Jumat, 20 April 2012

Disain media sejarah " Kelompok Berpasangan"

Disain Media  “Kelompok berpasangan” (download disini)
Yaitu media pembelajaran dengan menggunakan 30 kartu dan dadu, dimana masing-masing kartu berisi soal-soal yang harus dipecahkan oleh siswa secara berkelompok


Pesan yang Terkandung
            Dengan permainan “Kelompok Berpasangan ” ini diharapkan akan terjalin kerjasama antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dalam menyelesaikan masalah


Kronologi Penggunaan Media
1)    Kelas dibagi menjadi 6 kelompok jumlah masing-masing kelompok disesuaikan dengan jumlah rombongan belajar
2)    Kemudian masing-masing kelompok dipasangkan, kelompok 1 berpasangan dengan kelompok 2, kelompok 3 berpasangan dengan kelompok 4, kelompok 5 berpasangan dengan kelompok 6,
3)  Masing-masing pasangan mendapat 1 pasang kartu yang terdiri dari 30 kartu yang sudah bertanda nomor 1,2,3,4,5 dan 6,dan sebuah dadu.
4) Kartu dikelompokkan menjadi 6 kelompok berdasarkan nomornya masing-masing, dimana masing-masing kelompok kartu terdiri dari 5 kartu, sebelum permainan dimulai kartu dikocok terlebih dahulu.
5)    Masing-masing kelompok yang berpasangan suit untuk menentukan siapa yang terlebih dahulu melempar dadu.
6)  Kelompok yang menang suit ( Kelompok 1) melempar dadu terlebuh dahulu, setelah melempar dadu, nilai yang muncul digunakan untu menentukan nomor berapa kartu yang diambil, Misalnya muncul nilai 4 maka kelompok yang melempar dadu akan mengambil kartu no 4 dan membacanya, kemudian pasangan kelompoknya ( Kelompok 2) memberikan jawaban dari kartu yang dibaca tersebut. Kemudian ditanggapi oleh kelompok pelempar dadu (Kelompok 1) begitu juga seterusnya.
7)    Apabila muncul nilai 6, maka kelompok pelempar dadu ( Kelompok 1) boleh melempar lagi, dan kelompok pasangannya (Kelompok 2) wajib memberikan jawaban atas seiap kartu yang diambil begitu juga kelompok pelempar dadu ( Kelompok 1) juga mempunyai hak untuk menanggapi setiap jawaban pasangan  kelompoknya.
8)  Apabila tidak muncul nilai 6, maka kelompok pasangannya (2) mempunyai hak untuk melempar dadu dan kelompok pasangannya ( Kelompok 1) punya kewajiban menanggapi. Begitu juga seterusnya.
9)  Masing-masing kelompok bekerja sama dalam menyelesaikan soal-soal  yang ada dikartu.maupun memberikan tanggapan atas jawaban kelompok pasangannya
10)Masing-masing kelompok menuliskan pertanyaan dan jawaban dari pasangan bermainnya yang dianggap benar dan menuliskan tanggapan atas jawaban pasangan bermainnya yang juga dianggap benar.
11) Setelah selesai masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjasamanya, dan ditanggapi oleh semua kelompok lain.
Guru memberi nilai akhir pada masing-masing kelompok setelah mendengar presentasi masing-masing kelompok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar