DESAIN PEMBUATAN MEDIA
Ular Tangga ANTI NARKOBA RAKSASA
SELEBAR LAPANGAN BASKET
Karya : Drs. Sumarno
SMP : SMP Negeri 22 Malang
Media : 1. Gerakan anti Narkoba
Indikator
- Mendeskripsikan pengaruh peredaran narkoba pada generasi muda
- Mengidentifikasi
sebab-sebab pengaruh
narkoba pada generasi muda
Jenis Media Ular Tangga Anti Narkoba
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa
dapat
Mengetahui
sebab-sebab terjadinya pengaruh pnggunaan narkoba padat kalangan remaja Mengidentifikasi tempat-tempat
terjadinya pengaruh peredaran narkoba
B. Materi Pembelajaran
1. Peredaran narkoba di kalangan remaja
2. Akibat penggunaan narkoba
C. Bentuk Media Yang Digunakan : Ular
Tangga Prasejarah
D. Pesan Yang Terkandung Dalam Media
Dengan permainan Ular
Tangga ini diharapkan
akan mempermudah dan meningkatkan minat
siswa untuk mengetahui
sebab-sebab peredaran narkoba dan akibat penggunaan narkoba
E. Rancangan Pembuatan Media
1.
Membuat beberan ular tangga berupa kotak-kotak yang
berjumlah 100 kotak dan bernomor urut dari 1 sampai 100
2.
Membuat pesan-pesan
akibat penngunaan dan upaya menghindari diri dari pengaruh narkoba
3.
dan
menyiapkan sebuah dadu
4.
Isi
dari Kartu pesan sebagai berilkut :
1.
Menolak
diajak nongkrong-nongkrong dicafe-café maka akan terhindarr dari penfaruh untuk
mengkonsumsi narkoba
2.
Suka
nongkrong dicafe-café dan warung kopi maka mudah terbujuk untuk mengkonsumsi
narkoba
3.
Menolak
diajak minum-minum dan ngepil maka terhindar dari alcohol dan narkoba
4.
Menghindari
pergaulan bebas dan rajin beribadah maka akan menjadi anak yang soleh dan
sukses
5.
Coba-coba
ngepil dan minum-minuman keras maka Terjerumus menjadi pengguna dan pemabuk
masa depan suram
6.
Bergaul
dengan pengguna narkoba maka mudah terpengaruh mengkonsumsi narkoba
7.
Terjerumus
menjadi pengedar narkoba maka masa depan suram masuk penjara dan dihukum mati
8.
Menghindari narkoba karena merusak masa depan
maka menjadi generasi muda yang sukses dan berprestasi
F. Kronologi
Penggunaan Media
1). Media ini sangat cocok digunakan untuk
anak-anak SMP
1)
Guru menyiapkan Media berupa beberan u yang bertuliskan nomor dari nomor 1 s.d. no
60.
2.
membagi mejadi beberapa kelompok berdasarkan jumlah siswa
dimana masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa. Apabila setelah dibagi
dengan 4 masih ada siswa yang belum mendapatkan kelompok maka bisa dimasukkan
dalam kelompok yang lain sehingga ada kelompok yang anggotanya 5 anak.
3.
Setiap siswa mendapat satu buah Pion / kertas
bertuliskan namanya
4.
Kemudian semua hompimpah untuk menentukan siapa yang
melempar dadu terlebih dahulu
5.
Setiap siswa melempar dadu sesuai dengan urutanya.
Setelah siswa melempar dadu siwa
menjalankan pion/ kertas yang bertuliskan namanya sesuai dengan hasil lemparan
dadu, apa bila dalam melempar keluar angka enam maka siswa yang bersangkutan
diperbolehkan melempar dadu lagi.
6.
apabila jatuh pada tanda tangga maka Pion/ kertas
siswa langsung naik sesuai dengan arah tangga dan membacakan dengan keras-keras,
begitupula apabila pion/kartu tepat pada gambar ekor Ular maka pion /.
Kertas yang bertuliskan nama siswa turun mengikuti arah ular dan membaca
keras-keras.
7.
setelah semua melempar,
kembali pada pelempar pertama untuk melempar dadu lagi, begitu juga
seterusnya. Permainan berhenti apabila semua pemain sudah berada pada nomor 60.
8.
Pemainnya yang selesai lebih dulu dinyatakan sebagai
pemenang
9.
Siswa memberikan kesimpulan dan ditanggapi oleh siswa lain
Malang, 29 Apeil 2015
Drs. Sumarno
Tidak ada komentar:
Posting Komentar