RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 22 Malang
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tema : Keunggulan Lokasi
Indonesia dan kehidupan masyarakat
Indonesia
Sub Tema : 1.1 Keunggulan Lokasi
Indonesia
Sub-sub
Tema : 1.1.1 Keunggulan iklim di
Indonesia
Waktu : 2 x 40 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Menghayati
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala
Perubahannya
2.2
Memiliki rasa ingin tahu, terbuka dan sikap kritis terhadap permasalahan
social
sederhana
2.3
Menunjukkan perilaku santun, peduli, dan menghargai perbedaan pendapat dalam
interaksi social dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup
nasional seta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia ( ekonomi, social,
budaya, pendidikan dan politik)
Indikator
·
Memahami pembagian
iklim matahari
·
Menjelaskan ciri-ciri
iklim tropis
·
Menjelaskan pengaruh
letak astronomis Indonesia terhadap iklim Indonesia
·
Menjelaskan pengaruh
letak geografis Indonesia terhadap perubahan musim
·
Menjelaskan proses
terjadinya angin muson barat dan angin musim timur
3.4
Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, social, budaya, dan ekonomi
Indikator
·
Memahami keunggulan
iklim muson tropis
·
Menjelaskan pengaruh
iklim tropis terhadap aktivitas pertanian
·
Menganalisis
permasalahan yang akan terjadi pada daerah yang memiliki iklim muson tropis
·
Mengidentifikasi
kelebihan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis
·
Mengidentifikasi
kekurangan masyarakat yang tinggal di daerah iklim tropis
4.3 Menyajikan
hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, social budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat
sekitar
Indikator
·
Mengamati gambar angin
muson yang melalui Indonesia
·
Menuliskan hasil
pengamatan dalam bentuk laporan
·
Membuat peta iklim
C.
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan pembelajaran
sub-sub tema ini adalah agar peserta didik mampu
·
Memahami pembagian
iklim matahari
·
Menjelaskan ciri-ciri
iklim tropis
·
Menjelaskan pengaruh
letak astronomis Indonesia terhadap iklim Indonesia
·
Menjelaskan pengaruh
letak geografis Indonesia terhadap perubahan musim
·
Menjelaskan proses
terjadinya angin muson barat dan angin musim timur
·
Memahami keunggulan
iklim muson tropis
·
Menjelaskan pengaruh
iklim tropis terhadap aktivitas pertanian
·
Menganalisis permasalahan
yang akan terjadi pada daerah yang memiliki iklim muson tropis
·
Mengidentifikasi
kelebihan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis
·
Mengidentifikasi
kekurangan masyarakat yang tinggal di daerah iklim tropis
·
Mengamati gambar angin
muson yang melalui Indonesia
·
Menuliskan hasil
pengamatan dalam bentuk laporan
·
Membuat peta iklim
D.
Materi
Pembelajaran
1. Pembagian
iklim matahari
2. Ciri-ciri
iklim tropis
3. Letak
Astronomis Indonesia dan pengaruhnya terhadap iklim
4. Letak
geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap iklim
5. Angin
muson
6. Keunggulan
iklim muson tropis
7. Pengaruh
iklim tropis terhadap pertanian
8. Permasalahan-permasalahan
yang terjadi pada daerah iklim muson tropis
9. Kelebihan masyarakat yang tinggal di daerah iklim muson
tropis
10. Kekurangan
masyarakat yang tinggal di daerah iklim muson tropis
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Problem Based Learning
Metode : Diskusi dengan menggunakan STAD
dan penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media : Gambar pembagian iklim matahari,
gambar angin muson yang melalui
Indonesia, power
point
Alat/Bahan : Laptop, LCD, LKS
Sumber :
Buku IPS kelas VIII, Internet dan sumber lain yang relevan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar