RENCANA
PELAKSAAAN PEMBELAJARAN
RPP ADIWIYATA
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran :
PPKn
Kelas / semester :
VIII / 2 ( dua )
Materi pokok : Pemuda penentu
masa depan Indonesia
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab, peduli ( toleransi,
gotong royong, santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual, dan
prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
tehnologi, seni budaya terkait, fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret ( menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis,
membaca, menghitung, menggambat, dan mengarang ) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1
Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan
berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
|
1.1.Mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala karunianya
|
2.4
Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda dalam kehidupan bermasyarakat
sebagaimana
|
2.4.
Menghargai setiap pendapat seperti yang dicontohkan oleh para pemuda bangsa
Indonesia dalam merumuskan Sumpah Pemuda
|
3.6. Memahami makna
keberagaman dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika
|
3.6.1 Mendeskripsikan makna sumpah Pemuda bagi
bangsa Indonesia
3.6.2 Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong Sebagai Bentuk Kerja Sama Dalam
Masyarakat Yang Beragam dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika
3.6.3 Mengidentifikasi perilaku menghargai semangat
kekeluargaan dan gotong royong sebagai bentuk kerjasama dalam likungan sekolah
dan masyarakat
|
4.6 Menyaji hasil telaah
tentang kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhineka Tunggal
Ika
|
4.6.1 Menunjukkan ketrampilan mengamati tentang
kerjasama dalam masyarakat yang beragama dalam bingkai Bhineka Tunggal
Ika
4.6.2
Menunjukkan ketrampilan menanya tentang kerjasama dalam masayarakay yang
beragam dalam bingkai
Bhineka Tunggal Ika
4.6.3 Meyusun
laporan hasil telaah tentang kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhineka Tunggal
Ika
4.6.4 Menyajikan laporan hasil telaah tentang
kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhineka Tunggal
Ika
|
4.8 Berinteraksi dengan teman
dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam
keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender
|
4.8.1 Mencoba berinteraksi dengan teman dan
orang lain dalam keberagaman masyarakat
4.8.2 Menyaji laporan hasil interaksi dengan
teman dan orang lain keberagaman masyarakat
|
C. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan
Kedua
1.
Pengertian
Kekeluargaan
2.
Macam-macam sikap yang menggambarkan nilai
kekeluargaan:
3.
Identifikasi nilai kekeluargaan dalam masyarakat Indonesia .
4.
Menjelaskan contoh perwujudan nilai kekeluargaan
dilingkungan sekolah dan di masyarakat
5.
Menjelaskan fungsi keserasian
hidup antara lingkungan alam dengan lingkungan sekolah
D. MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Media
-
Gambar suasana
kekeluargaan.
-
Gambar
kegiatan kerjasama.
-
Gambar lingkungan alam yang hijau dengan keserasian hidup dimasyarakat
2.
Alat
dan Bahan
LCD
3.
Sumber belajar
1.
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013 Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan kelas VIII, Jakarta : Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia
2.
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013 Buku Guru Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan kelas VIII, Jakarta : Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia
3.
Buku Undang – Undang Dasar 1945.
4.
Buku yang
relevan.
E. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Mengetahui, Malang, 3 Desember 2014
Kepala SMPN 22 Malang Guru IPS Kelas
VII,
Anny Yulistyowati .S.Pd. MM Drs. Sumarno
NIP. 19620713 198112 2 001 NIP.19660308
200501 006
F.
PENILAIAN
2. Penilaian
Sikap Spiritual
1. Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Indikator
: 3.6.Mendiskripsikan semangat
kekeluargaan dan gotong royong sebagai bentuk kerjasama
KUNCI JAWABAN :
1.
Suatu
sikap yang saling mempedulikan,
menghormati, dan menyayangi dalam
suatu lingkup kekerabatan yang tak tergoyahkan
2.
Nilai kekeluargaan dalam masyarakat
1.
Kekeluargaan Bidang
Agama
Contoh : - menjalankan
kegiatan keagamaan di setiap rumah /
bergilir (doa bersama dll).
2.
Kekeluargaan Bidang
Sosial
Rasa kebersamaan dalam
pergaulan hidup sehari-hari
Contoh : - membantu tetangga yang mempunyai hajat
keluarga
- membantu tetangga
membangun rumah
- membantu tetangga yang
sedang kesusahan
3.
Kekeluargaan Bidang
Ekonomi
Contoh :
- adanya Koperasi yang
berasaskan kekeluargaan
4.
Kekeluargaan Bidang
Keamanan lingkungan
Contoh :
- adanya Siskamling
3.
Contoh
perwujudan nilai kekeluargaan di
lingkungan sekolah
-
Saling
bekerja sama dalam kelompok
-
Mengerjakan
tugas piket secara bersama-sama
-
Saling
berjabat tangan dengan guru dan teman
-
menghormati
dengan cara tidak mengganggu teman
4. contoh manfaat nilai kekeluargaan
dilingkungan masyarakat
- tercapainya hidup rukun antar anggota
masyarakat
- tumbuhnya semangat kekeluargaan antar
anggota masyarakat
- hidup rukun saling menghargai dan
menghormati
5.
Manfaat lingkungan yang bersih terhadap kehidupan dilingkungan
sekolah dan masyarakat
- dengan lingkungan yang
bersih dilingkungan sekolah maka proses belajar mengajar akan lebih nyaman
dan sehat, begitu juga dilingkungan masyarakat
6.
langkah-langkah mewujudkan
lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan sekolah sesuai dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika
- memetakan tempat-tempat
yang perlu dibersihkan dan dihijuakan
- membuat rencana kegiatan
- membuat standar
operasional kegiatan
- melaksanakan kegiatan
secara rutin
- mengevaluasi kegiatan
- terciptanya lingkungan
yang bersih dan sehat dilingkungan sekolah dan masyarakat
|
LAMPIRAN 1
LEMBAR KERJA SISWA
Materi pokok : Pemuda penentu
masa depan Indonesia
Amati gambar dibawah ini
Halaman depan SMPN 22 yang bersih
|
Kerja bakti membersihkan sekolah
|
Bentuk
kepedulian terhadap masyarakat
|
2.
Pertayaan apa yang dapat kamu sampaikan
setelah melihat gambar diatas
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Hasil pengamatan
dan mengolah informasi dari berbagai sumber tentang keterkaitan antara hubungan
kekeluargaan dengan Pancasila dan kepedulian terhadap lingkungan alam
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Kesimpulan diskusi
/ Curah pendapat
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Evaluasi
No.
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
Jelaskan pengertian nilai
kekeluargaan !
|
2.
|
Tulislah 4 nilai-nilai
kekeluargaan dalam masyarakat!
|
3.
|
Berilah 3
contoh perwujudan nilai kekeluargaan di lingkungan sekolah !
|
4.
|
Jelaskan 3 manfaat nilai kekeluargaan bagi
masyarakat !
|
5.
|
Jelaskan
manfaat lingkungan yang bersih
terhadap kehidupan dilingkungan sekolah dan masyarakat
|
6.
|
Buatlah
langkah-langkah mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan
sekolah sesuai dengan semangat
Bhinneka Tunggal Ika
|
trm kasih
BalasHapus