Senin, 07 Juli 2025

ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN TAHUN PELAJARAN 2025-2026 ( IPS KELAS 9)

 

PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 8 MALANG

Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang

 


ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

TAHUN PELAJARAN 2025-2026

 

Mata Pelajaran    : IPS

Kelas/Semester    : IX / Ganjil

 

Fase                     : D

Alokasi Waktu     :

 

A.      CAPAIAN PEMBELAJARAN

          Pada fese ini, peserta didik mampu:

Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju.

Peserta didik memahami proses interaksi sosial, lembaga sosial, dinamika sosial dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan.

Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara.

 

B.      ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pemahaman Konsep

Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju.

Peserta didik memahami proses interaksi sosial, lembaga sosial, dinamika sosial dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan.

Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara.

 

Keterampilan Proses

Pada akhir fase ini, Peserta didik menerapkan pemahaman konsep melalui pendekatan keterampilan proses dengan cara

·       mengamati fenomena dan  peristiwa secara sistematis dengan menggunakan pancaindra serta menemukan persamaan dan perbedaannya;

·       menanya dengan panduan guru, peserta didik mengajukan pertanyaan untuk menggali dan klarifikasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan memprediksinya;

·       mengumpulkan informasi secara berkolaborasi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, mengumpulkan informasi dengan sumber primer, dan mendokumentasikannya;

·       berkolaborasi, mengolah informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu;

·       mengevaluasi dan refleksi serta melakukan perbaikan untuk menarik simpulan hasil penyelidikan dengan tepat; 

·       mengomunikasikan dan menyajikan hasil penyelidikan dengan menggunakan media  informasi yang tepat; dan

menyusun rencana tidak lanjut  dari hasil penyelidikan yang  telah dihasilkan secara kolaboratif.

 

SKL

Tujuan Pembelajaran

Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (IKTP)

Materi Pemebelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Rencana Penilaian

 

1.1

Peserta didik mampu Menjelaskan dinamika perubahan sosial dan dampaknya terhadap  kehidupan masyarakat

1)      Peserta didik mampu Menjelaskan Perubahan Sosial.

2)      Peserta didik mampu Menganalisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Perubahan Sosial

3)      Peserta didik mampu Menilai dampak positif dan negatif dari perubahan tersebut terhadap masyarakat

4)      peserta didik mampu membandingkan perubahan sosial di berbagai wilayah atau periode waktu yang berbeda

Perubahan Sosial

Pemahaman Kontekstual:

a.      Menjelaskan Perubahan Sosial.

b.   Menganalisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Perubahan Sosial.

c.   Menilai dampak positif dan negatif dari perubahan tersebut terhadap masyarakat

d.   peserta didik mampu membandingkan perubahan sosial di berbagai wilayah atau periode waktu yang berbeda 2.

 

Keterampilan Tingkat Tinggi:

Prediksi: Membuat prediksi mengenai kemungkinan perubahan sosial di masa depan berdasarkan tren yang ada

·       Sikap

·       Pengetahuan

·       Keterampilan

1.2

Peserta didik Membedakan antara modernisasi dan globalisasi

1.     Peserta didik mampu Merumuskan Istilah modernisasi dan globalisasi

2.     Peserta didik mampu membedakan modernisasi dan globalisasi

3.     Peserta didik mampu menganalisis Globalisasi mengacu pada proses peningkatan keterkaitan dan interkoneksi antar bangsa dan budaya di seluruh dunia.

4.      

Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia di Era Modernisasi

Pemahaman Kontekstual:

a.      Menjelaskan Istilah modernisasi dan globalisasi

b.     Menganalisis Modernisasi mengacu pada proses perubahan sosial yang terarah pada kemajuan di berbagai bidang,

c.     menganalisis Globalisasi mengacu pada proses peningkatan keterkaitan dan interkoneksi antar bangsa dan budaya di seluruh dunia.

d.     Berpikir global: Kemampuan untuk memahami perspektif yang berbeda dan melihat dunia secara keseluruhan

 

Keterampilan Tingkat Tinggi:

·       Kerjasama: Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dari berbagai latar belakang untuk mengatasi tantangan global.

·       Sikap

·       Pengetahuan

·       Keterampilan

1.3

Perserta didik mampu Menganalisis dinamika globalisasi dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat

1.   Peserta didik mampu menjelaskan konsep Globalisasi.

2.   Peserta didik mampu menganalisis proses peningkatan keterkaitan dan interkoneksi antar bangsa dan budaya di seluruh dunia.

3.   Peserta didik mampu menjelaskan dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat

4.   Peserta didik mampu memahami  bahwa Globalisasi telah menyebarkan budaya populer dan gaya hidup dari negara-negara maju

5.   Peserta didik mampu menganalisis Kemampuan untuk memahami perspektif yang berbeda dan melihat dunia secara keseluruhan.

 

Globalisasi

Pemahaman Kontekstual:

·       Menjelaskan konsep Globalisasi.

·       menganalisis proses peningkatan keterkaitan dan interkoneksi antar bangsa dan budaya di seluruh dunia,

·       Menjelaskan dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat

·       Memahami  bahwa Globalisasi telah menyebarkan budaya populer dan gaya hidup dari negara-negara maju

 

Keterampilan Tingkat Tinggi:

·       Penelitian: Kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang globalisasi dan dampaknya.

·       Komunikasi: Kemampuan untuk menjelaskan konsep-konsep globalisasi secara efektif kepada orang lain.

·       Pemecahan masalah: Kemampuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang timbul akibat globalisasi.

·       Sikap

·       Pengetahuan

·       Keterampilan

1.4

Peserta didik mampu Mengevaluasi implementasi pelestarian budaya di masyarakat.

1.     Peserta didik mampu mendeskripsikan Budaya merupakan identitas suatu bangsa yang perlu dilestarikan.

2.     Peserta didik mampu Menganalisis Implementasi pelestarian budaya di masyarakat

3.     Peserta didik mampu Menganalisis upaya upaya dalam menanamkan kecintaan terhadap budaya kepada generasi muda.

4.     Peserta didik mampu Mendeskripsikan Kemampuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi program pelestarian budaya

5.     Peserta didik mampu Menganalisis Kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang program pelestarian budaya

Kearifan Lokal

Pemahaman Kontekstual:

·       mendeskripsikan Budaya merupakan identitas suatu bangsa yang perlu dilestarikan

·       Menganalisis Implementasi pelestarian budaya di masyarakat

·       Menganalisis upaya upaya dalam menanamkan kecintaan terhadap budaya kepada generasi muda.

·       Mendeskripsikan Kemampuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi program pelestarian budaya

·       Menganalisis Kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang program pelestarian budaya

 

Keterampilan Tingkat Tinggi:

Kerja sama: Kemampuan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak dalam proses evaluasi.

Pemecahan masalah: Kemampuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan program pelestarian budaya.

·       Sikap

·       Pengetahuan

·       Keterampilan

1.5

 

 

 

 

 

 

 

Peserta didik mampu Merancang kolaborasi upaya pewarisan kearifan lokal di era modernisasi dan globalisasi.

 

1.       Peserta didik mampu Mendeskripsikan Revolusi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan konsep dasar ilmu sejarah

2.       Peserta didik mampu Menganalisis Kearifan lokal merupakan warisan budaya yang berharga dan perlu dilestarikan di tengah arus modernisasi dan globalisasi

3.       Peserta didik mampu Mendeskripsikan Upaya pewarisan kearifan lokal memerlukan kolaborasi dari berbagai pihak

4.       Peserta didik mampu Menganalisis bahwa akademisi dapat melakukan penelitian dan pengembangan tentang kearifan lokal, serta menyebarkan pengetahuan kepada masyarakat

5.       Peserta didik mampu berkomunikasi secara efektif dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, masyarakat, akademisi, dan organisasi budaya.

6.        

Kearifan Lokal Masyarakat Nusantara

Pemahaman Kontekstual:

·       Mendeskripsikan Revolusi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan konsep dasar ilmu sejarah

·       Menganalisis Kearifan lokal merupakan warisan budaya yang berharga dan perlu dilestarikan di tengah arus modernisasi dan globalisasi

·       Mendeskripsikan Upaya pewarisan kearifan lokal memerlukan kolaborasi dari berbagai pihak

·       Menganalisis bahwa akademisi dapat melakukan penelitian dan pengembangan tentang kearifan lokal, serta menyebarkan pengetahuan kepada masyarakat

·       berkomunikasi secara efektif dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, masyarakat, akademisi, dan organisasi budaya

 

Keterampilan Tingkat Tinggi:

Kerja sama: Kemampuan untuk membangun kerjasama dan sinergi antar pihak dalam mencapai tujuan bersama

·       Sikap

·       Pengetahuan

·       Keterampilan

 

2.1

Peserta didik mampu  Menjelaskan peran uang dan lembaga keuangan di tengah kehidupan

masyarakat.

1.       Peserta didik mampu menjelaskan Uang dan lembaga keuangan memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat modern

2.       Peserta didik mampu Menganalisis Peran Uang sebagai alat tukar, satuan hitung, dan penyimpan nilai.

3.       Peserta didik mampu Mendeskripsikan Lembaga keuangan, seperti bank, koperasi, dan asuransi

4.       Peserta didik mampu Menganalisis peran lembaga keuangan sebagai penghimpun dana masyarakat

5.       Peserta didik mampu untuk memahami konsep-konsep keuangan dasar, seperti uang, tabungan, kredit, dan investasi.

 

Uang dan Lembaga Keuangan

Pemahaman kontekstual 

1.     menjelaskan Uang dan lembaga keuangan memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat modern

2.     Menganalisis Peran Uang sebagai alat tukar, satuan hitung, dan penyimpan nilai.

3.     Mendeskripsikan Lembaga keuangan, seperti bank, koperasi, dan asuransi

4.     Menganalisis peran lembaga keuangan sebagai penghimpun dana masyarakat

5.     mampu untuk memahami konsep-konsep keuangan dasar, seperti uang, tabungan, kredit, dan investasi.

 

Keterampilan Tingkat Tinggi:

Komunikasi: Kemampuan untuk menjelaskan konsep-konsep keuangan kepada orang lain dengan cara yang mudah dipahami.

Keterampilan interpersonal: Kemampuan untuk membangun hubungan yang baik dengan lembaga keuangan dan mendapatkan layanan yang terbaik.

·       Sikap

·       Pengetahuan

·       Keterampilan

 

2.2

Peserta didik mampu  Membedakan ciri-ciri antara interaksi masyarakat di dunia nyata

dan digital.

1.     Peserta didik mampu menjelaskan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa perubahan signifikan dalam cara manusia berinteraksi

2.     Peserta didik mampu Menganalisis Ciri-ciri Interaksi di Dunia Nyata

3.     Peserta didik mampu Mendeskripsikan Ciri-ciri Interaksi di Dunia Digital

4.     Peserta didik mampu Menganalisis berinteraksi secara efektif di dunia nyata dan digital

5.     Peserta didik mampu untuk memahami penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi dengan efektif dan bertanggung jawab

Interaksi Masyarakat Abad ke-21

Pemahaman Kontekstual :

1.     menjelaskan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa perubahan signifikan dalam cara manusia berinteraksi

2.     didik mampu Menganalisis Ciri-ciri Interaksi di Dunia Nyata

3.     mampu Mendeskripsikan Ciri-ciri Interaksi di Dunia Digital

4.     mampu Menganalisis berinteraksi secara efektif di dunia nyata dan digital

5.     mampu untuk memahami penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi dengan efektif dan bertanggung jawab

 

Keterampilan Tingkat Tinggi:

  1. Berpikir kritis: Kemampuan untuk menganalisis informasi, mengevaluasi sumber, dan membuat keputusan yang tepat.
  2. Pemecahan masalah: Kemampuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan interaksi online dan offline.

 

·       Sikap

·       Pengetahuan

·       Keterampilan

 

2.3

Peserta didik mampu  Menganalisis bentuk-bentuk kegiatan ekonomi berbasis

perkembangan teknologi digital.

1.     Peserta didik mampu menjelaskan Bentuk-bentuk Kegiatan Ekonomi Berbasis Teknologi Digital

2.     Peserta didik mampu Menganalisis Berbagai platform digital dan layanan online telah mengubah cara orang berbisnis, berbelanja, dan bertransaksi.

3.     Peserta didik mampu Mendeskripsikan Kegiatan ekonomi yang dulunya hanya dilakukan secara offline kini dapat dilakukan secara online

4.     Peserta didik mampu untuk menggunakan teknologi digital dengan efektif dan efisien, termasuk internet, smartphone, dan aplikasi mobile.

 

Perkembangan Transaksi Ekonomi di Era Digital

Pemahaman kontekstual :

1.     Menjelaskan Bentuk-bentuk Kegiatan Ekonomi Berbasis Teknologi Digital

2.     Menganalisis Berbagai platform digital dan layanan online telah mengubah cara orang berbisnis, berbelanja, dan bertransaksi.

3.     Mendeskripsikan Kegiatan ekonomi yang dulunya hanya dilakukan secara offline kini dapat dilakukan secara online

4.     Mampu menggunakan teknologi digital dengan efektif dan efisien, termasuk internet, smartphone, dan aplikasi mobile.

 

Keterampilan Tingkat Tinggi:

  • Keterampilan digital: Kemampuan untuk menggunakan teknologi digital dengan efektif dan efisien, termasuk internet, smartphone, dan aplikasi mobile.
  • Keterampilan komunikasi: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan dan mitra bisnis melalui digital

 

·       Sikap

·       Pengetahuan

·       Keterampilan

 

2.4

Peserta didik mampu  Mengevaluasi kemampuan diri sendiri dan lingkungan sekitar  dalam menerapkan kemampuan dasar literasi finansial.

1.     Peserta didik mampu menjelaskan Literasi finansial

2.     Peserta didik mampu Menganalisis keuangan sendiri / individu untuk mengelola keuangan mereka secara efektif

3.     Peserta didik mampu Mendeskripsikan/ membuat keputusan keuangan yang tepat, dan mencapai tujuan keuangan mereka.

4.     Peserta didik mampu untuk menerapkan kemampuan dasar literasi finansial sangat penting untuk dirinya sendiri.

5.      

Literasi Finansial

Pemahaman kontekstual :

1.     menjelaskan Literasi finansial

2.     Menganalisis keuangan sendiri / individu untuk mengelola keuangan mereka secara efektif

3.     Mendeskripsikan/ membuat keputusan keuangan yang tepat, dan mencapai tujuan keuangan mereka.

4.     menerapkan kemampuan dasar literasi finansial sangat penting untuk dirinya sendiri.

Keterampilan Tingkat Tinggi:

  • Keterampilan berpikir kritis: Kemampuan untuk menganalisis informasi keuangan, mengidentifikasi risiko dan peluang, dan membuat keputusan yang informed.
  • Keterampilan komunikasi: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif tentang keuangan dengan diri sendiri, orang lain, dan institusi keuangan.

 

·       Sikap

·       Pengetahuan

·       Keterampilan

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Malang,   1 Juli 2025

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 


 

PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 8 MALANG

Alamat : Jl. Arjuna 19 Malang

 


ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

TAHUN PELAJARAN 2025-2026

 

Mata Pelajaran    : IPS

Kelas/Semester    : VII / Genap

 

Fase                     : D

Alokasi Waktu     :

 

A.      CAPAIAN PEMBELAJARAN

          Pada fese ini, peserta didik mampu:

§    Memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan. Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif. Peserta didik mampu memahami dan menerapkan materi pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses dalam belajarnya, yaitu mengamati, menanya dengan rumus 5W 1H. Kemudian mampu memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan jawaban-jawaban yang ditemukan. Peserta didik juga mampu mengumpulkan informasi melalui studi pustaka, studi dokumen, lapangan, wawancara, observasi, kuesioner, dan teknik pengumpulan informasi lainnya. Merencanakan dan mengembangkan penyelidikan. Peserta didik mengorganisasikan informasi dengan memilih, mengolah dan menganalisis informasi yang diperoleh. Proses analisis informasi dilakukan dengan cara verifikasi, interpretasi, dan triangulasi informasi. Peserta didik menarik kesimpulan, menjawab, mengukur dan mendeskripsikan serta menjelaskan permasalahan yang ada dengan memenuhi prosedur dan tahapan yang ditetapkan. Peserta didik mengungkapkan seluruh hasil tahapan di atas secara lisan dan tulisan dalam bentuk media digital dan non-digital. Peserta didik lalu mengomunikasikan hasil temuannya dengan mempublikasikan hasil laporan dalam bentuk presentasi digital dan atau non digital, dan sebagainya. Selain itu peserta didik mampu mengevaluasi pengalaman belajar yang telah dilalui dan diharapkan dapat merencanakan proyek lanjutan dengan melibatkan lintas mata pelajaran secara kolaboratif.

 

B.      ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pemahaman Konsep

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan. Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif.

Keterampilan Proses

Pada akhir fase ini, Peserta didik mampu memahami dan menerapkan materi pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses dalam belajarnya, yaitu mengamati, menanya dengan rumus 5W 1H. Kemudian mampu memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan jawaban-jawaban yang ditemukan. Peserta didik juga mampu mengumpulkan informasi melalui studi pustaka, studi dokumen, lapangan, wawancara, observasi, kuesioner, dan teknik pengumpulan informasi lainnya. merencanakan dan mengembangkan penyelidikan. Peserta didik mengorganisasikan informasi dengan memilih, mengolah dan menganalisis informasi yang diperoleh. Proses analisis informasi dilakukan dengan cara verifikasi, interpretasi, dan triangulasi informasi. Peserta didik menarik kesimpulan, menjawab, mengukur dan mendeskripsikan serta menjelaskan permasalahan yang ada dengan memenuhi prosedur dan tahapan yang ditetapkan. Peserta didik mengungkapkan seluruh hasil tahapan di atas secara lisan dan tulisan dalam bentuk media digital dan non-digital. Peserta didik lalu mengomunikasikan hasil temuannya dengan mempublikasikan hasil laporan dalam bentuk presentasi digital dan atau non digital, dan sebagainya. Selain itu peserta didik mampu mengevaluasi pengalaman belajar yang telah dilalui dan diharapkan dapat merencanakan proyek lanjutan dengan melibatkan lintas mata pelajaran secara kolaboratif.

 

SKL

Tujuan Pembelajaran

Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (IKTP)

Materi Pemebelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Rencana Penilaian

 

3.1

Peserta didik mampu Mendeskripsikan hubungan kondisi geografis dengan kedatangan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia.

Mendeskripsikan hubungan kondisi geografis dengan kedatangan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia.

Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa

 

·       Kondisi geografis dan penjelajahan samudera (1 Pertemuan)

·       Kehidupan Masa Kolonialisme dan Imperialisme (4 Pertemuan)

·       Perubahan masyarakat akibat Kolonialisme dan Imperialisme (1 Pertemuan)

·       Proses pergerakan kemerdekaan (3 Pertemuan)

·       Kemerdekaan Indonesia (2 Pertemuan)

·       Kondisi Geografis dan Pemerataan Ekonomi (1 Pertemuan)

·       Lembaga Keuangan untuk Kesejahteraan Rakyat (2 Pertemuan)

·       Manfaat Lembaga Keuangan (1 Pertemuan)

·       Terjadinya konflik sosial (1 Pertemuan)

·       Dampak dan penanganan Konflik Sosial (2 Pertemuan)

·       Integrasi sosial (2 Pertemuan)

·       Sikap

·       Pengetahuan

·       Keterampilan

3.2

Menganalisis pengaruh kolonialisme dan imperialisme di Indonesia.

Menganalisis pengaruh kolonialisme dan imperialisme di Indonesia.

3.3

Peserta didik mampu Menjelaskan proses bangsa Indonesia memperjuangkan ke merdekaan.

Menjelaskan proses bangsa Indonesia memperjuangkan ke merdekaan.

3.4

Peserta didik mampu Menganalisis upaya pemerataan pembangunan ekonomi di Indonesia.

Menganalisis upaya pemerataan pembangunan ekonomi di Indonesia.

3.5

Peserta didik mampu Merancang aktivitas penyelesaian konflik dan upaya meningkatkan integrasi sosial.

Merancang aktivitas penyelesaian konflik dan upaya meningkatkan integrasi sosial.

 

4.1

Peserta didik mampu Membandingkan perekonomian masayarakat pada masa awal kemerdekaan, Orde Baru, dan Reformasi.

Membandingkan perekonomian masayarakat pada masa awal kemerdekaan, Orde Baru, dan Reformasi.

Pembangunan Perekonomian Indonesia

·       Kehidupan Ekonomi Awal Kemerdekaan (2 Pertemuan)

·       Kehidupan Ekonomi Masa Orde Baru (2 Pertemuan)

·       Kehidupan Ekonomi pada Masa Reformasi (2 Pertemuan)

·       Perdagangan Internasional (2 Pertemuan)

·       Kegiatan Ekspor dan Impor (2 Pertemuan)

·       Kerjasama Ekonomi antar Bangsa (2 Pertemuan)

·       Peran Iptek dalam Perekonomian (1 Pertemuan)

·       Dinamika Penduduk (2 Pertemuan)

·       Dampak Dinamika Penduduk (2 Pertemuan)

·       Mengatasi Masalah Dinamika Penduduk (2 Pertemuan)

·       Sikap

·       Pengetahuan

·       Keterampilan

4.2

Peserta didik mampu Menjelaskan kerja sama ekonomi antarbangsa.

Menjelaskan kerja sama ekonomi antarbangsa.

4.3

Peserta didik mampu Menganalisis kegiatan ekspor impor dalam perekonomian inter nasional.

Menganalisis kegiatan ekspor impor dalam perekonomian inter nasional.

4.4

Peserta didik mampu Menganalisis perkembangan penduduk Indonesia.

Menganalisis perkembangan penduduk Indonesia.

4.5

Peserta didik mampu Merancang pengembangan ekonomi kreatif berbasis teknologi.

Merancang pengembangan ekonomi kreatif berbasis teknologi.

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Malang,   1 Juli 2025

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar