Rabu, 11 Oktober 2023

"Pengaruh Iklim dan Cuaca dalam Kehidupan Manusia",

 




       KOMPAS.com - Iklim dan cuaca merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Iklim dan cuaca sangat melekat dengan aktivitas makhluk hidup. Tiap harinya, kegiatan manusia dipengaruhi iklim dan cuaca. Keduanya juga memengaruhi aktivitas perekonomian masyarakat. Berikut beberapa pengaruh iklim dan cuaca dalam kehidupan manusia:

       Pengaruh iklim dan cuaca di bidang pertanian Di bidang pertanian, iklim dan cuaca sangat berpengaruh terhadap: Pertumbuhan tanaman Produksi tanaman pangan Perencanaan dalam penentuan pola tanam tumbuhan tertentu Penentu jenis tumbuhan yang akan ditanam. Baca juga: Musim, Iklim, dan Cuaca di Indonesia

       Pengaruh iklim dan cuaca di bidang perhubungan Unsur-unsur iklim, seperti curah hujan, kabut, angin dan sebagainya sering menghambat lalu lintas darat, termasuk mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Data klimatologi juga banyak diperlukan dalam pelayaran, misalnya angin kencang yang dapat menimbulkan gelombang laut, terlebih lagi jika ada siklon tropis yang dapat membahayakan pelayaran. Dalam penerbangan, cuaca buruk merupakan masalah yang sangat membahayakan manusia. Unsur cuaca, seperti turbulensi, awan, kabut, angin dan sebagainya merupakan faktor penentu dalam penerbangan.

       Pengaruh iklim dan cuaca di bidang industri Iklim dan cuaca sangat memengaruhi perawatan mesin industri. Tingkat kelembapan udara dan curah hujan dapat menimbulkan kerusakan, seperti berkaratnya bagian tertentu dari mesin industri.

Pengaruh iklim dan cuaca di bidang kesehatan Iklim dan cuaca dapat berpengaruh positif juga negatif bagi kesehatan manusia. Di Indonesia, masa pancaroba ditandai dengan banyaknya penyakit. Panas dan debu yang beterbangan pada masa tersebut sering mendatangkan penyakit, misal sakit mata, radang tenggorokan, influenza, demam, dan lain-lain.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengaruh Iklim dan Cuaca dalam Kehidupan Manusia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2022/10/04/080000769/pengaruh-iklim-dan-cuaca-dalam-kehidupan-manusia       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar