Modul belajar
Tahun Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
NURUL |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/VII/D |
Bidang studi |
PKn |
Tema |
Pelaksanaan
Norma dalam Kehidupan Sehari-hari |
Submateri |
Norma dalam Mengurangi Jejak Karbon
di Lingkungan Sekolah |
Alokasi Waktu |
2 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil
Pelajar Pancasila Dimensi
: Bernalar
ritis Elemen : 1) Memperoleh
dan memproses informasi
dan gagasan 2) Menganalisis dan mengevaluasi penalaran 3) Mengevaluasi
pemikiran sendiri Indikator di akhir
fase 1) Peserta didik memiliki rasa ingin tahu
yang tinggi 2) Peserta didik
mampu
mengambil
keputusan
dan kesimpulan
terhadap suatu
masalah secara
kritis Dimensi
: Kreatif Elemen : 1) Menghasilkan gagasan yang orisinil 2) Menghasilkan
karya dan tindakan yang
orisinil 3) Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif
solusi permasalahan Indikator di akhir
fase 1) Peserta didik
mampu
menghasilkan gagasan atau
ide yang orisinil 2) Peserta didik mampu
mencari alternatif solusi
permasalahan yang dihadapi |
Pemahaman
Kontekstual
Keterampilan yang Dikembangkan
|
Sarana dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor,
LKPD • Lingkungan
Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud
dan sumber lain yang relevan. |
Pendekatan dan Model
Pembelajaran:
|
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta
didik mampu memahami dan menerapkan norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari, baik di rumah, sekolah, maupun lingkungan sekitar, serta
menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan sebagai
bagian dari warga sekolah Adiwiyata. |
Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran
ini, peserta didik dapat:
|
Pertanyaan pematik 1)
Apa
jadinya jika semua siswa di sekolah tidak mematuhi aturan kebersihan? 2)
Mengapa
membuang sampah sembarangan bisa dianggap sebagai pelanggaran norma? 3)
Pernahkah
kamu melihat orang melanggar aturan di sekolah yang berdampak pada
lingkungan? Apa yang kamu rasakan? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||
Pendahuluan 1. Persiapan
Awal
2.
Apersepsi
3.
Motivasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||
KEGIATAN INTI |
||||||||||||||||||||||||||||||
Langkah 1 – Orientasi terhadap
Masalah
Langkah 2 – Pengorganisasian
Belajar
Langkah 3 – Investigasi
Mandiri/Kelompok
Langkah 4 – Penyajian Hasil
Kegiatan
Langkah 5 – Analisis dan
Evaluasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup Pembelajaran Refleksi
Tindak Lanjut
|
||||||||||||||||||||||||||||||
: Refleksi Refleksi
diri:
Refleksi
kelompok:
|
||||||||||||||||||||||||||||||
Evaluasi
dan Alat Evaluasi A. Bentuk Evaluasi 1. Tes Tertulis (Pengetahuan) 2. Observasi Sikap (Sikap) 3. Penilaian Proyek (Keterampilan) B. Alat Evaluasi (Contoh Soal) 1. Pilihan Ganda Pilihlah
jawaban yang paling tepat! 1. Jejak
karbon adalah ... 2. Contoh
kegiatan yang meningkatkan jejak karbon adalah ... 3. Norma
yang mendorong kita untuk hemat energi disebut ... 2. Isian Singkat 1. Salah
satu cara mengurangi jejak karbon di sekolah adalah
........................................ 2. Norma
adalah aturan yang ......................................................... 3. Uraian 1. Jelaskan
kaitan antara norma tanggung jawab dan kebiasaan hemat listrik! 2. Berikan
3 contoh kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi jejak karbon di
lingkungan sekolah! C. Rubrik Penilaian Keterampilan
(Poster/Slogan/Kampanye)
D. Observasi Sikap
|
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru
Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Drs. Sumarno |
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Mata
Pelajaran: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester: VII / Genap
Tema : Pelaksanaan
Norma dalam Kehidupan Sehari-hari
Subtema : Norma dalam
Pengelolaan Sampah dengan Prinsip 3R
Waktu : 2 x 40 menit
A. Judul : Mengurangi Jejak Karbon, Menjaga
Lingkungan Sekolah
B. Tujuan Kegiatan
Siswa
dapat mengenali aktivitas yang menghasilkan jejak karbon dan merancang solusi
berdasarkan norma kehidupan sehari-hari.
C. Kegiatan
1. Identifikasi Aktivitas
Tuliskan
kegiatan di sekolah yang menghasilkan jejak karbon!
Aktivitas |
Kontribusi terhadap Jejak Karbon |
Menyalakan
lampu terus-menerus |
…………………………………… |
Naik
motor ke sekolah |
…………………………………… |
Beli
minuman dengan plastik |
…………………………………… |
2. Penerapan Norma
Kaitkan
setiap aktivitas di atas dengan norma yang relevan!
Aktivitas |
Norma yang Berlaku (Tanggung
jawab, sosial, agama) |
………………………………………… |
………………………………………… |
………………………………………… |
………………………………………… |
………………………………………… |
………………………………………… |
………………………………………… |
………………………………………… |
3. Solusi & Aksi
Tuliskan
3 solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi jejak karbon di sekolah.
- ……………………………………………………………………………………
- ……………………………………………………………………………………
- ……………………………………………………………………………………
4. Kampanye Mini
1. Buat
slogan singkat:
Slogan: “.............................................................................”
2. Buat
mindmap lingkungan sekolah berkaitan dengan jejao karbon
Tidak ada komentar:
Posting Komentar