DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 8 MALANG
Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang
ANALISIS
ALOKASI WAKTU
TAHUN
PELAJARAN 2025-2026
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : IX / Ganjil |
|
Fase : D Alokasi Waktu : |
PERHITUNGAN
MINGGU/JAM EFEKTIF
A.
PERHITUNGAN
JAM EFEKTIF
I. Jumlah
Minggu : II. Jumlah Minggu Tidak Efektif :
No |
Bulan |
Jml. Minggu |
|
Bulan |
Kegiatan |
Jml. Minggu |
1 |
Juli |
5 |
|
Juli |
Kegiatan Awal Masuk Sekolah |
2 |
2 |
Agustus |
5 |
|
September |
Penilaian Tengah Semester |
1 |
3 |
Sepetember |
4 |
|
Desember |
Penilaian Akhir Semester |
1 |
4 |
Oktober |
5 |
|
Desember |
Libur Semester |
1 |
5 |
November |
4 |
|
|
|
|
6 |
Desember |
4 |
|
|
|
|
Jumlah |
27 |
|
Jumlah |
5 |
III. Banyaknya Minggu Efektif :
27
– 5
= 22
Minggu
IV Banyaknya
Jam Pelajaran : 22 Minggu x 3 Jam Pelajaran = 66 Jam Pelajaran
B.
DISTRIBUSI
ALOKASI WAKTU
No |
Tujuan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
1.1 |
Peserta didik mampu Menjelaskan
dinamika perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat |
15 JP |
1.2 |
Peserta
didik mampu Membedakan antara modernisasi dan globalisasi |
||
1.3 |
Perserta didik mampu Menganalisis dinamika globalisasi dan
pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat |
||
1.4 |
Peserta didik mampu Mengevaluasi implementasi
pelestarian budaya di masyarakat |
||
1.5 |
Peserta didik mampu Merancang kolaborasi
upaya pewarisan kearifan lokal di era modernisasi dan globalisasi. |
||
2 |
2.1 |
Peserta didik
mampu Menjelaskan peran uang dan
lembaga keuangan di tengah kehidupan masyarakat |
12 JP |
2.2 |
Peserta didik
mampu Membedakan ciri-ciri antara
interaksi masyarakat di dunia nyata dan digital. |
||
2.3 |
Peserta didik
mampu Menganalisis bentuk-bentuk
kegiatan ekonomi berbasis perkembangan teknologi digital. |
||
2.4 |
Peserta didik
mampu Mengevaluasi kemampuan diri
sendiri dan lingkungan sekitar dalam
menerapkan kemampuan dasar literasi finansial |
||
Jumlah Jam Cadangan |
0 JP |
||
Jumlah Alokasi
Waktu |
0 JP |
Banyaknya Jam Pelajaran : 22 Minggu x 3 Jam Pelajaran = 66 Jam Pelajaran
Jumlah Jam Cadangan :
0
Jam Pelajaran
Jumlah Jam Pelajaran Efektif : 66
Jam Pelajaran - 0
Jam Pelajaran
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 8 MALANG
Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang
ANALISIS
ALOKASI WAKTU
TAHUN
PELAJARAN 2023-2024
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : IX/ Genap |
|
Fase : D Alokasi Waktu : |
PERHITUNGAN
MINGGU/JAM EFEKTIF
A. PERHITUNGAN JAM EFEKTIF
I. Jumlah
Minggu : II. Jumlah Minggu Tidak Efektif :
No |
Bulan |
Jml. Minggu |
|
Bulan |
Kegiatan |
Jml. Minggu |
1 |
Januari |
4 |
|
Juli |
Kegiatan Awal Masuk Sekolah |
2 |
2 |
Februari |
4 |
|
September |
Penilaian Tengah Semester |
1 |
3 |
Maret |
4 |
|
Desember |
Penilaian Akhir Semester |
1 |
4 |
April |
5 |
|
Desember |
Libur Semester |
1 |
5 |
Mei |
4 |
|
|
|
|
6 |
Juni |
5 |
|
|
|
|
Jumlah |
26 |
|
Jumlah |
5 |
III. Banyaknya Minggu Efektif :
26
– 5
= 21
Minggu
IV Banyaknya
Jam Pelajaran : 21 Minggu x 3 Jam Pelajaran = 63 Jam Pelajaran
B. DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
No |
Tujuan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
3.1 |
Peserta didik
mampu Menjelaskan upaya pembangunan
dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat. |
15 JP |
3.2 |
Peserta didik mampu Mendeskripsikan upaya pembangunan yang
sudah dilakukan di Indonesia sejak periode awal kemerdekaan hingga saat ini. |
||
3.3 |
Peserta didik mampu Menganalisis
tolok ukur pembangunan. |
||
3.4 |
Peserta didik mampu Mengevaluasi proses pembangunan yang
dilakukan di lingkungan setempat. |
||
3.5 |
Peserta didik
mampu Merancang kampanye dukungan
terhadap pembangunan Indonesia untuk menjadi negara maju. |
||
2 |
4.1 |
Peserta didik
mampu Menjelaskan keragaman lingkungan
alam dan masyarakat di dunia |
12 JP |
4.2 |
Peserta didik mampu Mendeskripsikan penyebab terjadinya kerja
sama internasional |
||
4.3 |
Peserta didik
mampu Menganalisis keterlibatan
Indonesia dalam kerja sama internasional. |
||
4.4 |
Peserta didik
mampu Menganalisis isu global yang
berlangsung dalam konteks lokal. |
||
4.5 |
Peserta didik
mampu Menjelaskan upaya pembangunan
dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat. |
||
Jumlah Jam Cadangan |
0 JP |
||
Jumlah Alokasi
Waktu |
0 JP |
Banyaknya Jam Pelajaran : 21 Minggu x 3 Jam Pelajaran = 63 Jam Pelajaran
Jumlah Jam Cadangan :
0
Jam Pelajaran
Jumlah Jam Pelajaran Efektif : 63
Jam Pelajaran - 0
Jam Pelajaran
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar