Bentuk Media yang digunakan
“ Kelompok Berpasangan”
Yaitu media pembelajaran dengan menggunakan 24 kartu dan dadu, dimana
masing-masing kartu berisi soal-soal yang harus dipecahkan oleh siswa secara
berkelompok
Pesan yang Terkandung
Dengan permainan
“Kelompok Berpasangan ” (download disini) ini diharapkan akan terjalin kerjasama antara siswa
yang satu dengan siswa yang lain dalam menyelesaikan masalah
Kronologi
Penggunaan Media
1)
Kelas dibagi menjadi 6 kelompok jumlah masing-masing
kelompok disesuaikan dengan jumlah rombongan belajar
2)
Kemudian masing-masing kelompok dipasangkan, kelompok 1
berpasangan dengan kelompok 2, kelompok 3 berpasangan dengan kelompok 4,
kelompok 5 berpasangan dengan kelompok 6,
3)
Masing-masing pasangan mendapat 1 pasang kartu yang
terdiri dari 30 kartu yang sudah bertanda nomor 1,2,3,4,5 dan 6,dan sebuah
dadu.
4)
Kartu dikelompokkan menjadi 6 kelompok berdasarkan
nomornya masing-masing, dimana masing-masing kelompok kartu terdiri dari 5
kartu, sebelum permainan dimulai kartu dikocok terlebih dahulu.
5)
Masing-masing kelompok yang berpasangan suit untuk
menentukan siapa yang terlebih dahulu melempar dadu.
6)
Kelompok yang menang suit ( Kelompok 1) melempar dadu
terlebuh dahulu, setelah melempar dadu, nilai yang muncul digunakan untu
menentukan nomor berapa kartu yang diambil, Misalnya muncul nilai 4 maka
kelompok yang melempar dadu akan mengambil kartu no 4 dan membacanya, kemudian
pasangan kelompoknya ( Kelompok 2) memberikan jawaban dari kartu yang dibaca
tersebut. Kemudian ditanggapi oleh kelompok pelempar dadu (Kelompok 1) begitu
juga seterusnya.
7)
Apabila muncul nilai 6, maka kelompok pelempar dadu (
Kelompok 1) boleh melempar lagi, dan kelompok pasangannya (Kelompok 2) wajib
memberikan jawaban atas seiap kartu yang diambil begitu juga kelompok pelempar
dadu ( Kelompok 1) juga mempunyai hak untuk menanggapi setiap jawaban
pasangan kelompoknya.
8)
Apabila tidak muncul nilai 6, maka kelompok pasangannya
(2) mempunyai hak untuk melempar dadu dan kelompok pasangannya ( Kelompok 1)
punya kewajiban menanggapi. Begitu juga seterusnya.
9)
Masing-masing kelompok bekerja sama dalam menyelesaikan soal-soal yang ada dikartu.maupun memberikan tanggapan
atas jawaban kelompok pasangannya
10)
Masing-masing kelompok menuliskan pertanyaan dan jawaban
dari pasangan bermainnya yang dianggap benar dan menuliskan tanggapan atas
jawaban pasangan bermainnya yang juga dianggap benar.
11)
Setelah selesai masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil kerjasamanya, dan ditanggapi oleh semua kelompok lain.
Guru memberi nilai akhir pada masing-masing kelompok setelah mendengar
presentasi masing-masing kelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar