SatuanPendidikan :SMPN 22 MALANG
Kelas/Semester
:VIII/1
MataPelajaran :Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS)
Tema/Topik :Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
SubTema :Letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia
Sub-sub tema : Dampak negatif letak strtegis wilayah Indonesia
PertemuanKe :1/2
A. KOMPETENSIINTI :
1. Menghargai
danmenghayati ajaranagamayangdianutnya
2. Menghargaidan menghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli(toleransi,gotong royong),santun,percayadiri,dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungandanalamdalamjangkauan pergaulandankeberadaan
3. Memahamipengetahuan(faktual,konseptual,danprosedural)berdasarkanrasa ingintahunya
tentangilmupengetahuan,teknologi,seni,budayaterkaitfenomenadankejadiantampak mata.
4. Mencoba, mengolah,dan menyajidalamranahkonkret(menggunakan,mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung,
menggambar,danmengarang)sesuaidenganyangdipelajaridisekolahdansumberlain yang sama
dalamsudutpandang/teori
|
B. KOMPETENSIDASAR:
1
D. Tujuan pembelajaran :
1. Menjelaskan dampak letak astronomi dan geografis terhadap kehidupan ekonomi
penduduk
Indonesia khususnya maraknya persebaran narkoba di Indonesia
2. Mengidentifikasi dampak letak geografis terhadap kehidupan sosial dan budaya penduduk
Indonesia khususnya maraknya persebaran narkoba di Indonesia
E. Materi :
Letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia
1. Dampak letak astronomis dan geografis Indonesia terhadap kehidupan ekonomi
penduduk
Indonesia
2. Dampak letak astronomis dan geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial budaya penduduk
Indonesia
F. Metode :
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : Diskusi
kelompok dan Tanya jawab
G. Media,alatdansumberpembelajaran
1. Media:Peta Indonesia, gambar
tentang….
2. Alat/bahan: Komputer/laptop, LCD,PowerPoint,
3. SumberBelajar:BukuSiswa IPS,LKS,Internet
H. Langkah-langkahKegiatanPembelajaran:
KEGIATAN
|
DISKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
Pertemuan ke 1 ( 2x40 menit
)
a.
Persiapan psikis dan fisik, membuka
pelajaran dengan
mengucapkan salam dan berdoa
bersama
b. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran
c. Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan
disajikan selama pembelajaran
d. Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri, dilanjutkan
dengan
tanya jawab tentang makna lagu di hubungkan
dengan materi (
syair terlampir
)
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Membagi siswa
menjadi
8 kelompok
masing-masing
beranggotakan
4 orang
Penugasan berikutnya
1. Kelompok 1 dan 2 mengamati berbagai
artikel tentang letak strategis Indonesia sebagai jalur perdagangan dan transportasi dikaitkan dengan masuknya barang-barang haram seperti Narkoba ke Indonesia.
2. Kelompok 3 dan 4 Mengamati dampak dari
banyaknya
narkoba yang masuk Indonesia terhadap masa depan bangsa
Indonesia
3. Kelompok 5 dan 6 Mengamati
peran pemerintah dan
masyarakat dalam memerangi peredaran narkoba
4. Kelompok 7 dan 8 Mengamati dampak negatif peredaran
narkoba dikalangan generasi muda
Pelaksanaan PBM (
Problem Based Learning )
Mengamati
Peserta didik mengamati
artikel yang telah diperoleh , kemudian
siswa melakukan percobaan /
berdialog saling membantu memahami
materi pembelajaran
Menanya
- Peserta didik
menanyakan atau mempertanyakan
berbagai
permasalahan yang muncul dari
hasil diskusinya
-
Peserta didik saling memberikan umpan
balik
bersama anggota
satu kelompok .
Mengumpulkan data / informasi
- Peserta didik
membaca buku
teks pelajaran /
referensi lain yang
relevan tentang
keadaan tentang peredaran narkoba di
Indonesia
-
Peserta
didik
menelaah peta tentang
wilayah Indonesia dan
|
20 menit
|
kemudian menghubungkan dengan peredaran narkoba di
Indonesia
Mengasosiasi
- Peserta didik
melakukan
kegiatan curah pendapat untuk
menganalisa keterkaitan
antara
letak strategis Indonesia
dengan maraknya peredaran narkoba yang masuk di Indonesia di
Indonesia
-
Peserta
didik
merumuskan simpulan
dari hasil curah
pendapat
tentang keterkaitan
antara
letak strategis Indonesia
dengan
maraknya peredaran narkoba yang masuk di Indonesia
di
Indonesia
Mengomunikasikan
- Peserta
didik
mempresentasikan hasil
analisis data
di depan
kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok
masing-masing
, anggota
kelompok
lain memberikan tanggapan
- Peserta
didik
menyajikan
hasil simpulan pada media
majalah
dinding kelas .
|
||
Penutup
|
a. Kesimpulan :
Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil belajar b. Evaluasi
:
Melaksanakan tes secara
lesan ( kejujuran )
c. Refleksi
:
Menugaskan
peserta didik untuk melakukan
pengamatan
untuk
pertemuan berikut ( PR ) dan
sedikit
menyampaikan
materi berikutnya
Melakukan
kajian / analisis hubungannya dengan
permasalahan kehidupan
disekitar
dalam kehidupan sosial , budaya
, pendidikan dan
politik ,dll dan
ditulis
pada buku tulis
masing-masing .
d. Menutup
pelajaran dengan berdoa
|
10 menit
|
H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian:Teslisan, produkdiskusi, proyek,hasilkinerja pesertadidik
2. Bentuk instrumen dan instrumen :proyek
3. Pedoman penskoran: lihat
lampiran
Mengetahui,
Malang, 4 Agustus 2015
Kepala SMPN 22 Malang
Guru IPS Kelas VII,
Anny Yulistyowati .S.Pd. MM
Drs. Sumarno
LAMPIRAN
Tata Tertib Kelompok:
a. Mengumpulkan semua data, informasi tentang issue dan contoh-contoh persebaran narkoba di
Indonesia melalui media massa, internet, maupun bahan ajar lainnya.
b. Mengadakan pengamatan di
lingkungan sekitar
tempat tinggalmu.
c. Membuatcatatan yang dapat digunakan untuk acuan pembuktian /referensi d. Memahami
posisi
setiap individu dalam kelompok
Prosedur dan aturan Diskusi:
a. Memahami
permasalahan /
isu yang didiskusikan
b. Mendengarkan
dengan seksama, serta memperhatikan ketika
kelompok lain sedang berbicara
c. Salingmenghormati pendapat teman
d. Tidak menghina
INSTRUMEN PENILAIAN DAN RUBRIK PENILAIAN
1. Test lisan
1) Sebutkan letak atronomis Indonesia ?
2) Sebutkan letak geografisIndonesia ?
3) Jelaskan dampak letak strategis Indonesia terhadap persebaran Narkoba di Indonesia?
4) Menjelaskan dampak persebaran narkoba terhadap masa depan bangsa Indonesia?
5) Mengidentifikasi
dampak Narkoba terhadap kehidupan sosial dan budaya penduduk Indonesia?
Kunci :
No. Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Ditinjau dari letak
geografisnya yaitu berada diantara dua
benua dan dua
samudra yang merupakan persilangan dunia sehingga
menguntungkan
dalam hal kegiatan ekonomi
|
2
|
2.
|
Letak gerografis Indonesia berada diantara dua samudra dan dua benua
|
2
|
3.
|
Letak strategis Indonesai membawa pengaruh terhadap banyaknya
penylundupan dan peredaran narkoba di
Indonesia karena Indonesia
sebagai jalur perdagangan dan tempat transit
perdagangan Internasional.
|
2
|
4
|
Peredaran narkoba di Indonesia akan membawa dampak negative terhadap masa depan bangsa Indonesia,
|
2
|
5
|
dampak narkoba akan menjadi
masyarakat Indonesia
tidak berdaya,
lemah, berpenyakitan bahkan akan membawa banyak kematian bagi
bangsa Indonesia.
|
2
|
Skor perolehan
Nilai X 100
Skor Maksimal
(LKS)
LETAK WILAYAH DAN PENGARUHNYA BAGI PEREDARAN NARKOBA INDONESIA A. PETUNJUK
1. Bacalah buku paket
dengan teliti
tentang materi
Letak Wilayah dan Pengaruhnya Bagi Keadaan Alam
Indonesia
2. Perhatikan tugas yang diberikan dan kerjakan sesuai
dengan soal
3. Bagilah tugas masing-masing anggota kelompok
B. PENDAHULUAN
Letak astronomis adalah letak suatu tempat
berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya sedangkan Letak
geografis adalah letak suatu negara dilihat
dari kenyataan di
permukaan bumi.Berdasarkan letak astronomis
dan geografis Negara Indonesia memiliki berbagai keuntungan dan kerugian.
C. TUJUAN
1.
Siswa dapat mengidentifikasi dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia terhadap perkembangan kehidupan sosial
budaya masyarakat Indonesia
D. INTI
Gambar rumah ada dan pakaian adat yang ada di Indonesia yang dipengaruhi dengan kondisi geografis dan budaya masing-masing daerah.
E. PERTANYAAN
1.
Berdasarkan letak geografis Indonesia identifikasi
dampak positif yang berpengaruh bagi kehidupan penduduk Indonesia!
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------
2.
Berdasarkan letak geografis Indonesia identifikasi dampak negative yang berpengaruh bagi kehidupan penduduk Indonesia dan jelaskan bagaimana cara menanggulangi atau mencegahnya!
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------
3. Bagaimanakah pengaruh letak geografis terhadap penggunaan Narkoba dikalangan generasi muda
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------
4.
Jelaskan menurut
pendapatmu apa yang harus dilakukan jika pengaruh budaya asing terlalu berpengaruh bagi kehidupan khususnya penggunaan narkoba.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar