Kamis, 17 Maret 2016

RPP Anti Narkoba untuk kegiatan ASBN bidang studi IPS

                                       RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
                                  RPP. 1.1 dan 1.2
                                  RPP ANTI NARKOBA

SatuanPendidikan               :Sekolah Menengah Pertama
Kelas/Semester                   :VII/1
MataPelajaran                     :Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS)
Tema/Topik                        :Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
SubTema                            :Letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam                                 Indonesia
Sub-sub tema                     : Dampak negatif letak strtegis wilayah Indonesia
PertemuanKe                      :1/2

AKOMPETENSIINTI   :
1Menghargai danmenghayati ajaranagamayangdianutnya
2Menghargaidan menghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli(toleransi,gotong royong),santun,percayadiri,dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungandanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaan
3Memahamipengetahuan(faktual,konseptual,danprosedural)berdasarkanrasa ingintahunya tentangilmupengetahuan,teknologi,seni,budayaterkaitfenomenadankejadiantampak mata.
4Mencoba, mengolah,dan menyajidalamranahkonkret(menggunakan,mengurai,merangkai, memodifikasi,    dan  membuat)   dan   ranah  abstrak     (menulis,  membaca,  menghitung, menggambar,danmengarang)sesuaidenganyangdipelajaridisekolahdansumberlain yang sama dalamsudutpandang/teori

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

  1.  
1.1.   Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
1.1.1. Berdoa  sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
1.1.2  Bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas karunianya.

  1.  
2.3  Menunjukkan perilaku santun, peduli, dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
2.3.1. Menghargai dan  menghormati sesama
2.3.2. Menjaga kebersihan lingkungan kelas
2.3.3. Memelihara hubungan baik dengan teman sekelas

  1.  
3.1  Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik)
3.1.3.Mendeskripsikan keuntungan letak  astronomis Indonesia.
3.1.4. Mendeskripsikan keuntungan dan kerugian  secara ekonomis, sosial, budaya dari letak geografis  Indonesia

  1.  
4.1   menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa pra aksara,masa hindhu budha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomis,budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
4.1.1. Memaparkan hasil analisis tentang letak astronomis, geografis dan keuntungan dari segi ekonomis, sosial, budaya bagi Indonesia.
4.1.2.Menyajikan rancangan kegiatan dengan  Tema” Contoh-contoh dampak negatif dan positif dari letak astronomis dan geografis Indonesia”


BKOMPETENSIDASAR:
 1.argai

D.  Tujuan pembelajaran :
1. Menjelaskan dampak letak astronomi dan geografis terhadap kehidupan ekonomi penduduk Indonesia       khususnya maraknya persebaran narkoba di Indonesia      
 2. Mengidentifikasi dampak letak geografis terhadap kehidupan sosial dan budaya penduduk Indonesia khususnya maraknya persebaran narkoba di Indonesia

E.  Materi :
                                    Letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia
1.      Dampak letak astronomis dan geografis Indonesia terhadap kehidupan ekonomi penduduk Indonesia
2.      Dampak letak astronomis dan geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial budaya penduduk Indonesia

F. Metode :
                                    1. Pendekatan  : Saintifik
                                    2. Metode        : Diskusi kelompok dan Tanya jawab
           
G. Media,alatdansumberpembelajaran
1Media:Peta Indonesia, gambar tentang.
2.  Alat/bahan: Komputer/laptop, LCD,PowerPoint,
3.  SumberBelajar:BukuSiswa IPS,LKS,Internet

 H.  Langkah-langkahKegiatanPembelajaran:

KEGIATAN
DISKRIPSI  KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Pertemuan  ke 1  (  2x40 menit )
a.   Persiapan psikis dan fisik, membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.   Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran
c.   Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan    disajikan selama pembelajaran
d.   Memberi motivasi siswa untuk aktif  dalam proses pembelajaran dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri, dilanjutkan dengan tanya jawab tentang makna lagu di hubungkadengan materi ( syair terlampir )
10  menit
Kegiatan  Inti
Ø Membagi  siswa  menjadi 8  kelompok  masing-masing  beranggotakan  4  orang 
Ø Penugasan  berikutnya 
1.      Kelompok 1 dan 2  mengamati berbagai artikel tentang letak strategis Indonesia sebagai jalur perdagangan dan transportasi dikaitkan dengan masuknya barang-barang haram seperti Narkoba ke Indonesia.
2.      Kelompok 3 dan 4 Mengamati dampak dari banyaknya narkoba yang masuk Indonesia terhadap masa depan bangsa Indonesia
3.      Kelompok 5 dan 6 Mengamati peran pemerintah dan masyarakat dalam memerangi peredaran narkoba
4.      Kelompok 7 dan 8 Mengamati dampak negatif peredaran narkoba dikalangan generasi muda

Pelaksanaan  PBM  ( Problem Based Learning )
Ø Mengamati
Peserta didik  mengamati  artikel yang telah diperoleh , kemudian  siswa  melakukan percobaan / berdialog saling  membantu memahami materi  pembelajaran
Ø Menanya
-       Peserta  didik  menanyakan  atau  mempertanyakan  berbagai permasalahan yang muncul dari hasil diskusinya
-       Peserta didik  saling memberikan  umpan  balik  bersama anggota  satu  kelompok .
Ø Mengumpulkan  data / informasi
-       Peserta  didik  membaca  buku  teks pelajaran / referensi lain  yang  relevan  tentang  keadaan  tentang  peredaran narkoba di Indonesia
-       Peserta  didik  menelaah  peta  tentang  wilayah  Indonesia  dan  kemudian  menghubungkan  dengan peredaran narkoba   di  Indonesia
Ø Mengasosiasi
-       Peserta  didik  melakukan  kegiatan  curah  pendapat  untuk  menganalisa  keterkaitan  antara  letak strategis Indonesia   dengan  maraknya peredaran narkoba yang masuk di Indonesia  di  Indonesia
-       Peserta  didik  merumuskan  simpulan  dari  hasil  curah  pendapat  tentang  keterkaitan  antara  letak strategis Indonesia   dengan  maraknya peredaran narkoba yang masuk di Indonesia  di  Indonesia
Ø Mengomunikasikan
-       Peserta  didik  mempresentasikan  hasil  analisis data  di  depan  kelas  yang  diwakili  oleh  salah  satu  anggota  kelompok  masing-masing  , anggota  kelompok  lain  memberikan  tanggapan
-       Peserta  didik  menyajikan  hasil  simpulan  pada  media  majalah dinding  kelas  .

20 menit
Penutup
a.       Kesimpulan  :
Peserta  didik  bersama  guru  membuat  kesimpulan hasil  belajar
b.      Evaluasi :
Melaksanakan  tes  secara  lesan (  kejujuran )
c.       Refleksi  :
Menugaskan  peserta didik  untuk  melakukan  pengamatan  untuk  pertemuan  berikut  ( PR ) dan  sedikit  menyampaikan  materi  berikutnya 
 Melakukan  kajian  / analisis hubungannya  dengan  permasalahan  kehidupan  disekitar  dalam  kehidupan  sosial , budaya  , pendidikan  dan  politik ,dll  dan  ditulis  pada  buku  tulis  masing-masing .
d.      Menutup  pelajaran  dengan  berdoa 

10   menit

H.  Penilaian
1.    Jenis/teknik penilaian:Teslisan, produkdiskusi, proyek,hasilkinerja pesertadidik
2.    Bentuk instrumen dan instrumen :proyek
3.    Pedoman penskoran: lihat lampiran


Mengetahui,                                                               Malang, 4 Agustus 2015
Kepala SMPN 22 Malang                                          Guru IPS Kelas VII,



Anny Yulistyowati .S.Pd. MM                                 Drs. Sumarno
NIP. 19620713 198112 2 001                                  NIP.19660308 200501 1 006


LAMPIRAN

          Tata Tertib Kelompok:
a. Mengumpulkan semua data, informasi tentang  issue dan contoh-contoh persebaran narkoba di Indonesia melalui media massa, internet, maupun bahan ajar lainnya.
b. Mengadakan pengamatan di lingkungan sekitar tempat tinggalmu.
c.  Membuatcatatan yang dapat digunakan untuk acuan pembuktia/referensi
d. Memahami posisi setiap individu dalam kelompok

           Prosedur dan aturan Diskusi:
a. Memahami permasalahan / isu yang didiskusikan
b. Mendengarkan dengan seksama, serta memperhatikan ketika kelompok lain sedang berbicara
c.  Salingmenghormati pendapat teman
d. Tidak menghina
INSTRUMEN PENILAIAN DAN RUBRIK PENILAIAN
1.   Test lisan
1)   Sebutkan letak atronomis Indonesia ?
2)   Sebutkan letak geografisIndonesia ?
3)   Jelaskan dampak letak strategis Indonesia terhadap persebaran Narkoba di Indonesia?
4)   Menjelaskan dampak persebaran narkoba terhadap masa depan bangsa Indonesia?          
5)   Mengidentifikasi dampak Narkoba terhadap kehidupan sosial dan budaya penduduk Indonesia?

Kunci :
No. Soal
Jawaban
Skor
1.
Ditinjau dari letak geografisnya yaitu berada diantara dua benua dan dua samudra yang merupakan persilangan dunia sehingga menguntungkan dalam hal kegiatan ekonomi
2
2.
Letak gerografis Indonesia berada diantara dua samudra dan dua benua
2
3.
Letak strategis Indonesai membawa pengaruh terhadap banyaknya penylundupan dan peredaran narkoba di Indonesia karena Indonesia sebagai jalur perdagangan dan tempat transit perdagangan Internasional.
2
4
Peredaran narkoba di Indonesia akan membawa dampak negative terhadap masa depan bangsa Indonesia,
2
5
dampak narkoba akan menjadi masyarakat Indonesia tidak berdaya, lemah, berpenyakitan bahkan akan membawa banyak kematian bagi bangsa Indonesia.
2

                 Skor perolehan
Nilai                                               X  100
                Skor Maksimal



LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
LETAK WILAYAH DAN PENGARUHNYA BAGI PEREDARAN NARKOBA INDONESIA
A.  PETUNJUK
1.   Bacalah buku paket dengan teliti tentang materi Letak Wilayah dan Pengaruhnya Bagi Keadaan Alam Indonesia
2.   Perhatikan tugas yang diberikan dan kerjakan sesuai dengan soal
3.   Bagilah tugas masing-masing anggota kelompok

B.  PENDAHULUAN
Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya sedangkan Letak geografis adalah letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.Berdasarkan letak astronomis dan geografis Negara Indonesia memiliki berbagai keuntungan dan kerugian.
C.  TUJUAN
1.   Siswa dapat mengidentifikasi dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia terhadap perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia

D.  INTI
Gambar rumah ada dan pakaian adat yang ada di Indonesia yang dipengaruhi dengan kondisi geografis dan budaya masing-masing daerah.

E.   PERTANYAAN
1.   Berdasarkan letak geografis Indonesia identifikasi dampak positif yang berpengaruh bagi kehidupan penduduk Indonesia!

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
2.   Berdasarkan letak geografis Indonesia identifikasi dampak negative yang berpengaruh bagi kehidupan penduduk Indonesia dan jelaskan bagaimana cara menanggulangi atau mencegahnya!

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

3.   Bagaimanakah pengaruh letak geografis terhadap penggunaan Narkoba dikalangan generasi muda
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

4.   Jelaskan menurut pendapatmu apa yang harus dilakukan jika pengaruh budaya asing terlalu berpengaruh bagi kehidupan khususnya penggunaan narkoba.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar