PERMAINAN KWARTET
DAMPAK PENGGUNAAN NARKOBA
SMP : SMP Negeri 22 Malang
Indikator :
ü Menyampaikan Dampak penggunaan narkoba
ü Mendeskripsikan
akibat penggunaan
narkoba bagi kesehatan
ü Mengidentifikasi
gejala-gejala pegaruh
Narkoba bagi kejiwaan
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·
Menyampaikan
Dampak penggunaan narkoba
·
Mendeskripsikan akibat
penggunaan narkoba bagi kesehatan
·
Mengidentifikasi gejala-gejala
pegaruh Narkoba bagi kejiwaan
B. Materi Pembelajaran
·
AKSI
SEKOLAH BEBAS NARKOBA
C. Metode Pembelajaran
Permainan Kwartet Dampak penggunaan narkoba media
pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dengan menggunakan Kwartet
sebagai alat pembelajaran dimana pesan pada Kwartet berisikan Dampak penggunaan narkoba bagi
kesehatan manusia
D. Pesan yang Terkandung
Dengan
permainan “Permainan Kwartet Dampak penggunaan narkoba ” ini
diharapkan akan mempermudah dan meningkatkan minat siswa untuk mempelajari Dampak penggunaan narkoba sehingga
mereka mempunyai [engetahuan dasar sehingga tidak coba-coba menggunakan narkoba
D. Rancangan Pembuatan Media
1.
Membuat kartu pesan yang berisi pernyataan-pernyataan
tentang gejala-gejala
pengguna narkoba dan akibat yang ditimbulkan baik secara fisik maupun psikis
2. Bahan
yang dibutuhkan Kertas Manila.
E. Kronologi
Penggunaan Media
1.
Kelas
dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan rombongan belajar.
2.
Setiap Kelompok
Terdiri dari 4 siswa
3.
Kartu dikocok
terlebih dahulu sebelum dibagikan ke anggota kelompok
4.
Setiap siswa
mendapat 4 kartu (sisa kartu ditaruh di bawah)
5.
Untuk menetapkan
giliran dengan hompimpa dan suit
6.
Kartu yang
dipunyai adalah yang bercetak tebal/
huruf berwarna merah untuk melengkapi grup kartu meminta yang bercetak
tipis pada temannya
7.
Cara meminta dengan membaca mulai dari kalimat diatas
kemudian yang kalimat yang bercetak tipis dibawah.
8.
Cara memberikan
kepada teman dibaca dalam hati kalimat diatas serta kalimat yang
bercetak tipis apakah sesuia dengan permintaan teman.
9.
Jika meminta pada teman yang ditunjuk kartu yang
diinginkan dapat maka mendapat
kesempatan meminta lagi pada teman yang lain satu kali.
10
ika meminta pada teman yang ditunjuk kartu yang
diinginkan tidak dapat maka
mengambil satu kali dari kartu sisa. Permainan selesai apabila kartu habis.
11. Seluruh anggota kelompok berdiri
dan bersama-sama berkata ”SMPN 22 BEBAS NARKOBA” agar diketahui
posisi kelompok dibanding kelompok yang lain dalam
menyelesaikan seluruh kartu.
12. Setiap siswa
menulis kesimpulan dari masing-masing pesan yang telah dikumpulkan
13. Guru mengawasi jalannya masing-masing kelompok dalam
permainan dan memberikan nilai berdasarkan keaktifan siswa
14. Siswa mengumpulkan hasil kesimpulan pesan yang
dikumpulkan untuk diberi nilai oleh guru
15. Guru Mengobservasi jalannya permainan
Kwartet dalam keaktifan siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar