Permainan Kwartet “ OTONOMI DAERAH”
Pesan Yang
Terkandung Dalam Media
Dengan permainan
“Permaina Kwartet “ OTONOMI DAERAH " ini
harapkan akan mempermudah dan meningkatkan minat siswa untuk mempelajari Pelaksanaan Otonomi
Daerah di Indonesia
A. Kronologi
Penggunaan Media
1.
Kelas
dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan rombongan belajar.
2.
Setiap Kelompok
Terdiri dari 4 siswa
3.
Kartu dikocok
terlebih dahulu sebelum dibagikan ke anggota kelompok
4.
Setiap siswa
mendapat 4 kartu (sisa kartu ditaruh di bawah)
5.
Untuk menetapkan
giliran dengan hompimpa dan suit
6.
Kartu yang
dipunyai adalah yang bercetak tebal/
huruf berwarna merah untuk melengkapi grup kartu meminta yang bercetak
tipis pada temannya
7.
Cara meminta dengan membaca mulai dari kalimat diatas
kemudian yang kalimat yang bercetak tipis dibawah.
8.
Cara memberikan
kepada teman dibaca dalam hati kalimat diatas serta kalimat yang berberwrna
merah apakah sesuia dengan permintaan teman.
9.
Jika meminta pada teman yang ditunjuk kartu yang
diinginkan dapat maka mendapat
kesempatan meminta lagi pada teman yang lain satu kali.
10
jika meminta pada teman yang ditunjuk kartu yang
diinginkan tidak dapat maka
mengambil satu kali dari kartu sisa. Permainan selesai apabila kartu habis.
11. Seluruh anggota kelompok berdiri dan
bersama-sama berkata ”Otoda Oke!” agar diketahui
posisi kelompok dibanding kelompok yang lain dalam
menyelesaikan seluruh kartu.
12. Setiap siswa menulis kesimpulan
dari masing-masing pesan yang telah dikumpulkan
13. Guru mengawasi jalannya masing-masing kelompok dalam permainan dan
memberikan nilai berdasarkan keaktifan siswa
14. Siswa mengumpulkan hasil kesimpulan pesan yang dikumpulkan untuk diberi
nilai oleh guru
15.
Guru Mengobservasi
jalannya permainan Kwartet dalam
keaktifan siswa
Wah pak kreatif juga ya, saya juga sedang mendesain kartu-kartu inovatif buat mapel Pkn, selamat berinovasi.
BalasHapuskeren .....boleh bagi kartu2 tersebutkah pak?
Hapus