PERENCANAAN PEMBELAJARAN
MENDALAM
SEKOLAH : SMPN 8
Malang
NAMA GURU : Drs. Sumarno
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS / SEMESTER / FASE : VII / 1 / D
ALOKASI WAKTU : 2 X (3 x 45) menit
MATERI :
Dampak Perubahan Iklim terhadap Kehidupan Ekonomi, Sosial,
dan Budaya
1.
Pengertian perubahan iklim.
2.
Dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi
(pertanian, perikanan, industri, pariwisata).
3.
Dampak perubahan iklim terhadap kehidupan sosial (kesehatan,
pendidikan, migrasi).
IDENTIFIKASI |
Peserta
Didik |
1. Aspek Pengetahuan Awal
2. Aspek Minat
3. Aspek Latar Belakang Sosial dan Lingkungan
4. Aspek Kebutuhan Belajar
5. Aspek Lainnya (Emosional & Sosial)
|
||
Materi
Pelajaran |
1. Pengetahuan Faktual Pengetahuan dasar tentang informasi spesifik dan
terminologi. Contoh Materi:
Kaitannya dengan kehidupan
sehari-hari:
2. Pengetahuan Konseptual Pengetahuan tentang hubungan antara fakta dan ide;
termasuk prinsip, teori, dan model. Contoh Materi:
Kaitannya dengan kehidupan
sehari-hari:
3. Pengetahuan Prosedural Pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu,
termasuk metode, teknik, dan langkah berpikir. Contoh Materi:
Kaitannya dengan kehidupan
sehari-hari:
4. Pengetahuan Metakognitif Pengetahuan tentang kesadaran diri dalam belajar,
strategi berpikir, dan refleksi kritis. Contoh Materi:
Kaitannya dengan kehidupan
sehari-hari:
|
|||
Dimensi
Profil Lulusan (DPL) |
Pilihlah
dimensi profil lulusan yang akan dicapai dalam pembelajaran |
|||
|
|
|||
DESAIN PEMBELAJARAN |
Capaian
Pembelajaran |
Peserta didik memahami keberagaman kondisi
geografis
Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana
alam |
||
Lintas
Disiplin Ilmu |
1. Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) Fokus:
2. Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) Fokus:
3. Matematika Fokus:
4. Bahasa Indonesia Fokus:
5. Seni Budaya &
Keterampilan (SBK/TIK) Fokus:
6. Bahasa Inggris Fokus:
7. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn) Fokus:
8. Prakarya / Kewirausahaan Fokus:
|
|||
Tujuan
Pembelajaran |
1. Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian perubahan iklim dengan benar melalui
diskusi kelas. 2. Peserta
didik dapat mengidentifikasi minimal 3 dampak perubahan iklim terhadap sektor
ekonomi (pertanian, perikanan, industri, atau pariwisata) secara tepat. 3. Peserta
didik dapat menganalisis dampak perubahan iklim terhadap kehidupan sosial
(kesehatan, pendidikan, atau migrasi) melalui studi kasus atau artikel. 4. Peserta
didik dapat menyajikan hasil diskusi kelompok tentang dampak perubahan iklim
terhadap masyarakat dalam bentuk poster, infografis, atau presentasi. 5. Peserta
didik dapat mengusulkan minimal 1 solusi sederhana yang dapat dilakukan
pelajar dalam menghadapi dampak perubahan iklim di lingkungan sekitar. |
|||
Topik
Pembelajaran |
“Perubahan Iklim dan
Dampaknya terhadap Kehidupan Manusia” Topik-Topik Turunan yang Lebih Spesifik:
|
|||
Praktik
Pedagogis |
Project Based Learning
(PjBL) Strategi yang Diterapkan: Pembelajaran Berbasis Isu
dan Konteks Nyata Metode Pembelajaran yang
Digunakan:
|
|||
Kemitraan
Pembelajaran |
1. Dinas Lingkungan Hidup
(DLH) Kota/Kabupaten
2. BMKG (Badan Meteorologi,
Klimatologi, dan Geofisika) Wilayah
3. Balai Pertanian / Dinas
Pertanian atau Kelautan
4. Kampus atau Universitas
(Fakultas Geografi, Sosial, atau Pertanian)
5. Orang Tua dan Komite
Sekolah
|
|||
Lingkungan
Pembelajaran |
1.
Kelas yang fleksibel dan aktif 2.
Ruang terbuka sekolah (taman, kebun sekolah,
lapangan) 3.
Perpustakaan atau ruang multimedia sekolah |
|||
Pemanfaatan
Digital |
1. Platform
pembelajaran daring (misalnya: Google Classroom, Microsoft Teams, atau
Moodle)
2. Media
sosial edukatif (Instagram, Padlet, Canva, atau blog siswa) 3. Sumber belajar eksternal seperti
YouTube Edu, BMKG, atau situs lingkungan hidup |
|||
PENGALAMAN BELAJAR |
AWAL (tuliskan
prinsip pembelajaran yang digunakan, misal berkesadaran, bermakna,
menggembirakan) |
|||
|
||||
INTI |
||||
Pada tahap
ini, siswa aktif terlibat dalam pengalaman belajar memahami, mengaplikasi,
dan merefleksi. Guru menerapkan prinsip pembelajaran berkesadaran, bermakna,
menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengalaman belajar tidak
harus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. |
||||
Memahami (Bermakna,
Berkesadaran) 40
menit |
||||
Tujuan: Siswa
memahami konsep perubahan iklim dan dampaknya secara faktual dan konseptual. Aktivitas:
|
||||
Mengaplikasi
(Menggembirakan) 35 menit |
||||
Tujuan: Siswa
menerapkan pengetahuan ke dalam produk atau solusi nyata secara kolaboratif. Aktivitas:
|
||||
Merefleksi (Berkesadaran)
20 menit |
||||
Tujuan: Siswa
menyadari keterkaitan materi dengan kehidupan mereka dan merancang tindakan
sederhana. Aktivitas:
|
||||
PENUTUP (berkesadaran,
bermakna) 5
menit |
||||
1. Refleksi Materi
Siswa dapat menjawab secara lisan atau menuliskannya
secara singkat di lembar refleksi atau jurnal belajar. 2. Refleksi Akhir
Pembelajaran
Refleksi ini dapat dilakukan secara individual atau
melalui diskusi ringan berpasangan agar lebih bermakna dan menggembirakan. 3. Motivasi “Perubahan iklim adalah
tantangan besar, tapi kalian bisa menjadi bagian dari solusinya. Kalian tidak
terlalu muda untuk peduli dan bertindak, bahkan dari hal-hal kecil di
lingkungan sekolah dan rumah.” 4. Tugas Pertemuan
Berikutnya
|
||||
ASESMEN PEMBELAJARAN |
Asesmen pada Awal Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Awal Untuk mengetahui:
Jenis dan Bentuk Instrumen
Lima Contoh Pertanyaan/Pernyataan Asesmen
Catatan Teknis
|
||
Asesmen pada Proses Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Formatif Untuk mengetahui:
Jenis dan Bentuk Instrumen
Bentuk Instrumen: 1. Lembar Observasi Guru (untuk
menilai proses siswa secara kualitatif) Kriteria yang diamati oleh guru selama diskusi
kelompok atau presentasi:
2. Pertanyaan Refleksi
Individu (Jawaban Singkat – ditulis siswa) Guru memberikan 2–3 pertanyaan reflektif setelah
kegiatan diskusi atau presentasi:
Catatan:
|
|||
Asesmen pada Akhir Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Sumatif Untuk mengukur:
Jenis dan Bentuk Instrumen
Bentuk Instrumen Simpel dan Efektif Bagian A – Pilihan Ganda
(Pemahaman Konsep) Pilih jawaban yang paling
benar!
Bagian B – Uraian Singkat
(Analisis Dampak) Jawablah dengan singkat dan
jelas!
Bagian C – Proyek Mini
(Tugas Alternatif) Siswa memilih satu dari dua
tugas berikut: Pilihan 1: Pilihan 2: Kriteria Penilaian Umum
Catatan:
|
|||
Asesmen
dalam pembelajaran mendalam disesuaikan dengan assessment as learning,
assessment for learning, dan assessment of learning. Tentukan metode atau
cara yang digunakan secara komprehensif untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik. Contoh: Tes tertulis, Tes lisan, Penilaian Kinerja, Penilaian
Proyek, Penilaian Produk, Observasi, Portofolio, Peer Assessment, Self
Assessment, penilaian berbasis kelas, dan sebagainya. |
||||
Rubrik Penilaian
Diskusi Kelas
Indikator |
Baru Memulai |
Berkembang |
Cakap |
Mahir |
Keaktifan
Bertanya |
Jarang bertanya
atau memberikan tanggapan. |
Bertanya beberapa
kali, tetapi kurang mendalam. |
Bertanya dengan
relevansi dan mendalam. |
Aktif bertanya
dengan pertanyaan yang menantang dan mendalam, mendorong diskusi lebih
lanjut. |
Kerja Sama |
Tidak
berpartisipasi dalam diskusi kelompok. |
Berpartisipasi,
namun terkadang tidak mendukung teman. |
Menunjukkan kerja
sama yang baik, mendengarkan dan memberikan masukan. |
Kerja sama sangat
baik, memimpin diskusi, membantu teman dalam memahami materi. |
Kreativitas |
Menyampaikan ide
yang sangat umum atau terbatas. |
Mencoba
menyampaikan ide-ide baru meskipun kurang matang. |
Mampu memberikan
ide kreatif yang relevan dengan materi. |
Mampu
menghubungkan berbagai ide secara kreatif dan memberikan solusi baru atau
perspektif unik. |
Kemampuan
Komunikasi |
Kesulitan dalam
menyampaikan ide secara jelas. |
Mampu
menyampaikan ide dengan jelas meski terkadang kurang lancar. |
Menyampaikan ide
dengan jelas dan terstruktur. |
Mampu
menyampaikan ide dengan sangat jelas, terstruktur, dan persuasif,
memfasilitasi komunikasi antar anggota. |
Deskripsi Kriteria Penilaian:
- Baru
Memulai:
Siswa mulai mencoba berpartisipasi dalam diskusi, tetapi belum menunjukkan keterlibatan aktif atau pemahaman mendalam mengenai materi. - Berkembang:
Siswa mulai berpartisipasi dalam diskusi dan dapat mengungkapkan pendapat meskipun masih terbatas dalam kualitas pertanyaan dan kontribusi. - Cakap:
Siswa mampu berkomunikasi dengan baik, aktif berpartisipasi, bekerja sama dengan teman-temannya, dan memberikan kontribusi yang relevan serta kreatif dalam diskusi. - Mahir:
Siswa tidak hanya memahami materi dengan baik, tetapi juga mampu memimpin diskusi, mengajukan pertanyaan kritis yang mendorong pemikiran mendalam, serta berkomunikasi secara efektif dengan teman-temannya.
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8
Malang
Sri
Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Malang, 14
April 2025 Guru Mata Pelajaran Drs
Sumarno. NIP. 1966308
200501 1 006 |
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
LKPD IPS Kelas VII
Mata Pelajaran :
IPS
Kelas : 7
Topik : Perubahan Iklim dan
Dampaknya terhadap Kehidupan
Waktu : 40–60 menit
Tujuan Kegiatan:
Siswa mampu:
- Menjelaskan
pengertian perubahan iklim.
- Menganalisis
dampaknya terhadap kehidupan ekonomi dan sosial.
- Menyampaikan
solusi secara kreatif dan komunikatif.
Petunjuk Kerja
- Kerjakan LKPD
ini dalam kelompok (3–5 orang).
- Baca dan
diskusikan setiap pertanyaan dengan baik.
- Tuliskan hasil
diskusi secara ringkas dan jelas.
- Siapkan
presentasi singkat hasil diskusi kelompokmu.
A. Pengantar
Diskusi
- Apa yang
kalian pahami tentang perubahan iklim?
Tulis pengertian versi kelompok kalian berdasarkan hasil diskusi!
Jawaban:
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
- Menurut
kelompokmu, apa penyebab utama perubahan iklim saat ini?
Jawaban:
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
B. Analisis
Dampak
Diskusikan dan isilah tabel berikut berdasarkan
pengetahuan dan logika kelompokmu!
Sektor |
Dampak Perubahan Iklim |
Contoh Nyata (di Indonesia) |
Pertanian |
…………………………………………………………………………. |
………………………………………………………………… |
Perikanan |
…………………………………………………………………………. |
………………………………………………………………… |
Industri |
…………………………………………………………………………. |
………………………………………………………………… |
Pariwisata |
…………………………………………………………………………. |
………………………………………………………………… |
Kesehatan |
…………………………………………………………………………. |
………………………………………………………………… |
Pendidikan |
…………………………………………………………………………. |
………………………………………………………………… |
Migrasi Penduduk |
…………………………………………………………………………. |
………………………………………………………………… |
C. Solusi dan
Tindakan
Diskusikan: Apa yang bisa dilakukan oleh pelajar
untuk membantu mengurangi dampak perubahan iklim?
Tuliskan minimal 3 ide aksi nyata dari kelompokmu:
- ........................................................................................................
- ........................................................................................................
- ........................................................................................................
D. Kegiatan
Penutup
- Siapkan poster
mini atau mind map berisi:
- Pengertian
perubahan iklim
- Dampaknya
terhadap ekonomi dan sosial
- Solusi yang
diusulkan kelompokmu
Poster ini akan dipresentasikan di depan kelas atau
dipajang di mading sekolah.
Refleksi
Kelompok (opsional):
Tuliskan satu hal yang kalian pelajari dan rasakan
setelah mengerjakan LKPD ini:
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar