PERENCANAAN
PEMBELAJARAN MENDALAM
SEKOLAH : SMPN 8 Malang
NAMA GURU : Drs. Sumarno
MATA PELAJARAN :
IPS
KELAS / SEMESTER / FASE : VIII / 1 / D
ALOKASI WAKTU :
2 X (3 x 45) meni
MATERI : Perdagangan Internasional
1. Pengertian perdagangan
internasional.
2. Bentuk-bentuk perdagangan
internasional (ekspor, impor).
3. Manfaat perdagangan internasional
bagi negara.
IDENTIFIKASI |
Peserta
Didik |
1. Pengetahuan Awal Peserta Didik
2. Minat Belajar
3. Latar Belakang Sosial dan Kultural
4. Kebutuhan Belajar
5. Aspek Lain yang Relevan
“Apa yang terjadi
jika negara kita tidak bisa mengekspor hasil pertanian?”
Simpulan Kesiapan Belajar Siswa kelas VIII di
SMPN 8 Malang memiliki:
|
|||||||||||||||
Materi
Pelajaran |
1. Pengetahuan Faktual Pengetahuan tentang istilah, data, dan informasi
dasar yang harus diketahui peserta didik. Contoh Materi:
Kaitannya dengan kehidupan sehari-hari: Siswa menggunakan HP buatan luar negeri, mengonsumsi
makanan dari bahan impor, atau melihat produk ekspor lokal seperti kerajinan
tangan daerah mereka. 2. Pengetahuan Konseptual Pengetahuan tentang kategori, prinsip,
klasifikasi, dan hubungan antar konsep. Contoh Materi:
Kaitannya dengan kehidupan
sehari-hari: Siswa menyadari bahwa ekonomi Indonesia bisa tumbuh
karena menjual produk ke luar negeri dan membeli barang yang tidak bisa
diproduksi dalam negeri. 3. Pengetahuan Prosedural Pengetahuan tentang cara atau langkah-langkah
melakukan sesuatu. Contoh Materi:
Kaitannya dengan kehidupan
sehari-hari: Siswa bisa mengamati bagaimana suatu produk dari
luar negeri masuk ke toko lokal atau bagaimana produk UMKM lokal bisa dikirim
ke luar negeri (misalnya lewat marketplace). 4. Pengetahuan Metakognitif Pengetahuan tentang strategi belajar, kesadaran
diri saat belajar, dan cara berpikir tentang materi. Contoh Materi:
Kaitannya dengan kehidupan
sehari-hari: Siswa diajak merenung: “Apakah saya lebih suka
produk luar daripada produk Indonesia? Mengapa?” atau “Bagaimana jika
Indonesia tidak melakukan perdagangan internasional?” Simpulan
|
||||||||||||||||
Dimensi
Profil Lulusan (DPL) |
Pilihlah
dimensi profil lulusan yang akan dicapai dalam pembelajaran |
||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||
DESAIN PEMBELAJARAN |
Capaian
Pembelajaran |
Peserta didik memahami
keberagaman kondisi
geografis
Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana
alam |
|||||||||||||||
Lintas
Disiplin Ilmu |
1. IPS
(Ekonomi-Geografi-Sosiologi)
2. Bahasa Indonesia
3. Matematika
4. Bahasa Inggris
5. Informatika/TIK
6. Seni Budaya
7. PPKn
Contoh Tema Terpadu untuk P5
/ Proyek Sekolah: "Bangga Produk
Indonesia, Siap Bersaing di Pasar Dunia" |
||||||||||||||||
Tujuan
Pembelajaran |
|
||||||||||||||||
Topik
Pembelajaran |
Topik Pembelajaran: “Perdagangan Internasional
dan Dampaknya bagi Perekonomian Indonesia” Subtopik Pembelajaran:
|
||||||||||||||||
Praktik
Pedagogis |
Model Pembelajaran: Problem Based Learning (PBL) Strategi Pembelajaran: Kontekstual dan Kolaboratif Metode Pembelajaran:
Alasan Kesesuaian:
|
||||||||||||||||
Kemitraan
Pembelajaran |
1. Kemitraan dengan Pelaku
Usaha Lokal / UMKM Ekspor Contoh Mitra:
Tujuan:
Kegiatan:
2. Kemitraan dengan Instansi
Pemerintah Terkait Contoh Mitra:
Tujuan:
Kegiatan:
3. Kemitraan dengan Orang Tua / Komunitas Tujuan:
Kegiatan:
4. Kemitraan dengan
Perguruan Tinggi / Mahasiswa KKN Tujuan:
Kegiatan:
5. Kemitraan dengan
Marketplace atau Start-up Lokal Contoh Mitra:
Tujuan:
|
||||||||||||||||
Lingkungan
Pembelajaran |
1. Lingkungan Fisik Lingkungan nyata/tempat belajar secara langsung di
sekolah atau luar sekolah. Ruang Kelas Interaktif
Sudut IPS / Pojok
Ekspor-Impor
Area Luar Kelas / Kunjungan
Mini
2. Budaya Belajar Nilai-nilai, sikap, dan kebiasaan yang dibangun
selama proses belajar. Budaya Kolaboratif dan
Inklusif
Budaya Berpikir Kritis
“Apa dampak jika Indonesia berhenti mengekspor?” Budaya Apresiatif dan
Kreatif
Simpulan
|
||||||||||||||||
Pemanfaatan
Digital |
2. Lingkungan Virtual Platform dan media digital untuk mendukung
pembelajaran hybrid atau daring. Google Classroom / Microsoft
Teams
YouTube / Website Edukasi
Ekonomi
Canva / Google Slides
|
||||||||||||||||
PENGALAMAN BELAJAR |
AWAL (tuliskan
prinsip pembelajaran yang digunakan, misal berkesadaran, bermakna,
menggembirakan) |
||||||||||||||||
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembuka (±15 menit) 1.
Orientasi Bermakna (3 menit)
“Hari
ini kita akan belajar bagaimana Indonesia bisa menjual barang ke luar negeri
(ekspor) dan membeli barang dari luar negeri (impor), serta mengapa itu
penting bagi negara kita.”
“Sebagian
dari kita mungkin memakai baju impor, tapi tahukah kamu kalau kopi dari
Malang bisa dijual sampai ke Jepang? Nah, itu yang akan kita pelajari!” 2. Apersepsi Kontekstual (5 menit)
Tujuan: Menghubungkan pengalaman
siswa dengan materi yang akan dipelajari. 3. Motivasi Menggembirakan (7 menit)
“Bayangkan
kalian menjadi pengusaha muda Indonesia. Kira-kira, produk apa dari daerah
kita yang bisa kalian ekspor ke luar negeri?”
Penutup
Kegiatan Awal: Guru
menyampaikan: “Kalau
kalian bisa memahami perdagangan internasional, kalian akan tahu bagaimana
dunia saling terhubung lewat ekonomi. Siap belajar? Mari kita mulai!” |
|||||||||||||||||
INTI |
|||||||||||||||||
Pada tahap
ini, siswa aktif terlibat dalam pengalaman belajar memahami, mengaplikasi,
dan merefleksi. Guru menerapkan prinsip pembelajaran berkesadaran, bermakna,
menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengalaman belajar tidak
harus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. |
|||||||||||||||||
Memahami (Bermakna,
Berkesadaran) 40
menit |
|||||||||||||||||
Tujuan: Siswa
memahami konsep dasar perdagangan internasional dengan sadar dan terhubung ke
kehidupan nyata. Kegiatan:
"Apa
itu ekspor dan impor?" |
|||||||||||||||||
Mengaplikasi
(Menggembirakan) 35 menit |
|||||||||||||||||
Tujuan: Siswa
menerapkan pengetahuan dalam konteks nyata melalui kegiatan kreatif dan kolaboratif. Kegiatan:
|
|||||||||||||||||
Merefleksi (Berkesadaran)
20 menit |
|||||||||||||||||
Tujuan: Siswa
menyadari pentingnya perdagangan internasional dan mengevaluasi pemahamannya
secara kritis dan pribadi. Kegiatan:
Catatan Strategis
|
|||||||||||||||||
PENUTUP (berkesadaran,
bermakna) 5
menit |
|||||||||||||||||
1. Refleksi Materi (5 menit) Guru memandu siswa untuk mereview kembali materi
inti dengan pertanyaan panduan:
Metode:
Tanya-jawab cepat atau menulis poin penting di kertas/post-it untuk ditempel
di papan refleksi. 2. Refleksi Akhir Pembelajaran (5 menit) Siswa diajak merenungkan proses belajarnya hari ini
melalui lembar refleksi pribadi atau diskusi kelas dengan
pertanyaan seperti:
Alternatif: Gunakan
metode “3-2-1” (3 hal baru, 2 hal menarik, 1 pertanyaan saya). 3. Motivasi Penutup (3–5
menit) Guru memberikan penguatan dan inspirasi: “Kalian adalah bagian dari dunia global. Suatu saat,
bisa saja kalian menjadi eksportir, pengusaha, atau bahkan pejabat
perdagangan yang membawa nama Indonesia ke dunia internasional. Tapi semua
itu dimulai dari memahami, menghargai, dan mencintai produk kita sendiri.” Guru bisa menampilkan gambar produk lokal unggulan
yang telah mendunia (misal: batik, Indomie, kopi Dampit, dll.) 4. Tugas Pertemuan
Berikutnya (2–5 menit) Jenis tugas: Observasi
mini + wawancara ringan “Carilah satu produk impor dan satu produk ekspor di
rumah atau lingkungan sekitarmu. Wawancarailah orang tuamu atau tetangga
tentang dari mana produk itu berasal atau ke mana dijual. Tuliskan dalam 1
lembar laporan sederhana dengan gambar atau foto.” Tujuan:
Membentuk kesadaran kontekstual, literasi ekonomi, dan penguatan pembelajaran
lintas rumah-sekolah. Catatan Tambahan Penutup ini dirancang agar:
|
|||||||||||||||||
ASESMEN PEMBELAJARAN |
Asesmen pada Awal Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Awal Mengetahui:
Jenis dan Bentuk Instrumen
Instrumen Asesmen (5
Pertanyaan/Pernyataan) 1. Pernyataan (Ya/Tidak) Saya pernah melihat atau
menggunakan barang dengan label “Made in…” (contoh: China, Jepang, USA, dll). Tujuan: Menilai
keterpaparan awal terhadap produk impor. 2. Pilihan Ganda Manakah contoh kegiatan
ekspor berikut ini? Tujuan: Mengukur
pemahaman awal konsep ekspor. 3. Isian Singkat Sebutkan satu contoh barang
yang menurutmu berasal dari luar negeri (impor): Tujuan:
Mengaktifkan ingatan dan pengalaman pribadi siswa. 4. Pilihan Ganda Mengapa negara melakukan
perdagangan internasional? Tujuan:
Mengetahui logika awal siswa tentang manfaat perdagangan internasional. 5. Pernyataan Skala Likert
(1–4) Saya tertarik mempelajari
tentang bagaimana Indonesia menjual dan membeli barang dari luar negeri. Tujuan:
Mengukur minat awal siswa terhadap topik pembelajaran. Cara Analisis Sederhana:
|
|||||||||||||||
Asesmen pada Proses Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Formatif
Jenis dan Bentuk Instrumen
Bentuk Instrumen (Simak
Contohnya) 1. Pilihan Ganda Kontekstual Apa dampak paling nyata dari
perubahan iklim terhadap sektor pertanian? Tujuan: Mengukur
pemahaman spesifik dampak iklim pada sektor ekonomi. 2. Isian Singkat Sebutkan satu contoh
perubahan sosial yang terjadi karena perubahan iklim di daerah pesisir! Tujuan:
Mendorong siswa berpikir kritis dan mengaitkan materi dengan realitas lokal. 3. Refleksi Format Ringkas Menurutmu, mengapa perubahan
iklim bisa memengaruhi dunia pariwisata di Indonesia? Jelaskan dengan 1-2
kalimat. Tujuan:
Mendorong siswa menyampaikan pendapat dan membangun penalaran sederhana. 4. Kartu Konsep “Benar atau
Salah” Guru membagikan kartu konsep atau menampilkan
pernyataan. Siswa angkat: (Benar)
atau (Salah) Contoh pernyataan:
5. Observasi Guru (Lembar Pemantauan
Aktivitas) Kriteria pengamatan selama diskusi kelompok:
Tujuan:
Memberi gambaran langsung keterlibatan dan perkembangan berpikir siswa. Rekomendasi Penggunaan
|
||||||||||||||||
Asesmen pada Akhir Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Sumatif
Jenis dan Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen Asesmen (Sederhana
& Simpel) Bagian A: Pilihan Ganda (2 soal) 1. Salah
satu manfaat perdagangan internasional bagi negara adalah … 2. Kegiatan
ekspor ditunjukkan oleh pernyataan: Tujuan: Mengukur
pemahaman konseptual dasar. Bagian B: Isian Singkat (1
soal) 3. Sebutkan
satu contoh produk Indonesia yang diekspor ke luar negeri dan satu contoh
barang yang diimpor dari luar negeri! Tujuan:
Menghubungkan pengetahuan dengan pengalaman sehari-hari. Bagian C: Uraian Kontekstual
(2 soal) 4. Jelaskan
dengan bahasamu sendiri apa yang dimaksud dengan perdagangan internasional
dan mengapa hal itu penting dilakukan oleh Indonesia! 5.
Bayangkan kamu adalah pelaku usaha kecil di Indonesia. Produkmu adalah
makanan khas daerah. Apa langkah yang akan kamu lakukan agar produkmu bisa
diekspor ke luar negeri? Tujuan:
Mengembangkan penalaran kritis dan kreativitas siswa Kriteria Penilaian Sederhana
|
||||||||||||||||
Asesmen
dalam pembelajaran mendalam disesuaikan dengan assessment as learning,
assessment for learning, dan assessment of learning. Tentukan metode atau
cara yang digunakan secara komprehensif untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik. Contoh: Tes tertulis, Tes lisan, Penilaian Kinerja, Penilaian
Proyek, Penilaian Produk, Observasi, Portofolio, Peer Assessment, Self
Assessment, penilaian berbasis kelas, dan sebagainya. |
|||||||||||||||||
Rubrik Penilaian
Diskusi Kelas
Indikator |
Baru Memulai (1) |
Berkembang (2) |
Cakap (3) |
Mahir (4) |
Keaktifan
Bertanya |
Tidak bertanya
atau hanya sekali bertanya. |
Bertanya beberapa
kali, tetapi kurang relevan. |
Bertanya dengan
relevansi terhadap topik. |
Sering bertanya
dengan pertanyaan yang mendalam dan relevan. |
Kerja Sama |
Tidak aktif
bekerja sama, cenderung bekerja sendiri. |
Beberapa
interaksi dengan teman, tetapi masih sering bekerja sendiri. |
Aktif bekerja
sama, mendengarkan pendapat teman. |
Sangat aktif
bekerja sama, memimpin diskusi, dan menghargai pendapat teman. |
Kreativitas |
Tidak mengajukan
ide atau solusi baru. |
Mengajukan
beberapa ide, tetapi kurang terstruktur. |
Mengajukan
ide-ide yang kreatif dan relevan. |
Mengajukan ide
yang sangat kreatif dan inovatif, menyelesaikan masalah dengan pendekatan
baru. |
Kemampuan
Komunikasi |
Mengungkapkan ide
secara terbatas atau sulit dipahami. |
Bisa
mengungkapkan ide, namun terkadang kurang jelas. |
Menyampaikan ide
dengan jelas dan terstruktur. |
Menyampaikan ide
secara sangat jelas, meyakinkan, dan mampu mempengaruhi diskusi. |
Penjelasan Kriteria
- Keaktifan Bertanya:
- Baru Memulai: Siswa jarang atau tidak bertanya selama diskusi.
- Berkembang: Siswa bertanya, namun pertanyaan yang diajukan kurang relevan
atau tidak mendalam.
- Cakap: Siswa aktif
bertanya dan pertanyaannya relevan serta membantu memperdalam diskusi.
- Mahir: Siswa
sering bertanya dengan pertanyaan yang sangat relevan, mendalam, dan
merangsang pemikiran lebih lanjut dari teman-teman sekelas.
- Kerja Sama:
- Baru Memulai: Siswa jarang berkolaborasi atau cenderung bekerja sendiri tanpa
melibatkan teman.
- Berkembang: Siswa mulai berkolaborasi, namun kadang masih kurang terlibat
secara aktif dalam diskusi kelompok.
- Cakap: Siswa
bekerja sama dengan baik, mendengarkan teman, dan aktif berkontribusi
dalam diskusi kelompok.
- Mahir: Siswa
sangat kolaboratif, mendengarkan dan memberikan kontribusi yang berarti,
serta mendorong teman-temannya untuk berbicara.
- Kreativitas:
- Baru Memulai: Siswa tidak mengajukan ide atau solusi baru dalam diskusi.
- Berkembang: Siswa mengajukan beberapa ide, tetapi ide-idenya tidak cukup
terstruktur atau tidak sepenuhnya relevan dengan topik.
- Cakap: Siswa
mengajukan ide yang relevan dan kreatif, membantu memecahkan masalah atau
memperkaya diskusi.
- Mahir: Siswa
mengajukan solusi atau ide yang sangat kreatif, inovatif, dan berguna
dalam konteks diskusi yang terjadi.
- Kemampuan Komunikasi:
- Baru Memulai: Siswa kesulitan mengungkapkan ide mereka atau sulit dipahami
oleh teman-temannya.
- Berkembang: Siswa mengungkapkan ide, namun terkadang masih kurang jelas atau
kurang terstruktur.
- Cakap: Siswa dapat
menyampaikan ide dengan jelas dan mudah dipahami oleh teman-teman.
- Mahir: Siswa
menyampaikan ide dengan sangat jelas, terstruktur, dan mampu mempengaruhi
jalannya diskusi.
Cara Penggunaan
Rubrik
- Penyusunan Nilai: Setiap siswa dinilai berdasarkan keempat
indikator dengan skala 1 hingga 4 untuk setiap indikator.
- Total Skor: Setiap indikator memiliki skor maksimal 4, sehingga total nilai
tertinggi adalah 16 (4 x 4).
- Interpretasi Hasil:
- Skor 1-7: Siswa membutuhkan lebih banyak
dukungan dalam keterampilan diskusi.
- Skor 8-12: Siswa sudah menunjukkan kemampuan
dasar dalam diskusi tetapi masih perlu berkembang.
- Skor 13-16: Siswa menunjukkan kemampuan diskusi
yang sangat baik, aktif, kreatif, dan komunikatif.
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Malang Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Malang, 14 April 2025 Guru Mata Pelajaran Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
LKPD IPS Kelas VIII - Perdagangan Internasional
Sekolah : SMPN 8 Malang
Kelas / Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Perdagangan Internasional
Alokasi Waktu : 2 JP (90 menit)
Nama Siswa :
____________________________
Kelompok :
____________________________
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mengerjakan LKPD ini, siswa diharapkan dapat:
- Menjelaskan
pengertian perdagangan internasional.
- Mengidentifikasi
bentuk ekspor dan impor.
- Menganalisis
manfaat perdagangan internasional bagi negara.
- Menghubungkan
konsep perdagangan dengan kehidupan sehari-hari.
- Menyampaikan
hasil diskusi secara komunikatif dan kreatif.
A. Aktivitas 1 – Aktivasi Pengetahuan Awal (15 menit)
Petunjuk: Jawablah
pertanyaan berikut secara individu.
- Pernahkah kamu
melihat produk yang bertuliskan “Made in…”? Sebutkan contohnya!
Jawaban: _______________________________________________________ - Menurutmu,
mengapa negara Indonesia perlu membeli barang dari negara lain?
Jawaban: _______________________________________________________
B. Aktivitas 2 – Diskusi Kelompok (30 menit)
Tugas Kelompok:
- Amatilah
benda-benda di sekitarmu (kelas, rumah, pasar) yang kemungkinan besar
merupakan produk ekspor atau impor.
- Buatlah daftar
pada tabel berikut ini:
Nama Produk |
Impor / Ekspor |
Asal / Tujuan Negara |
Manfaat bagi Indonesia |
- Pilih 1 produk
dan buat poster mini (di kertas atau secara digital) berisi:
- Nama produk
- Asal/tujuan
negara
- Ilustrasi
atau foto produk
- Dampak
positif bagi masyarakat Indonesia
C. Aktivitas 3 – Refleksi & Komunikasi (20 menit)
Diskusikan dalam kelompok:
- Apa dampak
positif dari perdagangan internasional terhadap kehidupan masyarakat?
Jawaban: _______________________________________________________ - Bagaimana
perdagangan internasional bisa mendorong bangga terhadap produk lokal?
Jawaban: _______________________________________________________
Tulis refleksi pribadi (3–4 kalimat):
Apa hal baru yang kamu pelajari hari ini, dan mengapa
itu penting untukmu?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tugas Rumah (Opsional):
Cari satu produk impor dan satu produk ekspor di
rumahmu. Foto, tempelkan, atau gambarkan, lalu tuliskan informasi:
- Nama produk
- Negara asal
atau tujuan
- Alasannya
disebut ekspor atau impor
Penilaian (Guru
Isi)
Aspek Dinilai |
Skor Maksimal |
Keaktifan dan kontribusi diskusi |
20 |
Keakuratan isi tabel |
20 |
Kreativitas poster mini |
30 |
Refleksi dan komunikasi ide |
30 |
Total |
100 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar