PERENCANAAN
PEMBELAJARAN MENDALAM
SEKOLAH : SMPN 8 Malang
NAMA GURU : Drs. Sumarno
MATA PELAJARAN :
IPS
KELAS / SEMESTER / FASE : VIII / 1 / D
ALOKASI WAKTU :
2 X (3 x 45) meni
MATERI : Lembaga Keuangan
1.
Peran lembaga keuangan dalam perekonomian.
2.
Produk dan layanan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan.
3.
Pentingnya lembaga keuangan dalam mendukung kegiatan
ekonomi.
IDENTIFIKASI |
Peserta
Didik |
Aspek Pengetahuan Awal (Prior Knowledge)
2. Aspek Minat Belajar
3. Aspek Latar Belakang Sosial dan Ekonomi
4. Aspek Gaya dan Kebutuhan Belajar
5. Aspek Lingkungan dan Teknologi
6. Aspek Emosional dan Sosial
7. Aspek Kesiapan Kognitif
Rekomendasi Tindak Lanjut
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Materi
Pelajaran |
1. Pengetahuan Faktual Pengetahuan dasar tentang istilah, objek, dan data.
2. Pengetahuan Konseptual Pengetahuan tentang hubungan antar konsep dan
klasifikasi.
3. Pengetahuan Prosedural Pengetahuan tentang cara atau langkah-langkah
melakukan sesuatu.
4. Pengetahuan Metakognitif Pengetahuan tentang cara belajar dan strategi
berpikir tentang materi itu sendiri.
Kesimpulan Dengan mengidentifikasi jenis-jenis pengetahuan ini:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dimensi
Profil Lulusan (DPL) |
Pilihlah
dimensi profil lulusan yang akan dicapai dalam pembelajaran |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
DESAIN PEMBELAJARAN |
Capaian
Pembelajaran |
Peserta didik memahami
keberagaman kondisi
geografis
Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana
alam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Lintas
Disiplin Ilmu |
Lintas Disiplin Ilmu dari
Materi IPS tentang Lembaga Keuangan
Proyek Lintas Disiplin
(Kolaboratif dan Berbasis Proyek/P5) Judul Proyek: "Cerdas
Finansial sejak Dini: Menabung dan Berwirausaha dengan Bijak" Kegiatan Proyek:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan
Pembelajaran |
1. Peserta
didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis lembaga keuangan yang ada di
Indonesia dengan benar. 2. Peserta
didik dapat menjelaskan peran lembaga keuangan dalam perekonomian secara
runtut dan jelas. 3. Peserta
didik dapat menyebutkan minimal tiga produk dan layanan yang ditawarkan oleh
lembaga keuangan dengan tepat. 4. Peserta
didik dapat menganalisis pentingnya lembaga keuangan dalam mendukung kegiatan
ekonomi masyarakat melalui diskusi kelompok. 5. Peserta
didik dapat menyajikan hasil studi kasus atau simulasi sederhana tentang
penggunaan layanan keuangan dalam kehidupan sehari-hari secara tertulis atau
lisan. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik
Pembelajaran |
Topik Pembelajaran: "Peran Strategis
Lembaga Keuangan dalam Mendukung Kegiatan Ekonomi Masyarakat" Topik ini mencerminkan
keterkaitan antara fungsi lembaga keuangan dengan kehidupan ekonomi
masyarakat, sekaligus membuka ruang untuk pendekatan kontekstual,
kolaboratif, dan literasi keuangan dalam pembelajaran. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Praktik Pedagogis |
MODEL PEMBELAJARAN Project Based Learning
(PjBL) Mengajak siswa membuat proyek nyata yang berhubungan
dengan lembaga keuangan (misalnya: simulasi tabungan kelas, mini koperasi,
atau kampanye literasi keuangan) STRATEGI PEMBELAJARAN Inkuiri Sosial &
Kolaboratif Siswa diajak untuk menggali masalah sosial-ekonomi
(contoh: sulitnya akses permodalan UMKM), mencari informasi, berdiskusi, dan
menemukan solusi secara kolaboratif. METODE PEMBELAJARAN
Kesesuaian dengan Profil
Pelajar Pancasila
Kesesuaian dengan Prinsip
Pembelajaran Mendalam
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kemitraan Pembelajaran |
Manfaat Kolaborasi:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Lingkungan
Pembelajaran |
1. Ruang Fisik Kelas Reguler yang Fleksibel
Ruang Koperasi Sekolah /
Mini Lab Keuangan
Ruang Tamu Tamu / Aula
Sekolah
3. Budaya Belajar Kolaboratif dan Demokratis
Kritis dan Reflektif
Bermakna dan Kontekstual
Menyenangkan dan
Partisipatif
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pemanfaatan
Digital |
1. Simulasi Digital dan
Roleplay Interaktif (Menggunakan Canva / Google Slides + Video YouTube)
2. Kuis Interaktif Online
(Menggunakan Kahoot / Quizizz / Wordwall)
3. Diskusi Kolaboratif
Virtual (Menggunakan Padlet / Google Docs / Google Classroom)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PENGALAMAN BELAJAR |
AWAL (tuliskan
prinsip pembelajaran yang digunakan, misal berkesadaran, bermakna,
menggembirakan) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembuka
“Hari
ini kita akan membahas bagaimana bank, koperasi, dan lembaga keuangan lainnya
membantu masyarakat, termasuk kalian dan keluarga kalian, dalam kehidupan
sehari-hari.”
(Guru
menuliskan jawaban siswa di papan tulis untuk dihubungkan dengan konsep inti
nanti)
“Nah,
ternyata kegiatan keuangan itu dekat banget dengan kehidupan kita, ya! Yuk,
kita cari tahu bagaimana lembaga keuangan bisa membantu kita jadi generasi
yang cerdas dan bijak secara finansial!” |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
INTI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pada tahap
ini, siswa aktif terlibat dalam pengalaman belajar memahami, mengaplikasi,
dan merefleksi. Guru menerapkan prinsip pembelajaran berkesadaran, bermakna, menyenangkan
untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengalaman belajar tidak harus
dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Memahami (Bermakna,
Berkesadaran) 40
menit |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan: Siswa
memahami konsep dan fungsi lembaga keuangan secara kritis. Langkah-Langkah:
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengaplikasi
(Menggembirakan) 35 menit |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan: Siswa
menerapkan konsep melalui aktivitas kreatif dan kolaboratif. Langkah-Langkah:
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Merefleksi (Berkesadaran)
20 menit |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan: Siswa
merefleksikan makna dan pengalaman belajar hari ini. Langkah-Langkah:
Hasil yang Diharapkan:
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PENUTUP (berkesadaran,
bermakna) 5
menit |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Refleksi Materi (5 menit) Guru mengajak siswa menjawab secara lisan atau
tertulis beberapa pertanyaan panduan:
Opsi: siswa menuliskan
jawaban di kertas refleksi/Sticky Notes lalu menempelkannya di “Pohon
Refleksi” atau “Dinding Literasi Kelas” 2. Refleksi Akhir
Pembelajaran (3–5 menit) Guru memberi ruang bagi siswa menyampaikan:
Guru bisa
memberi kesempatan 2–3 siswa berbagi secara sukarela di depan kelas. 3. Motivasi Penutup (3
menit) Guru memberikan penguatan dengan kata-kata
inspiratif, misalnya: “Menabung bukan hanya soal menyimpan uang, tapi
tentang belajar mengelola masa depan. Saat kalian memahami cara kerja lembaga
keuangan, kalian sedang melangkah jadi generasi yang cerdas secara ekonomi.” Guru juga bisa menyebut contoh tokoh sukses yang
memulai usahanya dengan bantuan koperasi atau bank. 4. Tugas untuk Pertemuan
Berikutnya (3–5 menit) Judul Tugas: "Lembaga
Keuangan di Sekitar Kita" Instruksi:
Tugas
akan dibahas pada pertemuan berikutnya sebagai pengantar materi lanjutan
tentang keberagaman lembaga keuangan dan inklusi keuangan. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ASESMEN PEMBELAJARAN |
Asesmen pada Awal Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Awal:
Jenis dan Bentuk Instrumen
Instrumen: 5
Pertanyaan/Pernyataan Asesmen Awal 1. (Pilihan Ganda -
Pengetahuan Awal) Apa yang dimaksud dengan
lembaga keuangan? 2. (Skala/Checklist -
Pengalaman Pribadi) Pilih layanan keuangan yang
pernah kamu gunakan atau lihat secara langsung (boleh lebih dari satu): 3. (Skala Likert - Minat
Belajar) Saya tertarik mempelajari
cara kerja bank, koperasi, dan layanan keuangan. 4. (Pilihan Ganda -
Pemahaman Awal Konsep) Apa manfaat lembaga keuangan
bagi masyarakat? 5. (Pertanyaan Terbuka -
Refleksi Ringan) Ceritakan secara singkat,
apakah kamu atau keluargamu pernah berhubungan dengan bank, koperasi, atau
lembaga keuangan lainnya? Jika ya, dalam hal apa? Keterangan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Asesmen pada Proses Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Formatif
Jenis dan Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen Asesmen
Formatif (Simpel & Tepat) 1. Kuis Singkat
(Lisan/Tulisan, 5 menit) Tujuan: Mengukur
pemahaman konsep secara cepat
2. Refleksi
"3-2-1" (Kartu Refleksi, 5 menit) Tujuan: Melatih
metakognisi dan memberi gambaran pemahaman siswa
3. Lembar Observasi Diskusi Kelompok (Selama
aktivitas diskusi atau presentasi) Tujuan: Menilai
proses komunikasi, penalaran, dan pengaitan konteks sosial-ekonomi
4. Matching Game atau Peta
Konsep (10 menit) Tujuan:
Menguatkan koneksi antara konsep dan dampak
(Siswa bisa bekerja kelompok dan menempelkan
kartu konsep di papan atau kertas besar.) Tindak Lanjut
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Asesmen pada Akhir Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Sumatif Menilai ketercapaian tujuan
pembelajaran, antara lain:
Jenis dan Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen Asesmen
Sumatif (Sederhana dan Tepat) A. Pilihan Ganda (2 Soal)
B. Isian Singkat (1 Soal)
C. Uraian (1 Soal)
D. Penugasan Proyek Mini (Opsional untuk
penguatan penilaian autentik) Tugas: “Kenali Lembaga Keuangan di
Sekitar Kita”
Dikerjakan secara individu
atau berpasangan. Dipresentasikan 3 menit per kelompok di pertemuan
berikutnya. Rubrik Penilaian (Uraian
atau Proyek) – Singkat
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Asesmen
dalam pembelajaran mendalam disesuaikan dengan assessment as learning,
assessment for learning, dan assessment of learning. Tentukan metode atau
cara yang digunakan secara komprehensif untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik. Contoh: Tes tertulis, Tes lisan, Penilaian Kinerja, Penilaian
Proyek, Penilaian Produk, Observasi, Portofolio, Peer Assessment, Self
Assessment, penilaian berbasis kelas, dan sebagainya. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Rubrik Penilaian
Diskusi Kelas
Indikator |
Baru Memulai (1) |
Berkembang (2) |
Cakap (3) |
Mahir (4) |
Keaktifan
Bertanya |
Tidak bertanya
atau hanya sekali bertanya. |
Bertanya beberapa
kali, tetapi kurang relevan. |
Bertanya dengan relevansi
terhadap topik. |
Sering bertanya
dengan pertanyaan yang mendalam dan relevan. |
Kerja Sama |
Tidak aktif
bekerja sama, cenderung bekerja sendiri. |
Beberapa
interaksi dengan teman, tetapi masih sering bekerja sendiri. |
Aktif bekerja
sama, mendengarkan pendapat teman. |
Sangat aktif
bekerja sama, memimpin diskusi, dan menghargai pendapat teman. |
Kreativitas |
Tidak mengajukan
ide atau solusi baru. |
Mengajukan
beberapa ide, tetapi kurang terstruktur. |
Mengajukan
ide-ide yang kreatif dan relevan. |
Mengajukan ide
yang sangat kreatif dan inovatif, menyelesaikan masalah dengan pendekatan
baru. |
Kemampuan
Komunikasi |
Mengungkapkan ide
secara terbatas atau sulit dipahami. |
Bisa
mengungkapkan ide, namun terkadang kurang jelas. |
Menyampaikan ide
dengan jelas dan terstruktur. |
Menyampaikan ide
secara sangat jelas, meyakinkan, dan mampu mempengaruhi diskusi. |
Penjelasan Kriteria
- Keaktifan Bertanya:
- Baru Memulai: Siswa jarang atau tidak bertanya selama diskusi.
- Berkembang: Siswa bertanya, namun pertanyaan yang diajukan kurang relevan
atau tidak mendalam.
- Cakap: Siswa aktif
bertanya dan pertanyaannya relevan serta membantu memperdalam diskusi.
- Mahir: Siswa
sering bertanya dengan pertanyaan yang sangat relevan, mendalam, dan
merangsang pemikiran lebih lanjut dari teman-teman sekelas.
- Kerja Sama:
- Baru Memulai: Siswa jarang berkolaborasi atau cenderung bekerja sendiri tanpa
melibatkan teman.
- Berkembang: Siswa mulai berkolaborasi, namun kadang masih kurang terlibat
secara aktif dalam diskusi kelompok.
- Cakap: Siswa
bekerja sama dengan baik, mendengarkan teman, dan aktif berkontribusi
dalam diskusi kelompok.
- Mahir: Siswa
sangat kolaboratif, mendengarkan dan memberikan kontribusi yang berarti,
serta mendorong teman-temannya untuk berbicara.
- Kreativitas:
- Baru Memulai: Siswa tidak mengajukan ide atau solusi baru dalam diskusi.
- Berkembang: Siswa mengajukan beberapa ide, tetapi ide-idenya tidak cukup
terstruktur atau tidak sepenuhnya relevan dengan topik.
- Cakap: Siswa
mengajukan ide yang relevan dan kreatif, membantu memecahkan masalah atau
memperkaya diskusi.
- Mahir: Siswa
mengajukan solusi atau ide yang sangat kreatif, inovatif, dan berguna
dalam konteks diskusi yang terjadi.
- Kemampuan Komunikasi:
- Baru Memulai: Siswa kesulitan mengungkapkan ide mereka atau sulit dipahami
oleh teman-temannya.
- Berkembang: Siswa mengungkapkan ide, namun terkadang masih kurang jelas atau
kurang terstruktur.
- Cakap: Siswa dapat
menyampaikan ide dengan jelas dan mudah dipahami oleh teman-teman.
- Mahir: Siswa
menyampaikan ide dengan sangat jelas, terstruktur, dan mampu mempengaruhi
jalannya diskusi.
Cara Penggunaan
Rubrik
- Penyusunan Nilai: Setiap siswa dinilai berdasarkan keempat
indikator dengan skala 1 hingga 4 untuk setiap indikator.
- Total Skor: Setiap indikator memiliki skor maksimal 4, sehingga total nilai
tertinggi adalah 16 (4 x 4).
- Interpretasi Hasil:
- Skor 1-7: Siswa membutuhkan lebih banyak
dukungan dalam keterampilan diskusi.
- Skor 8-12: Siswa sudah menunjukkan kemampuan
dasar dalam diskusi tetapi masih perlu berkembang.
- Skor 13-16: Siswa menunjukkan kemampuan diskusi
yang sangat baik, aktif, kreatif, dan komunikatif.
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Malang Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Malang, 14 April 2025 Guru Mata Pelajaran Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
Lembar Kerja Peserta Didik
Nama Siswa :
...............................
Tanggal : .................
Materi : Lembaga Keuangan dan
Perannya dalam Perekonomian
Waktu : ± 2 x 45 menit
Tujuan LKPD
Melalui kegiatan ini, kamu diharapkan dapat:
- Menjelaskan
pengertian dan peran lembaga keuangan.
- Menyebutkan
produk dan layanan yang ditawarkan lembaga keuangan.
- Menganalisis
pentingnya lembaga keuangan dalam kehidupan ekonomi masyarakat.
- Menunjukkan
sikap kritis, kreatif, dan komunikatif dalam kerja kelompok.
A. MEMAHAMI (Diskusi Kelompok – 30 menit)
Petunjuk:
- Bacalah teks
pendek berikut secara kelompok!
- Diskusikan dan
isi tabel pemahaman di bawahnya!
Teks Singkat
Lembaga keuangan adalah institusi yang membantu
masyarakat dalam hal mengelola keuangan, seperti menabung, meminjam, atau
mengasuransikan aset. Contoh lembaga keuangan: bank, koperasi, pegadaian, dan
perusahaan asuransi. Layanan mereka membantu kegiatan ekonomi seperti
perdagangan, investasi, dan produksi.
Tugas Kelompok 1: Pahami dan Catat
Lengkapi tabel berikut!
Lembaga Keuangan |
Jenis Produk/Layanan |
Manfaat untuk Masyarakat |
Bank |
............................. |
.............................................. |
Koperasi |
............................. |
.............................................. |
Asuransi |
............................. |
.............................................. |
Pegadaian |
............................. |
.............................................. |
B. MENGAPLIKASI (Simulasi/Proyek Mini – 40 menit)
Petunjuk:
- Bayangkan
kalian mendirikan bank mini/koperasi siswa.
- Buatlah brosur
sederhana atau poster kampanye untuk mengajak teman menabung atau
meminjam dengan bijak.
- Sertakan nama
lembaga, produk/jasa, dan keunggulannya.
Tugas Kelompok 2: Buat Mini Proyek
Gunakan bagian bawah halaman ini atau kertas lain
untuk membuat desain brosur atau kampanye mini (boleh digambar atau ditulis
ringkas).
Contoh:
Nama: Bank Ceria
Layanan: Tabungan Pelajar – Pinjaman Buku Sekolah
Slogan: "Cerdas Keuangan Sejak Sekolah!"
(Presentasikan brosur di depan kelas, waktu: 3
menit per kelompok)
C. MEREFLEKSI (Individu – 10 menit)
Refleksi Diri:
Tulislah jawaban dari pertanyaan berikut:
- Apa hal baru
yang kamu pelajari hari ini?
...................................................................................... - Menurutmu,
layanan keuangan mana yang paling penting bagi masyarakat? Mengapa?
...................................................................................... - Apakah kamu
tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang lembaga keuangan? Jelaskan.
......................................................................................
Penilaian
Sederhana (Untuk Guru):
Aspek |
Ya |
Belum |
Menjelaskan lembaga keuangan |
☐ |
☐ |
Menyebutkan produk/jasa |
☐ |
☐ |
Mengaitkan dengan kehidupan |
☐ |
☐ |
Aktif dalam diskusi |
☐ |
☐ |
Menunjukkan kreativitas |
☐ |
☐ |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar