Minggu, 20 November 2016

RPP Lesson study pertemuan 2 [ Arti Penting Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara]





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Satuan Pendidikan       :     SMP
Mata Pelajaran             :     Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas / Semester           :     IX (Sembilan ) / 1 (Satu)
Materi Pokok               :     Kepatuhan Terhadap Hukum
   Sub pokok bahasan      :    Arti Penting Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara
Alokasi Waktu              :    1 X Pertemuan ( 3 Jam Pelajaran )

A.          Kompetensi Inti (KI)
                                          1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
                                          2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif        dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
                                          3.         Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan  procedural     berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
                                          4.         Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.           Kompetensi Dasar (KD)
1.1  Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia    dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana
      perwujudan keadilan dan kedamaian
3.3 Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakatdan bernegara
4.3 Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat   
      dan bernegara
4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaran yang   
      mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional

C. Indikator
1.1.1 Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaran kepatuhan terhadap   
         hukum;
1.1.2 Menunjukkan sikap bersyukur dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum;
2.3.1 Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum
2.3.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum
2.3.3 Menunjukkan sikap percaya diri dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum
3.3.2 Mendeskripsikan Indonesia sebagai negara hukum
4.3.1 Menyusun laporan hasil telaah tentang aturan hukum yang berlakudalam kehidupan 
         bermasyarakat dan bernegara
4.3.2 Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan  
         bermasyarakat dan bernegara
4.8.3 Menyajikan praktik kewarganegaraan dalam mewujudkan peraturan hokum

D. Materi Pembelajaran  :
     a) hukum yang berlaku dalam kehidupan   bermasyarakat dan bernegara






E.Kegiatan Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan








































a. Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)




















b.  Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)













c. Data collection (Pengumpulan Data)









e.  Verification (Pembuktian]








f.Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

Kegiatan Pendahuluan
a.         Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran
b.        Menanyakan kehadiran peserta didik,
c.         Melakukan apersepsi dengan tanya-jawab   mengenai penggolongan hukum.
a.         Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
b.        Guru membimbing peserta didik melalui   tanya-jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
d.        Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
e.         Guru menjelaskan teknik dan bentuk penilaian pembelajaran yang akan dilakukan.


kegiatan Pembelajaran
-     Mengamati :
a. Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok beranggotakan 3-5 orang.
b. Peserta didik diminta untuk mengamati Gambar
                 
 
c. Guru mengamati dan mencatat berbagai hal yang ditemukan siswa dan memberikan dorongan  pada siswa untuk menemukan apa maksud dari gambar diatas.

-Menanya :
a. Setelah mengamati gambar atau tayangan yang disampaikan oleh guru, peserta didik dalam kelompok dibimbing oleh guru untuk menyusun pertanyaan sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu  hukum yang berlaku dalam kehidupan   bermasyarakat dan bernegara

b. Guru memberikan motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu  hukum yang berlaku dalam kehidupan   bermasyarakat dan bernegara
.
c. Guru mengamati keterampilan peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok dalam menyusun pertanyaan. pertanyaan.

Mengumpulkan informasi/mencoba:

a. Untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun, peserta didik diminta untuk membaca uraian materi di buku PPKn Kelas IX Bab 3 bagian B, tentang fungsi hukum bagi masyarakat dan negara
b. Peserta didik secara kelompok juga mencari informasi sesuai Tugas Mandiri di buku siswa yang dimiliki oleh siswa atau bisa pinjam literatur lain di perpustakaan

-     Menalar/mengasosiasi :
a. Peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti mengapa dalam kehidupan kita sering terjadi pelanggaran hukum?
b.Peserta didik secara kelompok 
menyimpulkan tentang fungsi hukum bagi masyarakat dan negara

-     Mengomunikasikan :
a. Peserta didik mengerjakan Tugas pada lembar 2
b. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas secara bergiliran
c. Guru memberikan konfirmasi terhadap  jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila   jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.


Kegiatan Inti **)













Kegiatan Penutup

Kegiatan Penutup
a.    Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya-jawab secara klasikal.
b.    Bersama-sama melakukan refleksi atas manfaat pembelajaran yang telah
dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakuka berkaitan dengan
materi penggolongan hukum.                  

Guru meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.

Berikan beberapa contoh fungsi hukum bagi masyarkat dan negara dalam kehidupan sehari-hari. Sebtkan minimal 5 contoh fungsi hukum

c. Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran dan hasil laporan individu.
d. Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya dan menugaskan
     peserta didik untuk mempelajari buku PPKn Kelas IX Bab 3 bagian C























E.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.            Teknik Penilaian
1.      Sikap Spiritual
1.      Teknik Penilaian       :    Observasi (oleh Guru)
2.      Bentuk Instrumen    :    Lembar Observasi (Lampiran 1)
3.      Kisi-kisi                    :
NO
Nama
SIKAP /NILAI
Perilaku beriman
Perilaku bertaqwa
Menunjukkan rasa syukur
1




2




3






2.      Sikap Sosial
1.      Teknik Penilaian       :    Penilaian diri
2.      Bentuk Instrumen    :    Lembar Observasi (Lampiran 2, 3 dan 4)
3.      Kisi-kisi                    :
NO
Nama
SIKAP /NILAI
Kedisiplinan
Toleransi
Jurnal
1




2




3





3.      Pengetahuan
1.      Teknik penilaian       :    Tes Tulis
2.      Bentuk Instrumen    :    Uraian
3.      Kisi-kisi                    :

NO
INDIKATOR
BUTIR INSTRUMEN
1
Siswa dapat menyebutkan minimal 5 contoh fungsi hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Sebutkan minimal 5 contoh fungsi hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

Kunci Jawaban :
1.    Lihatlah negara-negara yang tengah dilanda perang. Perang  merupakan salah satu kondisi di mana kepastian hukum telah hancur pada tingkat yang paling rendah. Semua orang dapat bertindak sesuka hatinya, berlaku hukum rimba. Siapa yang kuat akan menguasai yang lemah.
2.    Dengan adanya hukum, orang tidak akan sesuka hati melanggar hak orang lain.
3.    Masyarakat akan tertib dan teratur apabila terdapat hukum dalam masyarakat yang ditaati oleh warganya. Akan sulit dibayangkan, masyarakat tanpa hukum maka yang terjadi adalah ketidaktertiban dan kehancuran

4.      Keterampilan
1.      Teknik Penilaian       :    Observasi
2.      Bentuk Instrumen    :    Lembar Observasi
3.      Kisi-kisi                    :
NO
Nama
KETERAMPILAN
Presentas
Display
1



2



3




F.     MEDIA  PEMBELAJARAN

1.      Media
Ø  Lembar Kerja 1 sampai 5
2.      Alat dan Bahan
Ø LCD
Ø Media Informasi / Mading
Ø Kertas HVS warna
1.      Sumber Belajar
Ø  Buku siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.

Mengetahui,                                                                               Malang, 27 Juli  2016
Kepala SMPN 22 Malang                                                         Guru PKn Kelas VIII,




Anny Yulistyowati .S.Pd. MM                                                  Drs. Sumarno
NIP. 19620713 198112 2 001                                                   NIP.19660308 200501 1 006



Lampiran 1
LEMBAR KERJA SISWA
1.      Amati gambar dibawah ini [ LEMBAR 1]
Text Box: Kelompok /Kls   :

Nama    1. ........................................
2. ........................................ 
3. ........................................ 
4. ........................................
2.      Dari gambar diatas peristiwa apa yang dapat kamu sampaikan ?
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Dari peristiwa tersebut buat minimal 2 pertanyaan bila dikaitkan dengan fungsi hukum bagi masyarakat.
1)      ..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2)      ..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4.      Dari hasil diskusi dengan teman mu, kesimpulan apa yang dapat kamu tangkap berkaitan dengan fungsi hukum  bagi masyarakat. [ LEMBAR 2 ]
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.      Presentasikan hasil  diskusi kelompokmu didepan kelas


6.      Evaluasi  [LEMBAR 3]
Berikan beberapa contoh fungsi hukum bagi masyarkat dan negara dalam kehidupan sehari-hari. Sebtkan minimal 5 contoh fungsi hukum
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Text Box: Kls   :

Nama    1. ........................................
  

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar