Kamis, 31 Januari 2019

Program sejuta biopori di SMPN 22 Malang Menyambut green school Festival




Dalam rangka menyambut Gren school Festival dan menanamkan pendidikan karakter cinta lingkungan SMPN 22 Malang melanjutkan program yang telah berhasil dilaksanakan tahun kemarin yaitu program seribu biopori keberhasilan program seribu biopori  ini tidak terlepas dengan semangat seluruh warga sekolah dan keterlibatan seluruh wali siswa. Tindak lanjut dari keberhasilan ini maka SMPN 22 Malang menapak pada program selanjutnya dengan program sejuta biopori. Apa itu program sejuta biopori ?
Biopori adalah
Cara membuat biopori
Alat yang dibutuhkan
Program sejuta biopori adalah menjadikan seluruh warga sekolah menjadi penggerak pembuat biopori diwilayah masing, baik itu dilingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat, dengan jumlah siswa yang tidak sedikit begitu pula dengan bapak ibu guru, staf karyawan maupun keterlibatan secara aktif komite sekolah program sejuta biopori bukan suatu program yang mustahil untuk dapat dilaksanakan. Bila mengacu pada program seribu biopori yang telah sukses dilaksanakan dimana setiap siswa wajib membuat 2 biopori di lingkungan rumah masing-masing, yang dibuktikan dengan foto kegiatan pembuatan biopori yang melibatkan seluruh anggota keluarga baik bapak, ibu maupun anggota keluarga lain sehingga bisa terpenuhi lebih dari seribu biopori.
Untuk program sejuta biopori kali ini, siswa bukan hanya melibatkan keluarga tetapi juga harus melibatkan tetangga kanan kiri bahkan lebih luas lagi sampai keseluruh wilayah lingkungan RT maupun RW.
Cara kerja program sejuta biopori, sejuta adalah bilangan nominal jumlah  biopori yang diharpkan dapat terpenuhi, dengan cara membentuk kelompok siswa dan paguyuban wali siswa berdasarkan tempat tinggal per RT maupun RW, melaksanakan pelatihan pembuatan biopori  di sekolah yang nantinya bisa diajarkan diwilayah masing-masing, setiap kelompok wilayah mendapatkan pinjaman 2 alat biopori sedangkan bahan disediakan secara mandiri oleh wilayah masing-masing. Masing-masing kelompok menghitung dan mendokumentasikan mulai dari pembuatan sampai jadi. Dalam pelaksanakan program ini tidak ada target waktu yang ditentukan, namun setiap kelompok mempunyai kewajiban utama untuk menyampaikan manfaat dan fungsi biopori bagi kelestarian air dilingkungan masing-masing. Semoga program sejuta biopori ini menjadi awal tumbuhnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup dengan ketersediaan air yang melimpah di tanah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar