LBB Masterprima jalan Danau Kerinci C1 B12- Malang
ü  Himpunan Psikologi Indonesia (HIPSY)
6
Tanggal Pelaksanaan
19 Juli 2018 dan 26 Oktober 2018
7
Lama Kegiatan
120 menit






Mengetahui/menyetujui:                                          Malang, 26 Oktober 2018
          Kepala Sekolah,                                                      Waka kesiswaan



Drs. Muchamad Solikin                                          Drs. Sumarno
Pembina                                                                   Penata
                           NIP. 19680806 199802 1 005                                 NIP   19660308 200501 1 006







KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Allah swt bahwa kegiatan motivasi belajar siswa kelas 9 melalui program  kegiatan yang diusung oleh LBB Masterprima dan Himpunan Psikologi Indonedonesia (HIPSY) yang dilaksanakan selama 120 menit. Melalui kegiatan ini diharapkan kompetensi dan motivasi belajar siswa   akan terus meningkat dan semakin meningkat sehingga dapat mendapatkan hasil yang maksimal khususnya pada persiapan pelaksanaan ujian nasional.
            Terkait dengan terlaksananya kegiatan motivasi tersebut, kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada:
1.      LBB Masterprima yang telah bersedia memberikan motivasinya;
2.      Himpunan psikologi Indonesia ( HIPSY)
3.      Kepala SMP Negeri 22 Malang,  yang memberikan  ijin, kesempatan, motivasi dan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan ini.
Sebagai program tindak lanjut dari kegiatan ini, akan melaksanakan sosialisasi kepada seluruh wali siswa untuk bersama-saman meningkatkan motivasi belajar siswa.
Semoga seluruh kegiatan ini akan dapat bermanfaat untuk siswa-siswi, sekolah  dan masyarakat secara luas. Dengan keikhlasan, semoga kegiatan dan tindak lanjutnya akan menjadi amal sholeh.


Malang, 26 Oktober 2018
Waka Kesiswaan,



  


DAFTAR ISI


Halaman Judul..............................................................................................................        i
Halaman Pengesahan....................................................................................................        ii
Kata Pengantar.............................................................................................................        iii
Daftar Isi.......................................................................................................................       v

BAB I        PENDAHULUAN
A.  Judul Kegiatan…………......................................................................          1
B.  Waktu Pelaksanaan ..............................................................................          1
C.  Tempat Kegiatan Diselenggarakan………...........................................          1
D.  Tujuan Penyelenggaraan Kegiatan........................................................          1
E.   Sasaran dan Waktu Pelaksanaan Diklat................................................          1
F.   Teknik Pelaksanaan ……………..........................................................          1
G.  Penyelenggara kegiatan ………………………….................................         2

BAB II       LAPORAN HASIL PELATIHAN
A.    Tujuan Kegiatan...................................................................................          3
B.     Materi yang disajikan dalam kegiatan..................................................         3
C.     Dampak Kegiatan terhadap Siswa........................................................         6

BAB III     KESIMPULAN
A.    Simpulan.............................................................................................          7
B.     Lampiran..............................................................................................         7









BAB I

PENDAHULUAN

A.  Judul Kegiatan
Training Motivasi

B.  Waktu Pelaksanaan Diklat
Diklat dilaksanakan mulai tanggal 19 Juli 2018 dan 26 Oktober   2018

C.  Tempat Kegiatan Diselenggarakan
       SMP Negeri 22 Malang  

D.  Tujuan Penyelenggaraan Kegiatan
1.      Meningkatan kesadaran dalam belajar
2.      Mengetahui tips dan trik dalam menghadapi ujian
3.      Meningkatkan dampak psikologi yang positif terhadap semangat meraih prestasi yang lebih baik lagi  

E.  Sasaran dan waktu pelaksanaan
Dilaksanakan selama 1 hari dengan struktur program sebagai berikut:
1.      Sasaran program ini adalah semua siswa kelas 9 SMP negeri 22 Malang
2.      Total waktu yang dibutuhkan adalah 120 menit

F.   Teknik Pelaksanaan
1.      Sekolah menentukan jadwal pelaksanaan training motivasi
2.      Sekolah menginformasikan jadwal pelaksanaan ke LBB Masterprima dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIPSY)
3.      LBB Masterprima melibatkan seorang pembicara dari luar
4.      Pembicara menyampaikan materi dalam waktu 120 menit
5.      Seteleah selesai kegiatan LBB Masterprima memberikan semua informasi berkaitan dengan hasil kegiatan motivasi

G. Penyelenggara Kegiatan
Penyelenggara kegiatan ini adalah LBB Masterprima Himpunan Psikologi Indonesia (HIPSY)







BAB II
LAPORAN HASIL PELATIHAN

A.  Tujuan Kegiatan
Motivasi ini bertujuan agar siswa  :
1.      Meningkatnya kesadaran belajar siswa dalam menghadapi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, mengerjakan tugas-tugas sekolah, dan persiapan ujian nasional
2.      Mengetahui tips dan trik dalam menghadapi ujian nasional untuk bidang studi yang diujikan dalam ujian nasional
3.      Semakin Meningkat psikologi siswa yang positif terhadap semangat meraih prestasi yang lebih baik lagi 

B.  Materi yang disajikan dalam kegiatan
Motivasi dapat dikatakan sebagai pengaruh kebutuhan dan keinginan pada intensitas dan arah seseorang yang menggerakkan orang tersebut untuk mencapai tujuan dari tingkat tertentu. Oleh karena itu, motivasi sebagai proses batin atau proses psikologis yang terjadi pada diri seseorang sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal (lingkungan), dan faktor internal yang melekat pada setiap orang (pembawaan), tingkat pendidikan, pengalaman masa lalu, keinginan atau harapan masa depan.
Berdasarkan pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah suatu proses perubahan tenaga dalam diri individu yang memberi kekuatan baginya untuk bertingkah laku (dengan giat belajar) dalam usaha mencapai tujuan belajarnya.
Oleh karena itu, pada garis besarnya motivasi mengandung nilai-nilai sebagai berikut:
1.          Motivasi menentukan tingkat keberhasilan atau kegagalan perbuatan belajar siswa, karena belajar tanpa adanya motivasi, sulit untuk berhasil.
2.          Pengajaran yang bermotivasi, pada hakikatnya adalah pengajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, dorongan, motif, dan minat yang ada pada siswa. Pengajaran yang demikian, sesuai dengan tuntutan demokrasi dalam pendidikan.
3.          Pengajaran yang bermotivasi menurut kreativitas dan imajinitas pada guru untuk berusaha secara sungguh-sungguh mencari cara-cara yang relevan dan serasi guna membangkitkan dan memelihara motivasi belajar pada siswa. Guru harus senantiasa berusaha agar siswa pada akhirnya mempunyai motivasi yang baik.
4.          Berhasil atau tidaknya dalam menumbuhkan dan menggunakan motivasi dalam pengajaran erat kaitannya dengan pengaturan dalam kelas.
5.          Asas motivasi menjadi salah satu bagian yang integral dari asas-asas mengajar. Penggunaan motivasi dalam mengajar tidak saja melengkapi prosedur mengajar, tetapi juga menjadi faktor yang menentukan pengajaran yang efektif. Dengan demikian, penggunaan asas motivasi sangat esensial dalam proses belajar mengajar.
Berikut ada cara menumbuhkan motivasi belajar siswa 
1. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan metode dan kegiatan belajar mengajar yang beragam.
Melakukan kegiatan yang sama secara terus-menerus tentu akan menimbulkan rasa bosan yang berlebihan, hal ini tentu dapat menurunkan semangat belajar para siswa. Apabila siswa sudah merasa bosan tentu akan mengakibatkan terganggunya proses belajar mengajar. Disinilah Anda sebagai guru harus bertindak, berikanlah variasi belajar sehingga para siswa bisa tetap termotivasi dan konsentrasi dalam belajar. Sesekali Anda bisa mencoba metode belajar yang berbeda seperti membuat pembagian peran, studi kasus, simulasi, debat, transfer pengetahuan secara singkat, diskusi, presentasi dengan audio-visual dan kerja kelompok kecil
2. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Jadikan siswa sebagai peserta aktif
Contoh upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang kedua adalah dengan menjadikan siswa sebagai peserta yang aktif. Di usia siswa yang masih muda tentu kehidupan mereka sepenuhnya hanya dengan melakukan kegiatan, menulis, belajar, berpertualang, menciptakan sesuatu hal baru, menyelesaikan suatu masalah, serta mendesain. Ketika berada di sekolah, jangan pernah menjadikan siswa sebagai peserta pasif di kelas. Kenapa demikian? Karena hal tersebut dapat menurunkan minat dan mengurangi rasa keingintahuannya. Gunakanlah metode belajar yang aktif dengan memberikan siswa tugas berupa simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dalam belajar. Jangan berikan jawaban apabila tugas tersebut dirasa sanggup dilakukan oleh siswa.
3. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Menciptakan suasana kelas yang kondusif
Contoh motivasi belajar siswa selanjutnya adalah dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif. Karena kelas yang aman dan tidak mendikte umumnya akan membuat siswa merasa didukung untuk berusaha. Hal ini akan berpengaruh terhadap minat belajarnya dan akan menumbuhkan motivasi belajar secara tidak langsung. Apabila siswa belajar di suatu kelas yang kondusif, maka siswa cenderung terdorong untuk terus mengikuti proses belajar.
4. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Berikan tugas yang proporsional
Segala tugas di kelas dan pekerjaan rumah tidak selalu bisa disetarakan dengan nilai. Jangan hanya berorientasi pada nilai dan coba penekanan pada penguasaan materi. Mengapa demikian? Karena hal tersebut dapat menurunkan semangat siswa yang kurang mampu memenuhi standar dan berakibat siswa yang bersangkutan merasa dirinya gagal. Usahakan untuk menggunakan mekanisme nilai seperlunya saja, dan mulailah untuk lebih dekat dengan siswa dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan mereka, serta apa yang bisa mereka tingkatkan. Disarankan untuk memberikan komentar yang jelas agar siswa pun dapat langsung memperbaiki tugas mereka apabila dirasa belum cukup.
5. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Berikan petunjuk kepada siswa agar sukses dalam belajar
Jangan pernah membiarkan siswa berjuang sendiri dalam belajar. Sebagai orang tua mereka di sekolah, sampaikanlah pada mereka apa saja yang perlu mereka lakukan. Dan yang terpenting, buatlah mereka yakin bahwa mereka bisa sukses dan bagaimana cara mencapainya
6. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Antusias dalam mengajar
Antusiasme seorang guru dalam mengajar ternyata salah satu faktor yang penting untuk menumbuhkan motivasi belajar dalam diri para siswa. Bila Anda terlihat lesu dan kurang bersemangat maka para siswa juga akan menunjukkan hal yang demikian. Upayakan untuk selalu tampil ceria dan bersemangat serta antusias di depan kelas.
7. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Pemberian penghargaan untuk memotivasi
Pemberian penghargaan seperti nilai tambahan, hadiah kecil ketika mendapatkan pencapaian yang baik mungkin juga cukup efektif untuk menumbuhkan semangat belajar siswa.
8. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Kenali minat siswa
Meskipun berada di kelas yang sama, setiap siswa tentu memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Disinilah tugas Anda sebagai guru, pahamilah siswa Anda dengan selalu memberikan tanggapan terhadap materi, minat, cita-cita, harapan serta kekhawatiran mereka. Pergunakanlah berbagai contoh dalam pembelajaran yang ada kaitannya dengan minat mereka untuk membuat mereka tetap termotivasi dalam belajar.
9. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Peduli dengan siswa
Umumnya, para siswa akan menunjukkan minat dan motivasi belajar mereka kepara guru yang memiliki perhatian kepada mereka. Cobalah membangun hubungan yang positif dengan para siswa. Caranya mudah, Anda bisa menceritakan kisah hidup Anda yang positif pada mereka.
10. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Harga kesuksesan dan keteladanan
Dan yang terakhir, hindari komentar negatif terhadap kelakuan buruk dan performa rendah yang ditunjukan oleh siswa Anda. Akan lebih baik jika Anda memberikan apresiasi bagi siswa yang menunjukan kelakuan dan kinerja yang baik. Pujian positif dan dorongan secara tidak langsung akan menjadi penggerak yang turut berpengaruh dan memberikan aspirasi bagi siswa yang lain untuk berprestasi.

C.  Dampak Kegiatan terhadap Siswa
Dengan meningkatnya kompetensi siswa akan berpengaruh pada performance siswa dalam belajar di kelas. Dengan demikian, secara langsung akan berdampak pada prestasi dan ketrampilan siswa.






BAB III
KESIMPULAN
A.  Simpulan
KOMPONEN
SIMPULAN
Nama Diklat
Motivasi belajar siswa
Tempat Kegiatan
SMP Negeri 22 Malang
Jumlah Jam Kegiatan Diklat
120 menit
Materi
Motivasi Belajar Siswa
1.      Cara belajar efektif
2.      Trik-tik jitu dalam mengerjakan soal
3.      Menejemen pengendali emosi
4.      Menumbuhkan kepeduliana terhadap diri sendiri
Nama Penyelenggara
·         LBB Master Prima
·         Himpunan Psikologi Indonesia (HIPSY)
Dampak
Untuk  siswa
1.  Meningkatnya motivasi belajar siswa
2.  Kepedulian untuk diri sendiri akan pentingnya belajar

B.  Lampiran
1.      Daftar hadir siswa dan pemateri
2.      Foto kegiatan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar