Selasa, 04 Agustus 2015

Buletin Andalan Siswa SMPN 22 edisi 12




dengan Headline New AKSI SEKOLAH BERSIH NARKOBA di SMPN 22 Malang


Mengapa harus ada aksi sekolah bebas Narkoba ? Mungkin pertanyaan ini akan muncul dibenak kita semua, ada beberapa penjelasan logis yang bisa kita sampaikan warga sekolah yang merupakan ABG atau anak baru gede atau sebut aja namanya anak sekolah memang sangat rentan terjerumus menjadi pemakai narkoba. Anak sekolahan kalo tidak dikontrol mereka pengen bebas sebebas- bebasnya. Dan karena inilah banyak pengedar  narkoba berusaha mendekati mereka untuk dijadikan sebagai pengedar atau pemakai pemula. Untuk itu perlu adanya langkah-langkah kongkrit untuk membentengi mereka dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut, pemerintah melalui badan narkotika nasional (BNN) dan kepolisian RI sedang  gencar-gencarnya menjalankan program yang bisa membuat para remaja di sekolah bebas dari narkoba. Untuk itu ada 9 kegiatan di sekolah yang biasa disebut dengan Aksi sekolah bebas  narkoba yaitu :
1. Penyuluhan Anti Narkoba yang  dilakukan oleh sekolah bekerjasama dengan  BNN dan kepolisian. Yang jadi sasarannya adalah siswa SMP dan SMA / SMK.hal ini sekaligus memberikan pemahan kepada anak usia sekolah tentang jenis-jenis narkoba dan bahayanya. Karena banyak sekali siswa usia sekolah yang belum tahu apa itu narkoba dan bahayanya sehingga mereka mudak tertipu.
2. Peringatan hari anti Narkotika internasional seperti yang pernah dilakukan di SMPN 22 beberapa waktu yang lalu dengan mengadakan berbagai macam lomba, diantaranya lomba membuta poster, l,omba mencipta dan baca puisi tentang ANTI NARKOBA dan lomba membuat cerpen bertema narkoba.
3. Tes Urin Penting dilakukan tes urin di sekolah-sekolah untuk mengecek keberadaan narkoba yang ada dalam tubuhnya. Tes ini juga bisa sekalian dilaksanakan berbarengan dengan tes HIV/AIDS . Tes urin ini menjadi sangat penting mengingat murid sendiri mungkin belum tahu apakah dirinya telah mengkonsumsi narkoba atau belum. Hal ini berkaitan dengan pengetahuan tentang narkoba yang dimilikinya. Seperti yang pernah dilakukan di SMPN 22 beberapa waktu yang lalu danhasilnya sangat mengejutkan semua pihak, semoga ini tidak terjadi lagi.
4. Bina Iman dan Taqwa tujuannya adalah  membentengi siswa dengan mental ibadah. Jadi diberikan kegiatan-kegiatan keagamaan yang positif, mengarahkan ke jalan yang benar melalui ajaran agama masing-masing, 5. Lomba-lomba dalam peringatan hari besar agama maupun hari besar nasional dengan tema Anti Narkoba yang bisa dilaksankana oleh  pihak sekolah atau oleh BNN atau instansi terkait Bisa jadi dengan penggalian potensi dari lomba anti narkoba ini mendorong siswa-siswinya untuk bisa bersama-sama memerangi narkoba.
6. Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi Prestasi apapun yang dimiliki oleh siswa, seperti kemarin ketika lomba O2SN siswa kita mendapatkan Juara 1 bola volley dan juara 3 pencak silat perlu adanya penghargaan dari pihak sekolah. Penghargaannya tidak  harus dengan uang, piala, atau piagam. Bisa jadi dengan berterima kasih atau mungkin menyebutnya pada waktu apel upacara bendera.
7. Satgas Anti Narkoba Satgas anti narkoba di sekolah bisa berfungsi sebagai  mentor atau pemerhati atau bisa jadi siswa yang mempunyai perilaku baik sehingga bisa dipercaya oleh pihak sekolah, untuk bisa tegas dan memberikan contoh dalam memerangi narkoba. Bisa dipilih beberapa siswa untuk diberikan pelatihan, sosialisasi dan pendidikan tentang bahaya narkoba dan cara menanggulanginya. Dari sini, siswa tersebut akan jadi duta dari sekolah  untuk membantu mengontrol penggunaan narkoba (termasuk rokok) di sekolah.
8. Kantin Kejujuran Dulu  Konsep kantin kejujuran itu sangat tepat seklai untuk melatih kepribadian siswa khususnya dalam hal kejujuran terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain harapanya akan terbentuk kejujuran untuk mengatakan tidak pada narkoba
9. Pemasangan Poster Anti Narkoba Pemasangan poster atau spanduk anti narkoba menjadi salah satu alternatif supaya siswa- siswi tahu bahaya narkoba secara spontan. Pemasangan poster atau spanduk ini di tempat yang strategis, artinya bisa terbaca oleh semua siswa yang melewatinya. Misal di gerbang sekolah, di tempat parkir, di halaman sekolah atau bisa juga di kelas

  disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar