Minggu, 19 Januari 2014

RPP PPKn Semester Genap Kurikulum 2013 kelas 7

RPP untuk 1 Pokok Bahasan 4 X tatap muka


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                :    SMP NEGERI 22 MALANG
Mata Pelajaran                       :    PPKn
Kelas / Semester                    :    VII / II
Materi Pokok                         :    Memaknai nilai kesejarahan Republik Indonesia
Alokasi Waktu                       :    4 X 120 Menit

A.    KOMPETENSI INTI

       KI 1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4  Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret  (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Pertemuan pertama
Kompetensi Dasar
3.7      Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI

Indikator
a.   memahami nilai kesejarahan NKRI,
b.   menunjukkan  pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan
c.   dapat menyajikan tulisan singkat tentang nilai kesejarahan NKRI

Pertemuan kedua
Kompetensi Dasar
4.1   Menyaji hasil telaah tentang “sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara”
4.2      Menyajikan tulisan singkat tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Indikator
a.     memahami  makna  Proklamasi  Kemerdekaan  Negara  Kesatuan  Republik Indonesia,
b.     memahami pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia,
c.     memahami tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,
d.    menyajikan tulisan singkat tentang nilai kesejarahan NKRI, dan
e.     menampilkan  perilaku  kebersatuan  dalam  keberagaman  suku, agama,  ras, budaya, dan jenis kelamin dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Pertemuan ketiga
Kompetensi Dasar
4.7.1       Berinteraksi  dengan  teman  dan  orang  lain  berdasarkan  prinsip  saling menghormati dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin
Indikator
  a. menunjukkan pentingnya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan
  b.   menunjukkan  sikap dan perilaku mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pertemuan  keempat
4.7.2   Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
Indikator
a.  memahami nilai kesejarahan NKRI,
b.  menjelaskan  pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),
c.  menyajikan tulisan singkat tentang nilai kesejarahan NKRI, dan
d. menampilkan  perilaku  kebersatuan  dalam  keberagaman  suku,  agama,  ras, budaya, dan jenis kelamin dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama      
Siswa mampu
a.    memahami nilai kesejarahan NKRI,
b.    memahami pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan
c.   menyajikan tulisan singkat tentang nilai kesejarahan NKRI

Pertemuan kedua      
Siswa mampu
a.       memahami  makna  Proklamasi  Kemerdekaan  Negara  Kesatuan  Republik Indonesia,
b.      memahami pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia,
c.       memahami tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
d.      menyajikan tulisan singkat tentang nilai kesejarahan NKRI, dan
e.       menampilkan  perilaku  kebersatuan  dalam  keberagaman  suku,  agama,  ras, budaya, dan jenis kelamin dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Pertemuan ketiga    
         Siswa mampu
a.     memahami pentingnya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan
b.     memahami sikap dan perilaku mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

      Pertemuan keempat     
        Siswa mampu
a.            memahami nilai kesejarahan NKRI,
b.            memahami pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),
         c.menyajikan tulisan singkat tentang nilai kesejarahan NKRI, dan
d.menampilkan  perilaku  kebersatuan  dalam  keberagaman  suku,  agama,  ras, budaya, dan jenis kelamin dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1

1.         Memaknai nilai kesejarahan republik Indonesia.
a.      Perjuangan menuju Negara kesatuan republik Indonesia

E.    METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan  :     Scientific
Model           :     Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
Metode         :     1. Tanya Jawab
2.   Diskusi
3.   Penugasan
4.   Presentasi / Pelaporan

F.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

1.   Media       :          
a.     Laptop
b.    LCD
c.     Film / Video
d.    Gambar

2.   Sumber Belajar     :
      1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan : buku guru/Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.-- Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013

G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN (Pertemuan ke-1)

1.   Pendahuluan ( 10 menit )

a.    Motivasi  :           Guru mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi, dan mengajukan pertanyaan materi sebelumnya seperti Apa yang dimaksud norma? atau Sudahkah kalian memahami norma?).
b.    Apersepsi           :           Guru menyampaikan kalimat ajakan Ayo bersama mencintai NKRI! untuk menjajaki kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran minggu ini.
c.   Guru memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.   Kegiatan Inti ( 80 menit )

a.    Mengamati
1.    Guru menggali makna Gambar 5.1, menyampaikan makna dan nilai dari gambar tersebut.
2.   guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana gambaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang dilakukan daerah masing-masing.Gambar 5.2
2.    Siswa mengkaji penanaman nilai pertama pada buku siswa hal 3.

b.    Menanyakan (merumuskan masalah/hipotesisi)
1.    Guru memberikan kesempatan dan memberikan dorongan kepada seluruh siswa untuk mengajukan pertanyaan,
2.    Siswa mengajukan pertanyaan sehubungan dengan gambar dan hasil kajian pada gambar 5.1

c.     Mengumpulkan data/eksperimen/Observasi/mengamati
1.    Siswa mengumpulkan data untuk menemukan jawaban setelah mengamati gambar dan mengkaji cerita pada hal buku pegangan siswa hal 69 pada gambar tabel 5.1
2.    Siswa memberikan tanggapan hasil diskusi dengan teman berkaitan dengan gambar yang diamati.

d.    Membuat Asosiasi (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)
1.    Siswa merumuskan gambaran perjuangan bangsa Indonesia menuju ke negara kesatuan
2.    Siswa menceritakan kembali peristiwa sebelum proklamasi dilaksanakan
3.    Siswa membedakan pendapat golangan tua dan golongan muda.

e.     Mengkomunikasikan
1.    Dengan bimbingan guru, siswa memberikan pendapat tentang peristiwa sebelum proklamasi
2.    Dengan mengamati gambar siswa dapat memberikan pendapat tentang  sebelum dan sesudah proklamasi

3.    Kegiatan Penutup ( 30 menit )
a.     Bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
b.    Memberikan apresiasi terhadap semua siswa yang terlibat aktif dan kondusif selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
c.  Guru memberikan pertanyaan secara lisan secara acak kepada siswa untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini.
Contohnya: Mengapa terjadi ketegangan antara golongan pemuda dan golongan tua dalam menentukan proklamasi?
c.     Melakukan refleksi dengan memberi pertanyaan manfaat apa yang kamu dapatkan setelah mempelajari materi ini ?
d.  Guru meminta siswa membaca di rumah, materi selanjutnya, yaitu:  Buku Siswa Halaman 73 s.d. 77.
e.     Mengajak siswa untuk bersama-sama mengucapkan rasa syukur

H. PENILAIAN

Teknik dan Bentuk Instrumen
1.      Penilaian sikap spiritual.
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..

No
Nama
Aspek Pengamatan
Jumlah skor
Keimanan
Selalu Berdoa
Rasa syukur
Memberi salam


Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
















Berilah nilai pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
         3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang    kadang   
      tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidakmelakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali                     : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                                : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup                            : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang                           : apabila memperoleh skor  1 – 4


2.      Sikap Sosial

         Kepedulian
Kelas                              : ………………….
Tanggal Pengamatan      : …………………..
Materi Pokok                 : …………………..

No
Nama
Aspek Pengamatan
Jumlah skor
Menjaga kebersihan kelas
Suka menolong teman
Melakukan tugas piket
Rela berkoban


Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
















Berilah nilai  pada kolom skor sesuai sikap kepedulian  yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
   3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali                     : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                               : apabila memperoleh skor  9 - 12
Cukup                            : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang                           : apabila memperoleh skor  1 - 4

3.      Pengetahuan
·           Teknik Penilaian                   :          Tes Tertulis
·           Bentuk Instrumen                :          Uraian
Soal :
    1. Ceritakan kembali peristiwa sebelum proklamasi dilaksanakan
2. Mengapa terjadi ketegangan antara golongan pemuda dan golongan tua dalam menentukan proklamasi?
3. Sebutkan minimal empat tokoh pendiri negara dengan perannya masing-masing dalam peristiwa proklamasi.

KEGIATAN PEMBELAJARAN (Pertemuan ke 2)

1.   Pendahuluan ( 10 menit )

a.       Motivasi        :            Guru memberikan motivasi dengan menggunakan ajakan pada Buku Siswa “Ayo kembali berkarya!”

    b.   Apersepsi       :           Guru dapat memberikan pertanyaan lisan tentang materi yang sudah diajarkan pada minggu kemarin untuk mendapatkan gambaran kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran “Sebutkan peristiwa di sekitar Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia?”).
c.  Guru memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
d. Guru melakukan Pembentukan Kelompok dengan permainan “Menyebut Angka 1-8

1.      Kegiatan Inti ( 80 menit )

a.    Mengamati
1.   Guru memberikan kesempatan kepada siswa secara berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk untuk membaca buku dan mengamati gambar-gambar 5.7  tentang perhatikan peta Indonesia
     2.         Siswa mengerjakan soal berikut dengan mengkaji dari sumber lain.

b.    Menanyakan (merumuskan masalah/hipotesisi)
1.    Guru memberikan kesempatan dan memberikan dorongan kepada seluruh siswa untuk mengajukan pertanyaan, kepada guru apabila ada yang belum dimengerti
2.    Siswa mengajukan pertanyaan sehubungan dengan gambar dan hasil kajian penanaman nilai  hal 75-76

c.     Mengumpulkan data/eksperimen/Observasi/mengamati
1.    Siswa mengumpulkan data untuk menemukan jawaban setelah mengamati gambar dan mengkaji penanaman nilai pada hal 75-76 buku pegangan siswa
2.    Siswa memberikan tanggapan hasil diskusi dengan teman berkaitan dengan gambar yang diamati

d.    Membuat Asosiasi (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)
1.   Siswa merumuskan Hal-hal apa saja yang membanggakan dari bangsa dan negara Indonesia?
2.    Siswa memberikan contoh  sikap atau perbuatan yang dapat membanggakan bangsa Indonesia 
3.    Siswa menyebutkan bentuk-bentuk perbuatan yang dapat memupuk persatuan dan kesatuan.
4.    Siswa merumuskan bagaimana upaya dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan?

e.     Mengkomunikasikan
1.    Dengan bimbingan guru, siswa memberikan pendapat tentang sikap atau perbuatan yang dapat membanggakan bangsa Indonesia 
2.    Dengan mengamati gambar siswa dapat memberikan pendapat tentang  contoh tentang persatuan dan kesatuan

3.    Kegiatan Penutup ( 30 menit )
a.     Bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
b.    Memberikan apresiasi terhadap semua siswa yang terlibat aktif dan kondusif selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
c.  Guru memberikan pertanyaan secara lisan secara acak kepada siswa untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini.
c.     Melakukan refleksi dengan memberi pertanyaan manfaat apa yangkamu dapatkan setelah mempelajari materi ini ?
d.  Guru meminta siswa membaca di rumah, materi selanjutnya, yaitu: Siswa Halaman 77 s.d. 79.
e.     Mengajak siswa untuk bersama-sama mengucapkan rasa syukur

H. PENILAIAN

1.        Teknik dan Bentuk Instrumen
Penilaian sikap spiritual.
Kelas                             : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok                : …………………..

No
Nama
Aspek Pengamatan
Jumlah skor
Keimanan
Selalu Berdoa
Rasa syukur
Memberi salam


Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
















Berilah nilai pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang    kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidakmelakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali                  : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                             : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup                                     : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang                        : apabila memperoleh skor  1 – 4

2.        Sikap Sosial
Kedisiplinan
Kelas                          : ………………….
Tanggal Pengamatan  : …………………..
Materi Pokok             : …………………..

No
Nama
Aspek Pengamatan
Jumlah skor
Masuk kelas tepat waktu
Mengumpulkan tugas tepat waktu
Memakai seragam sesuai tata tertib
Mengerjakan tugas yang diberiakn
Membawa buku tulis dan buku cetak


Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4


























Berilah nilai pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya                   = apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuai
                           aspek pengamatan
Tidak   = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatan
                           sesuai aspek pengamatan.

Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali     : apabila terdapat  4 – 5 jawaban YA
Baik                            : apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA
Cukup                        : apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA
Kurang                       : apabila tidak ada jawaban YA



2.        Lembar penilaian Ketrampilan

a.       Teknik Penilaian                         : Observasi
b.      Bentuk Instrumen                       : Pedoman observasi
c.       Instrumen Penilaian                    :
Pedoman Observasi Presentasi

Kelompok                      : ………
Kelas                              : ……….
Materi Pokok                 : ……….

No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata-Rata Skor
Penguasaan Materi
Aktifitas
Kreatifitas



















Kesesuaian dengan tema         : Nilai maksimal = 4
• Nilai 4 jika sangat tepat dengan tema
• Nilai 3 jika tepat dengan tema
• Nilai 2 jika kurang tepat dengan tema
• Nilai 1 jika tidak tepat dengan tema

1.      Pengetahuan
·           Teknik Penilaian                   :          Tes Tertulis
·           Bentuk Instrumen                :          Uraian
No
Indikator
                   Butir Instrumen
1
Peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang membaggakan bagi bangsa Indonesia  
Sebutkan hal-hal apa saja yang membanggakan dari bangsa dan negara Indonesia?
2
Peserta didik dapat menjelaskan Contoh sikap atau perbuatan yang dapat membanggakan
contoh  sikap atau perbuatan yang dapat membanggakan bangsa Indonesia 

3
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk perbuatan yang dapoat memupuk rasa persatuan dan kesatuan
bentuk-bentuk perbuatan yang dapat memupuk persatuan dan kesatuan
4
Peserta didik dapat menjelaskan upaya- dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan
bagaimana upaya dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan?

5
Peserta didik dapat menyebutkan tujuan dari negara Indonesia 
Jelaskan tujuan dari negara Indonesia


KUNCI JAWABAN :
1.      Jawaban siswa akan beragam. Contohnya: Indonesia negara yang kaya dan subur; menjadi kekuatan ekonomi baru di dunia terbukti dengan mantapnya pertumbuhan ekonomi nasional dan sebagainya
2.      Sikap kepedulian terhadap sesama, peduli lingkungan, cinta tanah air
3.      Misalnya berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, mengikuti upacara bendera, menghormati sesama dan perbuatan lainnya
4.      Saling menghormati antar pemeluk agama, antar suku bangsa,
5.      “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia dengan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, ....

Pedoman pensekoran :
NO Soal
Jawaban Salah
Skor

No
Jawaban benar
Skor
1
Salah semua
0
4
Salah semua
0

Benar 1
1

Benar 1
1

Benar 2
2

Benar 2
2

Benar 3
3

Benar 3
3
2
Salah semua
0
5
Salah semua
0

Benar 1
1

Benar 1
1

Benar 2
2

Benar 2
2
3
Salah semua
0

Benar 3
3

Benar 1
1

Benar 4
5

Benar 2
2




Benar 3
3
Jumlah skor maksimal
15


KEGIATAN PEMBELAJARAN (Pertemuan ke 3)

1.   Pendahuluan ( 10 menit )

a.    Motivasi        :           Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi, dan mengajukan pertanyaan tentang apakah hari ini kalian sehat nak ?
b.    Apersepsi      :           Guru mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya seperti “Apa arti penting mempertahankan negara Kesatuan Republik Indonesia?”).
c.  Guru memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.   Kegiatan Inti ( 80 menit )

a.    Mengamati
1.   Guru memberikan kesempatan kepada siswa secara berkelompok untuk membaca buku dan Dengan mencermati Subbab V. B. (Halaman 77 s.d 79).

b.    Menanyakan (merumuskan masalah/hipotesisi)
1.    Guru, kemudian mengajak siswa untuk melakukan kajian nilai dengan merujuk pada kasus Pak Arif seperti terdapat dalam Buku Siswa Penanaman nilai II hal 79
c.     Mengumpulkan data/eksperimen/Observasi/mengamati
1.    Siswa mengumpulkan data untuk menemukan jawaban setelah mengamati gambar dan mengkaji penanaman nilai II
2.    Siswa memberikan tanggapan hasil diskusi dengan teman berkaitan dengan penanaman nilai II  

d.    Membuat Asosiasi (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)
1.    Siswa merumuskan praktik kewarganegaraan pada hal 83


e.     Mengkomunikasikan
1.    Dengan bimbingan guru, siswa menskusikan dengan teman sekelas tentang kasus-kasus yang pernah terjadi yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara

3.    Kegiatan Penutup ( 30 menit )
a.       Bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
b.      Memberikan apresiasi terhadap semua siswa yang terlibat aktif dan kondusif selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
c.       Guru memberikan pertanyaan secara lisan secara acak kepada siswa untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini.
d.      Melakukan refleksi dengan memberi pertanyaan manfaat apa yang kamu dapatkan setelah mempelajari materi ini ?
e.       Guru meminta siswa membaca di rumah, materi selanjutnya, yaitu: Buku  Siswa Halaman 79 s.d. 83.  
f.       Mengajak siswa untuk bersama-sama mengucapkan rasa syukur

H. PENILAIAN

1.        Teknik dan Bentuk Instrumen

Penilaian sikap spiritual.
Kelas                                 : ………………….
Tanggal Pengamatan         : …………………..
Materi Pokok                    : …………………..

No
Nama
Aspek Pengamatan
Jumlah skor
Keimanan
Selalu Berdoa
Rasa syukur
Memberi salam


Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
















Berilah nilai pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang    kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidakmelakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali                   : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                              : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup                           : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang                          : apabila memperoleh skor  1 – 4

2.        Sikap Sosial

a.      Tanggung Jawab





Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah nilai pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Kelas                                          : ………………….
Tanggal Pengamatan                  : …………………..
Materi Pokok                             : …………………..

No
Nama
Aspek Pengamatan
Jumlah skor
Melaksankan tugas individu dengan baik
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
Mengembalikan barang yang dipinjam
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan


Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4


















Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali                     : apabila memperoleh skor  16 - 20
Baik                               : apabila memperoleh skor  11 - 15
Cukup                            : apabila memperoleh skor  6 - 10
Kurang                           : apabila memperoleh skor  1 - 5


G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN (Pertemuan ke-4)

1.   Pendahuluan ( 10 menit )

a.       Motivasi     :            Guru memotivasi siswa untuk mengerjakan Tugas Individu, Tugas Kelompok, Penilaian Afektif, Uji Kompetensi, dan Praktik Kewarganegaraan
b.       Apersepsi  :            Guru dapat memberikan pertanyaan lisan tentang materi yang akan diajarkan untuk mendapatkan gambaran kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran
c.  Guru memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.   Kegiatan Inti ( 80 menit )

a.    Mengamati
Guru memfasilitasi siswa untuk memahami melengkapi tugas, uji kompetensi dan penilaian afektif yang terdapat dalam Buku Siswa (Halaman 80 s.d 83).
b.    Menanyakan (merumuskan masalah/hipotesisi)
1.    Guru memberikan tugas individu pada siswa
                                                             1.      Jelaskan pengertian persatuan Indonesia.
                                                            2.      Sebutkan tahapan pembinaan persatuan bangsa Indonesia yang paling menonjol
                                                            3.      Jelaskan nilai-nilai yang berhubungan dengan arti dan makna persatuan Indonesia dalam Tabel 5.2 berikut ini. Hal 80
                                                            4.      Sebutkan landasan hukum persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
                                                            5.      Jelaskan pengamalan sikap persatuan dan kesatuan dalam seluruh aspek kehidupan pada Tabel 5.3. hal 81
2.      Siswa mengerjakan tugas secara Individu

c.     Mengumpulkan data/eksperimen/Observasi/mengamati
1. Siswa Diskusi dalam kelompok permasalahan berikut ini.
2. Sebutkan 5 perbuatan konkret yang menunjukkan sikap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan tempat tinggal.
3.    Siswa memberikan tanggapan hasil kerja kelompoknya

d.    Membuat Asosiasi (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)
1.    Siswa secara berkelompok dengan teman sebangku mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru  Tabel 5.4 hal 82
1. Diskusikan dalam kelompok, Tuliskan beberapa orang yang telah menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat

e.     Mengkomunikasikan
1.    Diskusikan dengan teman sekelasmu tentang kasus-kasus yang pernah terjadi yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara. Isilah Tabel 5.5 berikut ini sesuai dengan kasus yang terjadi hal 83
2.    Dengan bimbingan guru, siswa memberikan pendapat tentang hasil diskusi kelompoknya
3.    Dengan memperhatikan pendapat teman lain kelompok siswa memberikan tanggapan hasil kerja kelompok lain

3.    Kegiatan Penutup ( 30 menit )
a.     Bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
b.    Memberikan apresiasi terhadap semua siswa yang terlibat aktif dan kondusif selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
c.  Guru memberikan pertanyaan secara lisan secara acak kepada siswa untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini.
d.    Melakukan refleksi dengan memberi pertanyaan manfaat apa yangkamu dapatkan setelah mempelajari materi ini ?
e.     Mengajak siswa untuk bersama-sama mengucapkan rasa syukur

H. PENILAIAN

1.        Teknik dan Bentuk Instrumen
Penilaian sikap spiritual.
Kelas                                 : ………………….
Tanggal Pengamatan         : …………………..
Materi Pokok                    : …………………..

No
Nama
Aspek Pengamatan
Jumlah skor
Keimanan
Selalu Berdoa
Rasa syukur
Memberi salam


Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
















Berilah nilai pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang    kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidakmelakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali                   : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                              : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup                           : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang                          : apabila memperoleh skor  1 – 4

2.        Sikap Sosial
Tanggung Jawab
b.      Tanggung Jawab

Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah nilai pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..

No
Nama
Aspek Pengamatan
Jumlah skor
Melaksankan tugas individu dengan baik
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
Mengembalikan barang yang dipinjam
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan


Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4
Skor 1- 4


















Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali                     : apabila memperoleh skor  16 - 20
Baik                               : apabila memperoleh skor  11 - 15
Cukup                            : apabila memperoleh skor  6 - 10
Kurang                           : apabila memperoleh skor  1 - 5

3.    Tes tertulis

Jawablah soal berikut
1.         Jelaskan apa yang menyebabkan bangsa Eropa melakukan penjajahan!
2. Jelaskan mengapa Sumpah Pemuda merupakan tonggak sejarah yang penting bagi berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3. Jelaskan  mengapa  antara  pemuda  dan  Ir.  Soekarno  terjadi ketegangan sebelum pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.
4. Sebutkan makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
     5. Sebutkan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kunci Jawaban
Jelaskan apa yang menyebabkan bangsa Eropa melakukan penjajahan!
Jawaban:
Di Eropa mulai abad ke-15 berkembang upaya untuk mencari sumber- sumber ekonomi baru di tempat lain. Hal ini berkembang menjadi upaya penguasaan bangsa Eropa terhadap wilayah lain yang pada akhirnya menjadi penjajahan terhadap wilayah tersebut. Gold, Glory dan Gospel (emas, kejayaan dan misi penyebaran agama) dijadikan alasan bangsa Eropa melakukan ekspedisi ke seluruh dunia.


2.  Jelaskan mengapa Sumpah Pemuda dijadikan awal dirintisnya Negara
Kesatuan Republik Indonesia!
Jawaban:
Karena Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 memberikan kekuatan moral bagi bangsa Indonesia untuk berbangsa satu, bertanah air satu dan berbahasa yang satu yaitu bahasa Indonesia.


3.  Jelaskan  mengapa  antara  Pemuda  dan  Ir  Soekarno  terjadi  ketegangan sebelum pelaksanaan proklamasi kemerdekaan!
Jawaban:
Karena  Pemuda  dengan  semangat  dan  jiwa  mudanya  menginginkan
Kemerdekaan Bangsa Indonesia secepatnya dapat dilaksanakan.


4.  Sebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia?
Jawaban:
Proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia memiliki makna sebagai berikut.
a.  Merupakan akhir penjajahan kaum kolonialis bagi bangsa Indonesia.
b.  Merupakan pernyataan kemerdekaan dan bebas dari belenggu penjajahan serta sekaligus membangun kehidupan baru menuju masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.
c.  Merupakan sumber tertib hukum nasional yang mengandung makna berakhirnya hukum kolonial dan digantikan dengan tata hukum nasional.
d. Memberikan arah dan kewenangan bagi bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat sejahtera dengan kekuasaan menguasai dan mengelola sumber- sumber daya ekonomi secara mandiri.
e.  Memberikan kesempatan kepada seluruh rakyat untuk menjadi masyarakat mandiri dan cerdas yang memiliki nilai-nilai budaya yang tinggi.
f.  Memberikan kewenangan kepada seluruh bangsa Indonesia untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara dari segala macam rongrongan.
g.  Merupakan alat hukum internasional, untuk bangsa Indonesia melakukan hubungan dan kerjasama internasional.


5.   Sebutkan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia?
Jawaban:
Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas:
a.    Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
b.    Memajukan kesejahtraan umum
c.    Mencerdaskan kehidupan bangsa
d.   Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial
 Pedoman pensekoran :
NO Soal
Jawaban Salah
Skor

No
Jawaban benar
Skor
1
Salah semua
0
4
Salah semua
0

Benar 1
1

Benar 1
1

Benar 2
2

Benar 2
2

Benar 3
3

Benar 3
3
2
Salah semua
0
5
Salah semua
0

Benar 1
1

Benar 1
1

Benar 2
2

Benar 2
2
3
Salah semua
0

Benar 3
3

Benar 1
1

Benar 4
5

Benar 2
2




Benar 3
3
Jumlah skor maksimal
15

4, Format Penilaian Proses Praktik Kewarganegraan
Petunjuk

Lembaran ini diisi oleh guru atau teman selama proses penyusunan laporan oleh kelompok. Lembaran ini mencatat perilaku siswa secara perorangan. Pada akhir penilaian siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian, tuliskan Rata-Rata Skor Angka dan konversi Kode Nilainya.

Kelas                                 : ………………….
Tanggal Pengamatan         : …………………..
Materi Pokok                    : …………………..

No
Nama
Aspek Penilaian
Penilaian
Partisipasi
Sikap
Kerjasama
Rata-rata Skor angka
Kode nilai















Keterangan
1.   Partisipasi: persiapan, keaktifan kerja dan tanggung jawab melaksanakan tugas
2.   Sikap: menghargai pendapat orang lain, toleransi, dan antusiasme dalam mengerjakan tugas bersama anggota tim lainnya
3.   Kerjasama: koordinasi dengan teman, kesediaan untuk menolong orang lain dan tidak hanya terpaku pada tugas yang menjadi tanggung jawabnya

Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan diberikan kepada siswa yang telah menguasai materi tentang nilai kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pembelajaran pengayaan dapat dilaksanakan dengan memaknai lebih jauh tentang nilai kesejarahan Negara Republik Kesatuan Republik Indonesia.

Remedial
Remedial dilaksanakan untuk siswa yang belum menguasai secara penuh materinilai kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Guru menjelaskan kembali materi dan melakukan penilaian dengan Uji Kompetensi. Soal untuk Uji Kompetensi dapat diganti dan disesuaikan dengan kemampuan siswa.




Mengetahui                                                                              Penyusun,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran
 




Anny Yulistyowati S.Pd                                                         Drs.Sumarno
NIP. 19620713 198112 2 001                                                 NIP.    19660303 200501 1 006


                          


2 komentar:

  1. Aww. Ijin ngopi P Sumarno.Kami tunggu file pptnya (Media Power Point Bab 7 dan 8 kelas 7 Kur 2013. Mtrnwn

    BalasHapus