PERENCANAAN PEMBELAJARAN MENDALAM
SEKOLAH
:
SMPN 8 Malang
NAMA
GURU :
Drs. Sumarno
MATA
PELAJARAN : IPS
KELAS
/ SEMESTER / FASE : IX / 1 / D
ALOKASI
WAKTU : 2 X (3 x
45 menit)
MATERI : Peran Masyarakat dan Negara dalam Mendorong Pertumbuhan
Ekonomi di Era Digital
IDENTIFIKASI |
Peserta Didik |
|
||||||||||
Materi Pelajaran |
Identifikasi Materi Pelajaran Materi: Peran Masyarakat dan Negara dalam
Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital
|
|||||||||||
Dimensi Profil Lulusan (DPL) |
Pilihlah dimensi profil lulusan
yang akan dicapai dalam pembelajaran |
|||||||||||
|
|
|||||||||||
DESAIN
PEMBELAJARAN |
Capaian Pembelajaran |
Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi,
sosial, budaya masyarakat serta
merefleksikan
pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana
untuk menunjang sustainable development goals (SDGs)
dalam konteks lokal, regional,
dan global. |
||||||||||
Lintas Disiplin Ilmu |
·
Bahasa Indonesia: Menyusun
teks naratif/kampanye digital ·
TIK: Mendesain presentasi
digital dan infografis ·
PPKn: Peran warga negara
dalam pembangunan ·
IPS-Ekonomi: Konsep
pertumbuhan ekonomi dan digitalisasi ·
Matematika: Mengolah data
transaksi digital ·
Seni Budaya: Desain poster
digital/konten kreatif |
|||||||||||
Tujuan Pembelajaran |
|
|||||||||||
Topik Pembelajaran |
"Kolaborasi Masyarakat dan Pemerintah dalam
Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital" 🔍 Sub-topik Bahasan:
|
|||||||||||
Praktik Pedagogis |
·
Model:
Project Based
Learning ·
Strategi:
Kolaboratif dan Inkuiri ·
Metode:
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi kreatif ·
Profil Pelajar
Pancasila: Penalaran kritis, kreativitas, dan komunikasi ·
Prinsip: o
Mindful: Sadar akan peran
digital dalam kehidupan o
Meaningful: Relevan dengan
keseharian siswa o
Joyful: Menggunakan
teknologi dan proyek yang menyenangkan o
|
|||||||||||
Kemitraan Pembelajaran |
Mitra: ·
Mitra Kerja:
Pelaku UMKM digital, dinas koperasi dan UMKM, komunitas digital kreatif,
alumni yang berwirausaha online o |
|||||||||||
Lingkungan Pembelajaran |
Lingkungan Belajar: o Fisik:
Kelas, ruang komputer, aula sekolah o Virtual:
Google Classroom, Canva, Padlet o Budaya:
Kolaboratif, terbuka terhadap inovasi dan teknologi |
|||||||||||
Pemanfaatan Digital |
Platform Daring Interaktif:
|
|||||||||||
PENGALAMAN
BELAJAR |
AWAL (tuliskan prinsip
pembelajaran yang digunakan, misal berkesadaran, bermakna, menggembirakan) |
|||||||||||
1. Orientasi yang Bermakna (5 menit)
2. Apersepsi yang Kontekstual (5 menit)
"Siapa di antara kalian yang pernah belanja
online? Atau punya kenalan yang jualan lewat TikTok atau Instagram?" 3. Motivasi yang Menggembirakan (5 menit)
"Bayangkan kalian adalah pelaku UMKM digital.
Kira-kira apa yang akan kalian jual, dan bagaimana strategi promosinya?"
|
||||||||||||
INTI |
||||||||||||
Pada tahap ini, siswa aktif
terlibat dalam pengalaman belajar memahami, mengaplikasi, dan merefleksi.
Guru menerapkan prinsip pembelajaran berkesadaran, bermakna, menyenangkan
untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengalaman belajar tidak harus
dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. |
||||||||||||
Memahami (Bermakna, Berkesadaran) 40
menit |
||||||||||||
Tujuan: Siswa memahami konsep peran masyarakat dan negara dalam pertumbuhan
ekonomi digital. Aktivitas:
|
||||||||||||
Mengaplikasi (Menggembirakan) |
||||||||||||
Tujuan: Siswa menerapkan pemahaman melalui simulasi dan proyek mini kreatif. Aktivitas:
|
||||||||||||
Merefleksi (Berkesadaran) |
||||||||||||
Tujuan: Siswa merenungkan makna pembelajaran dan keterkaitan dengan kehidupan
nyata. Aktivitas:
Dengan pendekatan ini, siswa akan:
|
||||||||||||
PENUTUP (berkesadaran, bermakna) 5
menit |
||||||||||||
1. Refleksi Bersama (5 menit) ○
“Apa peran yang paling bisa kamu ambil di era
digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi?” ○
“Dari simulasi dan proyek hari ini, mana yang paling
membuatmu sadar tentang pentingnya kerja sama antara masyarakat dan negara?” ○
Beberapa siswa diminta berbagi secara sukarela. 2. Penguatan dan Umpan Balik (5 menit) ○
Kontribusi siswa selama kegiatan belajar. ○
Pentingnya peran aktif masyarakat digital dan
dukungan negara dalam menciptakan ekonomi yang inklusif. ○
Sikap kritis dan inovatif yang muncul dari diskusi
dan proyek. 3. Pesan
Bermakna & Penugasan Ringan (3–5 menit) ○
Guru menyampaikan pesan inspiratif: ○
Penugasan ringan (opsional): |
||||||||||||
ASESMEN
PEMBELAJARAN |
Asesmen
pada Awal Pembelajaran |
|
||||||||||
Asesmen
awal |
5 Pertanyaan/Pernyataan Instrumen
|
|||||||||||
Asesmen
proses Pembelajaran |
Asesmen Formatif (Proses Pembelajaran)
Contoh Instrumen Asesmen Formatif 1. Lembar Observasi (Checklist Sederhana)
2. Pertanyaan Pemantik Selama Diskusi
3. Exit Ticket (Refleksi Singkat, 3–5 menit) Tuliskan satu hal baru yang kamu pelajari hari ini,
satu hal yang menurutmu masih membingungkan, dan satu ide yang ingin kamu
sampaikan tentang peran masyarakat di era digital. |
|||||||||||
Asesmen
akhir pembelajaran |
Asesmen
Sumatif (Akhir Pembelajaran)
Bentuk
Asesmen dan Instrumen 1. Proyek
Mini (Individu/Kelompok) Tugas: Penilaian
berdasarkan:
2. Tes
Uraian Singkat (Tertulis, 3 Soal) soal:
3.
Presentasi Singkat (Kelompok) Tugas: Kriteria:
|
|||||||||||
Asesmen dalam pembelajaran
mendalam disesuaikan dengan assessment as learning, assessment for learning,
dan assessment of learning. Tentukan metode atau cara yang digunakan secara
komprehensif untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Contoh: Tes
tertulis, Tes lisan, Penilaian Kinerja, Penilaian Proyek, Penilaian Produk,
Observasi, Portofolio, Peer Assessment, Self Assessment, penilaian berbasis
kelas, dan sebagainya. |
||||||||||||
Rubrik
Penilaian Diskusi Kelas
Indikator |
Baru
Memulai |
Berkembang |
Cakap |
Mahir |
Keaktifan
Bertanya |
Tidak
bertanya atau tidak menunjukkan ketertarikan |
Bertanya
dengan dorongan atau bantuan guru |
Bertanya
secara mandiri dan relevan dengan topik |
Bertanya
kritis, mendalam, dan memicu diskusi lebih lanjut |
Kerja
Sama |
Pasif
dalam kelompok, tidak terlibat aktif |
Berkontribusi
dalam bagian tugas tertentu |
Aktif
bekerja sama dan membantu menyelesaikan tugas |
Mendorong
kolaborasi, memberi ide, dan memfasilitasi tim |
Kreativitas |
Ide
terbatas, kurang orisinal |
Mengembangkan
ide sederhana yang cukup variatif |
Menghasilkan
ide menarik dan relevan dengan konteks digital |
Menghasilkan
solusi atau ide inovatif dan aplikatif |
Kemampuan
Komunikasi |
Sulit
menyampaikan pendapat, kurang percaya diri |
Menyampaikan
ide dengan kalimat sederhana |
Komunikatif,
mampu menyampaikan argumen dengan jelas |
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Malang Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Malang, 14 April
2025 Guru Mata Pelajaran Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar