Senin, 21 April 2025

RPP ADIWIYATA PKn Kelas 7 Konservasi energi ( Jejak Karbon disekolah kita)

 

 

Modul belajar

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

NURUL

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/VII/D

Bidang studi

PKn

Tema

Pelaksanaan Norma dalam Kehidupan Sehari-hari

Submateri

Norma dalam Mengurangi Jejak Karbon di Lingkungan Sekolah

Alokasi Waktu

2 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Profil Pelajar Pancasila

 

Dimensi         : Bernalar ritis

Elemen          :

1)      Memperoleh  dan  memproses  informasi  dan gagasan

2)      Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

3)      Mengevaluasi pemikiran sendiri

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

2)      Peserta  didik  mampu  mengambil  keputusan dan kesimpulan terhadap suatu masalah secara kritis

Dimensi         : Kreatif

Elemen          :

1)      Menghasilkan gagasan yang orisinil

2)      Menghasilkan    karya    dan    tindakan    yang orisinil

3)      Memiliki  keluwesan  berpikir dalam  mencari alternatif solusi permasalahan

Indikator di akhir fase

1)      Peserta  didik  mampu  menghasilkan  gagasan atau ide yang orisinil

        2)       Peserta didik mampu mencari alternatif solusi permasalahan yang dihadapi

Pemahaman Kontekstual

  • Materi pelaksanaan norma dalam kehidupan sehari-hari menjadi sangat bermakna ketika dikaitkan langsung dengan kegiatan Adiwiyata di sekolah. Siswa tidak hanya memahami norma sebagai aturan tertulis, tetapi sebagai pedoman bertindak dalam kehidupan nyata.
  • Kegiatan menjaga kebersihan lingkungan sekolah, membuang sampah pada tempatnya, menata tanaman di taman sekolah, hingga mengikuti piket kelas secara tertib adalah contoh konkret pelaksanaan norma. Melalui kegiatan ini, siswa belajar bahwa norma tidak hanya membentuk karakter pribadi, tetapi juga menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, sehat, dan lestari.
  • Dengan memahami bahwa menjaga lingkungan adalah bagian dari pelaksanaan norma tanggung jawab, norma kesopanan, dan norma sosial, siswa terdorong untuk aktif berkontribusi dalam program Adiwiyata yang bertujuan mewujudkan sekolah ramah lingkungan.

Keterampilan yang Dikembangkan

  • Melalui pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), siswa dilatih untuk mengembangkan keterampilan abad 21 yang esensial, antara lain:
  • Berpikir Kritis: Siswa diajak untuk menganalisis berbagai permasalahan lingkungan yang terjadi di sekolah, seperti banyaknya sampah plastik, kurangnya tempat sampah, atau kebiasaan membuang sampah sembarangan.
  • Kolaborasi dan Komunikasi: Dalam diskusi kelompok, siswa bekerja sama untuk merumuskan solusi yang berkaitan dengan norma, seperti membuat slogan, menata jadwal piket yang adil, atau membentuk tim pengawas kebersihan kelas.
  • Kreativitas: Siswa menuangkan gagasan dalam bentuk karya seperti poster ajakan menjaga lingkungan, video pendek tentang norma, atau pojok hijau kelas.
  • Tanggung Jawab dan Aksi Nyata: Siswa tidak hanya berhenti pada ide, tetapi juga melaksanakan aksi seperti membersihkan lingkungan sekolah, menanam pohon bersama, atau mempresentasikan hasil observasi kepada warga sekolah lainnya.
  • Kegiatan pembelajaran tidak hanya selesai di dalam kelas, tetapi juga berdampak langsung pada pembentukan karakter dan perbaikan lingkungan sekolah secara nyata.
  •  

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Pendekatan dan Model Pembelajaran:

  • Pendekatan: Saintifik
  • Model: Problem-Based Learning (PBL)
  • Strategi: Diferensiasi dan Inklusi

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu memahami dan menerapkan norma-norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, sekolah, maupun lingkungan sekitar, serta menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan sebagai bagian dari warga sekolah Adiwiyata.

 

Tujuan Pembelajaran

 

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik dapat:

  1. Menjelaskan pengertian jejak karbon dan dampaknya terhadap lingkungan.
  2. Mengidentifikasi norma yang terkait dengan upaya pengurangan jejak karbon di sekolah.
  3. Menyusun rencana aksi nyata untuk mengurangi jejak karbon di lingkungan sekolah.

Pertanyaan pematik

1)     Apa jadinya jika semua siswa di sekolah tidak mematuhi aturan kebersihan?

2)     Mengapa membuang sampah sembarangan bisa dianggap sebagai pelanggaran norma?

3)     Pernahkah kamu melihat orang melanggar aturan di sekolah yang berdampak pada lingkungan? Apa yang kamu rasakan?

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

 

1. Persiapan Awal

  • Guru menyapa siswa, berdoa bersama, dan melakukan presensi.
  • Menyiapkan media tayang/video singkat tentang perubahan iklim dan jejak karbon.

2. Apersepsi

  • Guru bertanya: "Siapa yang hari ini berangkat ke sekolah naik kendaraan bermotor?"
  • Menghubungkan penggunaan kendaraan, listrik, dan plastik dengan dampaknya terhadap lingkungan.

3. Motivasi

  • Guru memutar video/menampilkan gambar tentang dampak perubahan iklim.
  • Guru berkata: “Apa yang bisa kita lakukan sebagai pelajar untuk membantu Bumi tetap sehat?”

 

KEGIATAN INTI

Langkah 1 – Orientasi terhadap Masalah

  • Guru menjelaskan konsep jejak karbon: “Jejak karbon adalah jumlah emisi karbon dioksida (CO₂) yang dihasilkan dari aktivitas manusia, seperti naik kendaraan, menyalakan AC, atau membuang sampah sembarangan.”

Langkah 2 – Pengorganisasian Belajar

  • Siswa dibagi dalam kelompok kecil.
  • Setiap kelompok diberikan tugas untuk mengidentifikasi aktivitas di sekolah yang berkontribusi pada jejak karbon.

Langkah 3 – Investigasi Mandiri/Kelompok

  • Siswa melakukan observasi di lingkungan sekolah (misalnya: kelas, kantin, taman) dan mencatat kebiasaan yang meningkatkan emisi karbon.
  • Gunakan LKPD sebagai panduan kegiatan.

Langkah 4 – Penyajian Hasil Kegiatan

  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil temuan dan solusi pengurangan jejak karbon.
  • Guru memfasilitasi diskusi dan memberi penguatan norma yang mendasari solusi mereka (norma tanggung jawab, norma sosial).

Langkah 5 – Analisis dan Evaluasi

  • Guru membimbing siswa menarik kesimpulan bahwa penerapan norma merupakan bagian dari sikap peduli lingkungan.
  • Siswa membuat slogan/poster kampanye bertema: “Kurangi Jejak Karbon, Wujudkan Sekolah Ramah Lingkungan!”

 

Penutup Pembelajaran

Refleksi

  • Guru mengajak siswa merenungkan:
    “Apakah saya sudah bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolah saya?”

Tindak Lanjut

  • Siswa diminta mencatat kebiasaan di rumah yang menghasilkan jejak karbon dan membuat alternatif pengurangan.
  • Tugas rumah: Buat jurnal harian “Jejak Karbonku” selama 3 hari.

: Refleksi

Refleksi diri:

    • Setiap siswa melakukan refleksi diri tentang pembelajaran yang telah dilakukan, seperti:
      1. Apa yang telah dipelajari?
      2. Bagaimana proses belajarnya?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?

Refleksi kelompok:

    • Setiap kelompok melakukan refleksi tentang kerja sama dan kinerja kelompok, seperti:
      1. Bagaimana kerja sama antar anggota kelompok?
      2. Apakah semua anggota kelompok berkontribusi secara aktif?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk kerja sama kelompok selanjutnya?

Evaluasi dan Alat Evaluasi

A. Bentuk Evaluasi

1.     Tes Tertulis (Pengetahuan)
Berupa pilihan ganda, isian singkat, dan uraian.

2.     Observasi Sikap (Sikap)
Mengamati sikap siswa selama kegiatan diskusi dan pengamatan lingkungan.

3.     Penilaian Proyek (Keterampilan)
Menilai hasil karya siswa seperti poster, slogan, atau laporan observasi jejak karbon.

 

 B. Alat Evaluasi (Contoh Soal)

1. Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.     Jejak karbon adalah ...
a. Jejak kaki di tanah
b. Jumlah emisi karbon dioksida dari aktivitas manusia
c. Kegiatan menanam pohon
d. Sampah organik yang dibakar

2.     Contoh kegiatan yang meningkatkan jejak karbon adalah ...
a. Berjalan kaki ke sekolah
b. Menyalakan lampu sepanjang hari tanpa henti
c. Menanam tanaman
d. Menggunakan botol minum isi ulang

3.     Norma yang mendorong kita untuk hemat energi disebut ...
a. Norma agama
b. Norma kesopanan
c. Norma tanggung jawab
d. Norma adat


2. Isian Singkat

1.     Salah satu cara mengurangi jejak karbon di sekolah adalah ........................................

2.     Norma adalah aturan yang .........................................................


3. Uraian

1.     Jelaskan kaitan antara norma tanggung jawab dan kebiasaan hemat listrik!

2.     Berikan 3 contoh kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi jejak karbon di lingkungan sekolah!


 C. Rubrik Penilaian Keterampilan (Poster/Slogan/Kampanye)

Aspek

Skor 4 (Sangat Baik)

Skor 3 (Baik)

Skor 2 (Cukup)

Skor 1 (Kurang)

Isi & Relevansi

Sangat sesuai dengan tema jejak karbon dan norma

Sesuai, tapi kurang lengkap

Agak sesuai

Tidak relevan

Kreativitas & Estetika

Sangat menarik dan rapi

Menarik

Kurang rapi

Tidak menarik

Pesan & Ajakan

Pesan kuat dan mudah dipahami

Pesan cukup jelas

Pesan kurang jelas

Tidak ada pesan


D. Observasi Sikap

Nama Siswa

Peduli Lingkungan

Kerja Sama

Tanggung Jawab

Skor (1–4)

…………

✔️/

✔️/

✔️/

………..

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs. Sumarno

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Mata Pelajaran: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester: VII / Genap
Tema               : Pelaksanaan Norma dalam Kehidupan Sehari-hari
Subtema          : Norma dalam Pengelolaan Sampah dengan Prinsip 3R
Waktu             : 2 x 40 menit


A. Judul : Mengurangi Jejak Karbon, Menjaga Lingkungan Sekolah

B. Tujuan Kegiatan

Siswa dapat mengenali aktivitas yang menghasilkan jejak karbon dan merancang solusi berdasarkan norma kehidupan sehari-hari.

C. Kegiatan

1. Identifikasi Aktivitas

Tuliskan kegiatan di sekolah yang menghasilkan jejak karbon!

Aktivitas

Kontribusi terhadap Jejak Karbon

Menyalakan lampu terus-menerus

……………………………………

Naik motor ke sekolah

……………………………………

Beli minuman dengan plastik

……………………………………

 

2. Penerapan Norma

Kaitkan setiap aktivitas di atas dengan norma yang relevan!

Aktivitas

Norma yang Berlaku (Tanggung jawab, sosial, agama)

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

 

3. Solusi & Aksi

Tuliskan 3 solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi jejak karbon di sekolah.

  1. ……………………………………………………………………………………
  2. ……………………………………………………………………………………
  3. ……………………………………………………………………………………

4. Kampanye Mini

1.     Buat slogan singkat:

Slogan: “.............................................................................”

2.     Buat mindmap lingkungan sekolah berkaitan dengan jejao karbon

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar