Senin, 07 Juli 2025

JURNAL AGENDA GURU TAHUN PELAJARAN 2024/2025 ( IPS KELAS 9)

 

PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 8 MALANG

Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang

 

 


JURNAL AGENDA GURU

TAHUN PELAJARAN 2024/2025

 

              Buku Agenda Guru ini disisi setiap hari mengajar, bila berhalangan mengajar atau terlambat datang supaya tetap diisi, dijelaskan sebab berhalangan atau terlambat datang. Sekali sebulan Agenda Guru ini diserahkan kepada Kepala Sekolah dan ditulis tanggapan oleh Kepala Sekolah.

              Diharapkan guru yang memegang Buku Agenda Guru ini dapat kiranya sebagai pendidik yang ikut membentuk manusia profesional.

 

NO.

TANGGAL

KESAN-KESAN KEPALA SEKOLAH

PARAF

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 8 MALANG

Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang

 

 


JADWAL MENGAJAR GURU

BERLAKU MULAI TANGGAL …………….

 

JAM

KE

P U K U L

SENIN

KELAS

SELASA

KELAS

RABU

KELAS

KAMIS

KELAS

JUM’AT

KELAS

SABTU

KELAS

1.

s/d

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

6.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 8 MALANG

Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang

 

 


ABSENSI SISWA

TAHUN PELAJARAN 2023-2024

 

Kelas          : VIII (Delapan)                    Mata Pelajaran                    : IPS

NOMOR URUT

NOMOR INDUK

SISWA NASIONAL

PERTEMUAN KE

KEHADIRAN SISWA PADA KEGIATAN TATAP MUKA

 

1

 

 

2

3

 

4

5

 

6

7

 

8

9

 

10

11

 

12

13

 

14

15

 

16

17

 

18

19

 

20

21

 

22

23

 

24

 

TANGGAL PERTEMUAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NAMA SISWA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10.              

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11.              

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12.              

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13.              

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14.              

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15.              

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 8 MALANG

Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang

 

 


JURNAL MENGAJAR GURU

TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 

Mata Pelajaran

:

IPS

Fase

:

D

Kelas/Semester

:

VIII/Ganjil

Alokasi Waktu

:

 

 

Hari/

Tanggal

Jam Ke

JP

Pertemuan Ke

Tujuan Pembelajaran

IKTP

Materi Pembelajaran

PencapaianKKTP

Absensi

Keterangan

Nama

S

I

A

Juli Minggu Ke-3

 

 

 

1.1

Peserta didik mampu mendeskripsikan keragaman alam Indonesia.

·       Mendeskripsikan keragaman alam Indonesia.

·       Menganalisis pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia.

·       Merancang upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

·       Menganalisis peran lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia.

·       Menghubungkan kondisi geografis dengan kegiatan ekonomi dan kedatangan Hindu Buddha di Indonesia.

Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.2

Peserta didik mampu menganalisis pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.3

Peserta didik mampu merancang upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.4

Peserta didik mampu menganalisis peran lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.5

Peserta didik mampu menghubungkan kondisi geografis dengan kegiatan ekonomi dan kedatangan Hindu-Buddha di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1

Peserta didik mampu Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi terhadap Peserta didik mampu keragaman aktivitas ekonomi masyarakat.

·       Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi terhadap keragaman aktivitas ekonomi masyarakat.

·       Mendeskripsikan keragaman dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia.

·       Menganalisis proses interaksi masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia.

·       Merencanakan ide pengembangan sebuah usaha perdagangan dalam mendukung perdagangan antarpulau.

Kemajemukan Masyarakat Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.2

Mendeskripsikan keragaman dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.3

Peserta didik mampu Menganalisis proses interaksi masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.4

Peserta didik mampu Merencanakan ide pengembangan sebuah usaha perdagangan dalam mendukung perdagangan antarpulau.

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006


PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 8 MALANG

Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang

 

 


JURNAL MENGAJAR GURU

TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 

Mata Pelajaran

:

IPS

Fase

:

D

Kelas/Semester

:

VIII/Ganjil

Alokasi Waktu

:

 

 

Hari/

Tanggal

Jam Ke

JP

Pertemuan Ke

Tujuan Pembelajaran

IKTP

Materi Pembelajaran

PencapaianKKTP

Absensi

Keterangan

Nama

S

I

A

Januari Minggu Ke-2

 

 

 

3.1

Peserta didik mampu Mendeskripsikan hubungan kondisi geografis dengan kedatangan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia.

·    Mendeskripsikan hubungan kondisi geografis dengan kedatangan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia.

·    Menganalisis pengaruh kolonialisme dan imperialisme di Indonesia.

·    Menjelaskan proses bangsa Indonesia memperjuangkan ke merdekaan.

·    Menganalisis upaya pemerataan pembangunan ekonomi di Indonesia.

·    Merancang aktivitas penyelesaian konflik dan upaya meningkatkan integrasi sosial.

Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2

Menganalisis pengaruh kolonialisme dan imperialisme di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3

Peserta didik mampu Menjelaskan proses bangsa Indonesia memperjuangkan ke merdekaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4

Peserta didik mampu Menganalisis upaya pemerataan pembangunan ekonomi di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.5

Peserta didik mampu Merancang aktivitas penyelesaian konflik dan upaya meningkatkan integrasi sosial.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1

Peserta didik mampu Membandingkan perekonomian masayarakat pada masa awal kemerdekaan, Orde Baru, dan Reformasi.

·    Membandingkan perekonomian masayarakat pada masa awal kemerdekaan, Orde Baru, dan Reformasi.

·    Menjelaskan kerja sama ekonomi antarbangsa.

·    Menganalisis kegiatan ekspor impor dalam perekonomian inter nasional.

·    Menganalisis perkembangan penduduk Indonesia.

·    Merancang pengembangan ekonomi kreatif berbasis teknologi.

Pembangunan Perekonomian Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.2

Peserta didik mampu Menjelaskan kerja sama ekonomi antarbangsa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3

Peserta didik mampu Menganalisis kegiatan ekspor impor dalam perekonomian inter nasional.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.4

Peserta didik mampu Menganalisis perkembangan penduduk Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.5

Peserta didik mampu Merancang pengembangan ekonomi kreatif berbasis teknologi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar