DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 8 MALANG
Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang
PEMETAAN
KOMPETENSI DAN TEKNIK PENILAIAN
TAHUN
PELAJARAN 2024-2025
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : IX/ Ganjil |
|
Fase : D Alokasi Waktu : |
A. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada
fese ini, peserta didik mampu:
Peserta didik memahami
keberagaman
kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas
manusia terhadap perubahan
iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan
pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana
untuk
menunjang
sustainable development
goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional,
dan global.
Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam
memenuhi kebutuhannya
melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan
internasional, peran
masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan
ekonomi di era digital,
serta
potensi Indonesia menjadi
negara maju.
Peserta
didik memahami
proses
interaksi sosial,
lembaga sosial, dinamika
sosial dan
perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan.
Peserta
didik mengenali
konsep
dasar ilmu sejarah yaitu
manusia,
ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan antara masa
lampau, masa kini, dan
masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa
Indonesia dan jalur rempah nusantara.
B. ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Pemahaman
Konsep |
Peserta didik memahami keberagaman kondisi
geografis
Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana
alam. Peserta didik memahami dampak perubahan
iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta
merefleksikan
pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana
untuk menunjang sustainable development goals (SDGs)
dalam konteks lokal, regional,
dan global. Peserta didik memahami upaya masyarakat
dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan
internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi
di era digital, serta potensi Indonesia menjadi
negara maju. Peserta didik memahami
proses interaksi
sosial, lembaga sosial, dinamika sosial
dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk
untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan. Peserta didik mengenali
konsep dasar ilmu
sejarah yaitu manusia, ruang,
waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan
datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara. |
Keterampilan
Proses |
Pada akhir fase ini, Peserta didik menerapkan pemahaman konsep melalui pendekatan
keterampilan proses dengan cara · mengamati fenomena dan peristiwa secara sistematis dengan menggunakan pancaindra
serta menemukan persamaan dan perbedaannya; · menanya dengan panduan guru, peserta didik mengajukan pertanyaan untuk
menggali dan klarifikasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan
memprediksinya; · mengumpulkan informasi secara berkolaborasi, merencanakan dan melakukan
penyelidikan, mengumpulkan informasi dengan sumber primer, dan
mendokumentasikannya; ·
berkolaborasi, mengolah informasi yang
relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu; ·
mengevaluasi dan refleksi serta melakukan
perbaikan untuk menarik simpulan hasil penyelidikan dengan tepat; ·
mengomunikasikan dan menyajikan hasil
penyelidikan dengan menggunakan media informasi yang
tepat; dan menyusun rencana
tidak lanjut dari hasil
penyelidikan yang telah dihasilkan secara kolaboratif. |
No. |
Tujuan
Pembelajaran |
Indikator
Ketercapaian Tujuan Kompetensi (IKTP) |
Kriteria Ketuntasan |
Teknik
Penilaian |
|||||
Tes |
Perf |
Prod |
Proy |
Port |
|||||
1 |
1.1 |
Peserta didik
mampu Menjelaskan
dinamika perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat |
