Musik masuk
Sarip : (lari masuk sambil
mengatur nafas..)
Hai ……bongso
walondo ikilo Sarip …
ojo sak penakmu
dewe…
alas mbok
entekno, kabeh wet mbok tebangi nganti gundul,…
hemm aku gak
terimo ….tak orat-arit pasukanmu…..
( lari masuk..)
Musik lagu Sarip.. dibarengi dengan masuknya empat pemeran
utama Masalah, Potensi dan solusi
Kidungan
Sugeng rawuh poro juri, green
School Festival di dua-dua
monggo pinarak kanti sekeco,……amirsani
presentasi kulo…
Green
School festival iku acarane
Radar Malang sing dadi pengagase
SMP dua-dua dadi pesertane
Mugo juara koyo biasane…
Sembilan isu iku bahasane…
Saben masalah kudu ono solusine
Manfaatno potensi sak mestine
Supoyo sekolah dadi lan nyamane
Literasi iku nomer siji
Cinta lingkungan ora oleh keri
UKS ojo nganti lali
Supoyo muridte iso dadi bupati
Wes pancen luar biasa SMPN 22 iki…….
Juminten wes kelas songo
Cekap semanten piatur kulo
MC : Lhooo… presentasi belum selesai kok sudah
ditutup. Ayo kita lanjutkan!
Semua : “Ayo!”
Masalah 1 : saya menjadi heran tahun kemarin para
pedagang di luar sudah mendapat penyuluhan tentang makanan yang bebas dari 5P,
dan larangan untuk menggunakan pembungkus dari plastik, tapi nyatanya mereka
masih ada saja yang menggunakan, begitu
juga siswa sudah hampir setiap saat diingatkan jangan jajan diluar, hindari
makanan yang mengandung unsur 5P (Perasa, pemanis, pengenyal, pengawet, dan
pewarna) Masih saja ada yang melangar terus bagaimana mengatasi ini
MC : “Itulah mengapa… isu tersebut dicantumkan di peta umum sekolah
dalam GSF kita kali ini.”
Potensi : “SMP kita kan sekolah adiwiyata,
Aturan sudah ada sangsinya jelas, bahkan kita sudah bekerja sama dengan
berbagai pihak termasuk dinas kesehatan dan pangan.
Solusi :Berarti aturan harus ditegakkan
khususnya aturan tentang makanan apa yang boleh dijual, dan apa yang tidak
boleh, lakukan penyuluhan secara berkelanjutan Karena yang berjualan selalu
ganti, orangnya baru semua, dan jangan lupa memberikan sangsi yang tegas tetapi
mendidik bagi pelanggar peraturan yang berkaitan dengan makan. Setuju kan?
Semua : “Setuju!”
MC : Jadi, kita sudah setuju untuk menegakkan aturan
tentang makanan, dan perlunya penyuluhan berkelanjutan bagi pedagang keliling
supaya tidak menghasilkan sampah.
Masalah
2 :”Ya, sampah! Kita semua tahu
bahwa SMPN 22 adalah sekolah adiwiyata, dan sampah harus mendapatkan perhatian
yang serius, tapi apa nyatanya ?, masih
ada saja siswa yang tidak bisa memilah sampah dengan benar, mana sampah organic
mana sampah non organik, trus banyak tempat sampah yang sudah rusak dan
kotor,.mau buang sampah di tempat sampah jadi jijik..hiiii..!!! ”
Potensi : Iya saya tahu itu, disekolah kita ada pendidikan karakter yaitu
kegiatan apel setiap pagi manfaatkan itu untuk penyuluhan, dan sekarang
keterlibatan wali murid sudah luar biasa bahkan mereka mau berkorban apa saja
untuk sekolah anaknya.
Solusi : kalau begitu saya ada solusi,
manfaatkan pendidikan karakter apel pagi untuk memberikan penyuluhan secara
berkelanjutan jangan bosan memberikan pengarahan,..mana sampah kering dan mana
sampah basah,..mengenai tempat sampah mengapa tidak menyampaikan nya ke wali
siswa,…saya yakin mereka akan sangat suka sekali untuk pengadaan tempat sampah ini….
MC : jangan lupa bahwa
disekolah kita ada alat pencacah sampah kering yang beterbuat dari meka bekas,
juga ada alat pencacah sampah yang menggunakan mesin khususnya untuk mencacah
daun-daun yang agak keras, dan di SMPN 22 juga ada budidaya cacing yang
fungsinya untuk merubah sampah organic menjadi pupuk yang ramah lingkungan
Masalah
3 : eee….ada lagi masih banyak
anak-anak yang membuang pembalut wanita secara sembarangan…
Potensi : Lo kita kan ada pendidikan
karakter keputrian, juga ada SOP untuk membung pembalut yang baik dan benar..
Solusi
: Ya …manfaatkan kegiatan
keputrian untuk penyuluhan,.. bagaimana membuang pembalut dengan baik dan
benar.
Masalah
4 : teman-teman saya itu
kadang-kadang gemes ya, masak siang hari terang benderang lampu-lampu kelas
masih saja menyala, pembelejaran suda selesai monitor LCD masih menyala itukan
pemebroson energy…
Potensi : ya meskipun kita mempu
membayarnya bukan berarti kita harus boros, kita sudah menggunakan lampu hemat
energy.
Solusi
: setuju sekali kita harus
hemat listrik, buat semua kelas menjadi terang benderang tanpa listrik dengan
membuka candela dan pintu, buat himbuan-himbuan hemat energy,… dan jangan lupa sebelum
pulang pastikan semua sudah mati. Ada yang lebih penting lagi sekolah harus
mencari alternative-alternatif sumber energy yang lain meskipun itu masih
sebatas sebagai media pembelajaran namun upaya memanfaatkan angina sebagai
sumber energy patut diacungi jempol, bahwa energy tidak akan pernah habis
selama kita mau mencari beragai sumber enegi.
MC : ya... tahu sekarang saya
ternyata alat yang berputar itu adalah
sumber energi listrik tenaga angin meskipun kelihatannya sederhana dari dari
situlah kita akan menuju yang lebih sempurna.., tapi kita bisa juga kan memanfaatkan
sumber energy air…
Masalah
5 : ya .. air dan limbah cair,kita
punya masalah klasik yaitu kekurangan air kita harus segera mencari soslusi.
Dan jangan lupa limbah cair dari kantin sekolah, itu sudah lama sekali tidak
diperbaiki atau diganti alat penyaringnya sehingga menimbulkan bau yang tidak
sedap dan air dari limabah kantin tidak tersaring dengan sempurna.
Potensi : ya air sangat penting,
sebenarnya kita punya banyak solusi dengan
manfaatkan semua. baik itu air hujan, air kantin maupun limbah
air wudhu, termasuk limbah air dari kantin, kalau limbah itu tidak
termanfaatkan dengan baik berkuranglah cadangan air kita
Solusi : berarti solusinya pertahankan
apa yang sudah ada baik tandon air hujan, bekas air wudhu bila perlu kita
perbanyak tandonnya dan harus ada perbaikan dan penyempunaan pengelolaan IPAL
yang menampung limbah di kantin, juga kita buat vilter air hujan seperti
yang sudah diajarkan oleh BEM UNBRAW
sehingga air hujan ini layak untuk kita gunakan khususnya untuk di kamar mandi.
MC : oke…bagus ….kalau air
melimpah tanaman kita tidak kering lagi.
Masalah
6 : ya benar karena dimusim
kemarau yang panjang ini banyak tanaman yang kering dan rusak serta kurang
variatif,
Potensi : banyak tanaman kering sehingga
mati padahal disekolah ini ada tandon air hujan, tandon air wudhu, ada
pengolahan air sisa buangan dari kantin dan jangan lupa jumlah siswa lebih dari
enam ratus siswa.
Solusi : berarti kita harus
memanfaatkan seluruh siswa, kalau dimusim kemarau ini semua air tidak mencukupi
untuk menyiram tanaman, berarti semua siswa harus membawa air dari rumah
masing-masing untuk menyiram tanamannya, dan mengganti tanaman yang mati dengan
tanaman baru biar lebih bervariasi jenisnya.
MC : ya tanaman disekolah kita
memang sangat bervariasi banyak jenisnya dan tidak semua siswa bisa menganal
satu demi satu jenis-jenis tanaman yang ada,
Masalah
7 : Ya, itu masalahnya sebagai
sekolah adiwiyata semua siswa harus faham betul bagaimana mencintai lingkungan,
bagaimana mengelola sampah, bagaimana
mencegah polusi udara, air dan tanah termasuk bagaimana mengenal dan mengetahui
berbagai jenis tanaman dengan mudah
Potensi : itu memang sangat peting siswa semua
harus pintar, disekolah internet ada, computer ada, tempat ada dan jangan lupa
guru-guru SMP kita jago semua….
Solusi : kalau begitu manfaatkan semua
yang ada, perpustakaan kita sudah ada, buku sudah banyak, sekarang saatnya kita
menuju Literasi teknologi kita
buat Cave
literasi teknologi supaya semua
siswa bisa mengakses berbagai macam ilmu pengetahuan dengan gratis, mudah karena
di cave literasi tersebut sudah tersedia ribuan link tentang lingkungan tinggal
klik, termasuk memberi label dan barcode semua jenis tanaman yang ada
untuk memberikan kemudahan kepada seluruh siswa, tinggal klik barcodenya dengan
HP muncul sudah informasinya.. mudah bukan.
Masalah
8 : teman-teman sudah merasa
nyaman ngak sish disekolah ini, masalahnya begini kadang saya merasa takut
kalau melihat kabel-kabel yang putus serta berserakan, apalagi lihat dibeberapa
kelas banyak atap asbes yang mau jatuh,..hiii ngeri takut kejatuhan asbes….
Potensi : ya padahal pak kebun kita adalah
orang yang handal kalau urusan listrik, alat-alat listrik tersedia meskipun itu
sisa-sisa yang lama
Solusi : nah berarti itu harus segera
diperbaiki dengan menggunakan alat yang kita miliki dan bahan yang ada, begitu
juga atap asbes yang hampir jatuh harus segera diperbaiki
MC : nah semua sudah
selesaikan, sekarang ayo kita ke UKS.
Masalah
9 : Ke UKS ngak salah nih !!!...kita
kan tidak punya ruang UKS, yang kita punya ruang BK..dan lihat tempat cuci
tangan kita kotor dan tidak tersedia handuk kecil dan sabun, bagaimana kita
bisa sehat.
Potensi : tapi jangan lupa rung BK kita
cukup luas bisa kok juga menjadi ruang UKS, dan untuk menjadi sekolah sehat
bukan hanya karena ruang UKS nya, kita sudah menjalin hubungan dengan Puskesmas
Gribig dan dengan BNN kota Malang bahkan kita menjadi Juara dua sekolah bebas
narkoba tingkat propinsi jawa timur.
Solusi : ya benar masalah ruang bisa
kita usulkan kesekolah untuk membangun ruang khusus UKS, dan yang lebih penting
adalah bagaimana menciptakan lingkungan dan siswa yang sehat, dengan melakukan
pemerikasaan kuku, mata, gigi, gizi, pengukuran tinggi badan, berat badan
bahkan sampai asupan gizi siswa, ketersediaan air yang cukup kamar mandi yang
memadai itu juga penting, termasuk cuci tangan setelah dan seduah makan.
MC :Dan untuk urusan obat-obat terlarang maksimalkan kerja GGOS untuk
memeriksa semua siswa dan jangan lupa kita punya SIAP LAPOR ANTI NARKOBA SMPN
22 yang berbasis teknologi informasi dan melibatkan semua unsur diwilayah
keluarahan Cemorokandang
: Dewan juri yang
terhormat demikian tadi tampilan ludruk yang menyampaikan peta kesimpulan SMPN
22 Malang. Dengan berbagai keunggulan teknologinya , teknologi karya sendiri
mungkin jauh dari sempurna kami memohon ada masukan supaya bisa mengembangkan
lebih sempurna lagi, Kurang lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Sarip
masuk ruang sambil berlari-lari dan berteriak
Sarip : akh…aduh…mbok …aku kenek
tembak mbok…..
Mbok
sarip : (berlari masuk ) oalah
rip..rip kok becik awakmu iki,… ora popo nak mbok iklas sanajan awakmu mati,
tapi awakmu wes nyelametno ndonya iki, londo gak sido mababati alas maneh…..
Sarip : Lo mbok uripno maneh aku
iki, kok iklas aku mati seh…wadadah…. Sampean kate rabi maneh tah lek aku
mati….
Mbok
Sarip : Lo iyo mbok lali nak, mbok
lak iso nguripno awakmu maneh….yo wes mlumao tak langkahi…
( setelah melangkahi sarip masuk
bersama-sama)
Semua
keluar mengucapkan salam “ Assalammualaikum …..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar