RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP NEGERI 22 MALANG
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :
VII / Genap
Tema :
potensi dan pemanfaatan sumber daya alam
Subtema :
pengertian dan pengelompokan sumber daya alam
Pertemuan ke :1
Waktu :
2 x 40 Menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1.3
Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3
Menunjukkan perilaku santun, peduli, dan menghargai perbedaan pendapat dalam
interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi.
Indikator:
·
Menjelaskan pengertian SDA
·
Mendeskripsikan
pengelompokan sumber daya alam
·
Menjelaskan sumber daya alam berdasarkan
pengelompokanya
·
Menjelaskan SDA berdasarkan kemungkinan pemulihanya
·
Mendeskripsikan SDA dapat diperbarui?
·
Menjelaskan SDA yang tidak dapat diperbaharui?
·
Menjelaskan SDA berdasarkan materinya
·
Mendeskripsikan SDA organik
·
Menjelaskan SDA anorganik?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar