Sabtu, 21 April 2012

Disain media sejarah " Permainan Kwartet "




Metode Pembelajaran
Permainan Kwartet (download disini) Perkembangan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia  media pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dengan menggunakan Kwartet sebagai alat pembelajaran dimana pesan pada Kwartet berisikan sejarah perkembangan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia mulai dari Kerajaan Samudra Pasai abad ke 13 sampai kerajaan Banjar abad ke 19


Pesan yang Terkandung
          Dengan “Permainan Kwartet Perkembangan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia  ” ini diharapkan akan mempermudah dan meningkatkan minat  siswa untuk mempelajari periodisasi dan khsusnya perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia


A.   Kronologi Penggunaan Media

1.         Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan rombongan belajar.
2.         Setiap Kelompok Terdiri dari 4 siswa
3.         Kartu dikocok terlebih dahulu sebelum dibagikan ke anggota kelompok
4.         Setiap siswa mendapat 4 kartu (sisa kartu ditaruh di bawah)
5.         Untuk menetapkan giliran dengan hompimpa dan suit
6.         Kartu yang dipunyai adalah yang bercetak tebal/ huruf berwarna merah untuk melengkapi grup kartu meminta yang bercetak tipis pada temannya
7.          Cara meminta dengan membaca mulai dari kalimat diatas kemudian yang kalimat yang bercetak tipis dibawah.
8.          Cara memberikan  kepada teman dibaca dalam hati kalimat diatas serta kalimat yang bercetak tipis apakah sesuia dengan permintaan teman.
9.        Jika meminta pada teman yang ditunjuk kartu yang diinginkan dapat maka mendapat kesempatan meminta lagi pada teman yang lain satu kali.
10      ika meminta pada teman yang ditunjuk kartu yang diinginkan tidak dapat maka mengambil satu kali dari kartu sisa. Permainan selesai apabila kartu habis.
11.  Seluruh anggota kelompok berdiri dan bersama-sama   berkata   ”Sejarah  Oke!”  agar    diketahui    posisi   kelompok     dibanding kelompok yang lain dalam menyelesaikan seluruh kartu.
12.    Setiap siswa menulis kesimpulan dari masing-masing pesan yang telah dikumpulkan
13. Guru mengawasi jalannya masing-masing kelompok dalam permainan dan memberikan nilai berdasarkan keaktifan siswa
14.     Siswa mengumpulkan hasil kesimpulan pesan yang dikumpulkan untuk diberi nilai oleh guru
15.   Guru Mengobservasi jalannya permainan Kwartet  dalam keaktifan siswa
bisa download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar