Kamis, 17 Maret 2016

RPP ADIWIYATA PPKn kelas 8

RENCANA PELAKSAAAN PEMBELAJARAN
RPP ADIWIYATA

Satuan Pendidikan                              :  SMP
Mata Pelajaran                                    :  PPKn
Kelas / semester                                  :  VIII / 2 ( dua )
Materi pokok                                       Pemuda penentu masa depan Indonesia
Alokasi Waktu                                    :  3 x 45 menit

A. KOMPETENSI  INTI  :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab, peduli ( toleransi, gotong royong, santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni budaya terkait, fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambat, dan mengarang ) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.

B.  Kompetensi Dasar  dan  Indikator

KOMPETENSI DASAR  
INDIKATOR
1.1  Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
1.1.Mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala karunianya
2.4 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana
2.4. Menghargai setiap pendapat seperti yang dicontohkan oleh para pemuda bangsa Indonesia dalam merumuskan Sumpah Pemuda
3.6. Memahami makna keberagaman dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika
3.6.1 Mendeskripsikan makna sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia
3.6.2 Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong Sebagai Bentuk Kerja Sama Dalam Masyarakat Yang Beragam dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika
3.6.3 Mengidentifikasi perilaku menghargai semangat kekeluargaan dan gotong royong sebagai bentuk kerjasama dalam likungan sekolah dan masyarakat
4.6 Menyaji hasil telaah tentang kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika
4.6.1 Menunjukkan ketrampilan mengamati tentang kerjasama dalam masyarakat yang beragama dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika
4.6.2 Menunjukkan ketrampilan menanya tentang kerjasama dalam masayarakay yang beragam dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika
4.6.3 Meyusun laporan hasil telaah tentang kerjasama dalam masyarakat yang beragam  dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika
4.6.4  Menyajikan laporan hasil telaah tentang kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika
4.8 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender
4.8.1 Mencoba berinteraksi dengan teman dan orang lain dalam keberagaman masyarakat
4.8.2 Menyaji laporan hasil interaksi dengan teman dan orang lain keberagaman masyarakat



C.    MATERI  PEMBELAJARAN
Pertemuan  Kedua

1.      Pengertian  Kekeluargaan
2.      Macam-macam sikap yang menggambarkan  nilai  kekeluargaan:
3.      Identifikasi  nilai kekeluargaan dalam masyarakat Indonesia .
4.      Menjelaskan contoh perwujudan nilai kekeluargaan dilingkungan sekolah dan di masyarakat
5.      Menjelaskan fungsi keserasian hidup antara lingkungan alam dengan lingkungan sekolah

D.    MEDIA  PEMBELAJARAN
1.      Media
-          Gambar  suasana  kekeluargaan.
-          Gambar kegiatan  kerjasama.
-          Gambar lingkungan alam yang hijau dengan keserasian hidup dimasyarakat
2.      Alat dan Bahan
LCD
3.      Sumber  belajar
1.      Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  kelas VIII, Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
2.      Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013 Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  kelas VIII, Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
3.      Buku  Undang – Undang Dasar 1945.
4.      Buku yang relevan.

E.     LANGKAH-LANGKAH  KEGIATAN  PEMBELAJARAN

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.   Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran dengan berdoa, melihat kerapian dan kebersihan kelas serta menanyakan presensi hari itu.
2.   Guru memberikan motivasi dengan menunjukan gambar lingkungan yang bersih dan hijau berkaitan dengan kepedulian dilingkungan sekolah
3.   Guru mengulas materi pertemuan sebelumnya dengan bertanya perjuangan Sumpah pemuda merupakan pengamalan Pancasila, sila yang ke berapa ?
4.   Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang akan dibahas,  apa yang dimaksud keluarga dan alasan apa sehingga dapat disebut keluarga.
5.   Guru memberi contoh  tindakan bersalaman antar teman, dan memberikan pertanyaan kepada peserta didik apakah itu termasuk sikap kekeluargaan dan menyebutkan alasannya.
10 menit
Inti

Mengamati
1.   Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anggota yang seimbang
2.   Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang kerja bakti kegiatan sabtu bersih di SMPN 22 dan tentang kegiatan Bakti sosial SMPN 22.  Kemudian guru menambahkan penjelasan tentang sikap- sikap yang menggambarkan nilai kekeluargaan.
3.   Guru meminta peserta didik mencatat hal-hal yang penting dan yang tidak diketahui dalam wacana tersebut, seperti istilah/kata, fakta, konsep, dan hubungan antar konsep.
4.   Guru menanamkan sikap teliti dan cermat mengamati gambar
5.   Guru mengamati keterampilan peserta didik dalam mengamati gambar
Menanya
1.   Setelah siswa melakukan pengamatan pada gambar, guru meminta peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui tentang makna kekeluargaan dalam lingkungan sekolah dan masyarakat
2.   Guru membimbing pertanyaan peserta didik dengan menuntun siswa melalui penjabaran tentang tentang pentingnya kekeluargaan dalam masyarakat Indonesia.
3.   Guru membimbing peserta didik membuat/mencatat pertanyaan yang ingin diketahui tentang perwujudan nilai kekeluargaan bagi masyarakat Indonesia
4.   Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
5.   Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan
Mengumpulkan  Informasi
1.   Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun. dengan membaca uraian materi  Bab VI bagian B sub 1 tentang nilai kekeluargaan di buku siswa kelas VIII
2.   Guru memfasilitasi peserta didik dengan sumber belajar lain seperti buku penunjang atau internet yang berhubungan dengan kepedulian terhadap lingkungan sekitar
3.   Guru juga dapat  sebagai nara sumber atas pertanyaan peserta didik pada kelompok.
 Mengasosiasikan 
1.   Guru meminta siswa membuka buku siswa dan melihat tabel  6.3  tentang makna Nilai Kekeluargaan  dan dikerjakan secara kelompok.
2.   Guru membimbing kelompok untuk menghubungkan  informasi  yang diperoleh, seperti  hubungan kekeluargaan dengan Pancasila dan kepedulian terhadap lingkungan alam
3.   Guru  membimbing peserta didik untuk menyimpulkan tentang makna kekeluargaan dan Pentingnya kekeluargaan dalam masyarakat Indonesia dan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan
Mengomunikasikan
1.   Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang makna kekeluargaan dalam masyarakat Indonesia. Laporan dalam bentuk kertas lembaran
2.   Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah di depan kelas
3.   Guru memajang hasil telaah di dinding kelas dan kelompok lain mengunjungi dan memberikan komentar atas hasil kelompok lain
60 menit



Penutup


1.   Guru  membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
2.   Guru melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperti tanya jawab tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran, apa perubahan sikap yang perlu dilakukan.
3.   Guru melakukan tes secara tertulis untuk menilai pengetahuan peserta didik.
4.   Guru menjelaskan kegiatan minggu berikutnya dan memberikan tugas untuk mempelajari materi  tentang dinamika gotong royong dalam masysrakat Indonesia .
10 menit






               
Mengetahui,                                                                                        Malang, 3 Desember  2014
Kepala SMPN 22 Malang                                                                   Guru IPS Kelas VII,




Anny Yulistyowati .S.Pd. MM                                                           Drs. Sumarno
NIP. 19620713 198112 2 001                                                             NIP.19660308 200501 006

F.     PENILAIAN 
2.       Penilaian  Sikap Spiritual
a.       Observasi
NO
Sikap  /  nilai
1
2
3
4
1
Berdoa sebagai  rasa syukur atas karunia Tuhan




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat




4
Mengungkapkan keagungan dengan lisan dan tulisan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat belajar




Petunjuk Lembar observasi
Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Beri tanda cek pada skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta  didik dengan criteria sbb:
    Skor 4 apabila selalu melakukan sesuai aspek pengamatan
    Skor 3 apabila sering melakukan sesuai aspek pengamatan
    Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan sesuai aspek pengamatan
    Skor 1 apabila tidak pernah melakukan sesuai aspek pengamatan

b.      Penilaian Diri
Nama Peserta        :…………………………..
Kelas                        : ………………………….
Materi Pokok             : ………………………

NO
Pertanyaan
TP
KD
SR
SL
1
Saya   tidak suka  meminta  uang  pada teman




2
Saya  tidak lupa mengembalikan alat tulis yang saya pinjam




3
Saya  senang  belajar bersama teman-teman




4
Saya  tidak  suka bermain  pada  waktu  diskusi




5
Saya  mengajukan  pertanyaan pada waktu pembelajaran




Petunjuk
1.      Bacalah pernyataan yang ada di kolom dengan teliti
2.      Beri tanda cek sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari hari

SL , Selalu apabila selalu melakukan sesuai pernyataan Skor 4
SR , Sering  apabila sering melakukan sesuai pernyataan Skor 3
KD , kadang-kadang apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan Skor2

TP , tidak Pernah apabila tidak pernah  melakukan sesuai pernyataan Skor 2

c.       Antar Peserta Didik
Nama Peserta        :…………………………..
Kelas                        : ………………………….
Materi Pokok             : ………………………

NO
Perilaku Yang diamati
TP
KD
SR
SL
1
Menjaga  kebersihan  kelas




2
Suka menolong  orang lain




3
Kesediaan  melakukan  tugas sesuai kesepakatan




4
Mengerjakan tugas yang diberikan




5
Rela  berkorban  untuk  teman





Jumlah




Petunjuk
Lembar ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap sosial peserta didik lain kedisiplinan , dan berilah tanda cek  ( v ) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik lain
SL , Selalu apabila selalu melakukan sesuai pernyataan Skor 4
SR , Sering  apabila sering melakukan sesuai pernyataan Skor 3
KD , kadang-kadang apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan Skor 2
TP , tidak Pernah apabila tidak pernah  melakukan sesuai pernyataan Skor 2

d.      Jurnal
         HARI  DAN TANGGAL
          KEJADIAN
    KETERANGAN







Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus berikut

Dengan predikat: PREDIKAT
NILAI
Sangat Baik ( SB)
80 ≤ AB ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)
60 ≤ C ≤ 69
Kurang (K)
<60

1.      Instrumen Penilaian Pengetahuan
Indikator :  3.6.Mendiskripsikan  semangat kekeluargaan dan gotong royong sebagai bentuk kerjasama
 Tehnik  Penilaian       :   Tes tertulis:
Bentuk Instrumen     :   Uraian

No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
menjelaskan pengertian  nilai kekeluargaan
Jelaskan pengertian nilai kekeluargaan !
2.
menuliskan 4 nilai kekeluargaan dalam masyarakat
Tulislah 4 nilai-nilai kekeluargaan dalam masyarakat!
3.
memberikan 3 contoh perwujudan nilai kekeluargaan dilingkungan sekolah
Berilah  3 contoh perwujudan nilai kekeluargaan di lingkungan sekolah !
4.
menjelaskan 3 manfaat nilai kekeluargaan bagi masyarakat
Jelaskan  3 manfaat nilai kekeluargaan bagi masyarakat !
5.  
Menjelaskan perlunya lingkungan yang bersih, hijau bagi kelangsungan hidup warga sekolah dan masyarakat
Jelaskan manfaat lingkungan yang  bersih terhadap kehidupan dilingkungan sekolah dan masyarakat
6.  
Menjelaskan langkah –langkah menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sesuai dengan semangar Bhinneka Tunggal Ika
Buatlah langkah-langkah mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan sekolah  sesuai dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika

KUNCI  JAWABAN   :
1.   Suatu sikap  yang saling mempedulikan, menghormati, dan menyayangi  dalam suatu lingkup kekerabatan yang tak tergoyahkan
2.   Nilai  kekeluargaan dalam masyarakat 
1.      Kekeluargaan  Bidang  Agama
Contoh :   - menjalankan kegiatan keagamaan di setiap rumah  / bergilir (doa bersama dll).
2.      Kekeluargaan  Bidang  Sosial
Rasa kebersamaan dalam pergaulan hidup sehari-hari
Contoh :   - membantu tetangga yang mempunyai hajat keluarga
                  - membantu tetangga membangun rumah
                  - membantu tetangga yang sedang kesusahan

3.      Kekeluargaan  Bidang  Ekonomi
 Contoh  :  -  adanya Koperasi yang berasaskan  kekeluargaan
4.      Kekeluargaan  Bidang  Keamanan lingkungan
Contoh  :   -  adanya  Siskamling
3.   Contoh perwujudan nilai  kekeluargaan di lingkungan  sekolah
-          Saling bekerja sama dalam kelompok
-          Mengerjakan tugas piket secara bersama-sama
-          Saling berjabat tangan dengan guru dan teman
-          menghormati dengan cara tidak mengganggu teman
4.   contoh manfaat nilai kekeluargaan dilingkungan masyarakat
-       tercapainya hidup rukun antar anggota masyarakat
-       tumbuhnya semangat kekeluargaan antar anggota masyarakat
-       hidup rukun saling menghargai dan menghormati

5.      Manfaat lingkungan yang  bersih terhadap kehidupan dilingkungan sekolah dan masyarakat
-       dengan lingkungan yang bersih dilingkungan sekolah maka proses belajar mengajar akan lebih nyaman dan sehat, begitu juga dilingkungan masyarakat

6.      langkah-langkah mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan sekolah  sesuai dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika
-       memetakan tempat-tempat yang perlu dibersihkan dan dihijuakan
-       membuat rencana kegiatan
-       membuat standar operasional kegiatan
-       melaksanakan kegiatan secara rutin
-       mengevaluasi kegiatan
-       terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan sekolah dan masyarakat




LAMPIRAN 1
LEMBAR KERJA SISWA
Materi pokok   Pemuda penentu masa depan Indonesia

Amati gambar dibawah ini

Halaman depan SMPN 22 yang bersih

Kerja bakti membersihkan sekolah

Bentuk kepedulian terhadap masyarakat

   

2.      Pertayaan apa yang dapat kamu sampaikan setelah melihat gambar diatas
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.       Hasil pengamatan dan mengolah informasi dari berbagai sumber tentang keterkaitan antara hubungan kekeluargaan dengan Pancasila dan kepedulian terhadap lingkungan alam
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.       Kesimpulan diskusi / Curah pendapat
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Evaluasi
   No.
Butir Instrumen
1.
Jelaskan pengertian nilai kekeluargaan !
2.
Tulislah 4 nilai-nilai kekeluargaan dalam masyarakat!
3.
Berilah  3 contoh perwujudan nilai kekeluargaan di lingkungan sekolah !
4.
Jelaskan  3 manfaat nilai kekeluargaan bagi masyarakat !
5.                   
Jelaskan manfaat lingkungan yang  bersih terhadap kehidupan dilingkungan sekolah dan masyarakat
6.                   
Buatlah langkah-langkah mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan sekolah  sesuai dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika


1 komentar: