DINAS PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 8 MALANG
Alamat : Jl. Arjuna 19
Malang
ANALISIS
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
TAHUN
PELAJARAN 2025-2026
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : IX / Ganjil |
|
Fase : D Alokasi Waktu : |
A. CAPAIAN
PEMBELAJARAN
Pada
fese ini, peserta didik mampu:
Peserta didik memahami
keberagaman
kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas
manusia terhadap perubahan
iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan
pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana
untuk
menunjang
sustainable development
goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional,
dan global.
Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam
memenuhi kebutuhannya
melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan
internasional, peran
masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan
ekonomi di era digital,
serta
potensi Indonesia menjadi
negara maju.
Peserta
didik memahami
proses
interaksi sosial,
lembaga sosial, dinamika
sosial dan
perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan.
Peserta
didik mengenali
konsep
dasar ilmu sejarah yaitu
manusia,
ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan antara masa
lampau, masa kini, dan
masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa
Indonesia dan jalur rempah nusantara.
B. ELEMEN
CAPAIAN PEMBELAJARAN
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Pemahaman Konsep |
Peserta didik memahami keberagaman kondisi
geografis
Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana
alam. Peserta didik memahami dampak perubahan
iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta
merefleksikan
pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana
untuk menunjang sustainable development goals (SDGs)
dalam konteks lokal, regional,
dan global. Peserta didik memahami upaya masyarakat
dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan
internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi
di era digital, serta potensi Indonesia menjadi
negara maju. Peserta didik memahami
proses interaksi
sosial, lembaga sosial, dinamika sosial
dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk
untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan. Peserta didik mengenali
konsep dasar ilmu
sejarah yaitu manusia, ruang,
waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan
datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara. |
Keterampilan Proses |
Pada akhir fase ini, Peserta didik menerapkan pemahaman konsep melalui
pendekatan keterampilan proses dengan cara ·
mengamati fenomena
dan peristiwa secara sistematis dengan
menggunakan pancaindra serta menemukan persamaan dan perbedaannya; ·
menanya dengan
panduan guru, peserta didik mengajukan pertanyaan untuk menggali dan
klarifikasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan memprediksinya; ·
mengumpulkan
informasi secara berkolaborasi, merencanakan dan melakukan penyelidikan,
mengumpulkan informasi dengan sumber primer, dan mendokumentasikannya; · berkolaborasi, mengolah informasi yang relevan serta
memprioritaskan beberapa gagasan tertentu; · mengevaluasi dan refleksi serta melakukan perbaikan
untuk menarik simpulan hasil penyelidikan dengan tepat; · mengomunikasikan dan menyajikan hasil penyelidikan
dengan menggunakan media informasi
yang tepat; dan menyusun
rencana tidak lanjut dari hasil
penyelidikan yang telah dihasilkan
secara kolaboratif. |
SKL |
Tujuan Pembelajaran |
Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (IKTP) |
Materi Pemebelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Rencana Penilaian |
|
|
1.1 |
Peserta didik mampu Menjelaskan dinamika perubahan sosial dan
dampaknya terhadap kehidupan masyarakat |
1) Peserta
didik mampu Menjelaskan Perubahan
Sosial. 2) Peserta didik mampu Menganalisis faktor-faktor yang
Mempengaruhi Perubahan Sosial 3) Peserta didik mampu Menilai dampak positif dan negatif dari
perubahan tersebut terhadap masyarakat 4) peserta didik
mampu membandingkan perubahan sosial di berbagai wilayah atau periode waktu
yang berbeda |
Perubahan
Sosial |
Pemahaman Kontekstual: a.
Menjelaskan Perubahan Sosial. b. Menganalisis
faktor-faktor yang Mempengaruhi Perubahan
Sosial. c. Menilai dampak positif dan
negatif dari perubahan tersebut terhadap masyarakat d. peserta didik mampu membandingkan perubahan sosial di
berbagai wilayah atau periode waktu yang berbeda 2. Keterampilan Tingkat Tinggi: Prediksi: Membuat prediksi
mengenai kemungkinan perubahan sosial
di masa depan berdasarkan tren yang ada |
·
Sikap ·
Pengetahuan ·
Keterampilan |
1.2 |
Peserta
didik Membedakan antara modernisasi dan globalisasi |
1. Peserta
didik mampu Merumuskan Istilah modernisasi dan globalisasi
2. Peserta
didik mampu membedakan
modernisasi dan globalisasi 3. Peserta didik mampu menganalisis Globalisasi
mengacu pada proses peningkatan keterkaitan dan interkoneksi
antar bangsa dan budaya di seluruh dunia. 4. |
Perubahan Sosial
Masyarakat Indonesia di Era Modernisasi |
Pemahaman Kontekstual: a.
Menjelaskan Istilah
modernisasi dan globalisasi b.
Menganalisis Modernisasi
mengacu pada proses perubahan sosial yang terarah pada kemajuan di
berbagai bidang, c. menganalisis Globalisasi mengacu pada proses peningkatan keterkaitan dan interkoneksi
antar bangsa dan budaya di seluruh dunia. d. Berpikir global:
Kemampuan untuk memahami perspektif yang berbeda dan melihat dunia secara
keseluruhan Keterampilan Tingkat Tinggi: ·
Kerjasama:
Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dari berbagai latar belakang
untuk mengatasi tantangan global. |
·
Sikap ·
Pengetahuan ·
Keterampilan |
|
1.3 |
Perserta didik mampu Menganalisis
dinamika globalisasi dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat |
1. Peserta didik
mampu menjelaskan konsep Globalisasi. 2. Peserta didik
mampu menganalisis proses peningkatan
keterkaitan dan interkoneksi antar bangsa dan budaya di seluruh
dunia. 3. Peserta didik
mampu menjelaskan dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan
masyarakat 4. Peserta didik
mampu memahami bahwa Globalisasi
telah menyebarkan budaya populer dan gaya hidup dari negara-negara maju 5. Peserta didik
mampu menganalisis Kemampuan
untuk memahami perspektif yang berbeda dan melihat dunia secara keseluruhan. |
Globalisasi |
Pemahaman Kontekstual: · Menjelaskan konsep Globalisasi. · menganalisis proses
peningkatan keterkaitan dan interkoneksi antar bangsa dan
budaya di seluruh dunia, · Menjelaskan dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan
masyarakat · Memahami bahwa Globalisasi
telah menyebarkan budaya populer dan gaya hidup dari negara-negara maju Keterampilan Tingkat Tinggi: ·
Penelitian: Kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data
tentang globalisasi dan dampaknya. ·
Komunikasi: Kemampuan untuk menjelaskan konsep-konsep globalisasi
secara efektif kepada orang lain. ·
Pemecahan masalah: Kemampuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan
masalah yang timbul akibat globalisasi. |
·
Sikap ·
Pengetahuan ·
Keterampilan |
|
1.4 |
Peserta didik mampu Mengevaluasi
implementasi pelestarian budaya di masyarakat. |
1. Peserta
didik mampu mendeskripsikan
Budaya merupakan identitas suatu
bangsa yang perlu dilestarikan. 2.
Peserta didik
mampu Menganalisis Implementasi pelestarian budaya di masyarakat 3.
Peserta didik
mampu Menganalisis
upaya upaya dalam menanamkan
kecintaan terhadap budaya kepada generasi muda. 4.
Peserta didik
mampu Mendeskripsikan
Kemampuan untuk menilai
efektivitas dan efisiensi program pelestarian budaya 5.
Peserta didik
mampu Menganalisis Kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang
program pelestarian budaya |
Kearifan
Lokal |
Pemahaman Kontekstual: ·
mendeskripsikan Budaya merupakan
identitas suatu bangsa yang perlu dilestarikan · Menganalisis
Implementasi pelestarian budaya di masyarakat · Menganalisis upaya upaya dalam menanamkan kecintaan terhadap
budaya kepada generasi muda. · Mendeskripsikan Kemampuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi program
pelestarian budaya ·
Menganalisis Kemampuan untuk
mengumpulkan dan menganalisis data tentang program pelestarian budaya Keterampilan Tingkat Tinggi: Kerja sama: Kemampuan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak dalam
proses evaluasi. Pemecahan masalah: Kemampuan untuk
mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan program
pelestarian budaya. |
·
Sikap ·
Pengetahuan ·
Keterampilan |
|
1.5 |
Peserta
didik mampu Merancang kolaborasi upaya pewarisan kearifan lokal di era
modernisasi dan globalisasi. |
1. Peserta
didik mampu Mendeskripsikan
Revolusi kemerdekaan
Indonesia dengan menggunakan konsep dasar ilmu
sejarah 2. Peserta
didik mampu Menganalisis
Kearifan
lokal merupakan warisan budaya yang berharga dan perlu dilestarikan di tengah
arus modernisasi dan globalisasi 3.
Peserta didik
mampu Mendeskripsikan
Upaya pewarisan kearifan lokal
memerlukan kolaborasi dari berbagai pihak 4.
Peserta didik
mampu Menganalisis bahwa akademisi dapat melakukan penelitian dan pengembangan
tentang kearifan lokal, serta menyebarkan pengetahuan kepada masyarakat 5.
Peserta didik
mampu berkomunikasi secara efektif
dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, masyarakat, akademisi, dan
organisasi budaya. 6.
|
Kearifan
Lokal Masyarakat Nusantara |
Pemahaman Kontekstual: · Mendeskripsikan Revolusi kemerdekaan Indonesia
dengan menggunakan konsep dasar ilmu
sejarah · Menganalisis Kearifan lokal merupakan warisan budaya yang berharga dan
perlu dilestarikan di tengah arus modernisasi dan globalisasi · Mendeskripsikan
Upaya pewarisan kearifan lokal
memerlukan kolaborasi dari berbagai pihak · Menganalisis bahwa akademisi dapat melakukan penelitian dan pengembangan
tentang kearifan lokal, serta menyebarkan pengetahuan kepada masyarakat ·
berkomunikasi secara efektif dengan
berbagai pihak, seperti pemerintah, masyarakat, akademisi, dan organisasi
budaya Keterampilan Tingkat Tinggi: Kerja sama: Kemampuan untuk
membangun kerjasama dan sinergi antar pihak dalam mencapai tujuan bersama |
·
Sikap ·
Pengetahuan ·
Keterampilan |
|
|
2.1 |
Peserta
didik mampu Menjelaskan peran uang dan
lembaga keuangan di tengah kehidupan masyarakat. |
1.
Peserta didik
mampu menjelaskan Uang dan lembaga keuangan memainkan peran penting dalam
kehidupan masyarakat modern 2.
Peserta didik
mampu Menganalisis
Peran Uang sebagai alat tukar, satuan hitung, dan penyimpan nilai. 3.
Peserta didik
mampu Mendeskripsikan
Lembaga keuangan, seperti bank,
koperasi, dan asuransi 4.
Peserta didik
mampu Menganalisis peran lembaga keuangan sebagai
penghimpun dana masyarakat 5.
Peserta didik
mampu untuk memahami konsep-konsep
keuangan dasar, seperti uang, tabungan, kredit, dan investasi. |
Uang dan
Lembaga Keuangan |
Pemahaman kontekstual 1. menjelaskan Uang dan lembaga keuangan
memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat modern 2. Menganalisis Peran Uang sebagai alat tukar, satuan hitung, dan penyimpan nilai. 3. Mendeskripsikan Lembaga keuangan, seperti bank, koperasi, dan asuransi 4. Menganalisis
peran lembaga keuangan sebagai penghimpun dana masyarakat 5.
mampu untuk memahami konsep-konsep keuangan dasar, seperti uang,
tabungan, kredit, dan investasi. Keterampilan Tingkat Tinggi: Komunikasi: Kemampuan untuk menjelaskan konsep-konsep keuangan kepada
orang lain dengan cara yang mudah dipahami. Keterampilan
interpersonal: Kemampuan untuk membangun
hubungan yang baik dengan lembaga keuangan dan mendapatkan layanan yang
terbaik. |
·
Sikap ·
Pengetahuan ·
Keterampilan |
|
2.2 |
Peserta
didik mampu Membedakan ciri-ciri
antara interaksi masyarakat di dunia nyata dan
digital. |
1.
Peserta didik
mampu menjelaskan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
telah membawa perubahan signifikan dalam cara manusia berinteraksi 2.
Peserta didik
mampu Menganalisis
Ciri-ciri
Interaksi di Dunia Nyata 3.
Peserta didik
mampu Mendeskripsikan
Ciri-ciri
Interaksi di Dunia Digital 4. Peserta
didik mampu Menganalisis berinteraksi secara efektif di dunia nyata dan digital 5. Peserta
didik mampu untuk memahami penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi dengan efektif dan bertanggung
jawab |
Interaksi
Masyarakat Abad ke-21 |
Pemahaman Kontekstual : 1.
menjelaskan
Perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi (TIK) telah membawa perubahan signifikan dalam cara manusia
berinteraksi 2.
didik mampu Menganalisis
Ciri-ciri
Interaksi di Dunia Nyata 3.
mampu Mendeskripsikan Ciri-ciri Interaksi di Dunia Digital 4.
mampu Menganalisis
berinteraksi secara efektif di
dunia nyata dan digital 5.
mampu untuk memahami penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi dengan efektif dan bertanggung
jawab Keterampilan Tingkat Tinggi:
|
·
Sikap ·
Pengetahuan ·
Keterampilan |
|
2.3 |
Peserta
didik mampu Menganalisis bentuk-bentuk
kegiatan ekonomi berbasis perkembangan
teknologi digital. |
1.
Peserta didik
mampu menjelaskan Bentuk-bentuk Kegiatan Ekonomi Berbasis Teknologi Digital 2.
Peserta didik
mampu Menganalisis
Berbagai platform digital dan
layanan online telah mengubah cara orang berbisnis, berbelanja, dan
bertransaksi. 3.
Peserta didik
mampu Mendeskripsikan
Kegiatan ekonomi yang dulunya
hanya dilakukan secara offline kini dapat dilakukan secara online 4.
Peserta didik
mampu untuk menggunakan teknologi
digital dengan efektif dan efisien, termasuk internet, smartphone, dan
aplikasi mobile. |
Perkembangan
Transaksi Ekonomi di Era Digital |
Pemahaman kontekstual : 1.
Menjelaskan
Bentuk-bentuk Kegiatan Ekonomi
Berbasis Teknologi Digital 2.
Menganalisis Berbagai
platform digital dan layanan online telah mengubah cara orang berbisnis,
berbelanja, dan bertransaksi. 3.
Mendeskripsikan Kegiatan
ekonomi yang dulunya hanya dilakukan secara offline kini dapat dilakukan
secara online 4.
Mampu menggunakan
teknologi digital dengan efektif dan efisien, termasuk internet, smartphone,
dan aplikasi mobile. Keterampilan Tingkat Tinggi:
|
·
Sikap ·
Pengetahuan ·
Keterampilan |
|
2.4 |
Peserta
didik mampu Mengevaluasi kemampuan
diri sendiri dan lingkungan sekitar dalam menerapkan kemampuan dasar literasi finansial. |
1.
Peserta didik
mampu menjelaskan Literasi finansial 2.
Peserta didik
mampu Menganalisis
keuangan sendiri / individu
untuk mengelola keuangan mereka secara efektif 3.
Peserta didik
mampu Mendeskripsikan/
membuat keputusan keuangan yang
tepat, dan mencapai tujuan keuangan mereka. 4.
Peserta didik
mampu untuk menerapkan kemampuan dasar literasi
finansial sangat penting untuk dirinya sendiri. 5.
|
Literasi
Finansial |
Pemahaman kontekstual : 1.
menjelaskan
Literasi finansial 2.
Menganalisis keuangan sendiri / individu untuk mengelola keuangan mereka secara efektif 3.
Mendeskripsikan/ membuat
keputusan keuangan yang tepat, dan mencapai tujuan keuangan mereka. 4.
menerapkan
kemampuan dasar literasi finansial sangat penting untuk dirinya sendiri. Keterampilan Tingkat Tinggi:
|
·
Sikap ·
Pengetahuan ·
Keterampilan |
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang Sri
Nuryani M.Pd. NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Malang, 1 Juli 2025 Guru Mata
Pelajaran Drs
Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
|
|
|
|
|
DINAS PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 8 MALANG
Alamat : Jl. Arjuna 19
Malang
ANALISIS
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
TAHUN
PELAJARAN 2025-2026
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : VII / Genap |
|
Fase : D Alokasi Waktu : |
A. CAPAIAN
PEMBELAJARAN
Pada
fese ini, peserta didik mampu:
§ Memahami dan
memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan
lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis
daerah dengan karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam
serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan. Ia juga mampu menganalisis
hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan
kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya
untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah
dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga
mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang
terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era
digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia
menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat
Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi
dan ikut memberikan kontribusi yang positif. Peserta didik mampu memahami dan
menerapkan materi pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses dalam
belajarnya, yaitu mengamati, menanya dengan rumus 5W 1H. Kemudian mampu
memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan jawaban-jawaban yang ditemukan.
Peserta didik juga mampu mengumpulkan informasi melalui studi pustaka, studi
dokumen, lapangan, wawancara, observasi, kuesioner, dan teknik pengumpulan
informasi lainnya. Merencanakan dan mengembangkan penyelidikan. Peserta didik
mengorganisasikan informasi dengan memilih, mengolah dan menganalisis informasi
yang diperoleh. Proses analisis informasi dilakukan dengan cara verifikasi,
interpretasi, dan triangulasi informasi. Peserta didik menarik kesimpulan,
menjawab, mengukur dan mendeskripsikan serta menjelaskan permasalahan yang ada
dengan memenuhi prosedur dan tahapan yang ditetapkan. Peserta didik
mengungkapkan seluruh hasil tahapan di atas secara lisan dan tulisan dalam
bentuk media digital dan non-digital. Peserta didik lalu mengomunikasikan hasil
temuannya dengan mempublikasikan hasil laporan dalam bentuk presentasi digital
dan atau non digital, dan sebagainya. Selain itu peserta didik mampu mengevaluasi
pengalaman belajar yang telah dilalui dan diharapkan dapat merencanakan proyek
lanjutan dengan melibatkan lintas mata pelajaran secara kolaboratif.
B. ELEMEN
CAPAIAN PEMBELAJARAN
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Pemahaman Konsep |
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan
memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan
lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi
geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber
daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan. Ia juga mampu
menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap
pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling
berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran
pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta
didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial
yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan
ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan
potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian
dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global
yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif. |
Keterampilan Proses |
Pada akhir fase ini, Peserta didik mampu memahami dan
menerapkan materi pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses dalam
belajarnya, yaitu mengamati, menanya dengan rumus 5W 1H. Kemudian mampu
memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan jawaban-jawaban yang
ditemukan. Peserta didik juga mampu mengumpulkan informasi melalui studi
pustaka, studi dokumen, lapangan, wawancara, observasi, kuesioner, dan teknik
pengumpulan informasi lainnya. merencanakan dan mengembangkan penyelidikan.
Peserta didik mengorganisasikan informasi dengan memilih, mengolah dan
menganalisis informasi yang diperoleh. Proses analisis informasi dilakukan
dengan cara verifikasi, interpretasi, dan triangulasi informasi. Peserta
didik menarik kesimpulan, menjawab, mengukur dan mendeskripsikan serta
menjelaskan permasalahan yang ada dengan memenuhi prosedur dan tahapan yang
ditetapkan. Peserta didik mengungkapkan seluruh hasil tahapan di atas secara
lisan dan tulisan dalam bentuk media digital dan non-digital. Peserta didik
lalu mengomunikasikan hasil temuannya dengan mempublikasikan hasil laporan
dalam bentuk presentasi digital dan atau non digital, dan sebagainya. Selain
itu peserta didik mampu mengevaluasi pengalaman belajar yang telah dilalui
dan diharapkan dapat merencanakan proyek lanjutan dengan melibatkan lintas
mata pelajaran secara kolaboratif. |
SKL |
Tujuan Pembelajaran |
Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (IKTP) |
Materi Pemebelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Rencana Penilaian |
|
|
3.1 |
Peserta
didik mampu Mendeskripsikan hubungan kondisi geografis dengan kedatangan
kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. |
Mendeskripsikan
hubungan kondisi geografis dengan kedatangan kolonialisme dan imperialisme di
Indonesia. |
Nasionalisme
dan Jati Diri Bangsa |
·
Kondisi
geografis dan penjelajahan samudera (1 Pertemuan) ·
Kehidupan
Masa Kolonialisme dan Imperialisme (4 Pertemuan) ·
Perubahan
masyarakat akibat Kolonialisme dan Imperialisme (1 Pertemuan) ·
Proses
pergerakan kemerdekaan (3 Pertemuan) ·
Kemerdekaan
Indonesia (2 Pertemuan) ·
Kondisi
Geografis dan Pemerataan Ekonomi (1 Pertemuan) ·
Lembaga
Keuangan untuk Kesejahteraan Rakyat (2 Pertemuan) ·
Manfaat
Lembaga Keuangan (1 Pertemuan) ·
Terjadinya
konflik sosial (1 Pertemuan) ·
Dampak
dan penanganan Konflik Sosial (2 Pertemuan) ·
Integrasi
sosial (2 Pertemuan) |
·
Sikap ·
Pengetahuan ·
Keterampilan |
3.2 |
Menganalisis
pengaruh kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. |
Menganalisis
pengaruh kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. |
||||
3.3 |
Peserta
didik mampu Menjelaskan proses bangsa Indonesia memperjuangkan ke merdekaan. |
Menjelaskan
proses bangsa Indonesia memperjuangkan ke merdekaan. |
||||
3.4 |
Peserta
didik mampu Menganalisis upaya pemerataan pembangunan ekonomi di Indonesia. |
Menganalisis
upaya pemerataan pembangunan ekonomi di Indonesia. |
||||
3.5 |
Peserta
didik mampu Merancang aktivitas penyelesaian konflik dan upaya meningkatkan
integrasi sosial. |
Merancang
aktivitas penyelesaian konflik dan upaya meningkatkan integrasi sosial. |
||||
|
4.1 |
Peserta
didik mampu Membandingkan perekonomian masayarakat pada masa awal
kemerdekaan, Orde Baru, dan Reformasi. |
Membandingkan
perekonomian masayarakat pada masa awal kemerdekaan, Orde Baru, dan
Reformasi. |
Pembangunan
Perekonomian Indonesia |
·
Kehidupan
Ekonomi Awal Kemerdekaan (2 Pertemuan) ·
Kehidupan
Ekonomi Masa Orde Baru (2 Pertemuan) ·
Kehidupan
Ekonomi pada Masa Reformasi (2 Pertemuan) ·
Perdagangan
Internasional (2 Pertemuan) ·
Kegiatan
Ekspor dan Impor (2 Pertemuan) ·
Kerjasama
Ekonomi antar Bangsa (2 Pertemuan) ·
Peran
Iptek dalam Perekonomian (1 Pertemuan) ·
Dinamika
Penduduk (2 Pertemuan) ·
Dampak
Dinamika Penduduk (2 Pertemuan) ·
Mengatasi
Masalah Dinamika Penduduk (2 Pertemuan) |
·
Sikap ·
Pengetahuan ·
Keterampilan |
4.2 |
Peserta
didik mampu Menjelaskan kerja sama ekonomi antarbangsa. |
Menjelaskan
kerja sama ekonomi antarbangsa. |
||||
4.3 |
Peserta
didik mampu Menganalisis kegiatan ekspor impor dalam perekonomian inter
nasional. |
Menganalisis
kegiatan ekspor impor dalam perekonomian inter nasional. |
||||
4.4 |
Peserta
didik mampu Menganalisis perkembangan penduduk Indonesia. |
Menganalisis
perkembangan penduduk Indonesia. |
||||
4.5 |
Peserta
didik mampu Merancang pengembangan ekonomi kreatif berbasis teknologi. |
Merancang
pengembangan ekonomi kreatif berbasis teknologi. |
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang Sri
Nuryani M.Pd. NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Guru Mata
Pelajaran Drs
Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar