Sabtu, 02 November 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS contoh Implementasi kurikulum 2013 P4TK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                :    SMP NEGERI 22 MALANG
Mata Pelajaran                       :    IPS
Kelas / Semester                    :    VII / 1
Tema                                      :    Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia
Sub tema                                :    Potensi sumber daya air
Pertemuan ke                         :   ( Pertemuan 4, 5 dan 6 )
Alokasi Waktu                       :    3 X 120 Menit

A.    KOMPETENSI INTI

         KI 1       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3       Memahami     pengetahuan     (faktual,    konseptual,     dan    prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.    KOMPETENSI DASAR

KD 1.1  Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
KD 2.2   Menunjukkan   perilaku   rasa   ingin   tahu,   peduli,   menghargai   dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik
KD 2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan peduli dalam melakukan interaksi manusia dengan lingkungan dan teman sebayanya
KD 3.1  Memahami aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik)
KD 3.4 Memahami  pengertian  dinamika  interaksi  manusia  dan  lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
KD 4.1  Menyajikan  hasil  pengamatan  tentang  hasil-hasil  kebudayaan  dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa Praasara, masa Hindu- Buddha, dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,  dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
KD 4.3   Mengobservasi  dan  menyajikan  bentuk-bentuk      dinamika  interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

C. INDIKATOR
1.         Mengidentifikasi  sumber daya air yang ada dipermukaan bumi
2.         Mengidentifikasi siklus hidrologi
3.         Menganalisis proses terjadinya siklus hidrologi
4.         Menganalisis dampak  air hujan yang melimpah di Indonesia bagi masyarakat.
5.         Menjelaskan proses terjadinya air sungai dan danau
6.         Menganalisis fungsi sumber daya air pada masa praaksara, masa Hindu-Budha dan pada masa Islam

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
 Melalui kegiatan mengamati dan  diskusi  peserta didik mampu:
a.       mengidentifikasi sumber daya air yang ada dipermukaan bumi
b.      Menganalisis proses terjadinya siklus hidrologi
c.       Menyebutkan  fungsi  air hujan yang melimpah di Indonesia
d.      Menganalisis dampak air hujan yang melimpah bagi perkembangan perekonomian masyarakat
e.       Menganalisis dampak negatif air hujan terhadap kehidupan masyarakat 
f.       Menjelaskan proses terjadinya air sungai dan danau
g.      Menganalisis fungsi sumber daya air pada masa praaksara, masa Hindu-Budha dan pada masa Islam

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Potensi sumber daya air
2.      Air hujan
3.      Sungai
4.      Air danau

E.    METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan          :     Scientific
Metode                :     1.  Tanya Jawab
2.   Diskusi
3.   Penugasan
4.   Presentasi / Pelaporan

F.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

1.   Media       :          
a.  Laptop
b.  LCD Projector
c.  Film / Video
d.  Gambar

2.   Sumber Belajar     :
      1. Buku pegangan guru kurikulum 2013 dan buku pegangan siswa

G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN (Pertemuan ke-4)

No
Kegitan Belajar
Waktu
ket
1






















          2
















































           



           3




Pendahuluan
a Apersepsi
·   Guru memperhatikan kehadiran peserta didik dan menanyakan siswa yang tidak masuk.
·   Guru mengajak siswa berdoa untuk mengawali kegiatan belajar dan  mendoakan siswa yang tidak masuk karena sakit
·   Guru memperhatikan kesiapan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.
·         Guru menyampaikan kompetensi dasar, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

b. Motivasi
·         Guru menanyakan apakah peserta didik sudah belajar materi yang akan dipelajari bersama
·         Guru bertanya kepada peserta didik tadi pagi setelah bangun tidur mandi apa tidak ? guru melanjutkan dengan bertanya  mengapa air di bumi tidak pernah habis ?
·         Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator  yang akan dicapai dalam proses pembelajaran


Kegiatan Inti
·         Siswa membagi – bagi diri dalam kelompok – kelompok diskusi yang telah ditentukan
Masing-masing kelompok berdiskusi tentang
Kelompok 1 : sumber daya air dipermukan bumi
Kelompok 2 : siklus pendek
Kelompok 3 : siklus sedang
Kelompok 4 : siklus panjang
Kelompok 5 :Menyebutkan  fungsi  air hujan yang melimpah di Indonesia
Kelompok 6 : Menganalisis dampak yang ditimbulkan oleh hujan

dengan :

a. Mengamati
1.  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca buku dan mengamati gambar dan tampilan vidio siklus hidrologi  
2.  Siswa mengkaji dan memahami  gambar dan tampilan vidio siklus hidrologi

b. Menanyakan (merumuskan masalah/hipotesisi)
1.  Guru memberikan kesempatan dan memberikan dorongan kepada seluruh siswa untuk mengajukan pertanyaan,
2.  Siswa mengajukan pertanyaan sehubungan dengan gambar dan  vidio yang ditampilkan dan hasil kajiannya.

c.         Mengumpulkan data/eksperimen/Observasi/mengamati
1.  Siswa mengumpulkan data untuk menemukan jawaban setelah mengamati vidio dan mengkaji gambar pada hal 61 dan 62 buku pegangan siswa
2.  Siswa memberikan tanggapan hasil diskusi dengan teman berkaitan dengan vidio dan gambar yang diamati.

d. Membuat Asosiasi (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)
1.  Siswa merumuskan kaitan antara ketersediaan air dengan terjadinya siklus hidrologi
2.  Siswa memberikan contoh keterkaitan antara siklus pendek, siklus sedang dan siklus panjang
3.  Siswa membedakan antara siklus pendek, siklus sedang dan siklus panjang  
4. siswa membuat keterkaitan antara banjir, tanah longsor dan bencana yang dengan hujan

e.         Mengkomunikasikan
1.  Dengan bimbingan guru, siswa memberikan pendapat tentang terjadinya siklus hidrologis
2.  Dengan mengamati vidio dan gambar  dapat memberikan  pendapat tentang  terjadinya siklus pendek siklus sedang dan siklus panjang
3. dengan bimbingan guru siswa menyampaikan pendapatnya tentang akibat yng ditimbulkan oleh terjadinya hujan

Penutup
v  Mengumpulkan hasil diskusi
v  Memberikan apresiasi terhadap semua siswa yang terlibat aktif dan kondusif selama kegiatan pembelajaran berlangsung
v  Guru memberikan pertanyaan secara lisan secara acak kepada siswa untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini.
         Contohnya: Apakah yang dimaksud dengan siklus hidrologi?
                        Mengapa kita harus bersyukur tinggal di Indonesia?

v  Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari materi tersebut
v  Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah berupa pengamatan ketersediaan air di wilayahnya
v  Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru.
v  Guru meminta siswa membaca di rumah, materi selanjutnya, yaitu: Buku Siswa Halaman 63
v  Berdoa bersama
v  Ke luar kelas dengan tertib
10 menit






















          60 menit





















































         10 menit


H. PENILAIAN

1.    Teknik dan Bentuk Instrumen

Teknik
Bentuk Instrumen
1. Pengamatan Sikap diskusi
1. Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
2. Portofolio
2.  Panduan Penyusunan Portofolio

3.  Tes Tertulis
3.  Tes Uraian dan Pilihan Ganda

2.        Portofolio
1.      Amati apakah ada masyarakat didaerahmu yang memanfaatkan air hujan untuk memenuhi kehidupannya ?
2.      Amati juga selain air hujan, air apa lagi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ?


3.        Tes tertulis
            Pemanfaatan sumber daya alam khususnya pemanfaatan air hujan dari masa ke masa mengalami perubahan.

1. Diskusikan pemanfaatan sumber daya alam, khususnya air hujan pada masa Praaksara, Hindu- Buddha,Islam dan pada masa sekarang Tulislah hasil diskusi pada tabel berikut ini!

  
Masa
Manfaat air hujan untuk kehidupan
Akibat air hujan yang berlebihan terhadap
Kegiatan ekonomi penduduk

Praaksara



Hindu-Buddha



Islam



          Masa sekarang





Penilaian dalam diskusi kelompok )
Siswa diukur kemampuannya dalam keterlibatannya dalam berdiskusi kelompok meliputi; keterlibatan dalam kelompok, kentusiasan dalam mengikuti diskusi, bekerja sama dengan anggota lain, dan memanfaatkan waktu.
Instrumen
No

Aspek    Penilaian

Skor
4
3
2
1
  1
Keterlibatan dalam kelompok




  2
Keantuasiasan dalam mengikuti diskusi




  3
Kemampuan bekerja sama dengan anggota lain




  4
Kemampuan memanfaatkan waktu




 
Skor maksimal




            
             
            Rubrik Penilaian
Skala skor
Keterlibatan dalam kelompok
Keaktifan
Keantuasiasan dalam mengikuti diskusi
Presentasi
Kemampuan bekerja sama dengan anggota lain
Kerjasama
Kemampuan dalam bertanya
Kemampuanh dalam menjawab
4
Terlibat dengan sangat aktif
Sangat antusias dalam mengikuti diskusi
Bekerja sama dengan sangat baik
Memanfaatkan waktu dengan sangat efektif
Sangat aktif menjawab dengan benar
3
Terlibat dengan cukup aktif
Cukup antusias dalam mengikuti diskusi
Bekerja sama dengan cukup baik
Memanfaatkan waktu dengan cukup efektif
Aktif menjawab dengan benar
2
Terlibat dengan kurang aktif
Kurang antusias dalam mengikuti diskusi
Bekerja sama dengan kurang baik
Memanfaatkan waktu dengan kurang  efektif
Kurang aktif dalam menjawa
1
Terlibat dengan tidak  aktif
Tidak  mau  mengikuti diskusi
Tidak mau bekerja sama
Memanfaatkan waktu dengan tidak  efektif
Tidak aktif dalam menjawab

Rubrik penilaian untuk diskusi

  
No.
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Bertanya
Menjawab
1 - 4
1 - 4
1 - 4
1 - 4
1 - 4



























         1.      Lembar Penilaian Presentasi Diskusi

5 = Semua benar
4 = Sebagian besar benar
3 = Sebagian kecil benar
2 =  Semua salah

 Kelas                :
 Kelompok        :
 Topik                :

No
Aspek Penilaian
Nilai
diperoleh
Bobot
Nilai x
Bobot
Catatan
1
Kebermaknaan Informasi

2,5
2,5

2
Pemahaman terhadap materi

5
5

3
Kemampuan berargumentasi (alasan,usulan, mempertahankan pendapat)


5

5

4
Kemampuan memberikan respon(memberikan respon yang sesuai dengan permasalahan/pertanyaan)



5


5

5
Kerjasama Kelompok (berpartisipasi,
memiliki tanggung jawab bersama)


2,5

2,5

Jumlah Nilai






4. Contoh Format Lembar Pengamatan Nilai Karakter
Nama Peserta Didik .....................
Pokok Bahasan / Sub Pokok bahasan   :  .....................

No            

Nilai Karakter
Skala
4       1
3      2
2     3
1      4
1
Jujur




2
Disiplin




3
Bertanggungjawab




4
Peduli




5
Santun




6
Pecaya diri




7
Menghargai




8
Rasa ingin tahu




9
Kritis




10
Berpikir logis





Keterangan :
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang

Berdasarkan  pengamatan  per  kelas  pada  indikator  pencapaian  kedisiplinan disimpulkan sebagai berikut.
BT (Belum Terlihat)                     : Skor 1-3 (Kurang)
MT (Mulai Terlihat)                     : Skor 4-6 (Cukup)
MB (Mulai Berkembang)             : Skor 7-9 (Baik)
            MK (Membudaya)                        : Skor 10-12 (Sangat Baik)

Pedoman penilaian tes Tulis

Deskriptor
Skor
1. Peserta didik menjawab benar dan lengkap
4
2. Peserta didik menjawab benar dan kurang lengkap
3
3. Peserta didik  menjawab benar dan tridak lengkap
2
4. Peserta didik  menjawab salah
1

Format Penilaian tes Tulis

No
Nama
Nilai tes tulis
1


2


3


dst



        Asesmen Unjuk Kerja  dan Proyek
Asesmen diarahkan pada kemampuan siswa menyampaikan secara lisan hasil diskusi kelompok, yang meliputi;kelengkapan hasil analisis,keefektifan bahasa, ekspresi, intonasi, vocal, ketepatan isi, dan keruntunan alur pikir.
    Instrumen
No.

Aspek penilaian

Skor
4
3
2
1
1
Kesesuai  materi




2
Keakuratan rangkuman




3
Kebenaran jawaban




4
Keruntutan jawaban





Jumlah skor




                  
Rubrik Penilaian
Skala
Kesesuai materi
Keakuratan rangkuman
Kebenaran jawaban
Keruntutan jawaban
4
materi sangat lengkap
rangkuman sangat efektif dan mudah dipahami
Kebenaran jawaban sangat jelas
Keruntutan jawaban sangat tepat dan sesuai dengan indikator
3
materi cukup lengkap
rangkuman cukup efektif dan mudah dipahami
Kebenaran jawaban cukup jelas
Keruntutan jawaban cukup tepat dan sesuai dengan indikator
2
materi kurang lengkap
rangkuman kurang efektif dan sulit dipahami
Kebenaran jawaban kurang jelas
Keruntutan jawaban kurang tepat dan kurang sesuai dengan indikator
1
materi tidak lengkap
rangkuman tidak efektif dan sulit dipahami
Kebenaran jawaban tidak jelas
Keruntutan jawaban tidak tepat dan tidak sesuai dengan indikator



Mengetahui                                                                              Penyusun,
         Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran
 



Anny Yulistyowati S.Pd                                                             Drs. Sumarno
NIP. 19620713 198112 2 001                                                 NIP.    19660303 200501 1 006












Tidak ada komentar:

Posting Komentar