Kamis, 17 Maret 2016

RPP IPS kelas 8 Adiwiyata

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah Adiwiyata
Satuan Pendidikan                     : SMP NEGERI 22 MALANG
Kelas/Semester                          : VIII/2
Mata Pelajaran                           : Ilmu Pengetahuan Sosial
Tema                                          : Fungsi dan peran SDA dalam pembangunan nasional
Sub Tema                                   : Prinsip-prinsip pengelola SDA
Sub subtema                              : Peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA
Alokasi                                       : 4 JP

Pertemuan                                  : 2 x pertemuan ( 40 menit ) 

A. KOMPETENSI INTI
KI. 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI. 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri dalam  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan  pergaulan dan keberadaannya
KI.3 Memsahami pengetahuan berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak nyata
KI.4. Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah kongkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi  dan membuat) ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai yang dipelajari di sekolah dengan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar
1.3. Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.1. Memahami aspek keruangan dan koneksifitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan, keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, social, budaya, pendidikan dan politik)

Indikator:
3.1.1.Menjelaskan pengertian  lembaga operator, regulator, dan control dalam pegelolaan SDA
3.1.2.Mengamati gambar penebangan hutan secara liar untuk menentukan lembaga operator, regulator,dan control yang berperan
3.1.3.Mendiskripsikan cara penanggulangan penebangan hutan secara liar
3.1.4.Membuat 2contoh akibat  penembangan hutan secaraliar
3.1.5.Menjelaskan pengaruh kerusakan SDA terhadap kehidupan manusia dibidang (ekonomi, sosial, budaya )

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan pembelajaran  sub-sub tema ini adalah agar peserta didik mampu:
      1.Menjelaskan pengertian lembaga operator, regulator, dan control dalam pengelolaan SDA
      2.Menentukan peran lembaga operator, regulator,dan lembaga control dalan pengelolaan 
         SDA.
      3.Mendiskripsikan cara penanggulangan penebangan hutan secara liar.
      4.Membuat 2contoh kerusakan SDA akibat penebangan hutan secara liar.
      5.Menjelaskan pergaruh  kerusakan SDA terhadap kehidupan manusia dibidang(ekonomi, sosial, dan budaya).

D. MATERI PEMBELAJARAN
  1.Pengertian lembaga operator, regulator, dan control dalam pengelolaan SDA
2.Peran  lembaga operator, regulator, dan lembaga kontrol dalam pengelolaan  SDA
3.Cara penanggulangan penebangan hutan secara liar.
4.Contoh-contoh kerusakan SDA akibat penebangan hutan secara liar.
5.Pergaruh  kerusakan SDA terhadap kehidupan manusia dibidang(ekonomi,  sosial, dan budaya).

E.     METODE PEMBELAJARAN
a.Pendekatan : Saintific
      b.Model     : Problem Based Learning
      c.Metode   :Tanya jawab, Penugasan   (Pertemuan  ke 1)
                          Diskusi, Pengamatan, Presentasi (Petemuan  ke 2 )

F.  MEDIA PEMBELAJARAN
           Media                 : Power point gambar macam-macam kerusakan SDA
           Alat dan Bahan  : LKS, Laptop, LCD
 Sumber Belajar : Buku IPS kelas 8 yang relevan, Internet, dan sumber lain yang relevan

Kerangka  Saintific dengan model Problem Based Learning
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
1.      Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan)
1.     Coba kalian ingat memorimu saat pergi berangkat kesekolah.Bagaimana  kondisi  SDA yang kalian lewati .
2.     Coba kamu amati SDA yang ada di daerah mu, mengapa kondisi SDA tersebut fungsinya berkurang/terganggu.
3.     Dari kondisi SDA tersebut siapa yang berperan dalam pengelolaannya.
2.      Problem (pertanyaan/identifikasi masalah)
Diskusikan tentang:
1.Peran lembaga operator, regulator, dan lembaga kontrol
   dalam penebangan hutan secara liar .
2.Cara penanggulangan penebangan hutan secara liar
3.Pengaruh akibat penebangan hutan secara liar terhadap
   kehidupan masyarakat bidang (ekonomi, sosial, dan budaya)
3.      Data collection (pengumpulan data)
Gunakan buku paket IPS yang relevan, internet atau sumber lain untuk mendukung dan memperkuat jawaban atas pertanyaan berikut ini. Amati  gambar  penebangan hutan secara liar (terlampir)
1. Tentukan lembaga operator, regulator, dan control sesuai dengan kondisi pengelolaan SDA yang berupa penebangan hutan secara liar.
2. Bagaimana cara menanggulangi penebangan hutan secara liar.
3. Sebutkan akibat yang ditimbulkan dari penebangan hutan secara liar.
4.      Data processing (pengolahan data)
Catat semua jawaban dari pertanyaan di atas menjadi sebuah laporan tertulis.
5.      Verification (pembuktian)
Cocokkan antara hasil pengamatan tersebut dengan hasil diskusi teman sebaya
6.      Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
§  Kita wajib bersyukur atas karunia Allah dengan adanya SDA yang melimpah di Indonesia
§  Indonesia  memiliki SDA yang melimpah dan banyak jenisnya yang berdampak positit bagi kehidupan masyarakat baik di bidang ekonomi, sosial dan budaya, pendidikan,serta sebagai modal pembangunan.

G. Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
a.   Persiapan psikis dan fisik, membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.  Peserta didik beserta guru mengkondisikan kelas
c.   Guru memberi motivasi; menanyakan kesiapan dengan menanyakan ketuntasan membaca materi yang sudah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
d.  Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran dan menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan diajarkan melalui peta konsep.


         10’
Kegiatan Inti
Mengamati:
Orientasi peserta didik pada permasalahan
a.       Membagi siswa ke dalam 6 kelompok terdiri dari 5 siswa dan memberi nama kelompoknya dengan nama SDA yang yang menjadi primadona di Indonesiamisalnya :Minyak bumi, Batu bara, Gas alam, Emas, dll). Guru membagikan LKS kepada masing-masing kelompok dengan materi  penebangan hutan secara liar.
b.       Pengamatan : Menayangkan media pembelajaran power point tentang gambar macam-macam kerusakan SDA di wilayah darat, udara, dan air. Menampakkan gambar penebangan hutan secara liar lebih lama sebagai obyek pengamatan.
c.        Bertanya/Questioning: diskusi kelompok untuk    
d.       memberikan kesempatan pada siswa saling mengajukan pertanyaan tentang informasi yang kurang dipahami dari apa yang diamati dari gambar penebangan hutan secara liar atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang apa yang diamati (guru memberikan bimbingan kelompok).
e.        Mengumpulkan informasi; mengamati gambar penebangan hutan secara liar,  mencatat semua informasi dari hasil pengamatan pada gambar, kemudian menetukan  lembaga operator, regulator,dan control yang berperan dalam menangani penebangan hutan secara liar .
f.         Mengolah informasi tentang  peran lembaga operator, regulator, control dalam menangani penebangan hutan secara liar, cara menanggulangi penebangan hutan secara liar,dan membuat contoh akibat yang ditimbulkan oleh penebangan hutan secara liar, untuk menambah keleluasaan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan.
g.       Mengkomunikasikan; presentasi, menyampaikan hasil pengamatan dan penyusunan data dari hasil kerja kelompok tentang peran lembaga operator, regulator, dan control, serta cara menanggulangi penebangan hutan secara liar yang berpengaruh dalam kehidupan social, budaya, ekonomi.
h.       Evaluasi pemecahan masalah


Penutup
a.       Guru beserta peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
b.      Refleksi terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan; melalui manfaat yang dapat diperoleh dari pembelajaran yang telah dilakukan. Demikian juga kesan peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
c.       Pos test secara tertulis dengan soal uraian
d.      Memberikan tugas kepada siswa untuk mencari contoh-contoh kerusakan SDA melalui internet dan menentukan cara penanggulangannya.



G.    Penilaian :
1.Tes pengamatan
            2.Tes tulis, produk diskusi  


                                                   LEMBAR KERJA                          

Nama Kelompok / Kelas  : ..........................................                       NILAI: 
Anggota kelompok / N0. Absen: 1.................................................    Koektor:
                                                     2.................................................
                                                     3.................................................
                                                     4..................................................
                                                     5..................................................
                                                  

Tujuan kegiatan:
 Melalui diskusi kelompok peserta didik diharapkan mampu memahami :
 1.Peran lembaga operator, regulator, dan lembaga control dalam penebangan
    hutan secaraliar.
 2.Cara menanggulangi penebangan hutan secara liar
 3.Membuat 2 contoh pengaruh yang timbul akibat penebangan hutan secara liar.

Langkah Kegiatan:
1.Pelajari materi tentang peran lembaga operator, regulator, dan lembaga control dalam 
     pengelolaan SDA.
 2. Amatilah gambar penebangan hutan secara liar  di bawah ini
 3.Isilah kolom pada lembar kerja yang tersedia.
 4.Presentasikan hasil diskusi kelompok kalian.
 5.Perbaiki hasil kelompok kalian jika ada penyempurnaan /masukan dari kelompok lain:   

 

Gb.penebangan hutan secara liar

A.Kerjakan perintah dibawah ini pada kolom lembar yang tersedia:
  1.Tentukan lembaga operator, regulator, dan control yang berperan dalam pengelolaan SDA
  2.Bagaimana cara menanggulangi penebangan hutan secara liar
  3.Sebutkan minimal 2 akibat yang timbul dari penebangan hutan secara liar


 Obyek Pengamatan
Peran Lembaga

Usaha Penanggulangan

Pengaruh yang timbul

Operator

Regulator

Kontrol


Penebangan hutan secara liar






Rubrik Penyekoran Nilai Ketrampilan / Pengamatan
No.
Nama Peserta Didik
 Ketepatan
jawaban
(1-4)
Keaktifan Bertanya
(1-4)
Keaktifan menjawab
(1-4)
Laporan Porto polio
Jmlh Skor








Bentuk  : Penyekoran Nilai Pengamatan
Keterangan:
1      = Kurang
2      = Cukup
3      = Baik
4      = Sangat baik



Kriteria Nilai:
A = 80 – 100 = Baik Sekali
B = 70 – 79   = Baik
C = 60 – 69   = Cukup
D = < 60        = Kurang

Mengetahui,                                                                   Malang, 8  Januari 2016
Kepala SMPN 22 Malang                                             Guru IPS Kelas VIII,




Anny Yulistyowati .S.Pd. MM                                     Drs. Sumarno
NIP. 19620713 198112 2 001                                       NIP.19660308 200501 1 006


PENILAIAN PENGETAHUAN (Post Test)
 TES TULIS
Teknik Penilaian    : Tes Tertulis
Bentuk Penilaian   : Soal Uraian

Jawablah dengan singkat dan jelas
No
Pertanyaan
Skor
1
Jelaskan pengertian lembaga operator dalam pengelolaan  SDA
   10
2
Sebutkan nama lembaga regulator yang berperan dalam penebangan hutan secara liar
   10
3
 Bagaimana cara menanggulangi penebangan hutan secara liar.
   10
4
Buatkan 2 contoh kerusakan SDA akibat penebangan hutab secara liar

   10
5
Jelaskan pengaruh penebangan hutan secara liarterhadap kehidupan msyarakat dibidang (ekonomi, Sosial, dan budaya)
   10
Rumus penilaian pengetahuan:


                         































 Lampiran : 2

                                                   LEMBAR KERJA                          

Nama Kelompok / Kelas  : ..........................................                       NILAI: 
Anggota kelompok / N0. Absen: 1.................................................    Koektor:
                                                     2.................................................
                                                     3.................................................
                                                     4..................................................
                                                     5..................................................
                                                  
Tujuan kegiatan:
 Melalui diskusi kelompok peserta didik diharapkan mampu memahami :
 1.Peran lembaga operator, regulator, dan lembaga control dalam penebangan
    hutan secaraliar.
 2.Cara menanggulangi penebangan hutan secara liar
 3.Membuat 2 contoh pengaruh yang timbul akibat penebangan hutan secara liar.

Langkah Kegiatan:
1.Pelajari materi tentang peran lembaga operator, regulator, dan lembaga control dalam 
     pengelolaan SDA.
 2. Amatilah gambar penebangan hutan secara liar  di bawah ini
 3.Isilah kolom pada lembar kerja yang tersedia.
 4.Presentasikan hasil diskusi kelompok kalian.
 5.Perbaiki hasil kelompok kalian jika ada penyempurnaan /masukan dari kelompok lain

         :   
Description: Annual_Allowable_Cut_AAC                          Description: KERUSAKAN-HUTAN-2

                            Gb.penebangan hutan secara liar

A.Kerjakan perintah dibawah ini pada kolom lembar yang tersedia:
  1.Tentukan lembaga operator, regulator, dan control yang berperan dalam pengelolaan SDA
  2.Bagaimana cara menanggulangi penebangan hutan secara liar
  3.Sebutkan minimal 2 akibat yang timbul dari penebangan hutan secara liar


 Obyek Pengamatan
Peran Lembaga

Usaha Penanggulangan

Pengaruh yang timbul

Operator

Regulator

Kontrol


Penebangan hutan secara lia







Lampiran :  3

INSTRUMENT POST TES (TES TULIS)
(Pertemuan Ke 2)


Jawablah dengan singkat dan jelas
No
Pertanyaan
Skor
1
Jelaskan pengertian lembaga operator dalam pengelolaan  SDA
   10
2
Sebutkan nama lembaga regulator yang berperan dalam penebangan hutan secara liar
   10
3
 Bagaimana cara menanggulangi penebangan hutan secara liar.
   10
4
Buatkan 2 contoh kerusakan SDA akibat penebangan hutab secara liar
   10
5
Jelaskan pengaruh penebangan hutan secara liarterhadap kehidupan msyarakat dibidang (ekonomi, Sosial, dan budaya)
   10
Rumus penilaian pengetahuan:

2 komentar: