Kamis, 21 November 2013

Penilaian Sikap dalam RPP kurikulum 2013 ( Contoh )

1.   Sikap Spiritual

Pedoman Observasi Sikap Spiritual

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik          : ………………….
Kelas                                : ………………….
Tanggal Pengamatan        : …………………..
Materi Pokok                    : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari perumusan dasar negara





2
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu





3
Mengucapkan rasa syukur atas  perumusan UUD 1945 sesuai agama masing-masing





3
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi





4






Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali             : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                        : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup                              : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang                   : apabila memperoleh skor  1 - 4


2.   Sikap Sosial

a.    Peduli
Pedoman Observasi Sikap Peduli

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kepedulian. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap kepedulian  yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik          : ………………….
Kelas                                : ………………….
Tanggal Pengamatan        : …………………..
Materi Pokok                    : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Menjaga kebersihan kelas





2
Suka menolong teman/orang lain





3
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan





4
Rela berkorban untuk orang lain





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali             : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                        : apabila memperoleh skor  9 - 12
Cukup                              : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang                             : apabila memperoleh skor  1 - 4

b.   Tanggung Jawab

Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik          : ………………….
Kelas                                : ………………….
Tanggal Pengamatan        : …………………..
Materi Pokok                    : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik





2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan





3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat





4
Mengembalikan barang yang dipinjam





5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan





Jumlah Skor







Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali             : apabila memperoleh skor  16 - 20
Baik                        : apabila memperoleh skor  11 - 15
Cukup                              : apabila memperoleh skor  6 - 10
Kurang                   : apabila memperoleh skor  1 - 5



c.    Disiplin

Pedoman Observasi Sikap Disiplin

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya               = apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuai
                      aspek pengamatan
Tidak          = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatan
                      sesuai aspek pengamatan.

Nama Peserta Didik          : ………………….
Kelas                                : ………………….
Tanggal Pengamatan        : …………………..
Materi Pokok                    : …………………..
No
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu



2
Mengumpulkan tugas tepat waktu



3
Memakai seragam sesuai tata tertib



4
Mengerjakan tugas yang diberikan



5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran



6
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan



7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran



8
Membawa buku teks mata pelajaran



Jumlah




Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali             : apabila terdapat  7 – 8 jawaban YA
Baik                        : apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA
Cukup                              : apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA
Kurang                   : apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA

3.      Pengetahuan
·           Teknik Penilaian                   :          Tes Tertulis
·           Bentuk Instrumen                :          Uraian
No
Indikator
                   Butir Instrumen
1
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi konstitusi bagi suatu Negara
Jelaskan 3 fungsi konstitusi bagi suatu Negara
2
Peserta didik dapat menjelaskan Hasil sidang BPUPKI yang kedua
Jelaskan Hasil sidang BPUPKI yang kedua
3
Peserta didik dapat hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
Jelaskan Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
4
Peserta didik dapat menjelaskan peran tokoh perumus UUD Negara Indonesia Tahun 1945 di atas.
Jelaskan peran tokoh perumus UUD Negara Indonesia Tahun 1945 di atas.
5
Peserta didik dapat menjelaskan nilai-nilai yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh perumus UUD Negara Indonesia Tahun 1945
Jelaskan nilai-nilai yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh perumus UUD Negara Indonesia Tahun 1945




KUNCI JAWABAN :
1.         Fungsi konstitusi bagi suatu Negara :
·      Membagi kekuasaan dalam negara, yakni antar cabang kekuasaan negara (terutama kekuasaan legislatif dan yudikatif), sehingga terwujud system checks and balances dalam penyelenggaraan negara.
·      Membatasi kekuasaan pemerintah atau penguasa dalam negara.
·      Menentukan lembaga Negara bekerja sama satu dengan lainnya
·      Menjakin hak-hak warga Negara dari tindakan sewenang-wenang
·      Menjadi landasan structural penyelenggaraan pemerintahan.

2.         Hasil sidang BPUPKI yang kedua
1.    Rancangan Undang-undang Dasar
2.    Terdiri 37 pasal

3.         Hasil sidang PPKI Tanggal 18 Agustus 1945
·         Memilih Presiden dan Wakil Presiden
·         Menetapkan UUD 145 dan dasar negara
·         Membentuk KNIP
4.         Peran tokoh-tokoh tersebut :
·      Dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat
Ø  Sebagai Ketua BPUPKI (badan ini berhasil merumuskan rancangan undang-undang dasar)
Ø  Anggota PPKI
·      Ir. Soekarno,.
Ø  Sebagai anggota BPUPKI
Ø  Sebagai ketua panitia kecil (panitia sembilan) yang menghasilkan pembukaan hukum dasar (Piagam Jakarta)
Ø  Sebagai Ketua PPKI
Ø  Proklamator Kemerdekaan RI
·      Mr. Mohammad Yamin
Ø  Sebagai anggota BPUPKI dan sekaligus anggota Panitia Sembilan
Ø  Merupakan salah satu tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara
Ø  Beliau menyebut nama pembukaan hukum dasar dengan nama Piagam Jakarta
·      Drs. Mohammad Hatta
Ø  Anggota BPUPKI
Ø  Anggota PPKI
Ø  Proklamator Kemerdekaan RI

5.      Nilai yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh perumus UUD Negara Indonesia Tahun 1945: 
Ø  Prinsip musyawarah mufakat
Ø  Semangat kebangsaan
Ø  Menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan golongan
Ø  Semangat persatuan dan kesatuan
Ø  Semangat cinta tanah air
Pedoman pensekoran :
No Soal
Jawaban  benar
skor

No Soal
Jawaban  benar
skor
1
Salah semua
0
4
Salah semua
0

Benar 1
1

Benar 1
1

Benar 2
2

Benar 2
2

Benar 3
3

Benar 3
3
2
Salah semua
0
5
Salah semua
0

Benar 1
1

Benar 1
1

Benar 2
2

Benar 2
2
3
Salah semua
0

Benar 3
3

Benar 1
1

Benar 4
5

Benar 2
2




Benar 3
3
Jumlah skor maksimal
15

4.      Keterampilan
a.      Teknik Penilaian                      : Observasi
b.      Bentuk Instrumen                    : Pedoman observasi
c.       Instrumen Penilaian                :

Pedoman Observasi Presentasi

Kelompok                    : ………
Kelas                             : ……….
Materi Pokok               : ……….


No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata-Rata Skor
Penguasaan Materi
Aktifitas
Kreatifitas



















Pedoman Penilaian Display

Kelas                             : ……….
Materi Pokok               : ……….

No
Kelompok
Aspek Penilaian
Rata-Rata Skor
Penguasaan Materi
Kreatifitas
Kerjasama



















a.              Teknik Penilaian           :    Observasi
b.             Bentuk Instrumen         :    Lembar observasi

Pelaksanaan simulasi :
Lembar penilaian simulasi
Peran dan semangat tokoh perumus UUD 1945

No
Nama siswa
Kesesuaian dengan tema
Penjiwaan pemeran
Tanggapan kelompok
1






2 dst






Keterangan
Kesesuaian dengan tema         : Nilai maksimal = 40
• Nilai 40 jika sangat tepat dengan tema
• Nilai 30 jika tepat dengan tema
• Nilai 20 jika kurang tepat dengan tema
• Nilai 10 jika tidak tepat dengan tema
Penjiwaan pemeran                 : Nilai maksimal = 30
• Nilai 30 jika melaksanakan peran dengan penuh tanggung jawab sehingga sangat sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan
• Nilai 20 jika melaksanakan peran dengan kurang tanggung jawab sehingga agak sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan
• Nilai 10 jika melaksanakan peran dengan tidak tanggung jawab sehingga tidak sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan
Tanggapan kelompok lain       : Nilai maksimal = 30
• Nilai 30 jika jawabannya sangat tepat
• Nilai 20 jika jawabannya kurang tepat
• Nilai 10 jika jawabannya tidak tepat


Lembar Observasi Keterampilan
Kelas                                                    :
Tanggal Pengamatan                         :
Materi pokok                                      :



Aspek Penilaian

No
Nama peserta didik
1
2
3
4
Jumlah
1






dst





















  Keterangan aspek penilaian
1.         Kejelasan paparan
2.         Sistematika paparan
3.         Menggunakan Bahasa Indonesia yang benar
4.         Memilikimkomitmen yang jelas terhadap UUD 1945

                           Jumlah skor
    Nilai  =   ---------------------------------- X 100  =          

                          Skor Maksimal 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar