PERENCANAAN
PEMBELAJARAN MENDALAM
SEKOLAH : SMPN 8
Malang
NAMA GURU : Drs. Sumarno
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS / SEMESTER / FASE : IX / 1 / D
ALOKASI WAKTU : 2 X (3 x 45) menit
MATERI : Peristiwa penting dalam sejarah
lokal
(Sejarah
perjuangan Hamid rusdi dan Pasukan TRIP di kota Malang)
IDENTIFIKASI |
Peserta
Didik |
1. Pengetahuan Awal
2. Minat Belajar
3. Latar Belakang Sosial Budaya
4. Kebutuhan Belajar
5. Gaya Belajar
6. Sikap dan Motivasi
7. Kesiapan Kognitif dan Bahasa
|
||
Materi
Pelajaran |
1. Pengetahuan Faktual Pengetahuan faktual mencakup informasi dasar yang
perlu diketahui peserta didik, seperti nama tokoh, tanggal peristiwa, dan
lokasi penting. Dalam konteks ini, peserta didik perlu mengenali tokoh-tokoh
seperti Hamid Rusdi dan para anggota Pasukan TRIP, serta memahami peristiwa
sejarah yang terjadi di Malang pasca kemerdekaan. Mereka juga harus
mengetahui tempat-tempat bersejarah seperti Monumen Hamid Rusdi atau markas
TRIP yang masih bisa dikunjungi hingga kini.. 2. Pengetahuan Konseptual Pengetahuan ini mencakup pemahaman terhadap
konsep-konsep abstrak seperti nasionalisme, perjuangan, pengorbanan, dan
peran generasi muda dalam mempertahankan kemerdekaan. Siswa diajak memahami
bagaimana konsep perjuangan lokal di Malang merupakan bagian dari perjuangan
nasional dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 3. Pengetahuan Prosedural Pengetahuan prosedural berkaitan dengan
langkah-langkah atau teknik tertentu. Dalam hal ini, siswa perlu memahami
cara mengumpulkan informasi sejarah lokal melalui observasi, wawancara dengan
narasumber (misalnya keluarga veteran), membaca sumber sejarah primer dan
sekunder, serta menyusun laporan sejarah secara tertulis atau lisan. Mereka
juga dapat mempelajari prosedur membuat peta peristiwa sejarah atau kronologi
peristiwa. 4. Pengetahuan Metakognitif Pengetahuan ini menyangkut kesadaran siswa terhadap
proses berpikir mereka sendiri dalam memahami dan mengolah informasi sejarah.
Siswa diajak untuk merefleksikan: apa pentingnya mempelajari sejarah lokal?
Apa yang bisa saya pelajari dari perjuangan Hamid Rusdi untuk diterapkan
dalam hidup saya? Bagaimana cara saya memahami informasi sejarah secara utuh
dan tidak hanya menghafal? |
|||
Dimensi Profil Lulusan (DPL) |
Pilihlah
dimensi profil lulusan yang akan dicapai dalam pembelajaran |
|||
|
|
|||
DESAIN PEMBELAJARAN |
Capaian
Pembelajaran |
Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya
melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan
internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi
di era digital, serta potensi Indonesia menjadi
negara maju |
||
Lintas
Disiplin Ilmu |
1. Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS – Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi)
2. Bahasa Indonesia
3. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn)
4. Seni Budaya
5. TIK (Teknologi Informasi
dan Komunikasi)
|
|||
Tujuan
Pembelajaran |
1. Peserta
didik dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh perjuangan lokal seperti Hamid Rusdi
dan Pasukan TRIP secara tepat. 2. Peserta
didik dapat menjelaskan secara runtut peristiwa perjuangan Pasukan TRIP di
Kota Malang setelah proklamasi kemerdekaan. 3. Peserta
didik dapat menunjukkan lokasi-lokasi penting perjuangan di Kota Malang pada
peta dengan benar. 4. Peserta
didik dapat menganalisis nilai-nilai perjuangan yang tercermin dalam tindakan
Hamid Rusdi dan Pasukan TRIP. 5. Peserta
didik dapat menyajikan laporan atau presentasi sederhana tentang sejarah
perjuangan lokal dalam bentuk visual atau narasi tertulis. |
|||
Topik
Pembelajaran |
"Menggali Semangat
Juang Hamid Rusdi dan Pasukan TRIP dalam Perjuangan Mempertahankan
Kemerdekaan di Kota Malang" Topik ini memungkinkan
integrasi nilai sejarah lokal dengan penguatan karakter, serta mendorong
siswa untuk mengaitkan peristiwa masa lalu dengan identitas dan lingkungan
mereka saat ini. |
|||
Praktik
Pedagogis |
Model Pembelajaran: Project Based Learning
(PjBL) Strategi Pembelajaran: Discovery Learning &
Think-Pair-Share Metode Pembelajaran:
Kesesuaian dengan Prinsip
Pembelajaran:
|
|||
Kemitraan Pembelajaran |
1. Dinas Pendidikan Kota
Malang Peran:
2. Museum Brawijaya Malang Peran:
3. Legiun Veteran Republik
Indonesia (LVRI) Cabang Malang Peran:
4. Arsip Nasional/Arsip
Daerah Kota Malang/perpustakaan kota Malang Peran:
5. Komite Sekolah dan Orang
Tua Siswa Peran:
|
|||
Lingkungan
Pembelajaran |
1. Ruang Fisik
2. Budaya Belajar
|
|||
Pemanfaatan
Digital |
Ruang Virtual
|
|||
PENGALAMAN BELAJAR |
AWAL (tuliskan
prinsip pembelajaran yang digunakan, misal berkesadaran, bermakna,
menggembirakan) |
|||
"Hari
ini kita akan mengenal para pelajar pemberani dari Kota Malang yang ikut
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia — termasuk seorang tokoh hebat, Hamid
Rusdi."
"Siapa
yang pernah melihat patung ini? Tahukah kalian bahwa kisah perjuangan pelajar
di balik monumen ini terjadi di kota kita sendiri?"
"Apa
nama pasukan pelajar di Malang yang melawan penjajah setelah kemerdekaan? |
||||
INTI |
||||
Pada tahap
ini, siswa aktif terlibat dalam pengalaman belajar memahami, mengaplikasi,
dan merefleksi. Guru menerapkan prinsip pembelajaran berkesadaran, bermakna,
menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengalaman belajar tidak
harus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. |
||||
Memahami (Bermakna,
Berkesadaran) 40
menit |
||||
I.
Memahami (45 menit) Tujuan: Kegiatan:
|
||||
Mengaplikasi
(Menggembirakan) 35 menit |
||||
Tujuan: Kegiatan:
|
||||
Merefleksi (Berkesadaran)
|
||||
Tujuan: Kegiatan:
|
||||
PENUTUP (berkesadaran,
bermakna) 5
menit |
||||
1. Refleksi Materi (5 menit) Tujuan: Kegiatan:
Pertanyaan refleksi untuk
siswa: "Apa yang kalian pelajari hari ini yang paling
membuat kalian terkesan? Apa yang membuat peristiwa sejarah ini relevan bagi
kehidupan kita sekarang?" 2. Refleksi Akhir
Pembelajaran (5 menit) Tujuan: Kegiatan:
Pertanyaan refleksi untuk
siswa: "Bagaimana perjuangan para pahlawan ini bisa
menginspirasi kita dalam menghadapi tantangan sehari-hari?" 3. Motivasi (3 menit) Tujuan: Kegiatan:
Pesan Motivasi untuk Siswa: "Ingatlah, sejarah bukan hanya tentang masa
lalu, tetapi tentang bagaimana kita mengaplikasikan pelajaran dari masa lalu
untuk membentuk masa depan yang lebih baik. Semangat juang Hamid Rusdi dan
Pasukan TRIP adalah semangat yang harus kita bawa dalam kehidupan kita.
Teruslah belajar, teruslah berjuang, dan jadilah generasi yang penuh
inspirasi!" |
||||
ASESMEN PEMBELAJARAN |
Asesmen pada Awal Pembelajaran |
Bentuk Instrumen: A. Kuis Awal (Pre-Test) Bentuk: Pilihan Ganda (Multiple Choice) Contoh Soal:
B. Diskusi Kelompok Kecil Bentuk: Diskusi Tertulis dan Lisan Petunjuk Diskusi:
"Apa yang kalian ketahui tentang sejarah
perjuangan Hamid Rusdi dan pasukan TRIP di Malang? Mengapa kalian rasa
perjuangan mereka penting?"
C. Pertanyaan Reflektif
Tertulis Bentuk: Jawaban Singkat (Open-ended Questions) Pertanyaan:
3. Pengolahan dan Penilaian:
Kesimpulan: Asesmen awal ini berfungsi untuk mengetahui sejauh
mana siswa siap dan memahami topik yang akan dipelajari, serta untuk mengukur
minat mereka terhadap sejarah lokal. Instrumen seperti kuis pilihan ganda,
diskusi kelompok, dan pertanyaan reflektif tertulis adalah cara
yang efektif dan sederhana untuk mengumpulkan informasi tentang kesiapan
belajar mereka. |
||
Asesmen pada Proses Pembelajaran |
Jenis Instrumen:
2. Bentuk Instrumen: A. Observasi Kinerja Bentuk: Catatan Observasi Instrumen:
B. Kuis Singkat (Mini-Quiz) Bentuk: Pilihan Ganda atau Isian Singkat Contoh Soal Kuis (Pilihan
Ganda):
Contoh Soal Kuis (Isian
Singkat): C. Pertanyaan Reflektif Bentuk: Jawaban Singkat atau Tulis Contoh Pertanyaan Reflektif:
D. Karya Proyek (Mid-Project
Review) Bentuk: Penilaian Proyek (Menilai Kemajuan) Instrumen:
3. Pengolahan dan Penilaian:
Kesimpulan: Instrumen asesmen formatif ini dirancang untuk
memberikan umpan balik yang langsung dan bermanfaat kepada siswa selama
proses pembelajaran. Dengan menggunakan kuis singkat, pertanyaan
reflektif, observasi kinerja, dan penilaian proyek, guru
dapat terus memantau perkembangan siswa dan memberikan dukungan yang
diperlukan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang perjuangan Hamid Rusdi
dan Pasukan TRIP. |
|||
Asesmen pada Akhir Pembelajaran |
Jenis Instrumen:
2. Bentuk Instrumen: A. Ujian Akhir (Test) Bentuk: Pilihan Ganda,
Isian Singkat, dan Esai Contoh Soal Pilihan Ganda:
Soal Isian Singkat: Soal Esai: B. Penilaian Proyek Bentuk: Proyek Presentasi
atau Karya Kreatif Instrumen:
Proyek:
C. Portofolio Bentuk: Kumpulan Tugas
dan Refleksi Siswa Instrumen Portofolio:
Kriteria Penilaian
Portofolio:
3. Pengolahan dan Penilaian:
Kesimpulan: Asesmen sumatif ini
bertujuan untuk mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran dengan
menggunakan ujian akhir, penilaian proyek, dan portofolio.
Setiap instrumen ini memberi gambaran komprehensif tentang sejauh mana siswa
telah menguasai materi mengenai perjuangan Hamid Rusdi dan Pasukan TRIP serta
kemampuan mereka dalam mengaplikasikan pengetahuan tersebut. |
|||
Asesmen
dalam pembelajaran mendalam disesuaikan dengan assessment as learning,
assessment for learning, dan assessment of learning. Tentukan metode atau
cara yang digunakan secara komprehensif untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik. Contoh: Tes tertulis, Tes lisan, Penilaian Kinerja, Penilaian
Proyek, Penilaian Produk, Observasi, Portofolio, Peer Assessment, Self
Assessment, penilaian berbasis kelas, dan sebagainya. |
||||
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8
Malang
Sri
Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Malang, 14
April 2025 Guru Mata Pelajaran Drs
Sumarno. NIP. 1966308
200501 1 006 |
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Materi: Peristiwa Penting
dalam Sejarah Lokal – Sejarah Perjuangan Hamid Rusdi dan Pasukan TRIP di Kota
Malang
Kelas: IX
Waktu: 45 menit
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat
memahami peran Hamid Rusdi dan Pasukan TRIP dalam perjuangan kemerdekaan
Indonesia, khususnya di kota Malang.
- Siswa dapat
menganalisis dampak sejarah perjuangan tersebut terhadap kehidupan
masyarakat Malang saat ini.
- Siswa dapat
menghubungkan nilai-nilai perjuangan dengan kehidupan sehari-hari.
Petunjuk Pengerjaan:
- Bacalah materi
mengenai sejarah perjuangan Hamid Rusdi dan Pasukan TRIP di kota Malang
yang telah diberikan oleh guru.
- Kerjakan
soal-soal berikut dengan teliti dan lengkap.
- Kerjakan LKPD
secara individu atau kelompok (sesuai instruksi guru).
Bagian 1: Pemahaman Materi
Bacalah informasi berikut dan jawab pertanyaan di
bawah ini.
Informasi:
Hamid Rusdi adalah seorang pejuang yang memimpin pasukan TRIP di Malang pada
masa kemerdekaan Indonesia. Pasukan TRIP (Tentara Republik Indonesia Pelajar)
berperan besar dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan di kota Malang.
Mereka berjuang dengan semangat tinggi melawan pasukan penjajah yang ingin
menguasai kembali Indonesia.
Pertanyaan:
- Siapa yang
memimpin pasukan TRIP di kota Malang?
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Apa tujuan
utama perjuangan pasukan TRIP di Malang?
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Bagaimana
peran Hamid Rusdi dalam perjuangan tersebut?
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Bagian 2: Analisis Sejarah
Gunakan pengetahuanmu tentang perjuangan Hamid Rusdi
dan Pasukan TRIP untuk menjawab pertanyaan berikut.
- Mengapa
perjuangan Hamid Rusdi di Malang dianggap penting dalam sejarah perjuangan
kemerdekaan Indonesia?
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Bagaimana
kondisi kota Malang sebelum dan sesudah pertempuran pasukan TRIP? Jelaskan
perubahan yang terjadi.
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Bagian 3: Refleksi Pribadi
Jawablah pertanyaan reflektif berikut untuk
menghubungkan materi sejarah dengan kehidupan sehari-hari.
- Apa yang dapat
kita pelajari dari semangat juang Hamid Rusdi dan Pasukan TRIP? Jelaskan.
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Bagaimana kamu
bisa mengaplikasikan nilai-nilai perjuangan yang ditunjukkan oleh Hamid
Rusdi dalam kehidupanmu sehari-hari?
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Menurutmu,
mengapa kita perlu mengenang perjuangan pahlawan lokal seperti Hamid Rusdi
di kota Malang? Jelaskan.
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Bagian 4: Tugas Proyek (Opsional)
Jika diberikan tugas proyek, ikuti petunjuk berikut:
Buatlah poster atau presentasi yang
menggambarkan peristiwa penting dalam perjuangan Hamid Rusdi dan Pasukan TRIP
di kota Malang. Sertakan:
- Deskripsi
singkat tentang peran Hamid Rusdi.
- Gambar atau ilustrasi
yang relevan.
- Kutipan
inspiratif yang menggambarkan semangat perjuangan.
Penilaian:
- Bagian 1 (Pemahaman Materi): Menilai sejauh mana siswa
dapat mengingat dan memahami informasi tentang Hamid Rusdi dan Pasukan
TRIP.
- Bagian 2 (Analisis Sejarah): Menilai kemampuan siswa
untuk menganalisis dan menjelaskan konteks sejarah serta dampaknya
terhadap kota Malang.
- Bagian 3 (Refleksi Pribadi): Menilai kedalaman pemikiran
dan kemampuan siswa untuk mengaitkan materi sejarah dengan kehidupan
sehari-hari.
- Bagian 4 (Proyek): Menilai kreativitas, akurasi, dan
kemampuan siswa dalam menyajikan informasi sejarah dalam bentuk visual.
Catatan Guru:
- Pastikan siswa
memahami materi dengan baik sebelum mengerjakan LKPD.
- Berikan umpan
balik langsung selama pengerjaan LKPD untuk memperdalam pemahaman siswa.
- Gunakan hasil
LKPD untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan untuk
merencanakan pembelajaran berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar