RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah Adiwiyata
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 22 Malang
Mata pelajaran : PPKn
Kelas / Semester :
IX / 2
Materi
Pokok : Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Sub Pokok Bahasan : Semangat Kebangsaan dalam
Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
Sub-sub pokok bahasan : Mengisi Kemerdekaan dengan
menangkal ancaman dari penjarahan sumber daya alam dan illegal loging dan
pelestarian alam Indonesia.
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan ( 3 JP x 40 menit )
A.
Kompetensi Inti:
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang
beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam Dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan
aantar bangsa.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan
dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI
4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan
tanggung jawab kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan
nasional
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam
pembelajaran memahami konteks kesejarahan NKRI
2.1.2 Menunjukkan sikap peduli dalam pembelajaran
memahami konteks kesejarahan NKRI
3.6.2 Mendiskripsikan ancaman terhadap NKRI dri
dalam negri
4.8. 5 Menyaji praktek kewarganegaraan mengenai
semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan
mempertahankan NKRI
4.8.6 Menyaji praktek cinta alam dan lingkungan
disekitar sekolah
D. Materi Pembelajaran
Materi pokok pertemuan ketiga
membahas tentang Ancaman terhadap
NKRI saat ini Bab 6 bagian B poin
1 ancaman dari dalam negeri.
Ancaman merupakan
usaha-usaha yang membahayakan kedaulatan negara, keselamatan bangsa dan negara.
Potensi ancaman yang dihadapi NKRI dari dalam negeri, dan
lingkungan masyarakat dan sekolah antara lain sebagai berikut.
1.
Ancaman
terhadap penjarahan sumber daya alam khususnya ilegal loging dan upaya
pelestarian alam Indonesia
2.
Pelaksanaan
aturan sekolah menjaga dan melindungi program sajisata ( Satu Jiwa Satu
Tanaman)
E. Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Persiapan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan berdoa, guru mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.
Motivasi peserta didik dengan bimbingan guru menyanyikan lagu nasional “Dari Sabang sampai Merauke”.
c.
Apersepsi melalui tanya-jawab berkaitan dengan tugas mandiri pada pertemuan sebelumnya, beberapa
siswa menyampaikan hasil kerja mandirinya.
d.
Peserta didik menyimak informasi guru tentang kompetensi dasar dan indikator pembelajaran yang akan dicapai.
Kegiatan
Inti
Mengamati
a. Peserta
didik dibagi menjadi kelompok
secara heterogen terdiridari 4 orang yang berbeda dengan pembagian
kelompok pada pertemuan sebelumnya.
b. Peserta didik diminta
mengamati tayangan video tentang
ancaman dari dalam negeri dan membaca
buku siswa buku
siswa bagian B poin 1 halaman 140 –
141 tentang bahaya illegal loging dan perusakan alam Indonesia dan upaya
mennjaga pelaksanaan aturan sekolah tentang sajisata( satu jiwa satu tanaman
)
c. Peserta
didik dibiasakan
disiplin dengan mencatat hal-hal penting dari penjelasan singkat guru tentang
ancaman dari dalam negeri saat ini.
Menanya
a.
Pesertadidik dalam kelompok mengidentifikasi permasalahan yang ada dalam wacana
dikaitkan dengan kenyataan saat ini yang terjadi di lingkungan sekitar.
b.
Peserta didik dalam kelompok berdiskusi tentang materi :
Kelompok 1. Bagaimana
perasaan kamu setelah membaca wacana tersebut? Berikan alasannya.
Kelompok 2. Menurut
kamu, apa yang menyebabkan semakin meningkatnya pembakaran hutan di
Indonesia?
Kelompok 3. Menurut
kamu, apakah penerapan hukuman yang ringan terhadap pelaku
illegal loging dan pembakar hutan
membebaskan Indonesia dari peredaran kerusakan hutan? Berikan
alasan kamu.
Kelompok 4. Bagaimana
solusi yang dapat kamu ajukan kepada pemerintah untuk mencegah
semakin meningkatnya illegal loging dan pembakaran hutan?
Kelompok 5. Apa yang
akan kamu lakukan agar Indonesian terhindar dari kerusakan hutan ?
Kelompok 6 . Upaya yang harus
dilakukan supaya semua warga sekolah taat akan aturan SAJISATA ( satu jiwa
satu tanaman ) di Sekolah
c. Kelompok
mendiskusikan materi yang telah ditentukan.
Mengumpulkan
Informasi
a.
Peserta didik bekerja dalam
kelompok mengumpulkan informasi untuk memecahkan permasalahan yang telah
dirumuskan
b. Peserta didik difasilitasi guru mencari informasi dari berbagai sumber belajar lain seperti buku
penunjang atau internet.
c. Guru
juga dapat menjadi narasumber atas pertanyaan peserta didik dikelompok.
Mengasosiasikan
a. Pesertadidik dibimbing oleh guru mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah
diperoleh sebelumnya, seperti hubungan antara wacana dan jawaban atas
permasalahan yang sudah dibahas.
b. Peserta
didiksecara kelompok mendeskripsikan secara tertulis tentang hubungan atas
berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, dengan jawaban atas
permasalahan yang dibahas.
Mengkomunikasikan
a.
Peserta didik menyusun laporan
hasil kerja kelompok dengan lengkap, kemudian
ditampilakn
didepan kelas
b.
Peserta didik
dalam kelompok menyimak
pertanyaan yang dilontarkan siswa lain.
c.
Pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan siswa lain didiskusikan sampai
materi terbahas secara menyeluruh.
d.
Pesertadidik yang menjawab pertanyaan dicatat dan diberinilaioleh guru.
|
15’
90’
|
|
Kegiatan
Penutup
a. Peserta
didikdengan dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui
tanya-jawab secara klasikal.
b. Refleksi
dengan peserta didik atas manfaat pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan
tindakan yang akan dilakukan.
c. Guru meminta
peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1.
Apa sikap yang kalian peroleh dari pembelajaran
yang telah dilakukan?
2.
Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran
yang telah dilakukan?
3.
Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian
lakukan?
4.
Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
a. Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran dan hasil laporan kelompok.
e.
Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya yakni membahas ancaman dari luar
negeri.
|
15’
|
A.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik penilaian
a. Sikap :
Observasi, Jurnal, Penilaian antar teman, Penilaian diri
b. Pengetahuan : Test
tertulis, Penugasan, dan Penilaian diri
b. Ketrampilan : Porto
folio, dan Penilaian diri
b. Pengetahuan
Ø Teknik : Tes Tertulis
Ø Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Ø 1. Teknik: Tes
tertulis
Ø 2. Bentuk
Instrumen: Uraian
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian ancaman dari semakin
menipisnya hutan di Indonesian
|
Jelaskan ancaman dari semakin menipisnya hutan di Indonesian
|
2
|
Peserta didik dapat
mengidentifikasi macam-macam ancaman yang ditimbulkan dari semakin
maraknya illegal loging dan pembakaran hutan di Indonesia
|
Sebutkan 5 macam ancaman yang ditimbulkan
dari dari semakin maraknya illegal loging dan pembakaran hutan di Indonesia
|
3.
|
Peserta didik dapat menjelaskan bagaimana supaya
Indonesia agar hutannya selamat dari illegal loging dan pemblakan liar
|
Jelaskan bagaimana supaya
Indonesia hutannya selamat dari illegal loging dan pembalakan liar
|
4.
|
Peserta didik dapat menjelaskan apakah penerapan
hukuman yang
ringan bagi pengedar pelaku illegal
loging dan pembakar hutan dapat
mengurangi bahkan membebaskan
Indonesia dari pembalakan
liar
|
Jelaskan apakah penerapan hukuman yang
ringan bagi pengedar pelaku
illegal loging dan pembakar hutan dapat
mengurangi bahkan membebaskan
Indonesia dari pembalakan liar
|
5
|
Peserta
didik menjelaskan pentingnya program SAJISATA di sekolah SMPN 22 Malang.
|
Jelaskan arti penting
program sajisata di sekolah SMPN 22 Malang
|
Kunci
Jawaban dan pedoman penskoran
1
|
Kunci Jawaban
|
Pedoman Penskoran
|
1
|
Meningkat
suhu udara di dunia sehingga akan mempercepat terjadinya pemanasan global.
|
25
|
Jumlah skor benar
|
25
|
|
2
|
5 macam ancaman dari Ilegal loging dan pembalakan liar
1)
Semakin
sempitnya hutan di Indonesia
2)
Terjadinya
banjir
3)
Cadangan
air yang semakin menipis
4)
Terjadinya
pemanasan global
5)
Polusi
udara yang semkain menjadi-jadi
|
5
5
5
5
5
|
Jumlah skor benar
|
25
|
|
3.
|
1. caranya
supaya hutan Indonesia tetap lestari
-
membuat regulasi yang jelas tentang pemanfaatan hutan dan tata kelola hutan
-
memberikan sangsi yang tegas dan berat bagi pembalak liar dan pembakar hutan
|
10
10
|
Jumlah skor benar
|
20
|
|
4.
|
Hukuman yang
ringan bagi pelaku pembalakan liar dan pembakar hutan tidak akan memberikan
efek jera bagi pelaku maupun masyarakat lain sehingga akan muncul
pelaku-pelaku lain yang bias menghabiskan hutan di Indonesia
|
15
|
5
|
Pentingnya
program sajisata di SMPN 22 untuk memberikan pembelajaran bagi siswa SMPN 22
supaya cinta lingkungan dan memberikan kesempatan untuk merawat tanamannya
sendiri di sekolah
|
15
|
Jumlah skor benar
|
30
|
|
Jumlah skor benar
|
100
|
Nilai =Skor Perolehan× 5
100
Penilaian
Ketrampilan
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
A
|
Penyajian
1. Menanya/menjawab
|
|
|
|
|
|
2. Argumentasi
|
|
|
|
|
|
3. BahanTayang/Displai
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
B
|
Laporan
1. Isi Laporan
|
|
|
|
|
|
2. Penggunaan bahasa
|
|
|
|
|
|
3. Estetika
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Komentar Guru Mata pelajaran
|
|
||||
|
|
||||
Komentar orang tua Murid
|
|
Pedoman penskoran (Rubrik)
No
|
Aspek
|
Penskoran
|
1.
|
Menanya/menjawab
|
Skor 4, apabila selalu
menanya/menjawab Skor 3, apabila sering
menanya/menjawab Skor 2, apabila kadang-kadang menanya/ menjawab
Skor 1, apabila tidak pernah
menanya/
menjawab
|
2.
|
Argumentasi
|
Skor 4, apabila materi jawaban
benar, rasional dan jelas
Skor 3, apabila materi jawaban
benar, rasional dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi jawaban
benar, tidak rasional dan tidak
jelas
Skor 1, apabila materi jawaban
tidak benar,tidak rasional dan
tidak jelas
|
3.
|
Bahan tayang/displai
|
Skor 4, apabila sistematis,
kreatif, menarik
Skor 3, apabila sistematis,
kreatif, tidak menarik Skor 2, apabila sistematis, tidak kreatif, tidak
menarik
Skor 1, apabila tidak
sistematis, tidak kreatif, tidak menarik
|
3.
Pembelajaran Remidial
Kegiatan
remidial diberikan kepada peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran yang belum menguasai kompetensi seperti yang telah kita tentukan
4.Pengayaan
Kegiatanpengayaanmerupakankegiatanpembelajaranyangdiberikan
kepadapesertadidikyangtelahmenguasaimateripembelajaranpadaBab
4 tentang
bertutur kata, bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Pengayaanini dapatdilakukan dengan beberapa caradan pilihan. Sebagai contoh
peserta didik dapat diberikan pengayaan berikut.
1. Pesertadidikdapatdiberikanbahanbacaanataubukupengayaanyang
relevan dengan materi pendidikan karakter,
kemudian diinstruksikan untuk melaporkan isi buku.
2. Pesertadidikdapatdiberikantugastambahanberupaanalisiskasusdari
koran atau majalah tentang bertutur kata, bersikap dan berperilaku yang
bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, kemudian menganalisisnya dengan
menjelaskan latar belakang terjadinya kasus, akibat yang ditimbulkan dari
kasus, norma-normayang bertentangan dengan kasus, solusi untuk menyelesaikan
kasus.
3. Pesertadidikdapatdiberikantugastambahanuntukmembimbingteman-
temannya yang mendapatkan tugas remedial/perbaikan sebagai tutor sebaya.
G.
Media /Alat , Bahan, Sumber Belajar
1. Media Video
2. Alat dan bahan
LCD
Papan Majalah dinding/media informasi
Alat
tulis
Sumber Belajar
a.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
2015.
Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan Kelas IX . Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. Halaman 135
- 142
b.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
2014. Buku guru Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia. Hal 268-275
c.
Internet.
Mengetahui, Malang,
8 Januari 2016
Kepala SMPN 22 Malang Guru
PKn Kelas IX
Anny Yulistyowati .S.Pd. MM Drs. Sumarno
NIP. 19620713 198112 2
001 NIP.19660308 2005011 006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar