Senin, 05 Desember 2016

RPP ADIWIYATA IPS KELAS VII, 3.2.3 Potensi sumber daya air



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

                   Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Pertama
Kelas/Semester           : VII/genap
                   Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
                   Tema                           : 3 Potensi dan  Pemanfaatan Sumber Daya Alam
                   Sub tema                     : 3.2 Potensi dan sebaran Sumber Daya Alam
                   Sub – sub tema           : 3.2.3 Potensi sumber daya air
                   Pertemuan Ke              : 4
                   Alokasi Waktu             : 2 ( 2 x 40 menit)

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dan lingkungannya
1.1 Mensyukuri bahwa segala sumberdaya alam yang kita miliki  tidak lain atas berkah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa
2.Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu,peduli,menghargai dan bertanggung jawab kelembagaan sosial,budaya,ekonomi dan politik

2.1 Meneladani semangat kerja keras, tanggung jawab yang ditunjukkan oleh para tokoh pada saat perumusan  dan penetapan UUD 1945)

3.Memahami aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik):
3.1  Menjelaskan hubungan antara keruangan dengan sumber daya alam yang ada disekitar kita
1.1 menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan berkelanjutan kehidupan manusia ( ekonomi,sosial budaya,pendidikan dan politik )
1.1.1  Menjelaskan potensi sumber daya air dengan melihat siklus musim di Indonesia
1.1.2  Menjelaskan cara pemanfaatan sumber daya air
1.1.3  Memberi contoh potensi sumber daya air yang berada disekitar lingkungan tempat tinggal
1.1.4  Upaya mengatasi  keterbatasan sumber daya air diwilayah Gunung Buring umumnya dan diSMPN 22 khususnya.

4.1 mengobservasikan dan menyajikan bentuk – bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,sosial,budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
4.1.1.   Menganalisa gambar – gambar sumber daya air
4.1.2.   Menyajikan data hasil pengamatan

A.     Materi Ajar: ( terlampir )
Potensi sumber daya air
Siklus musim di Indonesia
Pemanfaatan sumber daya air
Gambar – gambar sumber daya air

B.     Pendekatan  dan Metode Pembelajaran:      
1.    Pendekatan  : Saintifik
2.    Metode        : diskusi, pengamatan , tanya jawab, penugasan,
3.    Model           : project based learning, inquiry learning




C.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.         Membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,  dan berdoa bersama bila pemebelajaran dilaksanakan pada jam pertama,  (nilai-nilai religius).
b.         Mengecek kehadiran Siswa. Bila ada Siswa yang sakit didoakan supaya lekas sembuh, dan mensyukuri nikmat Tuhan berupa kesehatan.
c.         Apersepsi: guru menanyakan kepada peserta didik kondisi air di daerah Gunung Buring pada masim kemarau dan cara pemanfaatan air tersebut untuk pemenuhan kebutuhan disekolah
a.       Menginformasikan  topik  dan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran
10 menit
Inti

1. Mengamati
·         Peserta didik membuat kelompok beranggotakan empat orang, dengan anggota yang berdeda dengan pertemuan sebelumnya
·         Masing-masing kelompok mendapatkan lembar kerja siswa tentang potensi sumberdaya air dilingkungan
·         Peserta didik mengamati peta sebaran sungai dan danau
·         Peserta mengamati film siklus hidrologi
·         Mengamati sumber daya air dilingkungan sekolah

2. Menanya
·         Peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan
·         Guru dapat membimbing peserta didik menyusun pertanyaan
·         Peserta didik menanyakan tentang jenis – jenis sungai.
·         Guru mengarahkan pada pertanyaan – pertanyaan guna  pencapaian kompetensi dasar
·         Bagaimana mengatasi kekurangan air dilingkungan sekolah

4.   Mengumpulkan data / informasi
·         Peserta didik secara kelompok mencari informasi dan berdiskusi menjawab pertanyaan yang sudah disusundengan membaca buku siswa IPS kelas 7
·         Peserta didik mengamati berbagai peristiwa di lingkungan sekolah khususnya dalam pemanfaatan sumber daya air
Dalam kegiatan sehari-hari

5.   Mengasosiasikan / mengolah informasi:
·         Peserta didik mengkaji melalui diskusi kelompok tentang hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
·         tentang sumber daya air dan pemanfaatannya
·         hubungan antara keterbatasan sumber air dan upaya mencari solusi tentang keterbatsan air di SMPN 22 pada musim kemarau
·         upaya-upaya  yang dibutuhkan untuk mengatasi kekurangan air di SMPN 22 dimusim kemarau
·                    Peserta didik menyimpulkan hasil informasi yang diperoleh

5. mengkomunikasikan
·         Peserta didik menyusun laporan hasil telaah dan pengamatan perilaku tentang pemanfaatan dan upaya pelestarian sumber daya air
·         Kelompok terpilih maju untuk mempresentasikan hasil kerjanya
·         Kelompok terpilih  mempresentasikan hasil pengamatan dan mngumpulkan informasi yang diperoleh
·         Siswa yang lain menanggapi dan mencari solusi tentang kelangkaan sumber daya air diwilayah gunung Buring
60 menit



Penutup


a.    Membuat  kesimpulan tentang materi pembelajaran hari itu dilakukan siswa bersama guru
b.    Melakukan refleksi dengan menanyakan umpan balik dari siswa, misalkan dengan pertanyaan: “apakah kegiatan pembelajaran ini menarik”; “Bagaimana saran Kalian”
c.    Menugaskan peserta didik melakukan pengamatan untuk pertemuan berikutnya (PR) tentang pemanfaatan sumber daya air untuk kehidupan
d.    Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing bila pembelajaran dilaksanakan jam terakhir

10 menit




D.     Penilaian Hasil Belajar
·    Hasil kinerja peserta didik
·    Laporan pengamatan
·    Hasil rubrik diskusi
·    Tugas kelompok

E.     Sumber Belajar :
Alat                              : Komputer/laptop, LCD, Power Point, Internet
Bahan/sumber  ajar      : LKS, Buku siswa , soal-soal latihan, makalah, buku guru
                     


Mengetahui,                                                                                         Malang, 3 Desember  2014
Kepala SMPN 22 Malang                                                                     Guru IPS Kelas VII,




Anny Yulistyowati .S.Pd. MM                                                             Drs. Sumarno
NIP. 19620713 198112 2 001                                                             NIP.19660308 200501 1 006




LAMPIRAN 1
Bahan Bacaan:
Buku IPS/MTs Kelas VII, Kemendikbud. Jakarta:2013 halaman 120

Syair Lagu
TANAH AIRKU
Oleh: Ibu Sud
Tanah air..ku tidak kulupakan, Kan terkenang selama hidupku,
Biarpun saya pergi jauh, Tidakkan hilang dari kalbu
Tanahku yang kucintai...Engkau kuhargai
Walaupun banyak negeri kujalani, Yang masyur permai di kata orang
Tetapi kampung dan rumahku, Disanalah ku  mrasa senang
Tanahku tak kulupakan...Engkau kubanggakan
A. Penilaian Sikap
Kelompok
No.
Nama Siswa
Kesungguhan
Keaktifan
Kerjasama
Kepedulian
Perilaku Santun
1 - 4
1 – 4
1 - 4
1 - 4
1 - 4
I
1







2







3







4







5






Nilai Rata-rata Kelompok

II
1







2







3







4






Nilai Rata-rata Kelompok

Keterangan:
1 : Kurang melakukan
2 : Cukup melakukan
3 : Baik dalam melakukan
4        : Sangatbaik dalam melakukan


N =  Jumlah Skore X 100 = ........
                                        25
B. Penilaian Pengetahuan
Kelompok
Nama Anggota
Jawaban
Tepat
Cukup Tepat
Kurang Tepat


80 -100
60 – 79
< 60
I




II




III




IV




V





C. Penilaian Keterampilan
Kelompok
Nama Anggota
Kerapian
Kelengkapan isi
0 – 40
0 – 60
I



II



III



IV



Kerapian:                                                         Kelengkapan isi:                     
·         Bentuk tulisan                                      . Lembar observasi lengkap sesuai tabel                     
·         Kejelasan                                             . Cukup lengkap
·         Bersih                                                  . Kurang Lengkap

Rubrik Penilaian Diskusi
No.
Nama Siswa
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.

Kekom-
pakan
Ketepatan waktu
Ketepatan Jawaban
Keaktifan



1








2





















Keterangan Skor :                                             Kriteria Nilai
Baik sekali    =    4                                              A      =    90 – 100       :  Baik Sekali
Baik              =    3                                              B       =    70 – 89         :  Baik
Cukup           =    2                                              C       =    50 – 69         :  Cukup
Kurang          =    1                                              D      =    50               :  Kurang

                     Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                Skor Maksimal


Lampiran 2.  
LKS 1 Pengertian Sumber Daya Alam dan pemanfaatan sumber daya air
1.      Amati gambar berikut
Description: siklus air pendekDescription: siklus air sedang 
           
2, Pertanyaan apa yang dapat kamu sampiakan setelah melihat gambar diatas
1.      …………........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Hasil pengamatan dan mengolah informasi dari berbagai sumber tentang  
3.      .................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.      Kesimpulan diskusi / Curah pendapat
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.      Evaluasi
NO

1
Menjelas terjadinya siklus panjang, sedang dan pendek  
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2
Menjelaskan potensi sumber daya air dengan melihat siklus musim di Indonesia
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3
Mafaat sumber daya air dilingkungan kita
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4
Upaya-upaya dalam pengehematan penggunaan sumber daya air dalam kehiudpan sehari-hari khususnya di Sekolah SMPN 22
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5
Berbagai solusi dalam mengatasi kelangkaan air dimusim kemarau di Wilayah Gunung Mburing dan di SMPN 22
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Lampiran 3
Materi Remedial Teaching
Perhatikanlah dari mana saja penduduk di sekitar tempat tinggalmu memperoleh air?
Apakah air tersebut habis karena dimanfaatkan oleh mereka?
Sebagian dari mereka mungkin memperoleh air dari sumur yang dibuatnya. Sebagian yang lain mungkin dari sungai, danau, waduk, atau bahkan dari lembaga penyedia air. Namun, w a l a u p u n t e r u s dimanfaatkan, air tersebut tidak habis. Mengapa demikian?
Ketika sinar matahari memanaskan permukaan bumi, terjadi penguapan atau evaporasi. Dalam proses penguapan, air (zat cair) berubah wujud menjadi uap air (zat gas). Uap air tersebut kemudian naik menjauhi permukaan bumi dan terjadilah proses kondensasi, yaitu perubahan uap air menjadi titik-titik air.
Bersamaan dengan proses tersebut, terbentuklah awan dan selanjutnya turun sebagai hujan. Demikian seterusnya, air berubah wujud menjadi uap dan kadang menjadi es, kemudian berubah menjadi air kembali.
Melalui proses tersebut, dapat dimengerti mengapa air tidak pernah habis. Proses inilah yang dikenal sebagai siklus air atau siklus hidrologi.
Indonesia memiliki sumber daya air yang berlimpah karena curah hujan yang besar. Namun, di beberapa daerah seperti di Nusa Tenggara Timur, mengalami kekurangan sumber daya air karena curah hujan yang kecil. Di samping itu, kondisi tanah di NTT, berbatu (cadas) sehingga air tidak dapat meresap dengan baik ke dalam tanah.
Kekurangan air pada musim kemarau umumnya lebih banyak terjadi karena kerusakan lingkungan akibat ulah manusia. Fungsi hutan menyimpan cadangan air pada saat musim hujan menjadi tidak berfungsi karena sebagian hutan telah ditebang untuk kepentingan manusia. Pada saat musim hujan, air hujan mengalir ke sungai dan kemudian ke laut tanpa banyak mengisi cadangan air dalam tanah. Akibatnya, pada musim kemarau hanya sedikit air dalam tanah yang tersedia. Tidak ada air yang mengalir ke sungai-sungai yang ada sehingga sungai-sungai tersebut menjadi kering. Air di Indonesia tersedia dalam berbagai bentuk, yaitu air hujan, air danau, air sungai, dan air tanah. Gambaran tentang sumber daya air tersebut adalah sebagai berikut.

a. Air Hujan
Curah hujan di Indonesia umumnya sangat tinggi sehingga sangat mendukung kegiatan pertanian. Oleh karena itu, banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan lahannya untuk
kegiatan pertanian. Pada musim kemarau, air hujan sangat terbatas sehingga sebagian petani membiarkan lahannya tidakm ditanami tanaman yang tidak terlalu banyak membutuhkan air. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan bantuan sarana irigasi yang dapat memenuhi kebutuhan air pada musim kemarau. Hujan jika tidak dikelola dengan baik juga akan menimbulkan dampak lingkungan yang luar biasa. Dampak yang sangat merugikan dan membahayakan manusia adalah munculnya bencana banjir. Bencana banjir terjadi karena hutan di daerah hulu sungai telah mengalami kerusakan dan adanya kebiasaan buruk manusia dalam membuang sampah.

b. Air Sungai
Kamu pasti pernah melihat sungai yang ada di daerah kamu maupun yang ada di daerah lainnya. Pernahkah kamu bertanya dari mana asal air sungai? Air hujan akan mengalir ke wilayah yang lebih rendah. Tempat yang lebih rendah merupakan lembah atau dataran
rendah. Di tempat itulah air berkumpul membentuk aliran air berupa air sungai. Jadi, apa yang dimaksud dengan sungai? Sungai adalah bagian dari muka bumi yang lebih rendah,
tempat air mengalir dari hulu sampai hilir. Curah hujan di Indonesia yang sangat besar menimbulkan banyak sungai dengan berbagai ukuran. Ada sungai yang berukuran kecil dan ada sungai yang berukuran sangat besar.

C, Air Danau
Pernahkah kamu pergi ke danau? Pernahkah kamu berpikir dari mana air yang ada dalam danau tersebut? Jika kamuperhatikan, danau terletak di daerah yang lebih rendah daripada
daerah sekelilingnya. Danau merupakan wilayah cekungan di daratan yang terisi oleh air. Sumber air yang mengisi danau tidak selalu dari air sungai, tetapi juga bisa dari air hujan secara langsung maupun rembesan dari air tanah di sekitar danau.


Lampiran 4

Materi Pengayaan

Sumber daya air di Indonesia begitu berlimpah, namun sumber daya tersebut banyak yang telah mengalami kerusakan.
Jika kerusakan tersebut terus terjadi, berarti kita belum mensyukuri pemberian Tuhan berupa sumber daya air yang berlimpah. Pernahkah kamu melakukan hal-hal berikut ini?
Jika pernah, sebaiknya segera dihentikan sebagai wujud syukur kita pada Tuhan Yang Maha Esa.
Membuang sampah ke sungai dan atau danau
Membiarkan teman kamu membuang sampah secara sembarangan
Mengambil ikan di sungai atau danau dengan racun, aliran listrik, peledak
Menggunakan air secara boros
Membiarkan keran air di toilet atau kamar mandi terbuka padahal bak sudah penuh
Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. Pemanfaatan terbesar danau, sungai, lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata.
Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi, badai, gempa bumi dll juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air, hal ini tidak dianggap sebagai pencemaran.
Pencemaran air merupakan masalah global utama yang membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan sumber daya air pada semua tingkat (dari tingkat internasional hingga sumber air pribadi dan sumur). Telah dikatakan bahwa pousi air adalah penyebab terkemuka di dunia untuk kematian dan penyakit,[1][2] dan tercatat atas kematian lebih dari 14.000 orang setiap harinya[2]. Diperkirakan 700 juta orang India tidak memiliki akses ke toilet, dan 1.000 anak-anak India meninggal karena penyakit diare setiap hari[3]. Sekitar 90% dari kota-kota Cina menderita polusi air hingga tingkatan tertentu[4], dan hampir 500 juta orang tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman[5]. Ditambah lagi selain polusi air merupakan masalah akut di negara berkembang, negara-negara industri/maju masih berjuang dengan masalah polusi juga. Dalam laporan nasional yang paling baru pada kualitas air di Amerika Serikat, 45% dari mil sungai dinilai, 47% dari danau hektare dinilai, dan 32% dari teluk dinilai dan muara mil persegi diklasifikasikan sebagai tercemar[6].
Air biasanya disebut tercemar ketika terganggu oleh kontaminan antropogenik dan ketika tidak bisa mendukung kehidupan manusia, seperti air minum, dan/atau mengalami pergeseran ditandai dalam kemampuannya untuk mendukung komunitas penyusun biotik, seperti ikan. Fenomena alam seperti gunung berapi, ledakan alga, kebinasaan ikan, badai, dan gempa bumi juga menyebabkan perubahan besar dalam kualitas air dan status ekologi air.

1 komentar: