PERENCANAAN
PEMBELAJARAN MENDALAM
SEKOLAH : SMPN 8 Malang
NAMA GURU : Drs. Sumarno
MATA PELAJARAN :
IPS
KELAS / SEMESTER / FASE : VIII / 1 / D
ALOKASI WAKTU :
2 X (3 x 45) menit
MATERI :
Konektivitas Antar Ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian sumber
daya alam
1.
pemanfaatan sumber daya alam yang dipengaruhi oleh
konektivitas (pertanian, perikanan, pertambangan).
2.
Strategi pelestarian sumber daya alam yang terintegrasi
dengan konektivitas antar ruang.
IDENTIFIKASI |
Peserta
Didik |
1. Aspek Pengetahuan Awal (Prior Knowledge)
2. Aspek Minat Belajar
3. Aspek Latar Belakang Sosial-Budaya dan Geografis
4. Aspek Gaya dan Kebutuhan Belajar
5. Aspek Kesiapan Kognitif dan Afektif
6. Aspek Teknologi dan Akses Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Materi
Pelajaran |
1. Pengetahuan Faktual Pengetahuan tentang istilah, data, lokasi, dan
fakta-fakta dasar.
2. Pengetahuan Konseptual Pemahaman tentang hubungan antar konsep,
prinsip, teori.
3. Pengetahuan Prosedural Langkah-langkah atau metode dalam menganalisis,
mengevaluasi, dan merancang solusi terhadap masalah.
4. Pengetahuan Metakognitif Kemampuan menyadari dan mengelola proses berpikir
dan belajar sendiri.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dimensi
Profil Lulusan (DPL) |
Pilihlah
dimensi profil lulusan yang akan dicapai dalam pembelajaran |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
DESAIN PEMBELAJARAN |
Capaian
Pembelajaran |
Peserta didik memahami
keberagaman kondisi
geografis
Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana
alam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Lintas
Disiplin Ilmu |
1. Geografi (Ilmu
Geospasial)
2. Matematika (Statistika
dan Aritmetika Sosial)
3. IPA (Biologi dan Ekologi
Lingkungan)
4. TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
5. Bahasa Indonesia / Bahasa
Inggris
6. PKn (Pendidikan
Kewarganegaraan)
7. Seni Budaya
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan
Pembelajaran |
1.
Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis
sumber daya alam dan persebarannya di Indonesia berdasarkan data dan peta
tematik. 2.
Peserta didik dapat menjelaskan pengaruh
konektivitas (transportasi dan komunikasi) terhadap pemanfaatan sumber daya
alam di bidang pertanian, perikanan, dan pertambangan. 3.
Peserta didik mampu menganalisis hubungan antara
keterjangkauan antar ruang dengan tingkat pemanfaatan dan distribusi hasil
sumber daya alam. 4.
Peserta didik dapat menyajikan strategi pelestarian
sumber daya alam yang sesuai dengan karakteristik wilayah dan tingkat
konektivitasnya. 5.
Peserta didik mampu membuat solusi kreatif berupa
kampanye pelestarian SDA berbasis konektivitas antar ruang dalam bentuk
poster, video, atau infografis. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik
Pembelajaran |
Topik-topik ini dapat
dijadikan sebagai dasar pengembangan:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Praktik
Pedagogis |
Model Pembelajaran: Project Based Learning
(PjBL) Strategi Pembelajaran: Pembelajaran Kontekstual
(Contextual Teaching and Learning - CTL) Metode Pembelajaran (dipilih
terintegrasi):
Contoh Penerapan Prinsip Pembelajaran
Mendalam:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kemitraan
Pembelajaran |
Mitra Kerjasama yang Dapat
Dilibatkan Melibatkan berbagai pihak akan memperkaya pengalaman
belajar peserta didik dan menjadikan pembelajaran lebih kontekstual serta
kolaboratif: a. Dinas Perhubungan
(Dishub)
b. Pihak Sekolah (Guru TIK,
Bahasa Indonesia, dan Seni Budaya)
e. Orang Tua/Wali Murid
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Lingkungan
Pembelajaran |
1. Ruang Fisik 1)
Kelas yang fleksibel dan interaktif
merupakan lingkungan ideal untuk pembelajaran ini. Tata ruang sebaiknya mendukung
diskusi kelompok, presentasi, dan kerja kolaboratif. Siswa dapat duduk dalam
formasi melingkar atau kelompok kecil agar interaksi lebih efektif. 2)
Ruang terbuka sekolah (halaman, taman, greenhouse,
kebun sekolah) juga bisa digunakan untuk pembelajaran kontekstual,
seperti observasi langsung tentang pemanfaatan lahan, limbah organik, atau
praktik konservasi. 3)
Ruang perpustakaan dan laboratorium komputer juga
dapat dimanfaatkan sebagai tempat siswa mencari data, membuat peta
interaktif, atau menyusun presentasi multimedia. 2. Budaya Belajar Budaya belajar yang perlu dibangun dalam kelas ini
adalah:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pemanfaatan
Digital |
Ruang Virtual Lingkungan belajar daring atau digital dapat
dibangun melalui platform seperti:
Ruang virtual ini memungkinkan pembelajaran
berlangsung secara fleksibel, kolaboratif, dan kreatif, serta memberi ruang
bagi siswa yang terbiasa dengan teknologi. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PENGALAMAN BELAJAR |
AWAL (tuliskan
prinsip pembelajaran yang digunakan, misal berkesadaran, bermakna,
menggembirakan) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembuka (±15 menit)
“Hari
ini kita akan belajar bagaimana konektivitas seperti jalan, pelabuhan, dan
internet memengaruhi cara kita memanfaatkan hasil alam seperti padi, ikan,
dan tambang. Kita juga akan berpikir bagaimana cara menjaga agar sumber daya
ini tidak cepat habis.”
“Mengapa
harga ikan bisa mahal di satu tempat dan murah di tempat lain?”
“Bayangkan
kalian jadi pemimpin daerah yang kaya hasil tambang atau pertanian. Apa yang
akan kalian lakukan agar hasilnya bisa sampai ke seluruh Indonesia, tapi alam
tetap terjaga?” |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
INTI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pada tahap
ini, siswa aktif terlibat dalam pengalaman belajar memahami, mengaplikasi,
dan merefleksi. Guru menerapkan prinsip pembelajaran berkesadaran, bermakna,
menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengalaman belajar tidak
harus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Memahami (Bermakna,
Berkesadaran) 40
menit |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan: Murid
memahami konsep pemanfaatan SDA dan konektivitas secara mendalam dan
kontekstual. Aktivitas:
Nilai
yang ditumbuhkan: komunikasi aktif, penalaran kritis terhadap data dan ruang. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengaplikasi
(Menggembirakan) 35 menit |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan: Murid
mengembangkan solusi atau strategi pelestarian SDA yang mempertimbangkan
konektivitas antar ruang. Aktivitas:
“Buatlah solusi pelestarian
SDA di daerah tertentu dengan mempertimbangkan konektivitas dan karakteristik
wilayah!”
Nilai yang ditumbuhkan:
kreativitas, kerja tim, kesadaran lingkungan, komunikasi publik. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Merefleksi (Berkesadaran)
20 menit |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tahap 3: Merefleksi (30
menit) Tujuan: Murid
merefleksikan pemahaman, pengalaman belajar, dan kesadaran akan peran diri
terhadap pelestarian SDA. Aktivitas:
“Alam bisa habis, tapi ide
dan aksi baik akan terus tumbuh jika kalian bergerak bersama.” Catatan Khusus untuk
Mewujudkan Pembelajaran Mindful – Meaningful – Joyful
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PENUTUP (berkesadaran,
bermakna) 5
menit |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Refleksi Materi (5 menit) Guru
memandu siswa untuk merenungkan dan mengulas kembali inti materi yang telah
dipelajari hari ini melalui pertanyaan:
Siswa
dapat menjawab secara lisan, menggunakan kertas refleksi, atau aplikasi
seperti Mentimeter / Padlet. 2.
Refleksi Akhir Pembelajaran (3 menit) Guru
mengajak siswa menilai pengalaman belajarnya sendiri hari ini:
Guru
dapat menyampaikan pujian atas partisipasi aktif dan keberhasilan siswa
menyelesaikan proyek/tugas. 3.
Motivasi Penutup (3 menit) Guru
memberikan penguatan dan motivasi untuk membangun kesadaran lingkungan: “Kalian
adalah generasi yang akan menentukan masa depan bumi ini. Dengan berpikir
kritis, bekerja sama, dan peduli lingkungan, kalian bisa jadi pemimpin
perubahan. Mulailah dari hal kecil, dari sekitar, dari sekarang.” Guru juga
bisa menutup dengan kutipan inspiratif, seperti: “Kita
tidak mewarisi bumi dari nenek moyang kita, kita meminjamnya dari anak cucu
kita.” — Pepatah Pribumi Amerika 4.
Pemberian Tugas untuk Pertemuan Berikutnya (4 menit) Tugas
bersifat kontekstual dan aplikatif: Tugas
Individu: Carilah
satu contoh kasus nyata di Indonesia (berita/artikel/video) tentang konflik
atau masalah dalam pemanfaatan sumber daya alam yang tidak mempertimbangkan
konektivitas atau lingkungan. Tuliskan ringkasan kasus tersebut dan usulkan
solusinya berdasarkan pembelajaran hari ini. Atau
Tugas Alternatif (Kreatif): Buatlah
jurnal visual (gambar, kolase, atau poster digital) bertema “Kampungku,
Sumberdayaku” yang menggambarkan potensi SDA di lingkungan sekitarmu dan
gagasan pelestariannya. Tugas ini
dikumpulkan pada pertemuan berikutnya sebagai bahan diskusi lanjutan atau
proyek kolaboratif tahap 2. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ASESMEN PEMBELAJARAN |
Asesmen pada Awal Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Awal Mengetahui:
Jenis dan Bentuk Instrumen
Contoh 5 Pernyataan /
Pertanyaan Instrumen
Petunjuk Penggunaan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Asesmen pada Proses Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Formatif Mengetahui sejauh mana siswa:
Jenis dan Bentuk Instrumen
Instrumen Asesmen Formatif (Sederhana &
Praktis) A. Kuis Singkat (Pilihan Ganda / Benar-Salah) (Dapat dilakukan secara lisan, tulis, atau via
aplikasi: Kahoot/Quizizz/Google Form)
Jawaban: Salah
Jawaban: B
Jawaban bisa variatif:
penurunan wisata pantai karena abrasi, penutupan lokasi wisata karena cuaca
ekstrem, dll. B. Pertanyaan Reflektif
Terbuka (5–10 menit) Tuliskan satu hal baru yang
kamu pelajari hari ini tentang perubahan iklim dan dampaknya terhadap
masyarakat sekitar! Apa ide sederhana yang bisa
dilakukan oleh pelajar seperti kamu untuk mengurangi dampak perubahan iklim? C. Exit Ticket (1–2 menit di akhir
pembelajaran) Setiap siswa menuliskan (di kertas kecil atau Google
Form):
D. Ceklist Observasi Guru saat
Diskusi/Presentasi
Kelebihan Instrumen Ini:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Asesmen pada Akhir Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Sumatif Menilai:
Jenis dan Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen Sederhana dan Efektif Bagian A: Tes Tertulis
(Wajib – Individu) 1. Pilihan Ganda (pilih 1
jawaban benar):
2. Isian Singkat 3. Uraian Pendek Bagian B: Proyek Mini
(Opsional / Pendamping Tes Tertulis) Tugas Individu / Kelompok
Kecil (2–3 orang): Buatlah
poster/infografis/esai mini yang menjelaskan pemanfaatan salah satu sumber
daya alam (pertanian/perikanan/pertambangan) di daerahmu, pengaruh
konektivitas terhadapnya, dan strategi pelestarian yang dapat diterapkan. Kriteria penilaian:
Rekap Bentuk Penilaian:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Asesmen
dalam pembelajaran mendalam disesuaikan dengan assessment as learning,
assessment for learning, dan assessment of learning. Tentukan metode atau
cara yang digunakan secara komprehensif untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik. Contoh: Tes tertulis, Tes lisan, Penilaian Kinerja, Penilaian
Proyek, Penilaian Produk, Observasi, Portofolio, Peer Assessment, Self
Assessment, penilaian berbasis kelas, dan sebagainya. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Rubrik Penilaian
Diskusi Kelas
Indikator |
Baru Memulai (1) |
Berkembang (2) |
Cakap (3) |
Mahir (4) |
Keaktifan
Bertanya |
Tidak bertanya
atau hanya sekali bertanya. |
Bertanya beberapa
kali, tetapi kurang relevan. |
Bertanya dengan
relevansi terhadap topik. |
Sering bertanya
dengan pertanyaan yang mendalam dan relevan. |
Kerja Sama |
Tidak aktif
bekerja sama, cenderung bekerja sendiri. |
Beberapa
interaksi dengan teman, tetapi masih sering bekerja sendiri. |
Aktif bekerja
sama, mendengarkan pendapat teman. |
Sangat aktif
bekerja sama, memimpin diskusi, dan menghargai pendapat teman. |
Kreativitas |
Tidak mengajukan
ide atau solusi baru. |
Mengajukan
beberapa ide, tetapi kurang terstruktur. |
Mengajukan
ide-ide yang kreatif dan relevan. |
Mengajukan ide
yang sangat kreatif dan inovatif, menyelesaikan masalah dengan pendekatan
baru. |
Kemampuan
Komunikasi |
Mengungkapkan ide
secara terbatas atau sulit dipahami. |
Bisa
mengungkapkan ide, namun terkadang kurang jelas. |
Menyampaikan ide
dengan jelas dan terstruktur. |
Menyampaikan ide
secara sangat jelas, meyakinkan, dan mampu mempengaruhi diskusi. |
Penjelasan Kriteria
- Keaktifan Bertanya:
- Baru Memulai: Siswa jarang atau tidak bertanya selama diskusi.
- Berkembang: Siswa bertanya, namun pertanyaan yang diajukan kurang relevan
atau tidak mendalam.
- Cakap: Siswa aktif
bertanya dan pertanyaannya relevan serta membantu memperdalam diskusi.
- Mahir: Siswa
sering bertanya dengan pertanyaan yang sangat relevan, mendalam, dan
merangsang pemikiran lebih lanjut dari teman-teman sekelas.
- Kerja Sama:
- Baru Memulai: Siswa jarang berkolaborasi atau cenderung bekerja sendiri tanpa
melibatkan teman.
- Berkembang: Siswa mulai berkolaborasi, namun kadang masih kurang terlibat
secara aktif dalam diskusi kelompok.
- Cakap: Siswa
bekerja sama dengan baik, mendengarkan teman, dan aktif berkontribusi
dalam diskusi kelompok.
- Mahir: Siswa
sangat kolaboratif, mendengarkan dan memberikan kontribusi yang berarti,
serta mendorong teman-temannya untuk berbicara.
- Kreativitas:
- Baru Memulai: Siswa tidak mengajukan ide atau solusi baru dalam diskusi.
- Berkembang: Siswa mengajukan beberapa ide, tetapi ide-idenya tidak cukup
terstruktur atau tidak sepenuhnya relevan dengan topik.
- Cakap: Siswa
mengajukan ide yang relevan dan kreatif, membantu memecahkan masalah atau
memperkaya diskusi.
- Mahir: Siswa
mengajukan solusi atau ide yang sangat kreatif, inovatif, dan berguna
dalam konteks diskusi yang terjadi.
- Kemampuan Komunikasi:
- Baru Memulai: Siswa kesulitan mengungkapkan ide mereka atau sulit dipahami
oleh teman-temannya.
- Berkembang: Siswa mengungkapkan ide, namun terkadang masih kurang jelas atau
kurang terstruktur.
- Cakap: Siswa dapat
menyampaikan ide dengan jelas dan mudah dipahami oleh teman-teman.
- Mahir: Siswa
menyampaikan ide dengan sangat jelas, terstruktur, dan mampu mempengaruhi
jalannya diskusi.
Cara Penggunaan
Rubrik
- Penyusunan Nilai: Setiap siswa dinilai berdasarkan keempat
indikator dengan skala 1 hingga 4 untuk setiap indikator.
- Total Skor: Setiap indikator memiliki skor maksimal 4, sehingga total nilai
tertinggi adalah 16 (4 x 4).
- Interpretasi Hasil:
- Skor 1-7: Siswa membutuhkan lebih banyak
dukungan dalam keterampilan diskusi.
- Skor 8-12: Siswa sudah menunjukkan kemampuan
dasar dalam diskusi tetapi masih perlu berkembang.
- Skor 13-16: Siswa menunjukkan kemampuan diskusi
yang sangat baik, aktif, kreatif, dan komunikatif.
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Malang Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Malang, 14 April 2025 Guru Mata Pelajaran Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD)
IPS Kelas VIII – Konektivitas dan Sumber Daya Alam
Nama Siswa
: ..............................................................
Kelompok :
..............................................................
Hari/Tanggal :
..............................................................
A. Eksplorasi
& Pemahaman (Memahami)
Petunjuk:
Bacalah data/informasi/gambar peta wilayah yang diberikan oleh guru, lalu jawab
pertanyaan di bawah ini bersama kelompokmu!
- Jenis sumber
daya alam utama di wilayah yang kalian pelajari adalah:
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Bagaimana kondisi konektivitas wilayah tersebut
(jalan, pelabuhan, akses digital, dll)?
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Jelaskan dampak konektivitas terhadap pemanfaatan
sumber daya alam di wilayah tersebut!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Apakah wilayah tersebut mengalami masalah lingkungan?
Jika ya, sebutkan!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
B. Proyek Mini:
Solusi dan Pelestarian (Mengaplikasi)
Petunjuk:
Rancanglah sebuah strategi pelestarian sumber daya alam di wilayah yang kalian
pelajari. Strategi harus mempertimbangkan tingkat konektivitas dan karakter
wilayahnya.
Gunakan format berikut:
Nama strategi atau program kalian:
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Masalah utama yang ingin diselesaikan:
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Langkah-langkah atau solusi yang akan dilakukan:
- ............................................................................................
- ............................................................................................
- ............................................................................................
Apa manfaat strategi kalian bagi masyarakat dan
lingkungan sekitar?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jika memungkinkan, gambarkan konsep
poster/infografis/video singkat untuk kampanye pelestarian:
C. Refleksi
Diri (Merefleksi)
- Apa hal paling
menarik yang kamu pelajari hari ini?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................... - Bagaimana
peranmu dalam kelompok selama kegiatan berlangsung?
- Aktif
bertanya
- Memberi ide
- Mencatat/memimpin
diskusi
- Kurang aktif
(akan berusaha lebih baik)
- Apa tindakan
kecil yang bisa kamu lakukan mulai sekarang untuk menjaga sumber daya alam
di sekitarmu?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar