Senin, 07 Juli 2025

ANALISIS ALOKASI WAKTU TAHUN PELAJARAN 2025-2026

 

PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 8 MALANG

Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang

 


ANALISIS ALOKASI WAKTU

TAHUN PELAJARAN 2025-2026

 

Mata Pelajaran    : IPS

Kelas/Semester  : IX / Ganjil

 

Fase                        : D

Alokasi Waktu      :

 

PERHITUNGAN MINGGU/JAM EFEKTIF

 

A.             PERHITUNGAN JAM EFEKTIF

I.         Jumlah Minggu :                                      II.       Jumlah Minggu Tidak Efektif :

No

Bulan

Jml. Minggu

 

Bulan

Kegiatan

Jml. Minggu

1

Juli

5

 

Juli

Kegiatan Awal Masuk Sekolah

2

2

Agustus

5

 

September

Penilaian Tengah Semester

1

3

Sepetember

4

 

Desember

Penilaian Akhir Semester

1

4

Oktober

5

 

Desember

Libur Semester

1

5

November

4

 

 

 

 

6

Desember

4

 

 

 

 

Jumlah

27

 

Jumlah

5

 

III.      Banyaknya Minggu Efektif        : 275 = 22 Minggu

IV       Banyaknya Jam Pelajaran         : 22 Minggu x 3 Jam Pelajaran = 66 Jam Pelajaran

 

B.             DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU

No

Tujuan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

1.1

Peserta didik mampu Menjelaskan dinamika perubahan sosial dan dampaknya terhadap  kehidupan masyarakat

15 JP

1.2

Peserta didik mampu Membedakan antara modernisasi dan globalisasi

1.3

Perserta didik mampu Menganalisis dinamika globalisasi dan pengaruhnya terhadap   kehidupan masyarakat

1.4

Peserta didik mampu Mengevaluasi implementasi pelestarian budaya di masyarakat

1.5

Peserta didik mampu Merancang kolaborasi upaya pewarisan kearifan lokal di era modernisasi dan globalisasi.

2

2.1

Peserta didik mampu  Menjelaskan peran uang dan lembaga keuangan di tengah kehidupan masyarakat

12 JP

2.2

Peserta didik mampu  Membedakan ciri-ciri antara interaksi masyarakat di dunia nyata

dan digital.

2.3

Peserta didik mampu  Menganalisis bentuk-bentuk kegiatan ekonomi berbasis perkembangan teknologi digital.

2.4

Peserta didik mampu  Mengevaluasi kemampuan diri sendiri dan lingkungan sekitar  dalam menerapkan kemampuan dasar literasi finansial

Jumlah Jam Cadangan

0 JP

Jumlah Alokasi Waktu

0 JP

            Banyaknya Jam Pelajaran            : 22 Minggu x 3 Jam Pelajaran = 66 Jam Pelajaran

Jumlah Jam Cadangan                   : 0 Jam Pelajaran

Jumlah Jam Pelajaran Efektif      : 66 Jam Pelajaran - 0 Jam Pelajaran

                                                           : 66 Jam Pelajaran

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 8 MALANG

Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang

 


ANALISIS ALOKASI WAKTU

TAHUN PELAJARAN 2023-2024

 

Mata Pelajaran    : IPS

Kelas/Semester  : IX/ Genap

 

Fase                        : D

Alokasi Waktu      :

 

PERHITUNGAN MINGGU/JAM EFEKTIF

 

A.        PERHITUNGAN JAM EFEKTIF

I.         Jumlah Minggu :                                      II.       Jumlah Minggu Tidak Efektif :

No

Bulan

Jml. Minggu

 

Bulan

Kegiatan

Jml. Minggu

1

Januari

4

 

Juli

Kegiatan Awal Masuk Sekolah

2

2

Februari

4

 

September

Penilaian Tengah Semester

1

3

Maret

4

 

Desember

Penilaian Akhir Semester

1

4

April

5

 

Desember

Libur Semester

1

5

Mei

4

 

 

 

 

6

Juni

5

 

 

 

 

Jumlah

26

 

Jumlah

5

 

III.      Banyaknya Minggu Efektif        : 265 = 21 Minggu

IV       Banyaknya Jam Pelajaran         : 21 Minggu x 3 Jam Pelajaran = 63 Jam Pelajaran

 

B.        DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU

No

Tujuan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

3.1

Peserta didik mampu  Menjelaskan upaya pembangunan dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat.

15 JP

3.2

Peserta didik mampu  Mendeskripsikan upaya pembangunan yang sudah dilakukan di Indonesia sejak periode awal kemerdekaan hingga saat ini.

3.3

Peserta didik mampu  Menganalisis tolok ukur pembangunan.

3.4

Peserta didik mampu  Mengevaluasi proses pembangunan yang dilakukan di lingkungan setempat.

3.5

Peserta didik mampu  Merancang kampanye dukungan terhadap pembangunan Indonesia untuk menjadi negara maju.

2

4.1

Peserta didik mampu  Menjelaskan keragaman lingkungan alam dan masyarakat di dunia

12 JP

4.2

Peserta didik mampu  Mendeskripsikan penyebab terjadinya kerja sama internasional

4.3

Peserta didik mampu  Menganalisis keterlibatan Indonesia dalam kerja sama internasional.

4.4

Peserta didik mampu  Menganalisis isu global yang berlangsung dalam konteks lokal.

4.5

Peserta didik mampu  Menjelaskan upaya pembangunan dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat.

Jumlah Jam Cadangan

0 JP

Jumlah Alokasi Waktu

0 JP

 

Banyaknya Jam Pelajaran            : 21 Minggu x 3 Jam Pelajaran = 63 Jam Pelajaran

Jumlah Jam Cadangan                   : 0 Jam Pelajaran

Jumlah Jam Pelajaran Efektif      : 63 Jam Pelajaran - 0 Jam Pelajaran

                                                           : 63 Jam Pelajaran

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar