Bentuk Media Yang Digunakan : Ular Tangga Konstitusi
Pesan Yang
Terkandung Dalam Media
Dengan permainan Ular
Tangga ini harapkan akan mempermudah dan meningkatkan
minat siswa untuk mempelajari Konstitusi
yang pernah digunakan di Indonesia
F. Kronologi
Penggunaan Media
1). Media ini sangat cocok
digunakan pada sesi Review
1)
Guru menyiapkan Media berupa
beberan dan kartu yang berisi pertanyaan
yang diletakkan disamping beberan, pada bagian atas / depan kartu bertuliskan
nomor dari nomor 1 s.d. no 60.
2)
Masing-masing Siswa menyiapkan
kertas dan alat tulis
2.
Guru membagi mejadi beberapa
kelompok berdasarkan jumlah rombel dimana masing-masing kelompk terdiri dari 4
siswa. Apabila setelah dibagi dengan 4 masih ada siswa yang belum mendapatkan
kelompok maka bisa dimasukkan dalam kelompok yang lain sehingga ada kelompok
yang anggotanya 5 anak.
3.
Setiap siswa mendapat satu buah
Pion / kertas bertuliskan namanya
4.
Kemudian semua hompimpah untuk
menentukan siapa yang melempar dadu terlebih dahulu
5.
Setiap siswa melempar dadu
sesuai dengan urutanya. Setelah siswa
melempar dadu siwa menjalankan pion/ kertas yang bertuliskan namanya
sesuai dengan hasil lemparan dadu, kemudian siswa mengambil pesan pada nomor
tersebut (sesuai dengan hasil lemparannya) dan mengerjakannya pada kertas
masing-masing, apa bila dalam melempar keluar angka enam maka siswa yang
bersangkutan diperbolehkan melempar dadu lagi.
6.
apabila jatuh pada tanda tangga
maka Pion/ kertas siswa langsung naik sesuai dengan arah tangga dan tetap
mengambil kartu untuk dikerjakan, begitupula apabila pion/kartu tepat pada
gambar ekor Ular maka pion /. Kertas yang bertuliskan nama siswa turun
mengikuti arah ular dan mengambil kartu untuk dikerjakan.
7.
Kartu yang telah diambil
ditulis soalnya lalu dikembalikan seperti semula
8.
Setiap siswa memikirkan jawaban
/ soal dari kartu yang mereka pegang
9.
setelah semua melempar dan
mengerjakan, kembali pada pelempar
pertama untuk melempar dadu lagi dan mengambil kartu lagi , begitu juga
seterusnya. Permainan berhenti apabila semua pemain sudah berada pada nomor 60
dan sudah mengerjakan semua pesan-pesannya.
10.
Pemainnya yang selesai lebih
dulu dinyatakan sebagai pemenang
11.
Setiap siswa membacakan hasil
kerjanya untuk ditanggapi oleh temannya
12.
guru memberikan kesimpulan
hasil kerja yang telah ditanggapi oleh siswa
13.
kemudian lembar jawaban
dikumpulkan untuk diberi nilai oleh guru
Guru memberikan nilai berdasarkan keaktifan
siswa, kecepatan dalam mengerjakan , dan keberanian siswa untuk tampil
membacakan hasilnya. Serta keberanian siswa untuk memberikan tanggapan,
kesesuaian antara pertanyaan dan jawaban
Tidak ada komentar:
Posting Komentar