Menjelaskan dinamika perubahan sosial dan
dampaknya terhadap kehidupan
masyarakat. |
|
|
|
|
|
|
1.2 |
Peserta
didik mampu Membedakan antara modernisasi dan
globalisasi |
Membedakan antara modernisasi dan
globalisasi. |
|
|
|
|
|
|
|
1.3 |
Perserta didik mampu Menganalisis
dinamika globalisasi dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat |
Menganalisis dinamika globalisasi dan
pengaruhnya terhadap kehidupan
masyarakat. |
|
|
|
|
|
|
|
1.4 |
Peserta didik mampu Mengevaluasi
implementasi pelestarian budaya di masyarakat |
Mengevaluasi implementasi pelestarian
budaya di masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
1.5 |
Peserta didik mampu Merancang kolaborasi
upaya pewarisan kearifan lokal di era modernisasi dan globalisasi. |
Merancang kolaborasi upaya pewarisan
kearifan lokal di era modernisasi dan globalisasi. |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
2.1 |
Peserta
didik mampu Menjelaskan peran uang dan
lembaga keuangan di tengah kehidupan masyarakat |
Menjelaskan peran uang dan lembaga
keuangan di tengah kehidupan masyarakat |
|
|
|
|
|
|
2.2 |
Peserta
didik mampu Membedakan ciri-ciri
antara interaksi masyarakat di dunia nyata dan digital. |
Peserta
didik mampu Membedakan ciri-ciri
antara interaksi masyarakat di dunia nyata dan digital |
|
|
|
|
|
|
|
2.3 |
Peserta
didik mampu Menganalisis bentuk-bentuk
kegiatan ekonomi berbasis perkembangan teknologi digital. |
Menganalisis
bentuk-bentuk kegiatan ekonomi berbasis perkembangan teknologi digital. |
|
|
|
|
|
|
|
2.4 |
Peserta
didik mampu Mengevaluasi kemampuan
diri sendiri dan lingkungan sekitar dalam
menerapkan kemampuan dasar literasi finansial |
Mengevaluasi kemampuan diri sendiri dan
lingkungan sekitar dalam
menerapkan kemampuan dasar literasi finansial |
|
|
|
|
|
|
Penetapan Teknik Penilaian
Dalam memilih
teknik penilaian
mempertimbangkan cirri indikator,
contoh:
o Apabila tuntutan
indikator
melakukan sesuatu, maka teknik
penilaiannya
adalah unjuk kerja (performance).
o Apabila tuntutan
indicator berkaitan
dengan
pemahaman konsep, maka teknik
penilaiannya
adalah tertulis.
o Apabila tuntutan
indikator
memuat unsur penyelidikan, maka
teknik penilaiannya adalah
proyek
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang
Sri Nuryani M.Pd.
NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
|
|
|
PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 8 MALANG
Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang
PEMETAAN KOMPETENSI
DAN TEKNIK PENILAIAN
TAHUN
PELAJARAN 2023-2024
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : IX / Genap |
|
Fase : D Alokasi Waktu : |
A. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada
fese ini, peserta didik mampu:
Pada fese ini, peserta didik
mampu:
Peserta didik memahami
keberagaman
kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas
manusia terhadap perubahan
iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan
pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana
untuk
menunjang
sustainable development
goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional,
dan global.
Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam
memenuhi kebutuhannya
melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan
internasional, peran
masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan
ekonomi di era digital,
serta
potensi Indonesia menjadi
negara maju.
Peserta
didik memahami
proses
interaksi sosial,
lembaga sosial, dinamika
sosial dan
perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan.
Peserta
didik mengenali
konsep
dasar ilmu sejarah yaitu
manusia,
ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan antara masa
lampau, masa kini, dan
masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa
Indonesia dan jalur rempah nusantara.
B. ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Pemahaman
Konsep |
Peserta didik memahami keberagaman kondisi
geografis
Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana
alam. Peserta didik memahami dampak perubahan
iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta
merefleksikan
pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana
untuk menunjang sustainable development goals (SDGs)
dalam konteks lokal, regional,
dan global. Peserta didik memahami upaya masyarakat
dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan
internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi
di era digital, serta potensi Indonesia menjadi
negara maju. Peserta didik memahami
proses interaksi
sosial, lembaga sosial, dinamika sosial
dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk
untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan. Peserta didik mengenali
konsep dasar ilmu
sejarah yaitu manusia, ruang,
waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan
datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara. |
Keterampilan
Proses |
Pada akhir fase ini, Peserta didik menerapkan pemahaman konsep melalui pendekatan
keterampilan proses dengan cara · mengamati fenomena dan peristiwa secara sistematis dengan menggunakan pancaindra
serta menemukan persamaan dan perbedaannya; · menanya dengan panduan guru, peserta didik mengajukan pertanyaan untuk
menggali dan klarifikasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan
memprediksinya; · mengumpulkan informasi secara berkolaborasi, merencanakan dan melakukan
penyelidikan, mengumpulkan informasi dengan sumber primer, dan
mendokumentasikannya; ·
berkolaborasi, mengolah informasi yang
relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu; ·
mengevaluasi dan refleksi serta melakukan
perbaikan untuk menarik simpulan hasil penyelidikan dengan tepat; ·
mengomunikasikan dan menyajikan hasil
penyelidikan dengan menggunakan media informasi yang
tepat; dan menyusun rencana
tidak lanjut dari hasil
penyelidikan yang telah dihasilkan secara kolaboratif. |
No. |
Tujuan
Pembelajaran |
Indikator
Ketercapaian Tujuan Kompetensi (IKTP) |
Kriteria Ketuntasan |
Teknik
Penilaian |
|||||
Tes |
Perf |
Prod |
Proy |
Port |
|||||
1 |
3.1 |
Peserta
didik mampu Menjelaskan upaya pembangunan
dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat. |
Menjelaskan upaya pembangunan dan
dampaknya terhadap kehidupan masyarakat |
|
|
|
|
|
|
3.2 |
Peserta didik mampu Mendeskripsikan upaya pembangunan yang
sudah dilakukan di Indonesia sejak periode awal kemerdekaan hingga saat ini. |
Mendeskripsikan upaya pembangunan yang
sudah dilakukan di Indonesia sejak periode awal kemerdekaan hingga saat ini. |
|
|
|
|
|
|
|
3.3 |
Peserta didik mampu Menganalisis tolok ukur pembangunan. |
Menganalisis tolok ukur pembangunan |
|
|
|
|
|
|
|
3.4 |
Peserta didik mampu Mengevaluasi proses pembangunan yang
dilakukan di lingkungan setempat. |
Mengevaluasi proses pembangunan yang
dilakukan di lingkungan setempat |
|
|
|
|
|
|
|
3.5 |
Peserta
didik mampu Merancang kampanye
dukungan terhadap pembangunan Indonesia untuk menjadi negara maju. |
Merancang
kampanye dukungan terhadap pembangunan Indonesia untuk menjadi negara maju |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
4.1 |
Peserta
didik mampu Menjelaskan keragaman
lingkungan alam dan masyarakat di dunia |
Menjelaskan keragaman lingkungan alam dan
masyarakat di dunia |
|
|
|
|
|
|
4.2 |
Peserta didik mampu Mendeskripsikan penyebab terjadinya kerja
sama internasional |
Mendeskripsikan penyebab terjadinya kerja
sama internasional |
|
|
|
|
|
|
|
4.3 |
Peserta
didik mampu Menganalisis keterlibatan
Indonesia dalam kerja sama internasional. |
Menganalisis keterlibatan Indonesia dalam
kerja sama internasional. |
|
|
|
|
|
|
|
4.4 |
Peserta
didik mampu Menganalisis isu global
yang berlangsung dalam konteks lokal. |
Menganalisis isu global yang berlangsung |
|
|
|
|
|
|
|
2.5 |
Peserta
didik mampu Mengevaluasi pemahaman
masyarakat mengenai isu permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. |
Mengevaluasi pemahaman masyarakat
mengenai isu permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. |
|
|
|
|
|
|
Penetapan Teknik Penilaian
Dalam memilih
teknik penilaian
mempertimbangkan cirri indikator,
contoh:
o Apabila tuntutan
indikator
melakukan sesuatu, maka teknik
penilaiannya
adalah unjuk kerja (performance).
o Apabila tuntutan
indicator berkaitan
dengan
pemahaman konsep, maka teknik
penilaiannya
adalah tertulis.
o Apabila tuntutan
indikator
memuat unsur penyelidikan, maka
teknik penilaiannya adalah
proyek
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang
Sri Nuryani M.Pd.
NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar