PERENCANAAN PEMBELAJARAN
MENDALAM
SEKOLAH : SMPN 8
Malang
NAMA GURU : Drs. Sumarno
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS / SEMESTER / FASE : VII / 1 / D
ALOKASI WAKTU : 2 X (3 x 45) menit
MATERI : Kegiatan Ekonomi dan Cara Masyarakat Memenuhi Kebutuhannya
1. Pengertian kegiatan ekonomi.
2. Jenis-jenis kegiatan ekonomi
(produksi, distribusi, konsumsi).
IDENTIFIKASI |
Peserta
Didik |
1. Aspek Pengetahuan Awal
Strategi tindak lanjut:
2. Aspek Minat Belajar
Strategi tindak lanjut:
3. Aspek Latar Belakang Siswa
Strategi tindak lanjut:
4. Aspek Kebutuhan Belajar
Strategi tindak lanjut:
5. Aspek Tambahan (Kesiapan Sosial dan Emosional)
Strategi tindak lanjut:
Kesimpulan Strategis Pembelajaran
tentang kegiatan ekonomi akan lebih efektif jika:
|
||||||||||||||||
Materi
Pelajaran |
1. Pengetahuan Faktual Pengertian: Informasi dasar atau terminologi yang harus
diketahui siswa. Materi:
Kaitannya dengan kehidupan
sehari-hari:
2. Pengetahuan Konseptual Pengertian: Pemahaman tentang hubungan antar konsep dalam satu
sistem. Materi:
Kaitannya dengan kehidupan
sehari-hari:
3. Pengetahuan Prosedural Pengertian: Cara melakukan sesuatu, langkah-langkah sistematis
dalam memahami atau memecahkan masalah. Materi:
Kaitannya dengan kehidupan
sehari-hari:
4. Pengetahuan Metakognitif Pengertian: Kemampuan memahami cara berpikir sendiri dan
mengatur proses belajar. Materi:
Kaitannya dengan kehidupan
sehari-hari:
|
|||||||||||||||||
Dimensi
Profil Lulusan (DPL) |
Pilihlah
dimensi profil lulusan yang akan dicapai dalam pembelajaran |
|||||||||||||||||
|
|
|||||||||||||||||
DESAIN PEMBELAJARAN |
Capaian
Pembelajaran |
Peserta didik memahami keberagaman kondisi
geografis
Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana
alam |
||||||||||||||||
Lintas
Disiplin Ilmu |
1. Ekonomi
2. Matematika
3. Geografi
4. Sosiologi
5. Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK)
6. Seni Budaya (dalam
konteks komunikasi visual)
7. Pendidikan Lingkungan
Hidup / Adiwiyata
|
|||||||||||||||||
Tujuan
Pembelajaran |
|
|||||||||||||||||
Topik
Pembelajaran |
Topik Pembelajaran: “Memahami Jenis dan Peran
Kegiatan Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari” Alternatif Judul Topik (bila
diperlukan untuk variasi RPP :
|
|||||||||||||||||
Praktik
Pedagogis |
1. Model Pembelajaran: Project Based Learning
(PjBL) Siswa diajak menyelesaikan proyek nyata yang
berkaitan dengan kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar (misalnya membuat
peta kegiatan ekonomi sekolah/lingkungan rumah). 2. Strategi Pembelajaran: Discovery Learning + Diskusi
Kolaboratif Siswa diarahkan menemukan sendiri konsep kegiatan
ekonomi melalui observasi atau studi kasus, lalu didiskusikan bersama secara
berkelompok. 3. Metode Pembelajaran:
Kesesuaian dengan Dimensi profil
lulusan
Prinsip Pembelajaran 3M:
|
|||||||||||||||||
Kemitraan
Pembelajaran |
Bentuk Kemitraan yang
Relevan 1. Kemitraan dengan Pelaku
UMKM Lokal
2. Kemitraan dengan Orang
Tua/Wali Murid
3. Kemitraan dengan Dinas
Koperasi dan UKM atau Dinas Perdagangan
4. Kemitraan Internal
Sekolah (Kantin, Koperasi Sekolah, TIK)
5. Kemitraan dengan Pasar
Tradisional atau Minimarket Sekitar
Manfaat Kemitraan:
|
|||||||||||||||||
Lingkungan
Pembelajaran |
1. Ruang Fisik (Lingkungan
Belajar Nyata)
3. Budaya Belajar
|
|||||||||||||||||
Pemanfaatan
Digital |
Ruang Virtual (Lingkungan Digital)
|
|||||||||||||||||
PENGALAMAN BELAJAR |
AWAL (tuliskan
prinsip pembelajaran yang digunakan, misal berkesadaran, bermakna,
menggembirakan) |
|||||||||||||||||
1.
Langkah Pembuka Pembelajaran (±15 menit) 1.
Orientasi (3 menit) – Membangun Fokus & Tujuan
“Hari ini kita akan
belajar bagaimana kegiatan ekonomi terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dari
proses produksi sampai konsumsi. Kalian akan jadi detektif ekonomi!” 2.
Apersepsi (5 menit) – Mengaitkan dengan Kehidupan Nyata
3.
Motivasi (5–7 menit) – Membangkitkan Minat & Rasa Ingin Tahu
“Hari ini kalian akan
jadi tim ekonomi sekolah yang bertugas memetakan kegiatan ekonomi di
kantin atau koperasi sekolah. Siapa produsen, siapa distributor, siapa
konsumennya?”
“Ternyata kita semua
adalah pelaku ekonomi, lho. Yuk kita bongkar bersama!” Catatan Penting
|
||||||||||||||||||
INTI |
||||||||||||||||||
Pada tahap
ini, siswa aktif terlibat dalam pengalaman belajar memahami, mengaplikasi,
dan merefleksi. Guru menerapkan prinsip pembelajaran berkesadaran, bermakna,
menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengalaman belajar tidak
harus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. |
||||||||||||||||||
Memahami (Bermakna,
Berkesadaran) 40
menit |
||||||||||||||||||
1. Tahap
Memahami (±45 menit) Tujuan: Siswa memahami
konsep dasar kegiatan ekonomi dan mampu membedakan jenis-jenisnya. Kegiatan:
Prinsip:
Bermakna – siswa belajar dari hal konkret yang mereka temui setiap hari |
||||||||||||||||||
Mengaplikasi
(Menggembirakan) 35 menit |
||||||||||||||||||
Tujuan: Siswa
dapat mengidentifikasi dan menganalisis kegiatan ekonomi nyata di lingkungan
sekitar. Kegiatan:
“Contoh Kegiatan Ekonomi di Sekitarku”
Prinsip: Joyful dan Mindful
– siswa aktif, bermain peran, dan berpikir kritis sambil bekerja sama |
||||||||||||||||||
Merefleksi (Berkesadaran)
20 menit |
||||||||||||||||||
Tujuan: Siswa
mampu menilai pemahamannya dan mengambil makna dari pembelajaran. Kegiatan:
“Hal apa yang saya pelajari hari ini?”
Observasi salah satu kegiatan ekonomi di rumah dan
ceritakan peran para pelakunya Prinsip: Berkesadaran –
siswa menyadari hubungan antara pelajaran dan peran mereka dalam kehidupan
nyata |
||||||||||||||||||
PENUTUP (berkesadaran,
bermakna) 5
menit |
||||||||||||||||||
1. Refleksi Materi (5 menit) Guru memandu siswa untuk menyimpulkan kembali materi
hari ini dengan pertanyaan pemantik:
Metode:
2. Refleksi Akhir Pembelajaran (5 menit) Siswa diajak merenungkan proses belajar mereka:
Metode:
3. Motivasi (2–3 menit) Guru memberi semangat dan dorongan positif,
misalnya: “Ternyata kalian semua sudah menjadi pelaku ekonomi
sejak kecil. Kegiatan sederhana seperti membeli jajanan atau membantu orang
tua berdagang adalah bagian dari sistem ekonomi yang besar.” “Yuk, jadi pelaku ekonomi yang bertanggung jawab,
cerdas memilih, dan bijak menggunakan!” 4. Tugas Pertemuan
Berikutnya (2 menit) Guru memberi tugas ringan yang bersifat observatif
dan kontekstual: Tugas:
Tugas ini akan dibahas di awal pertemuan berikutnya
sebagai apersepsi. |
||||||||||||||||||
ASESMEN PEMBELAJARAN |
Asesmen pada Awal Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Awal:
Jenis & Bentuk
Instrumen:
Contoh 5 Pertanyaan/Pernyataan Instrumen
Catatan Tambahan:
|
||||||||||||||||
Asesmen pada Proses Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Formatif:
Jenis dan Bentuk Instrumen
Contoh Bentuk Instrumen
Sederhana & Efektif 1. Pertanyaan Reflektif
Cepat (Exit Ticket)
2. Lembar Isian Singkat
(LKPD atau Google Form) Contoh Pertanyaan:
Bentuk jawaban: isian singkat (2–3 kalimat) 3. Aktivitas Berbasis
Penalaran Kritis (Diskusi Singkat) Pertanyaan Pemantik Diskusi
Kelas: "Bagaimana perubahan iklim bisa memicu migrasi
penduduk dari desa ke kota? Apakah hal ini bisa berdampak pada ekonomi
kota?" Guru mengamati partisipasi, kemampuan berpikir
kritis, dan argumen siswa. 4. Skala Penilaian Sikap dan
Keterlibatan (Observasi Guru) Selama pembelajaran berlangsung, guru bisa
menggunakan lembar observasi untuk menilai:
|
|||||||||||||||||
Asesmen pada Akhir Pembelajaran |
Tujuan Asesmen Sumatif:
Jenis dan Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen Simpel
& Efektif Bagian A: Pilihan Ganda (3–5
nomor)
Bagian B: Uraian Singkat
(2–3 soal)
(Opsional) Bagian C: Proyek
Mini Judul: “Kegiatan
Ekonomi di Sekitarku” Penilaian & Rubrik Singkat
|
|||||||||||||||||
Asesmen
dalam pembelajaran mendalam disesuaikan dengan assessment as learning,
assessment for learning, dan assessment of learning. Tentukan metode atau
cara yang digunakan secara komprehensif untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik. Contoh: Tes tertulis, Tes lisan, Penilaian Kinerja, Penilaian
Proyek, Penilaian Produk, Observasi, Portofolio, Peer Assessment, Self
Assessment, penilaian berbasis kelas, dan sebagainya. |
||||||||||||||||||
Rubrik Penilaian
Diskusi Kelas
Indikator |
Baru Memulai |
Berkembang |
Cakap |
Mahir |
Keaktifan
Bertanya |
Jarang bertanya
atau memberikan tanggapan. |
Bertanya beberapa
kali, tetapi kurang mendalam. |
Bertanya dengan
relevansi dan mendalam. |
Aktif bertanya
dengan pertanyaan yang menantang dan mendalam, mendorong diskusi lebih
lanjut. |
Kerja Sama |
Tidak
berpartisipasi dalam diskusi kelompok. |
Berpartisipasi,
namun terkadang tidak mendukung teman. |
Menunjukkan kerja
sama yang baik, mendengarkan dan memberikan masukan. |
Kerja sama sangat
baik, memimpin diskusi, membantu teman dalam memahami materi. |
Kreativitas |
Menyampaikan ide
yang sangat umum atau terbatas. |
Mencoba
menyampaikan ide-ide baru meskipun kurang matang. |
Mampu memberikan
ide kreatif yang relevan dengan materi. |
Mampu
menghubungkan berbagai ide secara kreatif dan memberikan solusi baru atau
perspektif unik. |
Kemampuan
Komunikasi |
Kesulitan dalam
menyampaikan ide secara jelas. |
Mampu
menyampaikan ide dengan jelas meski terkadang kurang lancar. |
Menyampaikan ide
dengan jelas dan terstruktur. |
Mampu
menyampaikan ide dengan sangat jelas, terstruktur, dan persuasif, memfasilitasi
komunikasi antar anggota. |
Deskripsi Kriteria Penilaian:
- Baru
Memulai:
Siswa mulai mencoba berpartisipasi dalam diskusi, tetapi belum menunjukkan keterlibatan aktif atau pemahaman mendalam mengenai materi. - Berkembang:
Siswa mulai berpartisipasi dalam diskusi dan dapat mengungkapkan pendapat meskipun masih terbatas dalam kualitas pertanyaan dan kontribusi. - Cakap:
Siswa mampu berkomunikasi dengan baik, aktif berpartisipasi, bekerja sama dengan teman-temannya, dan memberikan kontribusi yang relevan serta kreatif dalam diskusi. - Mahir:
Siswa tidak hanya memahami materi dengan baik, tetapi juga mampu memimpin diskusi, mengajukan pertanyaan kritis yang mendorong pemikiran mendalam, serta berkomunikasi secara efektif dengan teman-temannya.
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8
Malang
Sri
Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Malang, 14
April 2025 Guru Mata Pelajaran Drs
Sumarno. NIP. 1966308
200501 1 006 |
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
LKPD IPS Kelas VII
Topik :
Kegiatan Ekonomi di Era Digital: Ancaman atau Peluang?
Waktu : ±45 menit
Tujuan : Siswa mampu
menganalisis bentuk kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) dalam
konteks perubahan zaman, serta menyampaikan pendapat secara logis dan
kolaboratif.
Identitas
- Nama Anggota
Kelompok :
........................................
- Kelas :
............................
- Nama Ketua
Diskusi :
........................................
Petunjuk
Kegiatan
- Bacalah kasus
diskusi berikut dengan cermat.
- Diskusikan
pertanyaan-pertanyaan yang tersedia dengan kelompokmu.
- Tuliskan hasil
diskusi pada kolom yang disediakan.
- Siapkan
presentasi singkat untuk menyampaikan hasil diskusi.
Kasus Diskusi
Di kota-kota besar, marak muncul jasa antar makanan
berbasis aplikasi digital seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. Banyak
warung dan penjual kecil yang mulai bergabung agar usahanya tetap hidup. Di
sisi lain, konsumen lebih suka memesan makanan dari rumah.
Namun, muncul pertanyaan: Apakah sistem ini
menguntungkan semua pihak? Bagaimana dampaknya terhadap kegiatan ekonomi
tradisional?
Pertanyaan Diskusi
No |
Pertanyaan Diskusi |
Ringkasan Hasil Diskusi Kelompok |
1 |
Dalam kasus tersebut, siapa saja yang berperan
sebagai produsen, distributor, dan konsumen? |
|
2 |
Menurut kalian, apakah penggunaan aplikasi digital
membantu atau justru merugikan pelaku usaha kecil? Jelaskan alasannya. |
|
3 |
Bagaimana peran teknologi dalam mengubah cara
kegiatan distribusi dilakukan? |
|
4 |
Apa dampak positif dan negatif kegiatan konsumsi
online terhadap masyarakat? |
|
5 |
Berikan 1 solusi agar pelaku ekonomi lokal tetap
bisa bersaing di era digital. |
Rencana
Presentasi Kelompok (Garis Besar 3–5 Kalimat)
Tuliskan poin utama yang akan disampaikan saat
presentasi kelompok:
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Refleksi
Individu (Diisi Masing-Masing Siswa Setelah Diskusi)
1. Apa yang saya pelajari dari diskusi hari ini?
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Bagian mana dari diskusi yang menurut saya paling
menarik? Mengapa?
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Penilaian
(Opsional untuk Guru)
Aspek |
Skor Maks |
Catatan |
Keaktifan anggota |
10 |
|
Ketepatan analisis |
15 |
|
Kreativitas solusi |
10 |
|
Kerja sama kelompok |
10 |
|
Refleksi individu |
5 |
|
Total |
50 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar