Rabu, 27 Juli 2016

“PERMAINAN KWARTET DAMPAK PENGGUNAAN NARKOBA “


PERMAINAN KWARTET
 DAMPAK PENGGUNAAN NARKOBA

SMP                                 :  SMP Negeri 22 Malang
Indikator                          :  
ü  Menyampaikan Dampak penggunaan narkoba
ü  Mendeskripsikan akibat penggunaan narkoba bagi kesehatan
ü  Mengidentifikasi gejala-gejala pegaruh Narkoba bagi kejiwaan
                                                                  
A.   Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Menyampaikan Dampak penggunaan narkoba
·         Mendeskripsikan akibat penggunaan narkoba bagi kesehatan
·         Mengidentifikasi gejala-gejala pegaruh Narkoba bagi kejiwaan

B.   Materi Pembelajaran
·         AKSI SEKOLAH BEBAS NARKOBA

C.   Metode Pembelajaran
Permainan Kwartet Dampak penggunaan narkoba media pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dengan menggunakan Kwartet sebagai alat pembelajaran dimana pesan pada Kwartet berisikan Dampak penggunaan narkoba bagi kesehatan manusia


D. Pesan yang Terkandung
     Dengan permainan “Permainan Kwartet Dampak penggunaan narkoba  ” ini diharapkan akan mempermudah dan meningkatkan minat  siswa untuk mempelajari Dampak penggunaan narkoba sehingga mereka mempunyai [engetahuan dasar sehingga tidak coba-coba menggunakan narkoba
D.   Rancangan Pembuatan Media
1.      Membuat kartu pesan yang berisi pernyataan-pernyataan tentang gejala-gejala pengguna narkoba dan akibat yang ditimbulkan baik secara fisik maupun psikis
          2. Bahan yang dibutuhkan Kertas Manila.
E.    Kronologi Penggunaan Media

1.         Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan rombongan belajar.
2.         Setiap Kelompok Terdiri dari 4 siswa
3.         Kartu dikocok terlebih dahulu sebelum dibagikan ke anggota kelompok
4.         Setiap siswa mendapat 4 kartu (sisa kartu ditaruh di bawah)
5.         Untuk menetapkan giliran dengan hompimpa dan suit
6.         Kartu yang dipunyai adalah yang bercetak tebal/ huruf berwarna merah untuk melengkapi grup kartu meminta yang bercetak tipis pada temannya
7.        Cara meminta dengan membaca mulai dari kalimat diatas kemudian yang kalimat yang bercetak tipis dibawah.
8.        Cara memberikan  kepada teman dibaca dalam hati kalimat diatas serta kalimat yang bercetak tipis apakah sesuia dengan permintaan teman.
9.        Jika meminta pada teman yang ditunjuk kartu yang diinginkan dapat maka mendapat kesempatan meminta lagi pada teman yang lain satu kali.
10       ika meminta pada teman yang ditunjuk kartu yang diinginkan tidak dapat maka mengambil satu kali dari kartu sisa. Permainan selesai apabila kartu habis.
11.  Seluruh anggota kelompok berdiri dan bersama-sama   berkata   ”SMPN 22 BEBAS NARKOBA”  agar    diketahui    posisi   kelompok     dibanding kelompok yang lain dalam menyelesaikan seluruh kartu.
12.   Setiap siswa menulis kesimpulan dari masing-masing pesan yang telah dikumpulkan
13.     Guru mengawasi jalannya masing-masing kelompok dalam permainan dan memberikan nilai berdasarkan keaktifan siswa
14.     Siswa mengumpulkan hasil kesimpulan pesan yang dikumpulkan untuk diberi nilai oleh guru

15. Guru Mengobservasi jalannya permainan Kwartet  dalam keaktifan siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar