Rabu, 14 Desember 2016

Program unggulan sekolah SMPN 22 MALANG




SMP Negeri 22 Malang merupakan salah satu sekolah yang tertinggi tempatnya di Kota Malang tepatnya berada di jalan Eltari Villa Gunung Buring Kelurahan Cemorokandang Kecamatan Kedungkandang. Oleh karena berada di atas bukit, kondisi lingkungan sekolah ini tenang, sejuk dan segar sehingga sangat mendukung pembelajarannya.
Visi sekolah ini adalah Unggul dalam prestasi terampil, terpuji dalam budi pekerti dan berbudaya lingkungan berlandaskan iman dan taqwa. Dari visi inilah dikembangkan beberapa program diantaranya GSA atau Guru Sahabat Anak, dimana setiap bapak ibu guru mempunyai kewajiban untuk membimbing beberapa anak didik yang dijadikan “sahabat” sehingga guru bisa membimbing dan mengarahkan anak dengan pendekatan secara personal tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan perolehan nilai NUN selain kegiatan bimbingan belajar intensif yang ada di sekolah. Ada juga kegiatan Sinau wisata atau kegiatan out door learning yang dilaksanakan pada semester dua dan melibatkan seluruh siswa dengan tujuan memberikan pengalaman secara langsung dilapangan baik itu materi intrakulikuler maupun ektrakulikuler yang diadakan di Kota Blitar dimana siswa diajak untuk melihat pembuatan gula jawa tradisional, pembuatan gula kerek untuk bahan kecap, dan melihat home industry pembuatan sambel pecel yang dilanjukan ke candi Penataran dan makam Proklamator, untuk sinau wisata kota Malang siswa diajak ke Musium Brawijaya, perpustakaan umum, museum Empu Purwa, BPPT pembibitan tanaman keras dan pembibitan tanaman sera di karangplost, BLK singosari untuk pelatihan pembuatan berbagai ketrampilan dan kegiatan ke Candi Singosari, Candi Jago serta kegiatan ke Candi Kidal. Ada juga sinau wisata kewilayah Surabaya di Armatim dan ken Park untuk melihat lebih dekat tentang hutan mangrove.  Ada juga kegiatan yang dapat menumbuhkan ketrampilan siswa diantaranya kegiatan menanam organik, membuat berbagai macam kerajinan berbahan daur ulang dan makanan berbasis lingkungan diantaranya ketrampilan membuat tempe berbahan biji nangka serta membuat es  krim berbahan kulit pisang dan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang lain.
Untuk menumbuhkan sikap siswa yang berbudaya lingkungan SMPN 22 juga mempunyai program yang mungkin tidak ada disekolah lain di kota Malang yaitu mengubah air hujan dan air selokan  menjadi air bersih yang layak pakai bukan hanya itu air limbah dari kantin dan air bekas wudlu pun juga bisa terpakai kembali hal ini tidak terlepas dari lokasinya yang berada didaerah pegunungan dimana air merupakan sesuatu yang sangat langka bagi kami sehingga dengan program ini kita bisa lebih berhemat air PDAM untuk meningkatkan kualitas air dari kegiatan ini sekolah bekerja sama dengan Libang BEM Universitas Brawijaya Malang yang juga memberikan pelatihan kepada guru dan siswa tentang pembuatan  filter (penyaring air). Untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan siswa juga diajarkan untuk budidaya cacing lumbricus rubelus dimana sampah organic dari kantin sudah tidak terbuang percuma lagi dan kotoran cacing yang bernama Cascing sangat bagus sekali untuk pupuk organik sehingga tidak ada yang terbuang percuma di SMPN 22 Malang.
Program yang tak kalah pentingnya yaitu program pembentukan karakter siswa diantaranya One Page One Friday yaitu tadarus bersama dan One Page One Day yaituTashih Al’Quran,  yang dilaksanakan setiap hari jum’at  sebelum doa pulang dimana seluruh siswa diwajibkan untuk membaca Al’Quran dan dipandu dan didampingi oleh bapak ibu guru sedangkan yang beragama selain Islam didampingi oleh guru agamanya masing-masing  untuk melakukan kegiatan keagamaan secara bersama-sama. Untuk pembiasaan kebersihan ada penilaian kelas setiap hari yang dilakukan oleh tim juri kebersihan dimana setiap kelas yang bersih, rapi dan  rindang akan  mendapatkan bendera hijau dan kelas yang tidak memenuhi standart kebersihan  akan mendapat bendera coklat. Sedangkan untuk menumbuhkan pembiasaan gemar membaca dan menulis ada program Gemar membaca dan Gemar menulis  yang diwadahi dalam bulletin BASIS ( Bulletin Andalan Siswa SMPN 22 Malang ) yang terbiat setiap bulan sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar