1.
Sikap
Spiritual
Pedoman
Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai
sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
: ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menambah
rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari perumusan dasar negara
|
|
|
|
|
|
2
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengucapkan
rasa syukur atas perumusan UUD
1945 sesuai
agama masing-masing
|
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sesuai agama
masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Peserta
didik memperoleh nilai :
Baik
Sekali : apabila memperoleh
skor 13 - 16
Baik : apabila memperoleh
skor 9
- 12
Cukup
: apabila
memperoleh skor 5 - 8
Kurang
: apabila memperoleh
skor 1 - 4
2.
Sikap
Sosial
a.
Peduli
Pedoman
Observasi Sikap Peduli
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam kepedulian. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap kepedulian yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
: ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menjaga kebersihan kelas
|
|
|
|
|
|
2
|
Suka
menolong teman/orang lain
|
|
|
|
|
|
3
|
Kesediaan melakukan tugas
sesuai kesepakatan
|
|
|
|
|
|
4
|
Rela
berkorban untuk orang lain
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Peserta
didik memperoleh nilai :
Baik
Sekali : apabila memperoleh
skor 13 - 16
Baik : apabila memperoleh
skor 9 - 12
Cukup
: apabila
memperoleh skor 5 - 8
Kurang
: apabila memperoleh skor
1 - 4
b.
Tanggung
Jawab
Pedoman
Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada
kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
: ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menuduh orang lain tanpa
bukti yang akurat
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan barang yang
dipinjam
|
|
|
|
|
|
5
|
Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Peserta
didik memperoleh nilai :
Baik
Sekali : apabila memperoleh
skor 16 - 20
Baik : apabila memperoleh
skor 11 - 15
Cukup
: apabila
memperoleh skor 6 - 10
Kurang
: apabila memperoleh
skor 1 - 5
c.
Disiplin
Pedoman
Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut :
Ya =
apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuai
aspek pengamatan
Tidak =
apabila siswa tidak menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan.
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
: ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Sikap yang diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
|
|
|
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
3
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
4
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
|
|
|
5
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
6
|
Mengikuti
praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
|
|
|
|
7
|
Membawa
buku tulis sesuai mata pelajaran
|
|
|
|
8
|
Membawa
buku teks mata pelajaran
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Peserta
didik memperoleh nilai :
Baik
Sekali : apabila terdapat 7 – 8 jawaban YA
Baik : apabila terdapat 5 – 6 jawaban YA
Cukup
: apabila
terdapat 3 – 4 jawaban YA
Kurang
: apabila terdapat 1 – 2 jawaban YA
3. Pengetahuan
·
Teknik
Penilaian : Tes
Tertulis
·
Bentuk
Instrumen : Uraian
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi konstitusi bagi suatu
Negara
|
Jelaskan 3 fungsi
konstitusi bagi suatu Negara
|
2
|
Peserta didik dapat menjelaskan Hasil sidang BPUPKI yang kedua
|
Jelaskan Hasil sidang BPUPKI yang kedua
|
3
|
Peserta didik
dapat hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
|
Jelaskan Hasil
sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
|
4
|
Peserta didik dapat menjelaskan peran tokoh perumus UUD Negara Indonesia Tahun 1945 di atas.
|
Jelaskan peran tokoh
perumus UUD Negara Indonesia Tahun 1945 di atas.
|
5
|
Peserta didik dapat menjelaskan nilai-nilai yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh perumus UUD Negara
Indonesia Tahun 1945
|
Jelaskan nilai-nilai
yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh perumus UUD Negara Indonesia Tahun
1945
|
KUNCI
JAWABAN :
1.
Fungsi konstitusi bagi suatu Negara :
·
Membagi kekuasaan dalam negara, yakni antar
cabang kekuasaan negara (terutama kekuasaan legislatif dan yudikatif), sehingga
terwujud system checks and balances dalam penyelenggaraan negara.
·
Membatasi kekuasaan pemerintah atau penguasa
dalam negara.
·
Menentukan lembaga Negara bekerja sama satu
dengan lainnya
·
Menjakin hak-hak warga Negara dari tindakan
sewenang-wenang
·
Menjadi landasan structural penyelenggaraan
pemerintahan.
2.
Hasil
sidang BPUPKI yang kedua
1. Rancangan Undang-undang Dasar
2. Terdiri 37 pasal
3.
Hasil
sidang PPKI Tanggal 18 Agustus 1945
·
Memilih
Presiden dan Wakil Presiden
·
Menetapkan
UUD 145 dan dasar negara
·
Membentuk
KNIP
4.
Peran
tokoh-tokoh tersebut :
·
Dr.
K.R.T Radjiman Wedyodiningrat
Ø
Sebagai
Ketua BPUPKI (badan ini berhasil merumuskan rancangan undang-undang dasar)
Ø
Anggota
PPKI
·
Ir.
Soekarno,.
Ø
Sebagai
anggota BPUPKI
Ø
Sebagai
ketua panitia kecil (panitia sembilan) yang menghasilkan pembukaan hukum dasar
(Piagam Jakarta)
Ø
Sebagai
Ketua PPKI
Ø
Proklamator
Kemerdekaan RI
·
Mr.
Mohammad Yamin
Ø Sebagai anggota BPUPKI dan sekaligus anggota Panitia
Sembilan
Ø Merupakan salah satu tokoh yang mengusulkan rumusan dasar
negara
Ø Beliau menyebut nama pembukaan hukum dasar dengan nama
Piagam Jakarta
·
Drs.
Mohammad Hatta
Ø
Anggota
BPUPKI
Ø
Anggota
PPKI
Ø
Proklamator
Kemerdekaan RI
5.
Nilai
yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh perumus UUD Negara Indonesia Tahun
1945:
Ø
Prinsip
musyawarah mufakat
Ø
Semangat
kebangsaan
Ø
Menempatkan
kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan golongan
Ø
Semangat
persatuan dan kesatuan
Ø
Semangat
cinta tanah air
Pedoman pensekoran :
No Soal
|
Jawaban
benar
|
skor
|
|
No Soal
|
Jawaban
benar
|
skor
|
1
|
Salah semua
|
0
|
4
|
Salah semua
|
0
|
|
|
Benar 1
|
1
|
|
Benar 1
|
1
|
|
|
Benar 2
|
2
|
|
Benar 2
|
2
|
|
|
Benar 3
|
3
|
|
Benar 3
|
3
|
|
2
|
Salah semua
|
0
|
5
|
Salah semua
|
0
|
|
|
Benar 1
|
1
|
|
Benar 1
|
1
|
|
|
Benar 2
|
2
|
|
Benar 2
|
2
|
|
3
|
Salah semua
|
0
|
|
Benar 3
|
3
|
|
|
Benar 1
|
1
|
|
Benar 4
|
5
|
|
|
Benar 2
|
2
|
|
|
|
|
|
Benar 3
|
3
|
Jumlah skor maksimal
|
15
|
4. Keterampilan
a. Teknik Penilaian :
Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Pedoman observasi
c. Instrumen Penilaian :
Pedoman Observasi Presentasi
Kelompok : ………
Kelas : ……….
Materi
Pokok : ……….
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Rata-Rata Skor
|
||
Penguasaan Materi
|
Aktifitas
|
Kreatifitas
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penilaian Display
Kelas : ……….
Materi
Pokok : ……….
No
|
Kelompok
|
Aspek Penilaian
|
Rata-Rata Skor
|
||
Penguasaan Materi
|
Kreatifitas
|
Kerjasama
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar observasi
Pelaksanaan simulasi :
Lembar penilaian
simulasi
Peran dan semangat
tokoh perumus UUD 1945
No
|
Nama siswa
|
Kesesuaian
dengan tema
|
Penjiwaan
pemeran
|
Tanggapan
kelompok
|
1
|
|
|
|
|
2 dst
|
|
|
|
|
Keterangan
Kesesuaian dengan
tema : Nilai maksimal = 40
• Nilai 40 jika
sangat tepat dengan tema
• Nilai 30 jika
tepat dengan tema
• Nilai 20 jika
kurang tepat dengan tema
• Nilai 10 jika
tidak tepat dengan tema
Penjiwaan pemeran : Nilai maksimal = 30
• Nilai 30 jika
melaksanakan peran dengan penuh tanggung jawab sehingga sangat sesuai dengan
karakter tokoh yang diperankan
• Nilai 20 jika
melaksanakan peran dengan kurang tanggung jawab sehingga agak sesuai dengan
karakter tokoh yang diperankan
• Nilai 10 jika
melaksanakan peran dengan tidak tanggung jawab sehingga tidak sesuai dengan
karakter tokoh yang diperankan
Tanggapan
kelompok lain : Nilai maksimal = 30
• Nilai 30 jika
jawabannya sangat tepat
• Nilai 20 jika
jawabannya kurang tepat
• Nilai 10 jika
jawabannya tidak tepat
Lembar
Observasi Keterampilan
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Materi pokok :
|
|
Aspek Penilaian
|
|
|||
No
|
Nama peserta didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Jumlah
|
1
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan aspek penilaian
1.
Kejelasan paparan
2.
Sistematika paparan
3.
Menggunakan Bahasa Indonesia yang benar
4.
Memilikimkomitmen yang jelas terhadap UUD 1945
Jumlah skor
Nilai = ---------------------------------- X
100 =
Skor Maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar