Senin, 07 Juli 2025

PENETAPAN INDIKAOR PENCAPAIAN KOMPETENSI TAHUN PELAJARAN 2025-2026

 

PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 8 MALANG

Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang

 


PENETAPAN INDIKAOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

TAHUN PELAJARAN 2025-2026

 

Mata Pelajaran    : IPS

Kelas/Semester  : VIII / Ganjil

 

Fase                        : D

Alokasi Waktu      :

 

A.        CAPAIAN PEMBELAJARAN

           Pada fese ini, peserta didik mampu:

Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju.

Peserta didik memahami proses interaksi sosial, lembaga sosial, dinamika sosial dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan.

Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara.

B.        ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pemahaman Konsep

Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju.

Peserta didik memahami proses interaksi sosial, lembaga sosial, dinamika sosial dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan.

Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara.

 

Keterampilan Proses

Pada akhir fase ini, Peserta didik menerapkan pemahaman konsep melalui pendekatan keterampilan proses dengan cara

·       mengamati fenomena dan  peristiwa secara sistematis dengan menggunakan pancaindra serta menemukan persamaan dan perbedaannya;

·       menanya dengan panduan guru, peserta didik mengajukan pertanyaan untuk menggali dan klarifikasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan memprediksinya;

·       mengumpulkan informasi secara berkolaborasi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, mengumpulkan informasi dengan sumber primer, dan mendokumentasikannya;

·       berkolaborasi, mengolah informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu;

·       mengevaluasi dan refleksi serta melakukan perbaikan untuk menarik simpulan hasil penyelidikan dengan tepat; 

·       mengomunikasikan dan menyajikan hasil penyelidikan dengan menggunakan media  informasi yang tepat; dan

menyusun rencana tidak lanjut  dari hasil penyelidikan yang  telah dihasilkan secara kolaboratif.

 

No

Tujuan Pembelajaran

Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (IKTP)

Aspek/Ranah

Pengetahuan

(Kognitif)

Sikap

(Affective)

Ketrampilan

(Psikomotorik)

1

1.1

Peserta didik mampu Menjelaskan dinamika perubahan sosial dan dampaknya terhadap  kehidupan masyarakat

Menjelaskan dinamika perubahan sosial dan dampaknya terhadap  kehidupan masyarakat.

V

V

V

1.2

Peserta didik mampu Membedakan antara modernisasi dan globalisasi

Membedakan antara modernisasi dan globalisasi.

V

V

V

1.3

Perserta didik mampu Menganalisis dinamika globalisasi dan pengaruhnya terhadap   kehidupan masyarakat

Menganalisis dinamika globalisasi dan pengaruhnya terhadap   kehidupan masyarakat.

V

V

V

1.4

Peserta didik mampu Mengevaluasi implementasi pelestarian budaya di masyarakat

Mengevaluasi implementasi pelestarian budaya di masyarakat

V

V

V

1.5

Peserta didik mampu Merancang kolaborasi upaya pewarisan kearifan lokal di era modernisasi dan globalisasi.

Merancang kolaborasi upaya pewarisan kearifan lokal di era modernisasi dan globalisasi.

V

V

V

2

2.1

Peserta didik mampu  Menjelaskan peran uang dan lembaga keuangan di tengah kehidupan masyarakat

Menjelaskan peran uang dan lembaga keuangan di tengah kehidupan masyarakat

V

V

V

2.2

Peserta didik mampu  Membedakan ciri-ciri antara interaksi masyarakat di dunia nyata

dan digital.

Peserta didik mampu  Membedakan ciri-ciri antara interaksi masyarakat di dunia nyata

dan digital

V

V

V

2.3

Peserta didik mampu  Menganalisis bentuk-bentuk kegiatan ekonomi berbasis perkembangan teknologi digital.

Menganalisis bentuk-bentuk kegiatan ekonomi berbasis

perkembangan teknologi digital.

V

V

V

2.4

Peserta didik mampu  Mengevaluasi kemampuan diri sendiri dan lingkungan sekitar  dalam menerapkan kemampuan dasar literasi finansial

Mengevaluasi kemampuan diri sendiri dan lingkungan sekitar  dalam menerapkan kemampuan dasar literasi finansial

V

V

V

 

Penetapan Teknik Penilaian

Dalam memilih teknik penilaian mempertimbangkan cirri indikator, contoh:

o  Apabila tuntutan indikator melakukan sesuatu, maka teknik penilaiannya adalah unjuk kerja (performance).

o  Apabila tuntutan indicator berkaitan dengan pemahaman konsep, maka teknik penilaiannya adalah tertulis.

o  Apabila tuntutan indikator memuat unsur penyelidikan, maka teknik penilaiannya adalah proyek

                                                                                                     

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 8 MALANG

Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang

 


PENETAPAN INDIKAOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

TAHUN PELAJARAN 2023-2024

 

Mata Pelajaran    : IPS

Kelas/Semester  : IX / Genap

 

Fase                        : D

Alokasi Waktu      :

 

A.        CAPAIAN PEMBELAJARAN

           Pada fese ini, peserta didik mampu:

Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju.

Peserta didik memahami proses interaksi sosial, lembaga sosial, dinamika sosial dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan.

Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara.

B.        ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pemahaman Konsep

Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju.

Peserta didik memahami proses interaksi sosial, lembaga sosial, dinamika sosial dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan.

Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara.

 

Keterampilan Proses

Pada akhir fase ini, Peserta didik menerapkan pemahaman konsep melalui pendekatan keterampilan proses dengan cara

·       mengamati fenomena dan  peristiwa secara sistematis dengan menggunakan pancaindra serta menemukan persamaan dan perbedaannya;

·       menanya dengan panduan guru, peserta didik mengajukan pertanyaan untuk menggali dan klarifikasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan memprediksinya;

·       mengumpulkan informasi secara berkolaborasi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, mengumpulkan informasi dengan sumber primer, dan mendokumentasikannya;

·       berkolaborasi, mengolah informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu;

·       mengevaluasi dan refleksi serta melakukan perbaikan untuk menarik simpulan hasil penyelidikan dengan tepat; 

·       mengomunikasikan dan menyajikan hasil penyelidikan dengan menggunakan media  informasi yang tepat; dan

menyusun rencana tidak lanjut  dari hasil penyelidikan yang  telah dihasilkan secara kolaboratif.

 

No

Tujuan Pembelajaran

Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (IKTP)

Aspek/Ranah

Pengetahuan

(Kognitif)

Sikap

(Affective)

Ketrampilan

(Psikomotorik)

1

3.1

Peserta didik mampu  Menjelaskan upaya pembangunan dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat.

Menjelaskan upaya pembangunan dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat

V

V

V

3.2

Peserta didik mampu  Mendeskripsikan upaya pembangunan yang sudah dilakukan di Indonesia sejak periode awal kemerdekaan hingga saat ini.

Mendeskripsikan upaya pembangunan yang sudah dilakukan di Indonesia sejak periode awal kemerdekaan hingga saat ini.

V

V

V

3.3

Peserta didik mampu  Menganalisis tolok ukur pembangunan.

Menganalisis tolok ukur pembangunan

V

V

V

3.4

Peserta didik mampu  Mengevaluasi proses pembangunan yang dilakukan di lingkungan setempat.

Mengevaluasi proses pembangunan yang dilakukan di lingkungan setempat

V

V

V

3.5

Peserta didik mampu  Merancang kampanye dukungan terhadap pembangunan Indonesia untuk menjadi negara maju.

Merancang kampanye dukungan terhadap pembangunan Indonesia untuk menjadi negara maju

V

V

V

2

4.1

Peserta didik mampu  Menjelaskan keragaman lingkungan alam dan masyarakat di dunia

Menjelaskan keragaman lingkungan alam dan masyarakat di dunia

V

V

V

4.2

Peserta didik mampu  Mendeskripsikan penyebab terjadinya kerja sama internasional

Mendeskripsikan penyebab terjadinya kerja sama internasional

V

V

V

4.3

Peserta didik mampu  Menganalisis keterlibatan Indonesia dalam kerja sama internasional.

Menganalisis keterlibatan Indonesia dalam kerja sama internasional.

V

V

V

4.4

Peserta didik mampu  Menganalisis isu global yang berlangsung dalam konteks lokal.

Menganalisis isu global yang berlangsung

V

V

V

2.5

Peserta didik mampu  Mengevaluasi pemahaman masyarakat mengenai isu permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar.

Mengevaluasi pemahaman masyarakat mengenai isu permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar.

V

V

V

 

Penetapan Teknik Penilaian

Dalam memilih teknik penilaian mempertimbangkan cirri indikator, contoh:

o  Apabila tuntutan indikator melakukan sesuatu, maka teknik penilaiannya adalah unjuk kerja (performance).

o  Apabila tuntutan indicator berkaitan dengan pemahaman konsep, maka teknik penilaiannya adalah tertulis.

o  Apabila tuntutan indikator memuat unsur penyelidikan, maka teknik penilaiannya adalah proyek

                                                                                                     

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar